Perhelatan IQSA 2024, sebuah ajang penghargaan yang berfokus pada bidang Quality, Safety, Health and Environment (QHSE) dan diperuntukkan bagi sektor industri di Indonesia, kini telah memasuki minggu kedua tahap penjurian.
Ajang yang diselenggarakan oleh Majalah Business Asia Indonesia bekerjasama dengan Forum QHSE BUMN Konstruksi ini bertujuan untuk mendorong para pelaku industry di Indonesia untuk mengimplementasikan aspek QHSE dengan baik dan benar serta berkelanjutan, demi terciptanya operasi yang ekselen (operation excellent) di perusahaannya masing-masing dan dalam skala lebih luas demi terwujudnya budaya K3 di Indonesia.
Peserta penjurian kali ini adalah PT Patra Jasa. Dalam acara Penjurian IQSA 2024 yang diselenggarakan secara daring di Jakarta pada Kamis, 29 Agustus 2024, PT Patra Jasa menghadirkan: Ray Saputra Muda Daulay – Direktur Utama, Nur Rohman – VP QHSE, Rina Martha Pjs. VP Corporate Secretary, Rizuli Akbar – Manager Quality Management dan Standarisasi Mutu, Sekar Anidyawati Utami – Manager Corporate Communication & Branding, serta Muhammad Nurwahid – Senior Analyst HSE Operation.
Sementara itu bertindak sebagai Dewan Juri IQSA dalam acara kali ini adalah; Dr Ir Rudiyanto, Dip ISM, MIIRSM, MM, MBA, CIQnR, CIQaR, Dr Ir Supandi Syarwan, MM., Ir. Subkhan, S.T, M.PSDA, IPU, Asean Eng., yang juga Ketua Dewan Juri IQSA 2024, dan Drs. Hasanuddin.
Dalam presentasi PT Patra Jasa yang dipimpin langsung oleh Direktur Utama – Ray Saputra Muda Daulay, dengan didampingi jajaran manajemen dan staf dipaparkan, bahwa PT Patra Jasa mempunyai kebijakan mengenai QHSE yang tertuang dalam Kebijakan Patra Jasa tentang Penerapan Sistem Manajemen Mutu, Keselamatan, dan Kesehatan Kerja, Pengendalian Lingkungan, Pengamanan Perusahaan, Anti Penyuapan, dan Keamanan Informasi.
PT Patra Jasa sebagai perusahaan yang bergerak dalam tiga pilar bisnis yaitu industry property, hospitality dan multi jasa, maka Perusahaan berkomitmen untuk menerapkan Sistem Manajemen Mutu, Keselamatan, dan Kesehatan Kerja, Pengendalian Lingkungan, Pengamanan Perusahaan, Anti Penyuapan, dan Keamanan Informasi dalam mewujudkan Visi dan Misi dengan sasaran untuk mencapai kepuasan pelanggan tertinggi, nihil kecelakaan kerja, nihil penyakit akibat kerja, nihil pencemaran lingkungan, nihil kejadian penyuapan, dan nihil kebocoran informasi dalam pelaksanaan bisnis PT Patra Jasa
Komitmen kuat Patra Jasa didalam QHSE antara lain juga tercermin dari Struktur organisasi QHSE yang berada di fungsi Leher langsung dibawah Direktur Utama. Terbaru, telah dilakukan perubahan Struktur Organisasi QHSE per tanggal 2 Januari 2024, yang mana untuk QHSE dipimpin oleh VP Quality, Health, Safety, Environment.
Kemudian untuk para personil QHSE dibekali oleh sertifikasi kompetensi antara lain; sertifikasi kompeteni Ahli K3 Umum – Kemnaker, Auditor SMK3 – Kemnaker, PPPA, PPPU, PPLB3 – BNSP, Auditor ISO 9001, Fire Safety Manager – BNSP, Ahli Kebakaran Kelas D- Kemnaker, Petugas P3K – Kemnaker, Pengawas Perancah – BNSP, dan Ahli K3 Muda – BNSP.
Patra Jasa juga memiliki Struktur Panitia Pembina Keselamatan dan Kesehatan Kerja (P2K3) yang di Ketuai langsung oleh Direktur Utama PT Patra Jasa. P2K3 PT Patra Jasa ini telah disahkan sesuai dengan Surat Keputusan Kepala Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi dan Energi Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta No. 1334 Tahun 2023 tentang Pengesahan Panitia Pembina Keselamatan dan Kesehatan Kerja (P2K3) di Perusahaan bertanggal 2 Oktober 2023. No Register : 3620/P2K3/IX/2023.
Terkait pentingnya QHSE, Patra Jasa menerapkan Sistem Manajemen antara lain; SMK3-PP 50 TH 2012-(Predikat Emas), ISO 45001:2018-Sistem Manajemen K3, ISO 14001:2015-Sistem Manajemen Lingkungan, ISO 9001:2018-Sistem Manajemen Mutu, ISO 27001:2022-Sistem Manajemen Keamanan Informasi dan ISO 37001:2018-Sistem Manajemen Anti Penyuapan.
Komitmen kuat Patra Jasa didalam implementasi QHSE juga tercermin dari perusahaan memiliki RealTime Report Kinerja HSE – Berbasis WEB, yang merupakan salah satu bentuk transformasi digital di Patra Jasa. Dengan begitu, kinerja HSE dapat dipantau secara realtime melalui Platform Akuntabilitas QHSE berbasis Web.
Di PT Patra Jasa juga dilakukan Pengukuran Budaya HSSE. Pengukuran Budaya HSSE dilakukan secara rutin setiap tahun yang melibatkan seluruh karyawan perusahaan. Beradasarkan hasil pengkuran, Budaya HSSE di PT Patra Jasa mengalami peningkatan dari tahun 2022 ke tahun 2023.
Rincian pencapaian hasil Budaya HSSE tahun 2023 di PT Patra Jasa sebagai berikut; Rata-rata pemcapaian Budaya HSEE di seluruh unit PT Patra Jasa berada di level Proactive (Score = 4,11). Kemudian, pencapaian hasil survey menunjukkan, bahwa secara dominan (80,23% populasi yang disurvey) di PT Patra Jasa berada di level Proactive (39,33%) dan Generative (40,90%).
Komitmen Manajemen PT Patra Jasa didalam menerapkan QHSE secara konsisten dilakukan juga melalui kegiatan-kegiatan; Management Walkthrough (MWT) Dewan Komisaris, MWT Dewan Direksi, Rapat Komite HSSE dan Town Hall Meeting HSSE.
Dalam rangka menguatkan penerapan QHSE, PT Patra Jasa juga mempunyai Tata Kerja Organisasi (TKO) Kesiapsiagaan dan Tanggap Darurat dalam bentuk TKO Kesiapan Tanggap Darurat, Simulasi Tanggap Darurat (1x/tahun setiap Unit), dan Pelatihan dan Sertifikasi Tim Tanggap Darurat.
PT Patra Jasa juga telah memiliki prosedur yang mengatur Contractor Safety Management System (CSMS) yang berlaku untuk Vendor/kontraktor Patra Jasa. Siklus CSMS untuk Vendor/kontraktor berjalan 100%. PT Patra Jasa telah lulus Prakualifikasi CSMS kategori risiko Tinggi di PT Pertamina Persero dan PT Pertamina Hulu Rokan – SKK Migas.
Selanjutnya, Patra Jasa menerapkan prosedur Keselamatan Operasi, yang terdiri dari Prosedur Pekerjaan Risiko Tinggi, Pelatihan dan Sertifikasi, Pengawasan Pekerjaan, dan Implementasi Surat Izin Kerja Aman.
Patra Jasa juga memiliki Innovation dan Improvement QHSE Program Patra Akuntabilitas – Digitalisasi Program. Hasil Evaluasi Pelaksanaan Implementasi Pelaporan Unsafe Action & Unsafe Condition meningkat setelah program dan sistem Patra Akuntabilitas dijalankan. Efektivitas pelaporan dan monitoring tindakan perbaikan menjadi lebih baik.
Berikutnya, Patra Jasa memiliki Innovation dan Improvement QHSE – Program Eco Enzim, dan juga Innovation dan Improvement – Solar Cell.
Untuk Solar Cell, program ini adalah kerjasama antara PT Patra Jasa dengan PT Pertamina Power Indonesia dalam penyediaan energi ramah lingkungan – PLTS. Kolaborasi ini telah diterapkan di dua unit bisnis PT Patra Jasa yaitu Grha Pertamina dan Patra Semarang Hotel & Convention. PLTS ini menghasilkan energi ramah lingkungan sebesar ➢ 38,25 kWp (Graha Pertamina, ➢ 161,2 kWp (Patra Semarang Hotel & Convention).
Patra Jasa juga mempunyai unit Fire Safety. Fire Safety ini memiliki; TKO Kesiap Siagaan Tanggap Darurat, Rencana Tindak Darurat Kebakaran (Pre Fire Planning), Sertifikat Kompetensi Fire Safety Manager (4 Personil), Sertifikat Ahli K3 Pemadam Kebakaran Kelas – D (24 Personil), Sertifikat Keselamatan Kebakaran Gedung (PJOT & Grha Pertamina), Simulasi Keadaan Darurat Kebakaran (Rutin minimum 1x/tahun setiap unit), Assessment Keselamatan Kebakaran yang dilakukan oleh pihak Independen untuk seluruh Unit, Serta Perawatan, inspeksi dan tes untuk semua perangkat proteksi kebakaran Gedung.
Tak mengherankan dengan begitu kuatnya concern dan komitmen PT Patra Jasa didalam penerapan QHSE secara baik dan optimal di perusahaannya, maka Patra Jasa telah mendapatkan banyak penghargaan, diantaranya; WSO Indonesia-Pakistan Safety Culture Award (WISCA) tahun 2023 (Gold), tahun 2024 (Gold). P2 HIV-AIDS 2024 (Platinum). PROPERDA – Patra Bandung Hotel – Predikat Biru. Serta Pertamina Environment Compliance Asssurance (PERCA), 5 Unit Bisnis Patra Jasa mendapat Predikat Biru.
Dewan Juri IQSA 2024 memberikan apreasiasi yang sangat positif terhadap upaya/komitmen dari PT Patra Jasa dalam penerapan QHSE selama ini di perusahaan. Sementara itu Direktur Utama PT Patra Jasa – Ray Saputra Muda Daulay mengucapkan terima kasih kepada para dewan juri atas rekomendasi yang diberikan, karena bisa semakin memotivasi Patra Jasa untuk terus mengoptimalkan penerapan QHSE di perusahaan, agar semakin baik ke depannya.