Senin, 19 Mei 2025
E-MAGAZINE
Business Asia
No Result
View All Result
  • Home
  • Berita
  • Business
  • Figure
  • Teknologi
  • Lifestyle
  • Internasional
  • Indeks
  • Home
  • Berita
  • Business
  • Figure
  • Teknologi
  • Lifestyle
  • Internasional
  • Indeks
No Result
View All Result
Business Asia
No Result
View All Result
Home Berita

HIMKI Dorong Kemajuan Industri Furnitur Indonesia

27 Maret 2024
in Berita, Lifestyle
HIMKI Dorong Kemajuan Industri Furnitur Indonesia
0
SHARES
0
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter
ADVERTISEMENT

Pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun ini diperkirakan akan tetap kuat dan terus meningkat di tahun depan. Dikutip dari Bank Indonesia, pertumbuhan ekonomi pada 2023 berada di kisaran 4,5-5,3%, dan akan terus meningkat menjadi 4,7-5,5% pada 2024.

Pertumbuhan ini antara lain didukung oleh konsumsi swasta, investasi, dan tetap positifnya kinerja ekspor di tengah pertumbuhan ekonomi global yang melambat. Salah satu sektor yang menunjukkan peningkatan ekspor adalah industri furnitur. Seperti diberitakan sebelumnya, sampai dengan Q3 2022, ekspor industri furnitur Indonesia meningkat sebesar 7,05% (yoy) menjadi US$2,19 miliar.

Untuk terus mendorong pertumbuhan industri furnitur, Himpunan Industri Mebel dan Kerajinan Indonesia (HIMKI) bekerjasama dengan Dyandra Promosindo kembali menghadirkan pameran mebel dan kerajinan terbesar di Indonesia, Indonesia International Furniture Expo (IFEX) 2023.

IFEX 2023 yang akan digelar pada 9 – 12 Maret 2023 kembali hadir secara offline sepenuhnya dan siap menunjukkan potensi terbaik industri furnitur Indonesia. IFEX secara konsisten menampilkan ragam produk ciri khas Indonesia yang sustainable design, handmade dari pengrajin-pengrajin lokal dari berbagai daerah di Indonesia, serta didukung dengan teknologi yang disesuaikan dengan perkembangan masa kini.

“Dari tahun ke tahun IFEX berhasil membantu mendorong kesuksesan industri furnitur Indonesia. Produk-produk unggulan yang ditampilkan IFEX selalu menjadi incaran buyers internasional. Seperti yang diketahui Indonesia menyediakan ragam bahan baku furnitur dan mebel sehingga produk-produk Indonesia selalu berkualitas, unik, dan bermutu. Kami berharap tahun ini akan semakin banyak buyers internasional yang hadir dan menjadi mitra para pelaku
usaha furnitur Indonesia,” ujar Ketua Presidium HIMKI Abdul Sobur.

Ia menambahkan bahwa target pasar IFEX tahun ini mengalami sedikit pergeseran. Pasar Eropa dan Amerika yang mengalami penurunan membuat IFEX mengalihkan target ke emerging market antara lain ke India, Timur Tengah, dan Afrika. “India menjadi pasar yang cukup menjanjikan bagi industri furnitur. India, bersama dengan Cina, Jepang dan Korea Selatan diperkirakan menjadi pasar utama di wilayah Asia Pasifik,” tambah Sobur.

Data Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan total perdagangan Indonesia dan India pada Januari – Juni 2022
mencapai US$16,67 miliar. Total ekspor nonmigas, termasuk furnitur, kedua negara pada periode tersebut mencapai US$15,3 miliar. Melihat potensi pertumbuhan yang cukup baik, HIMKI juga masih terus menjaga optimisme terkait target ekspor US$5 miliar pada 2024.
IFEX 2023 Penuh Optimisme IFEX 2023 akan kembali hadir dengan menggunakan seluruh luasan lahan yang ada di Jakarta
International Expo (JIExpo), Kemayoran. Tahun sebelumnya, luas lahan yang digunakan masih terbatas mengingat berbagai kendala yang ada, termasuk masih adanya pembatasan terkait Covid-19.

“Tahun ini kami kembali menggunakan seluruh hall yang ada di JIExpo melihat sambutan dan dukungan para peserta dan industri juga semakin meningkat. Dengan luasan lahan pameran sebesar 60 ribu m², tahun ini IFEX akan diramaikan oleh sekitar 500 eksibitor, dan kami berharap bisa menarik pengunjung dan buyers sebanyak 10 ribu orang”, ujar Presiden Direktur Dyandra Promosindo, Daswar Marpaung.

IFEX 2023 hadir dengan mengusung tema Redefine, Inspire, Innovation, yang menunjukkan komitmen HIMKI dan industri furnitur untuk terus berinovasi dan menginspirasi pelaku industri untuk menghadirkan produk-produk terbaik. Seperti tahun-tahun sebelumnya, IFEX juga akan diisi oleh kegiatan seminar yang membahas isu-isu, tren, tantangan, dan inovasi terbaru industri furnitur. Untuk memberi kenyamanan buyers dan visitors, panitia juga menyediakan beberapa fasilitas pendukung dan layanan hospitality antara lain musholla, medical room, free shuttle bus, cafetaria, dan lain-lain.

Sepanjang pameran, panitia juga membuka International Buyers Lounge bagi buyers yang ingin berinteraksi dengan sesama buyers maupun dengan eksibitor. Buyers internasional yang akan mengunjungi IFEX 2023 diwajibkan untuk melakukan vaksin lengkap, menyiapkan sertifikat vaksin internasional, paspor dan visa (E-VOA) serta mengunduh aplikasi PeduliLindungi.

HIMKI dan Dyandra Promosindo selaku penyelenggara memfasilitasi sistem registrasi pra-event online untuk para buyers dan visitors yang akan mengunjungi IFEX 2023. Registrasi bisa dilakukan melalui laman resmi IFEX di www.ifexindonesia.com hingga 8 Maret 2023 untuk mendapatkan tiket gratis. Selain untuk melakukan registrasi, para buyers dan visitors juga bisa mendapatkan berbagai informasi terbaru terkait penyelenggaraan IFEX 2023 seperti agenda acara, akomodasi, dan lain-lain.

Informasi lebih lanjut mengenai Indonesia International Furniture Expo 2023 bisa diakses pada laman www.ifexindonesia.com/ atau Instagram resmi @ifex_id.

Post Views: 241
Tags: HIMKIIFEX 2023
Previous Post

DYAN Optimis Bisnis Industri MICE akan Bangkit Kembali

Next Post

Bank DKI Syariah Raih Top Sharia Business Unit 2023

Next Post
Bank DKI Syariah Raih Top Sharia Business Unit 2023

Bank DKI Syariah Raih Top Sharia Business Unit 2023

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BISNIS TERKINI

Janji Publik untuk Pendidikan Setara bagi Semua Anak: KPI 2025 Tutup dengan Komitmen Nasional Baru

Janji Publik untuk Pendidikan Setara bagi Semua Anak: KPI 2025 Tutup dengan Komitmen Nasional Baru

19 Mei 2025

Muhammad Arif Angga, Ketum APJII: Indonesia Digital Forum 2025 Sebagai Upaya Gotong Royong Membangun Masa Depan Ekosistem Digital Indonesia

Muhammad Arif Angga, Ketum APJII: Indonesia Digital Forum 2025 Sebagai Upaya Gotong Royong Membangun Masa Depan Ekosistem Digital Indonesia

19 Mei 2025

BOLDe Hadir di Jakarta Premium Outlets: Grand Opening dengan Promo dan Hadiah Menarik!

BOLDe Hadir di Jakarta Premium Outlets: Grand Opening dengan Promo dan Hadiah Menarik!

18 Mei 2025

Perfect Corp. Raih “AI Company of The Year”, Bukti Dedikasi Hadirkan Inovasi Teknologi AI dan AR

Perfect Corp. Raih “AI Company of The Year”, Bukti Dedikasi Hadirkan Inovasi Teknologi AI dan AR

18 Mei 2025

Agrinas Jaladri Berhasil Kawal Pembangunan Rusun Jagakarsa

Agrinas Jaladri Berhasil Kawal Pembangunan Rusun Jagakarsa

17 Mei 2025

PT. Media Maju Global

Plaza Simatupang Lt .6 Unit 3 Jl. TB Simatupang Kav. IS No. 01 Kel. Pondok Pinang, Kec. Kebayoran Lama, Jakarta Selatan 12310.

Telp: 021-22702245
Handphone: 0816.900315
E-mail: redaksi@businessasia.co.id

Kategori

  • Berita
  • Business
  • Daerah
  • Ekonomi
  • Figure
  • Indeks
  • Internasional
  • Kesehatan
  • Lifestyle
  • Nasional
  • Otomotif
  • Property
  • Teknologi
  • Tourism

.

  • About
  • Redaksi
  • Info Iklan
  • Privacy Policy
  • Cyber Guidelines
  • Pedoman Media Siber

About

Kehadiran Majalah BusinessAsia Indonesia yang memiliki Tagline Towards a New Change in Asia atau “Menuju Perubahan Baru di Asia” khususnya Indonesia  bertujuan untuk memastikan langkah mereka kokoh menapaki dinamika ekonomi bisnis dan investasi yang kian berkembang. Baca selengkapnya.

No Result
View All Result
  • Home
  • Berita
  • Business
  • Figure
  • Teknologi
  • Lifestyle
  • Internasional
  • Indeks
  • e-Magazine

Majalah terbatas

1. DPMPTSP Kota Tangsel Raih Penghargaan
Pelayanan Prima dari Kemenpan RB.

2. Jebakan Crazy
Rich Pikat Pelanggan Ikut Trading Binary
Option.

3. Eksportir Indonesia
Perluas Jejaring
dengan Buyers di AS

shop new Emagazine