Jumat, 15 Agustus 2025
E-MAGAZINE
Business Asia
No Result
View All Result
  • Home
  • Berita
  • Business
  • Figure
  • Teknologi
  • Lifestyle
  • Internasional
  • Indeks
  • Home
  • Berita
  • Business
  • Figure
  • Teknologi
  • Lifestyle
  • Internasional
  • Indeks
No Result
View All Result
Business Asia
No Result
View All Result
Home Business

Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) Publikasikan Hasil Survei Internet APJII 2025

15 Agustus 2025
in Business
Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) Publikasikan Hasil Survei Internet APJII 2025
0
SHARES
5
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter
ADVERTISEMENT

Jakarta, Business Asia – Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) terus menunjukkan komitmennya dalam mendorong transformasi digital nasional dengan mempublikasikan hasil Survei Internet APJII 2025.

Ketua Umum Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), Muhammad Arif Angga mengatakan dalam survei yang melibatkan 8.700 responden dari 38 provinsi di Indonesia ini mencatat pada tahun 2025 ini, sebanyak 80,66% (229 juta jiwa) masyarakat telah terhubung ke internet. Jumlah ini meningkat sebanyak 1,16%, dimana pada tahun 2024 lalu jumlah tingkat penetrasi internet nasional mencapai 79,50% (225 juta jiwa).

Tidak hanya itu, survei juga mencatat terjadinya peningkatan signifikan dalam penggunaan dan konsumsi konten berbasis Artificial Intelligence (AI) di Indonesia. Generasi Z (Gen-Z) juga mendominasi sebagai kelompok usia yang paling banyak mengakses konten seputar teknologi, termasuk AI.

Peningkatan tren ini bukan tanpa tantangan. Survei menyebutkan, 24,89% responden mengalami pencurian data pribadi, sementara 22,12% melaporkan perangkat terkena virus, dan 16,09% mengalami kasus phishing atau hacking. Tidak hanya itu, lebih dari 41% pengguna internet tidak tahu atau tidak pernah mengganti password, karena takut lupa kata sandi dan menganggap akunnya sudah cukup aman.

Tak hanya keamanan data, kesenjangan akses internet di Indonesia masih menjadi persoalan tersendiri. Di Indonesia Timur, kawasan seperti Maluku dan Papua baru mencatatkan angka penetrasi akses internet sebesar 69,26%. Jumlah ini sangat jauh jika dibandingkan dengan Pulau Jawa dengan tingkat penetrasinya yang mencapai 84,69%.

Menanggapi hal ini, Arif secara tegas mengatakan, “Kemajuan digital nasional tidak boleh meninggalkan satu daerah pun.” Hal ini karena Arif percaya bahwa kunci kemajuan digital serta pengembangan teknologi seperti AI nasional bertumpu pada persebaran akses internet yang merata di seluruh daerah, termasuk di daerah yang termasuk dalam  3T (Tertinggal, Terdepan, Terluar).

Arif mengatakan, “AI kini bukan hanya menjadi konsumsi golongan tertentu, namun, telah menjadi konsumsi digital harian generasi muda Indonesia. Meningkatnya konsumsi konten berbasis AI ini karena bagi Gen-Z, AI merupakan jenis hiburan baru. Kehadiran AI memudahkan anak-anak muda kita dalam belajar dan bekerja hingga mempelajari teknologi baru yang juga mendorong mereka untuk mengeksplorasi kreativitasnya.”

Survei Segmentasi Pasar ISP 2025 juga menunjukkan bahwa 64% perusahaan penyelenggara layanan internet (ISP) di Indonesia telah mengadopsi teknologi AI dalam berbagai aspek operasional, termasuk layanan pelanggan, pemasaran digital, dan keamanan siber. Namun, tantangan seperti kurangnya sumber daya manusia yang memahami AI, keterbatasan anggaran, serta isu privasi masih menjadi hambatan utama. Meski begitu, sebagian besar perusahaan ISP merasakan peningkatan efisiensi melalui pemanfaatan teknologi ini.

Arif menambahkan, peningkatan konsumsi terhadap konten dan teknologi berbasis AI ini merupakan tonggak sejarah baru dalam pertumbuhan transformasi digital nasional. “Tugas kita saat ini adalah memastikan masyarakat Indonesia tak hanya menjadi konsumen, namun sebagai produsen dalam ekosistem AI global. Semua ini dapat kita capai dengan mendorong konektivitas yang merata, literasi digital yang inklusif, serta kolaborasi dengan sektor publik dan swasta.”

Tak hanya menjadi tren di kalangan Gen-Z, teknologi AI juga mulai banyak diadopsi oleh penyedia layanan internet (ISP). Sebanyak dua dari tiga ISP di Indonesia telah memanfaatkan AI untuk meningkatkan layanan, mulai dari penggunaan chatbot, automasi pemasaran, hingga deteksi ancaman siber. Meski demikian, adopsi ini masih menghadapi kendala klasik seperti kekurangan talenta digital dan keterbatasan dana.

“Semua pihak terkait mulai dari pemerintah, penyedia layanan, hingga masyarakat harus mulai sadar dan turut memperhatikan keamanan data digital. Ini bukan hanya soal teknologi, tapi juga soal kepercayaan publik yang akan berpengaruh terhadap pertumbuhan ekosistem digital nasional.” ujarnya.

Dalam waktu dekat, APJII akan meluncurkan program kolaboratif dengan penyedia layanan internet untuk meningkatkan jangkauan jaringan di wilayah dengan penetrasi rendah, khususnya di kawasan Indonesia timur. APJII juga akan menggandeng pemangku kepentingan strategis di bidang pendidikan, industri teknologi, dan pemerintahan untuk merancang kerangka pengembangan AI untuk publik, yang bertujuan untuk menciptakan ekosistem yang inklusif dan memberdayakan.

Versi lengkap Survei Internet APJII 2025 dapat diakses melalui tautan https://survei.apjii.or.id/

Post Views: 7,614
Tags: Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII)
Previous Post

Strategi Arbitrase dalam Trading Cryptocurrency: Memanfaatkan Perbedaan Harga Antar Exchange

Next Post

Bank Raya Optimis Terus Kembangkan Produk Raya App yang Built to Last

Next Post
Bank Raya Optimis Terus Kembangkan Produk Raya App yang Built to Last

Bank Raya Optimis Terus Kembangkan Produk Raya App yang Built to Last

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BISNIS TERKINI

Xiaomi Kukuh di Posisi Puncak Pasar Smartphone Indonesia Dua Kuartal Berturut-turut

Xiaomi Kukuh di Posisi Puncak Pasar Smartphone Indonesia Dua Kuartal Berturut-turut

15 Agustus 2025

Dana Murah Naik, Ini Strategi Bank Mega Syariah Jaga Loyalitas Nasabah

Bank Mega Syariah Catat Kinerja Positif Semester I 2025

15 Agustus 2025

Bank Raya Optimis Terus Kembangkan Produk Raya App yang Built to Last

Bank Raya Optimis Terus Kembangkan Produk Raya App yang Built to Last

15 Agustus 2025

Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) Publikasikan Hasil Survei Internet APJII 2025

Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) Publikasikan Hasil Survei Internet APJII 2025

15 Agustus 2025

Strategi Arbitrase dalam Trading Cryptocurrency: Memanfaatkan Perbedaan Harga Antar Exchange

Strategi Arbitrase dalam Trading Cryptocurrency: Memanfaatkan Perbedaan Harga Antar Exchange

15 Agustus 2025

PT. Media Maju Global

Plaza Simatupang Lt .6 Unit 3 Jl. TB Simatupang Kav. IS No. 01 Kel. Pondok Pinang, Kec. Kebayoran Lama, Jakarta Selatan 12310.

Telp: 021-22702245
E-mail: redaksi@businessasia.co.id

Kategori

  • Berita
  • Business
  • Daerah
  • Ekonomi
  • Figure
  • Indeks
  • Internasional
  • Kesehatan
  • Lifestyle
  • Nasional
  • Otomotif
  • Property
  • Teknologi
  • Tourism

.

  • About
  • Redaksi
  • Info Iklan
  • Privacy Policy
  • Cyber Guidelines
  • Pedoman Media Siber

About

Kehadiran Majalah BusinessAsia Indonesia yang memiliki Tagline Towards a New Change in Asia atau “Menuju Perubahan Baru di Asia” khususnya Indonesia  bertujuan untuk memastikan langkah mereka kokoh menapaki dinamika ekonomi bisnis dan investasi yang kian berkembang. Baca selengkapnya.

No Result
View All Result
  • Home
  • Berita
  • Business
  • Figure
  • Teknologi
  • Lifestyle
  • Internasional
  • Indeks
  • e-Magazine

Majalah terbatas

1. DPMPTSP Kota Tangsel Raih Penghargaan
Pelayanan Prima dari Kemenpan RB.

2. Jebakan Crazy
Rich Pikat Pelanggan Ikut Trading Binary
Option.

3. Eksportir Indonesia
Perluas Jejaring
dengan Buyers di AS

shop new Emagazine