Rabu, 19 November 2025
E-MAGAZINE
Business Asia
No Result
View All Result
  • Home
  • Berita
  • Business
  • Figure
  • Teknologi
  • Lifestyle
  • Internasional
  • Indeks
  • Home
  • Berita
  • Business
  • Figure
  • Teknologi
  • Lifestyle
  • Internasional
  • Indeks
No Result
View All Result
Business Asia
No Result
View All Result
Home Business

Prodia Bukukan Pendapatan Rp1,58 Triliun di Kuartal III-2025

2 November 2025
in Business
Prodia Bukukan Pendapatan Rp1,58 Triliun di Kuartal III-2025
0
SHARES
0
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter
ADVERTISEMENT

Jakarta, Business Asia — PT Prodia Widyahusada Tbk (Kode Saham: PRDA), penyedia layanan laboratorium klinik terdepan di Indonesia, tetap menjaga momentum bisnis di tengah dinamika ekonomi nasional dan global yang menantang pada Kuartal III-2025.

Prodia mencatat pendapatan sebesar Rp1,58 triliun pada Kuartal III-2025, relatif stabil dengan penurunan tipis 1,3% YoY serta laba bersih sebesar Rp114 miliar. Segmen esoterik dan non-laboratorium tetap mencatat pertumbuhan positif, masing-masing sebesar Rp380 miliar dan Rp117 miliar, mencerminkan kontribusi multi-segmen yang semakin kuat dalam menopang kinerja perusahaan. Kekuatan multi-segmen ini menjadi fondasi Prodia untuk tetap menghadapi tantangan eksternal.

Dari posisi laba rugi, beban pokok penjualan meningkat moderat menjadi Rp673 miliar meningkat 5.4% dari Rp638 miliar YoY. Laba kotor tercatat Rp908 miliar, menunjukan marjin yang masih terjaga dengan baik.

Sementara itu, EBIT terjaga dengan baik sebesar Rp111 miliar. Laba sebelum pajak (EBT) mencapai Rp143 miliar dengan beban pajak Rp28,7 miliar sehingga menghasilkan laba bersih Rp114 miliar.

Dari segi neraca, total aset mencapai Rp2,58 triliun, liabilitas sebesar Rp268 miliar, dan ekuitas sebesar Rp2,31 triliun hingga akhir Kuartal III-2025, memperkuat posisi keuangan Perseroan.

Kinerja operasional tetap solid tercermin dari fokus Perseroan dalam menjaga efisiensi dan ekspansi strategis.

Secara keseluruhan, aset kas operasi tetap positif, menopang kebutuhan modal kerja dan belanja modal (capex) untuk perluasan jaringan layanan dan peningkatan kapabilitas perusahaan.

Indikator makro dan kebijakan pemerintah sendiri memberikan sentimen positif, termasuk rencana alokasi RAPBN 2026 sebesar Rp114 triliun untuk sektor kesehatan, sementara perbaikan terlihat di pasar modal, tercermin dari IHSG yang mencapai all-time high, menunjukan kepercayaan investor dan masyarakat tetap baik.

Dengan momentum ini, Prodia optimis dapat mempertahankan kinerja menjelang akhir 2025 dengan fokus pada strategi pengembangan layanan, baik melalui klinik maupun digital melalui U by Prodia, penerapan cost efficiency measurement, perluasan kerjasama strategis lintas regional, pembukaan cabang baru, serta penguatan inovasi dan kapabilitas internal untuk memastikan pertumbuhan berkelanjutan.

Direktur Utama Prodia, Dewi Muliaty, menjelaskan bahwa kondisi ekonomi yang dipengaruhi oleh inflasi dan fluktuasi nilai tukar rupiah turut menekan daya beli masyarakat dan meningkatkan biaya operasional.

“Meski kondisi ekonomi menantang, kontribusi multi-segmen kami tetap menunjukkan hasil positif, menopang pendapatan konsolidasian sebesar Rp1,58 triliun pada Kuartal III-2025. Kami juga memperluas jaringan rujukan hingga Timor Leste, Malaysia, dan Taiwan sebagai langkah menuju South East Asia (SEA) Referral Laboratory,” ujar Dewi.

Dewi menambahkan, Prodia juga terus memperluas segmen pelanggan korporasi dengan menghadirkan solusi kesehatan yang lebih komprehensif. “Kami berupaya menghadirkan nilai tambah melalui sinergi antar-segmen, mulai dari layanan rutin, esoterik dan genomik—serta mengoptimalkan layanan digital U by Prodia untuk memudahkan konsumen dalam melakukan pemeriksaan secara lebih praktis dan personal. Dengan pendekatan ini, kami memastikan pertumbuhan bisnis tetap berkelanjutan dan relevan dengan kebutuhan masyarakat” imbuhnya.

Sementara itu, Liana Kuswandi, Direktur Keuangan Prodia, menekankan bahwa perusahaan tetap disiplin dalam menjaga fondasi keuangannya.

“Kami memperkuat manajemen kas, meningkatkan efisiensi di berbagai lini, serta menjaga likuiditas dan struktur permodalan agar tetap sehat di tengah gejolak ekonomi. Kami juga terus meninjau portofolio investasi dan alokasi belanja modal (capex) agar sejalan dengan arah strategi jangka menengah dan panjang. Hingga akhir tahun, fokus kami adalah menyeimbangkan pertumbuhan bisnis dengan manajemen risiko yang hati-hati untuk menjaga profitabilitas dan ketahanan perusahaan,” jelas Liana.

Di sisi lain, sepanjang Kuartal III-2025, Prodia menunjukkan komitmennya dalam mempertahankan posisi sebagai pemimpin industri laboratorium klinik di Indonesia melalui beragam pencapaian dan inisiatif strategis. Perseroan berhasil meraih sejumlah penghargaan, termasuk “Global Champion 2025” pada ajang internasional The World CIO 200 Awards 2025, sekaligus terus memperkuat sistem keamanan siber dan perlindungan data pelanggan dengan bergabung dalam Computer Security Incident Response Team (CSIRT) Nasional 2025.

Guna mendukung pengembangan layanan berbasis genomik, Prodia menjalin kemitraan Point of Care (POC) genomik dengan RS Primasatya Husada Citra Surabaya dan RS Regina Maris Medan melalui pembentukan Genomic Site yang berfokus pada pengembangan personalized medicine.

Tak hanya itu, melalui anak usahanya, PT Prodia Digital Indonesia, Perseroan juga menghadirkan inovasi digital terkini, Brain Function Screening, sebuah layanan skrining fungsi kognitif otak yang tersedia pada aplikasi U by Prodia, memudahkan konsumen dalam memantau kesehatan secara personal.

Tags: Prodia
Previous Post

Bank Saqu Hadirkan Good Gesture di IdeaFest 2025, Satukan Kreativitas, Kesetaraan, dan Literasi Keuangan Inklusif

Next Post

Opulent Living 2025: “Embarking on a Design Odyssey” Pameran Desain Imersif Pertama

Next Post
Opulent Living 2025: “Embarking on a Design Odyssey” Pameran Desain Imersif Pertama

Opulent Living 2025: "Embarking on a Design Odyssey" Pameran Desain Imersif Pertama

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BISNIS TERKINI

AFTECH dan PERBANAS Tegaskan Pentingnya Sinergi Bank-Fintech Perluas Akses Kredit Nasional

AFTECH dan PERBANAS Tegaskan Pentingnya Sinergi Bank-Fintech Perluas Akses Kredit Nasional

17 November 2025

Orange Forum 2025: Aksi Menggerakkan Orange Capital Guna Menutup Kesenjangan Pendanaan SDG

Orange Forum 2025: Aksi Menggerakkan Orange Capital Guna Menutup Kesenjangan Pendanaan SDG

17 November 2025

SeaBank Catatkan Laba Kuartal III-2025 Tembus Rp408 Miliar, Konsisten Tumbuh Sehat Bagi Nasabah

SeaBank Catatkan Laba Kuartal III-2025 Tembus Rp408 Miliar, Konsisten Tumbuh Sehat Bagi Nasabah

17 November 2025

Bank Saqu Catat 3,2 Juta Lebih Nasabah di Tahun Kedua: Dorong Warga Indonesia Lebih Aktif dan Produktif

Bank Saqu Catat 3,2 Juta Lebih Nasabah di Tahun Kedua: Dorong Warga Indonesia Lebih Aktif dan Produktif

17 November 2025

Asuransi Generali Delapan Kali Jadi Official Insurance Partner Bank Jateng Borobudur Marathon, Gencar Promosikan Gaya Hidup Sehat ke Masyarakat

Asuransi Generali Delapan Kali Jadi Official Insurance Partner Bank Jateng Borobudur Marathon, Gencar Promosikan Gaya Hidup Sehat ke Masyarakat

17 November 2025

PT. Media Maju Global

Plaza Simatupang Lt. 6 Unit 3. Jl. TB. Simatupang Kav. IS No. 01, Pondok Pinang, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.

Telp: 021-22702245
E-mail: redaksi@businessasia.co.id

Kategori

  • Berita
  • Business
  • Daerah
  • Ekonomi
  • Figure
  • Indeks
  • Internasional
  • Kesehatan
  • Lifestyle
  • Nasional
  • Otomotif
  • Property
  • Teknologi
  • Tourism

.

  • About
  • Redaksi
  • Info Iklan
  • Privacy Policy
  • Cyber Guidelines
  • Pedoman Media Siber

About

Kehadiran Majalah BusinessAsia Indonesia yang memiliki Tagline Towards a New Change in Asia atau “Menuju Perubahan Baru di Asia” khususnya Indonesia  bertujuan untuk memastikan langkah mereka kokoh menapaki dinamika ekonomi bisnis dan investasi yang kian berkembang. Baca selengkapnya.

No Result
View All Result
  • Home
  • Berita
  • Business
  • Figure
  • Teknologi
  • Lifestyle
  • Internasional
  • Indeks
  • e-Magazine

Majalah terbatas

1. DPMPTSP Kota Tangsel Raih Penghargaan
Pelayanan Prima dari Kemenpan RB.

2. Jebakan Crazy
Rich Pikat Pelanggan Ikut Trading Binary
Option.

3. Eksportir Indonesia
Perluas Jejaring
dengan Buyers di AS

shop new Emagazine