Jakarta, Business Asia – Badak LNG, anak usaha dari Pertamina Hulu Energi yang bergerak di bidang produksi LNG dan LPG berhasil meraih prestasi membanggakan di ajang Indonesia Quality, Health, Safety, and Environment (QHSE) Award (IQSA 2024) baru-baru ini di Jakarta.
Badak LNG tercatat berhasil mendapatkan gelar “The Champion of The Year for QHSE Excellent”, “The Best Fire Safety”, “The Best QHSE Team”, “The Best CEO For Corporate QHSE Excellent” (Achmad Khoiruddin) dan “The Best Senior Vice President/Vice President For QHSE Excellent” (Pandu Wijaya Perwira).
“Terima kasih saya ucapkan kepada seluruh panitia IQSA 2024. Acara ini berjalan sangat baik dan kami salah satu peserta yang mendapat penghargaan, juga mengucapkan syukur karena diberikan sebuah kepercayaan ini,” demikian ungkap Deputi Director Marketing and Business Development Badak LNG – Mohamad Farouk Riza saat acara Malam Penganugerahan IQSA 2024 di Auditorium Bina Karna, Menara Bidakara, Jakarta (4/10).
Mohamad Farouk Riza mengungkapkan, pihaknya memberikan apreasi yang positif terhadap penyelenggaraan IQSA 2024. “Kami berharap acara ini dapat terus berlanjut di tahun-tahun kedepan, untuk menambah motivasi dan semangat perusahaan dibidang QHSE,” lanjut Mohamad Farouk.
IQSA 2024 sendiri adalah sebuah ajang penghargaan yang berfokus pada bidang Quality, Safety, Health and Environment (QHSE) dan diperuntukkan bagi sektor industri di Indonesia. Ajang ini diselenggarakan oleh Majalah Business Asia Indonesia bekerjasama dengan Forum QHSE BUMN Konstruksi.
IQSA 2024 diselenggarakan dengan tujuan mendorong para pelaku industri di Indonesia untuk mengimplementasikan aspek QHSE dengan baik dan benar serta berkelanjutan demi terciptanya operasi yang ekselen (operation excellent) di perusahaannya masing-masing, dan dalam skala lebih luas demi terwujudnya budaya K3 di Indonesia.
Dalam presentasi di depan Dewan Juri IQSA 2024, Achmad Khoiruddin – President Director & CEO Badak LNG mengungkapkan, bahwa perusahaan yang dipimpinnya berkomitmen kuat didalam menerapkan SHEQ secara optimal. “Kami sangat concern didalam penerapan SHEQ. Itu prioritas utama perusahaan,” jelas Achmad Khoiruddin.
Menurut Achmad Khoiruddin, komitmen kuat Badak LNG terhadap SHEQ juga tercermin jelas dalam misi perusahaan ini yaitu; Mengelola dan Mengembangkan Fasilitas LNG yang Efektif dan Efisien Operasi berdasarkan Standar Internasional, dibangun di atas Keamanan, Keselamatan, Keandalan, dan Profitabilitas.
Kemudian didalam strateginya untuk menjadi perusahaan kelas dunia, Badak LNG juga memasukkan SHEQ. Badak LNG menerapkan strategi menjadi perusahaan kelas dunia melalui kewajiban melakukan pengembangan Sistem Manajemen dan Sertifikasi, kemudian mengintegrasikan keselamatan dalam produksi dan bisnis, memperkuat peran dan tanggung jawab, serta pendekatan perilaku safety sebagai kebutuhan.
Di Badak LNG, poin kunci untuk me-maintenance SHEQ yang excellence adalah komitmen dari top management melalui keterlibatannya dan intervensinya terhadap pelaksanaan SHEQ. Kemudian pemberdayaan social dan komunikasi 360. Selanjutnya integrase dan sertifikasi Sistem Manajemen HSSE. Serta budaya perbaikan berkelanjutan.
Dalam praktiknya, Manajemen Badak LNG memang sangat menaruh perhatian dan komitmen yang tinggi pada SHEQ aspek dengan rutin melakukan: Rapat Tinjauan Manajemen (MRM), Inspeksi Manajemen Rutin: Management Walk melalui SHEQ Tour dan Review (STAR), Physical Condition Tour (PCT) serta Kesiapsiagaan Darurat.
Badak LNG dalam menerapkan SHEQ di perusahaan menggunakan BADAK LNG SHEQ MANAGEMENT SYSTEM & ATTITUDE REINFORCEMENT TECHNIQUE atau disingkat BSMART sebagai sistem manajemen HSSE perusahaan.
Pendekatan implementasi BSMART adalah melalui sistem dalam bentuk komitmen manajemen, rapat review dari manajemen, komite SHEQ, dan kontraktor SHEQ MS. Kemudian melalui Behaviour dalam bentuk SHEQ Campaign Program, SHEQ Training, Attitude Reinforcement Technique (ART) dan Emergency Drill dan Fire Fighting Refreshing. Serta melalui Tools dalam bentuk online WP Register, Task Risk Assessment (TRA), ART Online, dan SHEQ Information System.
Komitmen kuat Manajemen Badak LNG terhadap SHEQ juga direalisasikan melalui rapat review manajemen, inspeksi rutin manajemen, dan pelatihan persiapan menghadapi situasi emergency.
Badak LNG juga secara rutin mengadakan kampanye SHEQ yang melibatkan manajemen, pekerja, kontraktor, keluarga, pelajar, pemerintah local dan industri juga komunitas luar. Selain kampanye, Badak LNG juga rutin melakukann training SHEQ.
Terkait digitalisasi di bidang SHEQ, Badak LNG juga mempunyai HSE Digitalizations Tools and Program yang berupa Online Access for Management System and SHEQ Information, SHEQ Suite, ART Online, Management of Change.
Hasil dari komitmen kuat Badak LNG didalam penerapan SHEQ-nya, di perusahaan ini dalam lebih dari dua tahun terakhir, tidak terdapat kecelakaan kerja.Dalam pencapaian SHEQ di bulan Agustus 2024, Badak LNG tercatat 0 (zero) untuk Number of Accident (NoA), 0 (zero) untuk Total Reportable Incident Rate (TRIR) dan 0 (zero) Loss Time Injuries.