Media Briefing”TikTok Mega Sales 2022″ yang diselenggarakan Selasa (5/7) di Jakarta, mengungkapkan insight seputar “Mega Sales 2022”, yang berisi tentang tren perilaku pengguna TikTok di musim belanja, sekaligus tips dan strategi bagi para pelaku bisnis untuk memenangkan momen Mega Sales di TikTok di tahun 2022 ini.
Dalam acara ini, terungkap fakta menarik yang telah dihimpun TikTok Indonesia melalui surveinya kepada para pengguna TikTok Shop. Fakta itu adalah, 90% pengguna TikTok di Tanah Air selalu menanti musim Mega Sales pada setiap tahunnya. Karena pada momen tersebut, brand-brand terkenal biasanya memberikan diskon-diskon yang menarik.
Hal tersebut disampaikan Head of Business Marketing TikTok Indonesia – Sitaresti Astarini. “Di musim belanja ini, banyak promo-promo dan launching produk baru dari brand-brand.”
Menurut Sitaresti, Hari Belanja Online Nasonal (Harbolnas) menjadi primadona bagi konsumen di Tanah Air. Demikian juga momen-momen penjualan pada tanggal dan bulan yang kembar seperti 9.9, 10.10, atau 11.11, atau yang biasa disebut TikTok sebagai masa “Mega Sales”, ini adalah periode yang sangat ditunggu oleh para konsumen di tanah air.
Bahkan berpegang pada data TikTok per Februari 2022 yang membahas perilaku pengguna di pasar Asia Tenggara, terungkap bahwa 75% pengguna TikTok di tanah air memilih belanja produk di periode Mega Sales. Karena itu, lanjut Sitaresti, Mega Sales adalah momen yang tepat bagi para brand guna bisa meningkatkan penjualan mereka.
“Brand–brand harus bisa memanfaatkan musim Mega Sales secara optimal, karena perilaku berbelanja sudah terbangun,” ujar Sitaresti.
Sitaresti dalam kesempatan ini juga mengungkapkan tips-tips atau strategi pemasaran yang efektif dengan menggunakan Aplikasi TikTok. Menurutnya, pertama-tama adalah konten yang ditampilkan harus bisa menghibur dan menarik perhatian khalayak. Berikutnya, konten bisa dengan menggunakan metode story telling yang baik, ringan, mudah dimengerti, dan inspiratif bagi target pelanggannya. Dan tips yang ketiga dengan cara meningkatkan kualitas kontennya.