Selasa, 20 Mei 2025
E-MAGAZINE
Business Asia
No Result
View All Result
  • Home
  • Berita
  • Business
  • Figure
  • Teknologi
  • Lifestyle
  • Internasional
  • Indeks
  • Home
  • Berita
  • Business
  • Figure
  • Teknologi
  • Lifestyle
  • Internasional
  • Indeks
No Result
View All Result
Business Asia
No Result
View All Result
Home Business

LinkAja Gandeng BRI dan Pegadaian Wujudkan Ekosistem Layanan Keuangan Digital Holistik

12 November 2022
in Business
LinkAja Gandeng BRI dan Pegadaian Wujudkan Ekosistem Layanan Keuangan Digital Holistik
0
SHARES
0
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter
ADVERTISEMENT
(Ki-Ka) Yogi Rizkian Bahar – Direktur Utama LinkAja, dan Dewi Andjarsari – Division Head Card & Digital Lending BRI saat acara penandatanganan perjanjian kerjasama yang berlangsung di tengah perhelatan KTT G20, Nusa Dua, Bali, Kamis (10/11/2022). Foto : istimewa 

Bali – Dalam rangka mempererat sinergi antara ekosistem BUMN serta melengkapi kebutuhan masyarakat melalui ekosistem yang holistik, di penghujung tahun ini LinkAja, PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) dan PT Pegadaian kembali mempererat kerjasamanya. LinkAja menjalin kerja sama strategis dengan BRI untuk mengembangkan fitur PayLater yang dapat memberikan manfaat dan kemudahan kepada pengguna LinkAja dalam melakukan transaksi. Pengembangan fitur ini didasarkan dari kebutuhan masyarakat yang terus berkembang hingga di penghujung 2022 akan fitur yang menawarkan penundaan pembayaran atau mencicil pembayaran ketika melakukan pembelian barang secara online dan offline.

Selain itu, LinkAja mempererat sinergi dengan Pegadaian dalam hal digitalisasi pembayaran remunerasi (cash disbursement) kepada ribuan peserta magang. LinkAja optimis bahwa dua kolaborasi ini mampu mempercepat upaya pemerintah dalam mewujudkan inklusi keuangan dan mendorong transaksi non-tunai di semua lapisan masyarakat yang lebih luas lagi di Indonesia. Kedua kerjasama ini diresmikan dalam gelaran acara KTT G20 di kawasan Nusa Dua, Bali.

Kerjasama LinkAja dan BRI telah terjalin sejak tahun 2020, di beberapa bidang lain seperti Cardless Withdrawal, Opening Saving Account, Direct Debit dan juga PayLater. Kini, untuk meningkatkan pelayanan kepada pengguna, LinkAja bersama BRI mengembangkan Fitur PayLater untuk menjawab kebutuhan masyarakat yang membutuhkan akses layanan kredit tanpa kartu sehingga memberikan kredit konsumtif kepada para pengguna. Para pengguna dapat menggunakan fitur PayLater di berbagai layanan LinkAja, seperti pembelian pulsa, bayar tagihan telepon dan TV berlangganan, pembayaran tagihan listrik atau beli token listrik, bertransaksi online atau offline di merchant-merchant yang bermitra dengan LinkAja, hingga melakukan donasi  dan mengirim uang.

Sedangkan untuk kerjasama Pegadaian dan LinkAja sudah berjalan dengan adanya program penyaluran dana yang diberikan kepada kurang lebih 14.000 karyawan Pegadaian yang dilakukan setiap bulannya. Namun kini cakupan kerjasama tersebut diperluas melalui melalui penyaluran dana kepada para peserta magang yang berada di 12 Kantor Wilayah Pegadaian di seluruh Indonesia.

Saat ini, Pegadaian telah mendigitalisasi pembayaran pada kegiatan Magang di ekosistem Pegadaian seluruh Indonesia, diawali dengan Program Magang Santri yang saat ini berjalan dengan Periode Magang selama tiga bulan. Selanjutnya, proses pembayaran insentif ini akan diperluas untuk seluruh kegiatan magang lainnya.

Yogi Rizkian Bahar, Direktur Utama LinkAja, mengatakan “Misi yang ingin diwujudkan oleh LinkAja adalah membangun kerjasama sinergi BUMN dan menjadi platform layanan keuangan digital yang melayani kebutuhan masyarakat sehari-hari. Melihat antusiasme dan tren positif akan kebutuhan fitur PayLater di kalangan masyarakat, kami terinspirasi  untuk mengembangkan layanan fitur ini bersama BRI untuk dapat memberikan kemudahan dalam memenuhi berbagai kebutuhan masyarakat melalui ekosistem layanan keuangan digital yang holistik di Indonesia.

Selain itu, dengan adanya perluasan kerjasama bersama Pegadaian, kami berharap agar setiap segmen masyarakat akan lebih paham dengan digitalisasi pembayaran yang dapat memudahkan kegiatan transaksi kebutuhan sehari-hari. Kami berharap, bertepatan dengan perhelatan KTT G20, dua kolaborasi strategis yang kami lakukan ini menjadi perwujudan komitmen LinkAja untuk terus berinovasi guna mendukung upaya Pemerintah dalam mengakselerasi inklusi keuangan digital di Indonesia ” kata Yogi.

LinkAja sebagai penyedia jasa pembayaran berbasis server telah berkembang pesat dan kini telah memiliki lebih dari 87 juta pengguna terdaftar. Pengguna dapat menikmati layanan PayLater LinkAja untuk digunakan bertransaksi di lebih dari 2,3 juta merchant rekanan LinkAja, serta penggunaan tidak terbatas di berbagai platform BUMN, Marketplace, dan SuperApp.

Handayani Direktur Bisnis Konsumer BRI mengungkapkan, “BRI selalu mendorong upaya percepatan digitalisasi jasa keuangan dalam rangka mendukung upaya pemerintah atas program inklusi keuangan nasional. Untuk itu, melalui sinergi strategis menghadirkan fitur PayLater dalam aplikasi LinkAja ini semakin memperkuat literasi keuangan di kalangan masyarakat melalui ekosistem layanan keuangan yang lengkap,” ungkapnya.

Mengenai digitalisasi penyaluran dana kepada seluruh karyawan magang, Pegadaian sangat mendukung transaksi non-tunai yang difasilitasi oleh LinkAja. Selama ini berbagai bentuk kolaborasi strategis bersama LinkAja sudah dijalankan, antara lain digitalisasi pembayaran magang santri dan pembayaran magang magenta, cash  disbursement rutin saldo LinkAja untuk karyawan maupun pembayaran angsuran dan pengajuan pinjaman melalui LinkAja.

Diluar dari perluasan kerjasama strategis yang dijalankan bersama LinkAja, Pegadaian juga membuka berbagai potensi bentuk lainnya yang dapat dijajaki, antara lain pemberian manfaat investasi bagi karyawan LinkAja, pemberian manfaat investasi bagi mitra LinkAja maupun kolaborasi pemanfaatan Bank Sampah.

Ferry Hariawan selaku Senior Vice President Hubungan Kelembagaan PT Pegadaian menyampaikan, 
“Pegadaian memahami bahwa digitalisasi merupakan bagian dari perkembangan zaman dan telah menjadi fokus pemerintah. Oleh karena itu, kami pun menyambut baik kerjasama dengan LinkAja, untuk memperkenalkan metode pembayaran secara digital kepada karyawan kami. Pegadaian meyakini, hal ini  dapat meningkatkan layanan dan memudahkan kebutuhan bertransaksi sehari-hari.”

Melalui ekosistem layanan transaksi keuangan elektronik yang lengkap dan terintegrasi, konsistensi dan komitmen LinkAja dalam upayanya untuk #SatukanPotensiIndonesia  semakin terealisasi. Dengan mengoptimalkan seluruh layanan yang diunggulkan oleh setiap BUMN, LinkAja optimis dapat memenuhi kebutuhan transaksi digital yang aman  dan nyaman, serta semakin mempercepat proses inklusi keuangan yang merata di  Indonesia.

Post Views: 212
Previous Post

Akhir 2022, Jala Lintas Media Targetkan 120 ribu Pelanggan

Next Post

 Bank Neo Commerce akan Right Issue

Next Post
 Bank Neo Commerce akan Right Issue

 Bank Neo Commerce akan Right Issue

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BISNIS TERKINI

Janji Publik untuk Pendidikan Setara bagi Semua Anak: KPI 2025 Tutup dengan Komitmen Nasional Baru

Janji Publik untuk Pendidikan Setara bagi Semua Anak: KPI 2025 Tutup dengan Komitmen Nasional Baru

19 Mei 2025

Muhammad Arif Angga, Ketum APJII: Indonesia Digital Forum 2025 Sebagai Upaya Gotong Royong Membangun Masa Depan Ekosistem Digital Indonesia

Muhammad Arif Angga, Ketum APJII: Indonesia Digital Forum 2025 Sebagai Upaya Gotong Royong Membangun Masa Depan Ekosistem Digital Indonesia

19 Mei 2025

BOLDe Hadir di Jakarta Premium Outlets: Grand Opening dengan Promo dan Hadiah Menarik!

BOLDe Hadir di Jakarta Premium Outlets: Grand Opening dengan Promo dan Hadiah Menarik!

18 Mei 2025

Perfect Corp. Raih “AI Company of The Year”, Bukti Dedikasi Hadirkan Inovasi Teknologi AI dan AR

Perfect Corp. Raih “AI Company of The Year”, Bukti Dedikasi Hadirkan Inovasi Teknologi AI dan AR

18 Mei 2025

Agrinas Jaladri Berhasil Kawal Pembangunan Rusun Jagakarsa

Agrinas Jaladri Berhasil Kawal Pembangunan Rusun Jagakarsa

17 Mei 2025

PT. Media Maju Global

Plaza Simatupang Lt .6 Unit 3 Jl. TB Simatupang Kav. IS No. 01 Kel. Pondok Pinang, Kec. Kebayoran Lama, Jakarta Selatan 12310.

Telp: 021-22702245
Handphone: 0816.900315
E-mail: redaksi@businessasia.co.id

Kategori

  • Berita
  • Business
  • Daerah
  • Ekonomi
  • Figure
  • Indeks
  • Internasional
  • Kesehatan
  • Lifestyle
  • Nasional
  • Otomotif
  • Property
  • Teknologi
  • Tourism

.

  • About
  • Redaksi
  • Info Iklan
  • Privacy Policy
  • Cyber Guidelines
  • Pedoman Media Siber

About

Kehadiran Majalah BusinessAsia Indonesia yang memiliki Tagline Towards a New Change in Asia atau “Menuju Perubahan Baru di Asia” khususnya Indonesia  bertujuan untuk memastikan langkah mereka kokoh menapaki dinamika ekonomi bisnis dan investasi yang kian berkembang. Baca selengkapnya.

No Result
View All Result
  • Home
  • Berita
  • Business
  • Figure
  • Teknologi
  • Lifestyle
  • Internasional
  • Indeks
  • e-Magazine

Majalah terbatas

1. DPMPTSP Kota Tangsel Raih Penghargaan
Pelayanan Prima dari Kemenpan RB.

2. Jebakan Crazy
Rich Pikat Pelanggan Ikut Trading Binary
Option.

3. Eksportir Indonesia
Perluas Jejaring
dengan Buyers di AS

shop new Emagazine