Senin, 25 Agustus 2025
E-MAGAZINE
Business Asia
No Result
View All Result
  • Home
  • Berita
  • Business
  • Figure
  • Teknologi
  • Lifestyle
  • Internasional
  • Indeks
  • Home
  • Berita
  • Business
  • Figure
  • Teknologi
  • Lifestyle
  • Internasional
  • Indeks
No Result
View All Result
Business Asia
No Result
View All Result
Home Business

APPRI Dorong Pemahaman Pengukuran PR Berbasis AMEC 

2 Agustus 2023
in Business
APPRI Dorong Pemahaman Pengukuran PR Berbasis AMEC 
0
SHARES
1
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter
ADVERTISEMENT

Keterampilan ini perlu dimiliki oleh para praktisi PR agar dapat melakukan evaluasi kerja secara menyeluruh dan tepat sasaran, dengan menggunakan kerangka kerja serta metodologi yang telah teruji dan dapat dipertanggungjawabkan – yang tidak sebatas pada tinjauan terhadap eksposur atas komunikasi yang telah dilakukan.

Melalui program APPRI Academy, hari ini melatih para praktisi profesional dalam sesi bertema “Belajar Tuntas Pengukuran PR Terbaru” yang diikuti oleh para peserta dari berbagai latar belakang.  

Dalam sambutannya, Sari Soegondo S.Sos, M.Si, CPR, Wakil Ketua Umum APPRI menegaskan keseriusan asosiasi profesi untuk memperkuat kemampuan pengukuran dan evaluasi kerja para praktisi PR di Indonesia.

“Ini merupakan salah satu langkah nyata APPRI dalam meningkatkan kompetensi praktisi PR di Indonesia. Kami berharap melalui kegiatan ini, makin banyak praktisi PR yang memahami pentingnya pengukuran keberhasilan kerja PR dan dapat menerapkannya secara efektif dalam pekerjaan mereka sehari-hari,” ujar Sari.  

Pelatihan sepanjang hari yang dipandu oleh pengajar bersertifikasi Fardila Astari, IAPR, CIQnR, CIQaR dan Emmy Kuswandari, IAPR ini diadakan sebagai bagian dari upaya APPRI untuk mendorong pengembangan praktik PR yang profesional dan bertanggung jawab di Indonesia.

“Pengukuran kerja PR yang stratejik dan efektif adalah kunci kesuksesan dalam mengembangkan strategi komunikasi yang tepat. Hal ini perlu disadari bukan hanya oleh praktisi PR itu sendiri, tetapi juga para pimpinan dan jajaran manajemen organisasi, evaluator, penilai dan asesor, klien dan penerima manfaat program komunikasi dan kehumasan, dan bahkan para dosen dan pengajar calon praktisi PR yang akan menjadi generasi masa depan di industri ini,” jelas Fardila. 

Emmy menguraikan bahwa kerangka kerja logis dari praktik PR berpusat pada penentuan dampak nyata yang paling diharapkan, yang kemudian diturunkan menjadi penetapan tujuan yang SMARTER (Specific, Measurable, Achievable, Relevant, Time-Bound, Evaluated and Reviewed) dengan indikator-indikator tertentu, penyusunann strategi pencapaian hasil, keluaran, serta sumber daya yang harus disiapkan – yang semuanya menyertakan bauran alat kerja komunikasi dari berbagai saluran (PESO; Paid, Earned, Shared, Owned channels).

“Praktisi PR juga perlu mengenal dan piawai menggunakan instrumen-instrumen kerja untuk menghimpun data dan mengolah proses evaluasi secara kuantitatif maupun kualitatif agar dapat mengukur hasil kerja mereka,” imbuhnya. 

APPRI juga mendorong sertifikasi profesi di kalangan praktisi PR.

Sari menghimbau, “Idealnya seorang praktisi PR mengantongi sertifikasi resmi yang diakui oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) untuk memastikan akuntabilitas dari pemikiran, strategi, praktik, karya dan juga etika bekerjanya. Program pelatihan hari ini merupakan salah satu nilai tambah yang mendukung kelayakan seorang praktisi PR dalam menerima sertifikat keprofesiannya. Kami mengajak rekan-rekan praktisi untuk rajin mengikuti pelatihan semacam ini dan melalui uji kompetensi yang juga dibuka oleh APPRI.” 

APPRI konsisten mendorong peningkatan kapasitas praktisi PR dan anggotanya di seluruh Indonesia agar memiliki daya saing internasional, membangun ekosistem industri PR yang kompetitif dan sehat, serta reputasi positif organisasi yang kuat. 

Post Views: 2,351
Tags: APPRI
Previous Post

Tips Jitu Membuat CV Ala Perwira Pertamina

Next Post

Titipku Jalin Kerjasama dengan Rinnai, Diinisiasi Via Acara “Keeping Up with Rinnai”

Next Post
Titipku Jalin Kerjasama dengan Rinnai, Diinisiasi Via Acara “Keeping Up with Rinnai”

Titipku Jalin Kerjasama dengan Rinnai, Diinisiasi Via Acara “Keeping Up with Rinnai”

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BISNIS TERKINI

Kota Podomoro Tenjo Lakukan Serahterima Cluster Magnolia Lebih Cepat

Kota Podomoro Tenjo Lakukan Serahterima Cluster Magnolia Lebih Cepat

25 Agustus 2025

Techno9 Proses Diakuisisi Poh Group, Berkat Campur Tangan Noprian Fadli

Proses Right Issue I NINE Ditargetkan Mulai November 2025, Rampung Paling Lambat April 2026

24 Agustus 2025

Easycash Dukung Kolaborasi  Bank-Pindar di IDBS 2025

Easycash Dukung Kolaborasi Bank-Pindar di IDBS 2025

24 Agustus 2025

Privy Perkuat Fondasi Digital Trust di Indonesia

Privy Perkuat Fondasi Digital Trust di Indonesia

24 Agustus 2025

Bantu Nasabah Siapkan Ibadah ke Tanah Suci, Bank Muamalat Luncurkan Rindu Haji

Bantu Nasabah Siapkan Ibadah ke Tanah Suci, Bank Muamalat Luncurkan Rindu Haji

23 Agustus 2025

PT. Media Maju Global

Plaza Simatupang Lt .6 Unit 3 Jl. TB Simatupang Kav. IS No. 01 Kel. Pondok Pinang, Kec. Kebayoran Lama, Jakarta Selatan 12310.

Telp: 021-22702245
E-mail: redaksi@businessasia.co.id

Kategori

  • Berita
  • Business
  • Daerah
  • Ekonomi
  • Figure
  • Indeks
  • Internasional
  • Kesehatan
  • Lifestyle
  • Nasional
  • Otomotif
  • Property
  • Teknologi
  • Tourism

.

  • About
  • Redaksi
  • Info Iklan
  • Privacy Policy
  • Cyber Guidelines
  • Pedoman Media Siber

About

Kehadiran Majalah BusinessAsia Indonesia yang memiliki Tagline Towards a New Change in Asia atau “Menuju Perubahan Baru di Asia” khususnya Indonesia  bertujuan untuk memastikan langkah mereka kokoh menapaki dinamika ekonomi bisnis dan investasi yang kian berkembang. Baca selengkapnya.

No Result
View All Result
  • Home
  • Berita
  • Business
  • Figure
  • Teknologi
  • Lifestyle
  • Internasional
  • Indeks
  • e-Magazine

Majalah terbatas

1. DPMPTSP Kota Tangsel Raih Penghargaan
Pelayanan Prima dari Kemenpan RB.

2. Jebakan Crazy
Rich Pikat Pelanggan Ikut Trading Binary
Option.

3. Eksportir Indonesia
Perluas Jejaring
dengan Buyers di AS

shop new Emagazine