Rabu, 13 Agustus 2025
E-MAGAZINE
Business Asia
No Result
View All Result
  • Home
  • Berita
  • Business
  • Figure
  • Teknologi
  • Lifestyle
  • Internasional
  • Indeks
  • Home
  • Berita
  • Business
  • Figure
  • Teknologi
  • Lifestyle
  • Internasional
  • Indeks
No Result
View All Result
Business Asia
No Result
View All Result
Home Business

Oona Insurance Indonesia Catat Perubahan Signifikan dalam Tren Asuransi Kendaraan

13 Agustus 2025
in Business
Oona Insurance Indonesia Catat Perubahan Signifikan dalam Tren Asuransi Kendaraan
0
SHARES
9
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter
ADVERTISEMENT

Jakarta, Business Asia – Di tengah era transformasi digital dan perubahan perilaku konsumen yang begitu cepat, sektor otomotif dan asuransi di Indonesia turut mengalami perubahan yang signifikan.

Konektivitas digital yang semakin melekat dalam kehidupan sehari-hari turut memengaruhi kebiasaan finansial masyarakat, termasuk cara mereka melindungi aset pribadi. Di tengah fenomena ini, Oona Insurance Indonesia mencermati tren menarik terkait perilaku konsumen lintas generasi dalam hal asuransi kendaraan.

Meski secara keseluruhan penjualan mobil di Indonesia mengalami penurunan—mengacu pada data Gaikindo, tercatat 390.467 unit mobil terjual selama semester pertama 2025, dimana terjadi penurunan sebesar 9,7% dibandingkan periode yang sama tahun lalu—Oona Insurance Indonesia justru mencatat tren berbeda: terjadi lonjakan hingga tujuh kali lipat dalam pembelian asuransi kendaraan oleh generasi Z (kelahiran 1997–2012) hanya dalam kuartal pertama 2025.

“Sepanjang kuartal pertama tahun ini, kami melihat peningkatan tajam dari segmen Gen Z dalam pembelian asuransi kendaraan. Ini menunjukkan bahwa kesadaran dan sikap proaktif terhadap perlindungan finansial mulai tumbuh kuat di generasi ini,” ujar Iwan Kurniawan, Chief of Investment and Strategy Oona Insurance Indonesia.

“Namun, jika dilihat secara keseluruhan, generasi milenial masih menjadi kontributor terbesar, dengan menyumbang sekitar 70% dari total pangsa asuransi kendaraan di Oona.” sambungnya.

Dominasi milenial dalam sektor ini tak lepas dari tingkat kepemilikan kendaraan yang lebih tinggi serta kondisi finansial yang umumnya lebih mapan.

Selain itu, kebijakan seperti kewajiban memiliki asuransi tanggung jawab pihak ketiga atau third party liability (TPL) yang diatur dalam UU P2SK No. 4 Tahun 2023, juga turut mendorong pola pembelian asuransi di berbagai kelompok usia, khususnya kendaraan yang dibeli melalui kredit.

Lantas, apa yang mendorong Gen Z untuk mulai melirik asuransi kendaraan? “Kuncinya ada di dua hal, yakni meningkatnya kesadaran dan akses yang semakin mudah,” tambah Iwan. “Di Oona, kami sangat fokus menghadirkan pengalaman yang mudah dan serba digital. Melalui platform kami, pelanggan bisa membeli asuransi, mendapatkan layanan darurat ketika di perjalanan, mencari bengkel rekanan, dan mengajukan klaim—semuanya bisa dilakukan secara online, kapan pun dan di mana pun.”

Pendekatan ini terbukti relevan bagi Gen Z—kelompok demografi terbesar di Indonesia dengan populasi sekitar 74,93 juta orang atau setara 27,94% dari total penduduk (BPS). Perilaku konsumsi mereka sangat dipengaruhi oleh platform digital dan media sosial, sehingga mereka cenderung mengutamakan kecepatan, transparansi, dan kemudahan dalam setiap interaksinya dengan brand.

Bagi para profesional muda seperti Rama (25), pelanggan Oona yang terbiasa dengan teknologi digital, pengalaman ini sangatlah penting.

“Kalau terjadi sesuatu sama mobilku, aku pengennya semua bisa cepat dan langsung dari HP— mulai dari ajukan klaim sampai selesai. Di Oona, itu semua bisa,” ujarnya.

Dengan Gen Z yang kini menjadi pendorong ekspektasi baru terhadap layanan finansial berbasis digital, Oona Insurance semakin memperkuat komitmennya untuk menyediakan pengalaman asuransi yang serba digital, mulus, dan sesuai gaya hidup online generasi ini—kapan saja, di mana saja, dan sesuai cara mereka sendiri.

Post Views: 7,191
Tags: Oona Insurance
Previous Post

Bank Muamalat Genjot Bisnis Pembiayaan Emas

Next Post

Cara Memulai Bisnis Skincare: 5 Langkah Bangun Brand Sendiri Tanpa Punya Pabrik

Next Post
Cara Memulai Bisnis Skincare: 5 Langkah Bangun Brand Sendiri Tanpa Punya Pabrik

Cara Memulai Bisnis Skincare: 5 Langkah Bangun Brand Sendiri Tanpa Punya Pabrik

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BISNIS TERKINI

Cara Memulai Bisnis Skincare: 5 Langkah Bangun Brand Sendiri Tanpa Punya Pabrik

Cara Memulai Bisnis Skincare: 5 Langkah Bangun Brand Sendiri Tanpa Punya Pabrik

13 Agustus 2025

Oona Insurance Indonesia Catat Perubahan Signifikan dalam Tren Asuransi Kendaraan

Oona Insurance Indonesia Catat Perubahan Signifikan dalam Tren Asuransi Kendaraan

13 Agustus 2025

Bank Muamalat Genjot Bisnis Pembiayaan Emas

Bank Muamalat Genjot Bisnis Pembiayaan Emas

13 Agustus 2025

RedDoorz Rayakan 10 Tahun: Optimis Terus Tumbuh di 2025

RedDoorz Rayakan 10 Tahun: Optimis Terus Tumbuh di 2025

13 Agustus 2025

Ford RMA Indonesia Rayakan Harpelnas dengan Program “Bulan Apresiasi Pelanggan”

Ford RMA Indonesia Rayakan Harpelnas dengan Program “Bulan Apresiasi Pelanggan”

13 Agustus 2025

PT. Media Maju Global

Plaza Simatupang Lt .6 Unit 3 Jl. TB Simatupang Kav. IS No. 01 Kel. Pondok Pinang, Kec. Kebayoran Lama, Jakarta Selatan 12310.

Telp: 021-22702245
E-mail: redaksi@businessasia.co.id

Kategori

  • Berita
  • Business
  • Daerah
  • Ekonomi
  • Figure
  • Indeks
  • Internasional
  • Kesehatan
  • Lifestyle
  • Nasional
  • Otomotif
  • Property
  • Teknologi
  • Tourism

.

  • About
  • Redaksi
  • Info Iklan
  • Privacy Policy
  • Cyber Guidelines
  • Pedoman Media Siber

About

Kehadiran Majalah BusinessAsia Indonesia yang memiliki Tagline Towards a New Change in Asia atau “Menuju Perubahan Baru di Asia” khususnya Indonesia  bertujuan untuk memastikan langkah mereka kokoh menapaki dinamika ekonomi bisnis dan investasi yang kian berkembang. Baca selengkapnya.

No Result
View All Result
  • Home
  • Berita
  • Business
  • Figure
  • Teknologi
  • Lifestyle
  • Internasional
  • Indeks
  • e-Magazine

Majalah terbatas

1. DPMPTSP Kota Tangsel Raih Penghargaan
Pelayanan Prima dari Kemenpan RB.

2. Jebakan Crazy
Rich Pikat Pelanggan Ikut Trading Binary
Option.

3. Eksportir Indonesia
Perluas Jejaring
dengan Buyers di AS

shop new Emagazine