Sabtu, 13 September 2025
E-MAGAZINE
Business Asia
No Result
View All Result
  • Home
  • Berita
  • Business
  • Figure
  • Teknologi
  • Lifestyle
  • Internasional
  • Indeks
  • Home
  • Berita
  • Business
  • Figure
  • Teknologi
  • Lifestyle
  • Internasional
  • Indeks
No Result
View All Result
Business Asia
No Result
View All Result
Home Business

Asia di Pusat Mode Global: Sorotan dari BRICS+ Fashion Summit

13 September 2025
in Business
Asia di Pusat Mode Global: Sorotan dari BRICS+ Fashion Summit
0
SHARES
2
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter
ADVERTISEMENT

Moskow, 11 September 2025 — Asia berdiri sebagai salah satu kekuatan utama yang membentuk lanskap mode dunia. Asia unggul pada kemampuannya memadukan warisan budaya yang kaya dengan teknologi mutakhir dan praktik berkelanjutan.

Negara-negara seperti India, Indonesia, dan Malaysia menjadi pionir dalam mengusung pertumbuhan yang ramah lingkungan dan tetap menjaga identitas uniknya. Inilah pesan utama yang dibawa delegasi Asia dalam BRICS+ Fashion Summit yang digelar di Moskow pada akhir Agustus lalu.

BRICS+ Fashion Summit telah menjelma menjadi platform internasional yang menampilkan bagaimana negara-negara Global South mendorong agenda mode global. Sebagai tuan rumah forum berskala besar ini, Moskow bertransformasi menjadi pusat pertemuan tokoh mode terkemuka dari Asia, Afrika, Amerika Latin, hingga Amerika Serikat dan Eropa.

Dinamika industri mode kini bergeser ke pasar negara berkembang, di mana para pemimpin baru tengah membangun jejaring bisnis sekaligus mempererat hubungan budaya. Delegasi dari Asia, salah satu kawasan dengan pertumbuhan tercepat di dunia, memainkan peran penting dalam program, termasuk melalui sesi khusus yang menyoroti pengaruh global benua ini terhadap industri mode.

Sesi tersebut menghadirkan para pakar terkemuka dari Indonesia: Ali Charisma, Advisory Board & Event Director Indonesian Fashion Chamber; Liliek Setiawan, Wakil Ketua Asosiasi Tekstil Indonesia sekaligus CEO Sekar Lima; serta Rizal Rakhman, Government Relations & Sustainability Executive PT Pan Brothers Tbk.

“Ajang seperti BRICS+ Fashion Summit memiliki peran penting dalam memfasilitasi pertukaran lintas budaya dengan menyediakan wadah di mana para desainer, brand, dan pemangku kepentingan mode dari berbagai negara dapat berbagi warisan, kreativitas, dan nilai-nilai mereka,” ujar Ali Charisma.

“Melalui peragaan busana, pameran, dan diskusi, para peserta memperkenalkan narasi budaya masing-masing, baik melalui tekstil tradisional, teknik pengerjaan, maupun filosofi desain yang mendorong pemahaman dan apresiasi bersama. Paparan seperti ini membantu mematahkan stereotip dan membangun penghargaan terhadap keberagaman budaya di industri mode global.”

Selama Summit, para ahli dari Indonesia dan Asia membahas bagaimana ekosistem mode kawasan ini terbentuk, praktik dan solusi yang menciptakan keunggulan kompetitif berkelanjutan di panggung dunia, serta bagaimana mode berkontribusi pada citra internasional negara-negara Asia. Para pembicara juga mengeksplorasi peluang kolaborasi internasional baru yang kini terbuka bagi industri mode kawasan.

Sustainability dan circular fashion menjadi tema sentral diskusi. “Di Indonesia, kami memiliki semua serat alami yang dibutuhkan, mulai dari daun pisang, bambu, serat kelapa, hingga rami,” ujar Liliek Setiawan. “Namun tantangannya adalah tingginya biaya bahan baku ini, karena permintaan masih terbatas. Untuk membuat produksi serat ramah lingkungan dapat berkembang skala besar, dibutuhkan permintaan pasar yang kuat. Semuanya bergantung pada hukum permintaan dan penawaran. Karena itu saya mengajak kita semua untuk mulai mengenakan pakaian yang hanya terbuat dari serat alami.”

Dalam kurun tiga tahun, BRICS+ Fashion Summit telah mempertemukan perwakilan industri mode dari 109 negara—lebih dari setengah dunia. Dalam dialog multinasional ini, kontribusi Indonesia, dengan ide-ide visioner dan talenta kreatifnya, menonjol sebagai kekuatan pendorong yang menetapkan arah baru bagi masa depan mode global.

Post Views: 7,252
Tags: BRICS+ Fashion Summit
Previous Post

IEE SERIES 2025: Inovasi Alat Berat EV dan Rencana Pembangunan Konstruksi Sustainable Tiga Juta Rumah Rakyat

Next Post

Sampoerna University Gelar Program Pertukaran Pelajar, Libatkan Mahasiswa Indonesia dan Jepang Jawab Tantangan Ekonomi Sirkular

Next Post
Sampoerna University Gelar Program Pertukaran Pelajar, Libatkan Mahasiswa Indonesia dan Jepang Jawab Tantangan Ekonomi Sirkular

Sampoerna University Gelar Program Pertukaran Pelajar, Libatkan Mahasiswa Indonesia dan Jepang Jawab Tantangan Ekonomi Sirkular

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BISNIS TERKINI

OCBC meluncurkan Financial Fitness Index

OCBC meluncurkan Financial Fitness Index

13 September 2025

Sampoerna University Gelar Program Pertukaran Pelajar, Libatkan Mahasiswa Indonesia dan Jepang Jawab Tantangan Ekonomi Sirkular

Sampoerna University Gelar Program Pertukaran Pelajar, Libatkan Mahasiswa Indonesia dan Jepang Jawab Tantangan Ekonomi Sirkular

13 September 2025

Asia di Pusat Mode Global: Sorotan dari BRICS+ Fashion Summit

Asia di Pusat Mode Global: Sorotan dari BRICS+ Fashion Summit

13 September 2025

Generali Indonesia Luncurkan GEN HealthCare Protection

Generali Indonesia Luncurkan GEN HealthCare Protection

13 September 2025

Central Park Ultah ke 16 dan Transformasi Neo Soho Mall Menjadi Central Park 2

Central Park Ultah ke 16 dan Transformasi Neo Soho Mall Menjadi Central Park 2

13 September 2025

PT. Media Maju Global

Plaza Simatupang Lt. 6 Unit 3. Jl. TB. Simatupang Kav. IS No. 01, Pondok Pinang, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.

Telp: 021-22702245
E-mail: redaksi@businessasia.co.id

Kategori

  • Berita
  • Business
  • Daerah
  • Ekonomi
  • Figure
  • Indeks
  • Internasional
  • Kesehatan
  • Lifestyle
  • Nasional
  • Otomotif
  • Property
  • Teknologi
  • Tourism

.

  • About
  • Redaksi
  • Info Iklan
  • Privacy Policy
  • Cyber Guidelines
  • Pedoman Media Siber

About

Kehadiran Majalah BusinessAsia Indonesia yang memiliki Tagline Towards a New Change in Asia atau “Menuju Perubahan Baru di Asia” khususnya Indonesia  bertujuan untuk memastikan langkah mereka kokoh menapaki dinamika ekonomi bisnis dan investasi yang kian berkembang. Baca selengkapnya.

No Result
View All Result
  • Home
  • Berita
  • Business
  • Figure
  • Teknologi
  • Lifestyle
  • Internasional
  • Indeks
  • e-Magazine

Majalah terbatas

1. DPMPTSP Kota Tangsel Raih Penghargaan
Pelayanan Prima dari Kemenpan RB.

2. Jebakan Crazy
Rich Pikat Pelanggan Ikut Trading Binary
Option.

3. Eksportir Indonesia
Perluas Jejaring
dengan Buyers di AS

shop new Emagazine