PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) terus berupaya mempercepat penetrasi digital banking khususnya pada generasi milenial, salah satunya melalui terobosan pembukaan rekening BSI Mobile via aplikasi Grab.
Terobosan tersebut dilakukan BSI seiring kolaborasi perusahaan dengan PT Grab Teknologi Indonesia (Grab), yakni placement banner Pembukaan Rekening Online (Burekol) di BSI Mobile yang membidik target user Grab. Dengan kolaborasi ini diharapkan user Grab dapat dengan mudah melakukan pembukaan rekening secara online tanpa perlu ke kantor cabang.
SEVP Digital Banking BSI – Saut Parulian Saragih mengatakan, kolaborasi dengan Grab ini merupakan salah satu upaya BSI untuk mempercepat penetrasi digital banking BSI khususnya pada generasi milenial. BSI menggandeng Grab sebagai mitra strategis sebab Grab dinilai sebagai salah satu aplikasi yang memiliki fitur lengkap dan dipakai oleh banyak orang.
“Kerja sama dengan Grab ini merupakan langkah BSI untuk mempercepat penetrasi BSI Mobile. Apalagi orang sekarang semakin memiliki sedikit waktu untuk datang ke kantor cabang, karenanya dengan pembukaan rekening online via aplikasi Grab dapat membantu mereka masuk dalam ekosistem BSI dan mendapatkan layanan terbaik di BSI Mobile,” kata Saut.
Menurut Saut, pembukaan rekening online BSI Mobile via aplikasi Grab tidak hanya aman dan mudah tapi juga menawarkan banyak keuntungan bagi pengguna/nasabah. Keuntungan tersebut antara lain adalah cashback saldo tabungan Rp 25 ribu hingga Rp 100 ribu, voucher Grab Food Rp 15 ribu, dan bebas biaya transfer antar bank melalui BI Fast.
Target program ini adalah user aplikasi GRAB yang belum memiliki rekening Bank Syariah Indonesia (nasabah baru / new CIF) yang akan dimudahakan membuka rekening secara online dan transaksi lainnya di BSI Mobile.
Per September 2022, BSI mencatat jumlah user pengguna BSI Mobile mencapai 4,44 Juta user, naik sebesar 43% secara year on year (yoy). Jumlah pengguna yang semakin meningkat tersebut dipengaruhi oleh perubahan perilaku masyarakat yang mulai beralih ke e-channel BSI Mobile, ATM maupun Internet Banking.
Saat ini profil nasabah BSI sebanyak 97% telah beralih menggunakan e-channel untuk beraktivitas perbankan. Sementara itu, transaksi kumulatif BSI Mobile per September 2022 mencapai 187,20 juta transaksi dan berkontribusi memberikan fee based income sebesar Rp173 miliar.
Sejalan dengan minat masyarakat yang tinggi terhadap BSI Mobile, BSI terus melakukan inovasi dan strategi guna mempercepat akselerasi transaksi digital dengan mengusung sahabat finansial, sahabat sosial dan sahabat spiritual dimana diharapkan BSI Mobile menjadi channel literasi perbankan syariah yang menjangkau masyarakat hingga pelosok.