Jakarta, Business Asia – PT Prodia Widyahusada Tbk (Prodia), sebagai salah satu perusahaan layanan laboratorium diagnostik terkemuka di Indonesia, kembali membuktikan komitmennya terhadap kualitas dan standar pelayanan yang tinggi dengan meraih penghargaan bergengsi Standar Nasional Indonesia (SNI) Awards 2024 dengan predikat Perunggu dari Badan Standardisasi Nasional (BSN).
Prodia menjadi satu-satunya laboratorium diagnostik sekaligus emiten layanan kesehatan nasional yang memperoleh penghargaan ini di tahun 2024.
Penghargaan ini diberikan sebagai bentuk apresiasi atas dedikasi Prodia dalam menerapkan Standar Nasional Indonesia (SNI) secara konsisten di seluruh lini operasional, guna mencapai kinerja unggul dan keberlanjutan bisnis.
Penghargaan ini diselenggarakan oleh Badan Standarisasi Nasional (BSN) pada tanggal 21 November 2024, berlokasi di Assembly Hall Jakarta Convention Center, dan diterima secara simbolis oleh Romimatul Fadillah selaku Integrated Management System Manager Prodia, Stefanus Rezky Wibawa selaku Service & Talent Acquiring Manager Prodia, dan Nasib Pandopotan Limbong selaku Logistic Manager Prodia.
Direktur Utama Prodia, Dewi Muliaty, mengungkapkan rasa syukurnya atas pencapaian Prodia pada penghargaan ini. “Penghargaan SNI Awards 2024 ini adalah yang pertama kalinya kami berpartisipasi. Kami berterimakasih kepada Badan Standarisasi Nasional yang telah menganugerahkan penghargaan SNI Awards 2024 kepada Prodia. Penghargaan ini merupakan bukti nyata dari upaya kami untuk terus menjaga dan meningkatkan standar layanan kesehatan terbaik bagi masyarakat Indonesia. Penerapan SNI bukan hanya tentang memenuhi regulasi, tetapi juga wujud tanggung jawab kami dalam memberikan layanan yang aman, akurat, dan terpercaya. Penghargaan ini kami dedikasikan untuk seluruh insan Prodia yang telah bersinergi menjaga mutu pelayanan yang telah kami kelola dan pertahankan serta untuk seluruh pelanggan, yang selalu menjadi fokus utama kami dalam menyediakan layanan berkualitas yang aman dan dapat diandalkan.” ujar Dewi.
Dalam penghargaan ini, Prodia masuk ke dalam kategori Organisasi Besar Jasa Pariwisata, Keuangan, Logistik, dan Lainnya berdasarkan kombinasi hasil peninjauan dokumen (desk evaluation) dan peninjauan lapangan (site evaluation). Adapun dalam proses penilaian diawali dengan self-assessment terhadap 7 kriteria utama yang dimiliki perusahaan, yaitu Kepemimpinan, Strategi, Pelanggan, Manajemen Sumber Daya, Operasional Layanan, Pengukuran, Analisis dan Peningkatan Kinerja, serta Hasil Kinerja Non Keuangan dan Kinerja Keuangan.
Selain ke tujuh kriteria tersebut, peserta juga dinilai terkait pengimplementasian aspek Environmental, Social, and Governance (ESG) dalam menjaga keberlangsungan bisnisnya.
Integrated Management System Manager Prodia, Romimatul Fadhilah, mengatakan Prodia senantiasa menjaga dengan ketat standar mutu operasional bisnisnya guna menjamin keamanan dan kenyamanan layanan kepada pelanggan.
“Kami secara rutin melakukan evaluasi menyeluruh pada aspek operasional kami, mulai dari penerapan standar bahan baku dan produk yang digunakan hingga prosedur operasional yang dilakukan. Dengan diperolehnya SNI Awards 2024 ini, membuktikan bahwa standar yang kami terapkan dalam memberikan layanan kepada pelanggan telah memenuhi kriteria SNI. Hal ini juga menjadi motivasi bagi kami untuk terus berinovasi dan berkontribusi pada kesehatan masyarakat serta memperkuat komitmen Prodia menjadi laboratorium diagnostik kesehatan terbaik di Indonesia yang senantiasa berupaya memberikan nilai tambah bagi pelanggan kami.”
Perolehan SNI Awards 2024 semakin melengkapi berbagai sertifikasi yang telah diperoleh Prodia sebagai wujud mempertahankan kualitas layanan diagnostik kesehatan yang berstandar mutu tinggi.
Adapun beberapa sertifikasi dan akreditasi yang telah diperoleh Prodia baik di tingkat nasional maupun internasional antara lain: (1) SNI ISO 9001:2015 – Manajemen Mutu; (2) Akreditasi Komite Akreditasi Nasional (KAN); (3) SNI ISO 15189:2022 – Standar Khusus Laboratorium Medis; (4) Akreditasi the College of American Pathologists (CAP); (5) SNI ISO 27001 – Sistem Manajemen Keamanan Informasi; (6) Sertifikasi ISO 45001:2018 – Manajemen Kesehatan & Keselamatan Kerja; (8) Sertifikasi ISO 17025:2017 – Kompetensi Pengujian & Laboratorium Kalibrasi; (9) Akreditasi Laboratorium Medis dan Akreditasi Klinik dari Kementerian Kesehatan RI. Melalui perolehan berbagai sertifikasi dan akreditasi ini, Prodia terus berkomitmen untuk mempertahankan mutu pelayanannya dan memastikan kenyamanan dan keamanan terbaik bagi pelanggan dan masyarakat.