Rabu, 21 Mei 2025
E-MAGAZINE
Business Asia
No Result
View All Result
  • Home
  • Berita
  • Business
  • Figure
  • Teknologi
  • Lifestyle
  • Internasional
  • Indeks
  • Home
  • Berita
  • Business
  • Figure
  • Teknologi
  • Lifestyle
  • Internasional
  • Indeks
No Result
View All Result
Business Asia
No Result
View All Result
Home Business

HSBC Indonesia Business Case Competition 2025: Wadah Mahasiswa Asah Kemampuan Aplikasi Solusi Bisnis

8 Mei 2025
in Business
HSBC Indonesia Business Case Competition 2025: Wadah Mahasiswa Asah Kemampuan Aplikasi Solusi Bisnis
0
SHARES
20
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter
ADVERTISEMENT

Jakarta, Business Asia  – Ajang kompetisi HSBC Indonesia Business Case Competition (BCC) 2025 kembali diselenggarakan oleh Putera Sampoerna Foundation (PSF) dan PT Bank HSBC Indonesia (HSBC Indonesia) sebagai komitmen bersama dalam menyiapkan generasi muda Indonesia menjadi pemimpin bisnis masa depan yang berdaya saing global.

Tahun ini, kompetisi yang diikuti oleh 96 mahasiswa dari 24 Universitas di Indonesia ini mengangkat isu penting seputar keberlanjutan, mendorong peserta untuk menghadirkan solusi bisnis yang tidak hanya inovatif, tetapi juga berdampak positif bagi masyarakat dan lingkungan.

Program yang telah berlangsung lebih dari satu dekade ini bertujuan mengasah potensi mahasiswa dengan membekali mereka keterampilan yang relevan di dunia profesional, termasuk kepemimpinan, pemikiran strategis, dan kesadaran terhadap tantangan global seperti isu keberlanjutan.

Melalui pendekatan kompetisi berbasis kasus nyata, mahasiswa diajak untuk memahami bagaimana bisnis masa depan menuntut keseimbangan antara profitabilitas dan tanggung jawab sosial-lingkungan.

Elan Merdy, Senior Director Putera Sampoerna Foundation, menyampaikan, “Kami percaya bahwa pendidikan merupakan pondasi utama dalam menciptakan generasi muda yang siap menghadapi tantangan global. Kolaborasi sinergis kami dengan HSBC Indonesia ini juga merupakan bukti nyata komitmen kami untuk mengasah tidak hanya kemampuan akademis mahasiswa, tapi juga keterampilan kepemimpinan dan etos profesionalisme dalam dunia kerja. Sehingga kelak, mereka dapat menjadi pemimpin yang tidak hanya kompeten secara teknis, tetapi juga berintegritas, berwawasan global, dan mampu mendorong praktik bisnis yang berkelanjutan.”

Sementara itu, Francois de Maricourt, President Director, HSBC Indonesia, menegaskan pentingnya kolaborasi jangka panjang ini dalam membangun kompetensi generasi muda. “HSBC Business Competition 2025 merupakan wujud aspirasi dan dukungan kami terhadap generasi calon pemimpin bisnis di masa depan. Melalui kompetisi ini, mahasiswa diajak untuk berpikir kritis dan mencari solusi bisnis yang juga mempertimbangkan dampak sosial dan lingkungan. Kami bangga bisa berkolaborasi dengan Putera Sampoerna Foundation untuk menyediakan wadah pembelajaran yang relevan dengan tantangan dunia bisnis global saat ini maupun masa depan.”

Melahirkan Generasi Pemimpin Masa Depan: Dari Alumni Berkualitas Global hingga Panggung Internasional

Dalam perjalanannya, HSBC Indonesia Business Case Competition telah menjadi panggung pembuktian sekaligus batu loncatan bagi generasi muda Indonesia. Alumni kompetisi ini kini berkarir di perusahaan multinasional ternama seperti Unilever, Google, Deloitte, dan HSBC, serta mengembangkan bisnis mereka sendiri di berbagai sektor industri.

Kompetisi ini juga terus memperluas jangkauan dan dampaknya. Tahun ini, diikuti oleh 24 tim dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia, termasuk dari kampus-kampus baru di daerah seperti Universitas Halu Oleo (Kendari), Universitas Udayana (Bali), dan Universitas Sumatera Utara (Medan).

Langkah ini mencerminkan komitmen PSF dan HSBC Indonesia untuk membuka akses yang lebih luas dan inklusif, memastikan mahasiswa dari seluruh pelosok Nusantara dapat merasakan manfaat dari ajang prestisius ini.

Puncak kompetisi tahun ini menyaksikan Universitas Katolik Parahyangan tampil sebagai juara pertama, yang selanjutnya akan mewakili Indonesia di tingkat internasional di Hong Kong. Universitas Gadjah Mada menempati posisi kedua, diikuti oleh Sekolah Bisnis Manajemen ITB di posisi ketiga, dan Universitas Airlangga di posisi keempat.

Mereka adalah bukti nyata bahwa generasi muda Indonesia siap bersaing di panggung global dengan membawa solusi nyata bagi tantangan bisnis masa kini.

Lebih dari Sekadar Kompetisi: Membangun Kompetensi Global & Berkelanjutan

Rangkaian kegiatan HSBC Indonesia Business Case Competition 2025 dirancang untuk memperkaya pengalaman peserta, dengan sejumlah hal baru yang diperkenalkan tahun ini.

Kegiatan seperti business coaching oleh pengajar profesional, mentorship langsung dari praktisi bisnis HSBC Indonesia, hingga seminar pengembangan diri yang membahas pentingnya self-positioning dan personal branding sebelum memasuki dunia karier, semuanya bertujuan untuk memberikan mahasiswa wawasan lebih luas tentang dunia bisnis.

Sebagai upaya memperkenalkan praktik bisnis berkelanjutan, peserta juga berkesempatan mengikuti Corporate Excursion ke kantor pusat Blue Bird Group dan HSBC Indonesia. Kegiatan ini memberikan mahasiswa wawasan nyata tentang bagaimana perusahaan besar di Indonesia mengimplementasikan prinsip keberlanjutan dalam kepemimpinan dan operasional mereka.

Elan Merdy pun menutup dengan mengatakan, “HSBC Indonesia Business Case Competition telah membuktikan bahwa anak muda Indonesia mampu bersaing di level global dengan membawa solusi nyata bagi tantangan dunia bisnis. Kami berharap ajang ini terus menjadi katalis bagi kontribusi generasi muda terhadap pembangunan ekonomi dan sosial Indonesia yang berkelanjutan.”

 

 

Post Views: 6,594
Tags: HSBC Indonesia
Previous Post

Gandeng PERSADIA, Kalbe Nutritionals Ajak Masyarakat Surabaya Kontrol Gula Darah Rutin

Next Post

Perfect Corp. dan barenbliss Hadirkan Dimensi Baru yang Menyenangkan dalam Belanja Produk Kecantikan

Next Post
Perfect Corp. dan barenbliss Hadirkan Dimensi Baru yang Menyenangkan dalam Belanja Produk Kecantikan

Perfect Corp. dan barenbliss Hadirkan Dimensi Baru yang Menyenangkan dalam Belanja Produk Kecantikan

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BISNIS TERKINI

Dukung Formula E Jakarta, Komunitas Mobil Listrik MG Lakukan Parade Kendaraan Listrik di Ancol

Dukung Formula E Jakarta, Komunitas Mobil Listrik MG Lakukan Parade Kendaraan Listrik di Ancol

21 Mei 2025

Sampoerna University dan Colorado State University Jalin Kemitraan Strategis

Sampoerna University dan Colorado State University Jalin Kemitraan Strategis

21 Mei 2025

Unik, Buka Tabungan di Bank Muamalat Langsung Dapat Hewan Kurban

Unik, Buka Tabungan di Bank Muamalat Langsung Dapat Hewan Kurban

21 Mei 2025

AIREM Mengadopsi Teknologi Skincare Pro dari Perfect Corp

AIREM Mengadopsi Teknologi Skincare Pro dari Perfect Corp

21 Mei 2025

Twilio Buka Perhelatan SIGNAL 2025, Dukung Ekosistem Dunia Digital Berbasis AI dan Data

Twilio Buka Perhelatan SIGNAL 2025, Dukung Ekosistem Dunia Digital Berbasis AI dan Data

21 Mei 2025

PT. Media Maju Global

Plaza Simatupang Lt .6 Unit 3 Jl. TB Simatupang Kav. IS No. 01 Kel. Pondok Pinang, Kec. Kebayoran Lama, Jakarta Selatan 12310.

Telp: 021-22702245
Handphone: 0816.900315
E-mail: redaksi@businessasia.co.id

Kategori

  • Berita
  • Business
  • Daerah
  • Ekonomi
  • Figure
  • Indeks
  • Internasional
  • Kesehatan
  • Lifestyle
  • Nasional
  • Otomotif
  • Property
  • Teknologi
  • Tourism

.

  • About
  • Redaksi
  • Info Iklan
  • Privacy Policy
  • Cyber Guidelines
  • Pedoman Media Siber

About

Kehadiran Majalah BusinessAsia Indonesia yang memiliki Tagline Towards a New Change in Asia atau “Menuju Perubahan Baru di Asia” khususnya Indonesia  bertujuan untuk memastikan langkah mereka kokoh menapaki dinamika ekonomi bisnis dan investasi yang kian berkembang. Baca selengkapnya.

No Result
View All Result
  • Home
  • Berita
  • Business
  • Figure
  • Teknologi
  • Lifestyle
  • Internasional
  • Indeks
  • e-Magazine

Majalah terbatas

1. DPMPTSP Kota Tangsel Raih Penghargaan
Pelayanan Prima dari Kemenpan RB.

2. Jebakan Crazy
Rich Pikat Pelanggan Ikut Trading Binary
Option.

3. Eksportir Indonesia
Perluas Jejaring
dengan Buyers di AS

shop new Emagazine