PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI kembali menunjukkan komitmennya dalam mendukung perkembangan UMKM Indonesia. Hal tersebut dibuktikan dengan keberhasilan UMKM binaan BNI yang sukses mengimplementasikan produksi nihil sisa (zero waste) sekaligus Go Global.
Adrie Basuki seorang pelaku UMKM bisa menyulap kain bekas menjadi busana yang berkelas. Sebagai perancang busana dan pemilik jenama fesyen lokal, Adrie telah berhasil mengimplementasikan metode produksi zero waste dalam menjalankan usahanya.
Semangat Adrie itu sendiri selaras dengan upaya proaktif BNI dalam mewujudkan implementasi keuangan berkelanjutan. Baju rancangan Adrie ini menggunakan bahan baku yang berasal dari kain sisa kiriman para pelaku UMKM binaan BNI.
Setelah itu, kain-kain tersebut diolah oleh Adrie hingga menjadi produk busana bernilai tinggi yang dicintai oleh pecinta fesyen Indonesia dan dunia. Usahanya juga telah berhasil memanfaatkan perca marmer untuk dijadikan brand fesyen miliknya. Perca marmer adalah salah satu ciri khas busana buatan Adrie.
Brand milik Adrie sendiri sempat tampil di panggung internasional seperti Jakarta Fashion Week sekaligus pameran di Moskow dan London. Adrie mengaku sangat bersyukur karena mendapatkan dukungan BNI yang mengiringi perjalanannya. “Saya senang sekali dengan kolaborasi bersama BNI,” kata Adrie.
Sebagai bank terpercaya, BNI memiliki visi misi yang sama dengan Adrie Basuki, karena kami UMKM Indonesia ingin maju ke depannya dan terus bertumbuh,” imbuhnya. Adrie mengatakan dirinya yakin bersama BNI bisnisnya bisa terus berkembang, baik di Indonesia maupun di luar negeri.
Lebih lanjut, Adrie menjelaskan bahwa salah satu bentuk dukungan nyata yang dampaknya sangat dirasakan Adrie adalah adanya program BNI Xpora. Melalui BNI Xpora ini, UMKM bisa mendapatkan pemberdayaan untuk peningkatan kapasitas dan kualitas produksi. Yang tidak kalah penting yakni dukungan perluasan pemasaran produk melalui business match-making dengan buyer di pasar global.
“Dengan adanya Xpora, dengan fasilitas pembiayaan dan one stop solution untuk UMKM di Indonesia yang ingin go global,” ujarnya. “Sehingga produk-produk Indonesia tidak hanya menjadi raja di dalam negeri tapi juga di luar,” pungkasnya.