Selasa, 1 Juli 2025
E-MAGAZINE
Business Asia
No Result
View All Result
  • Home
  • Berita
  • Business
  • Figure
  • Teknologi
  • Lifestyle
  • Internasional
  • Indeks
  • Home
  • Berita
  • Business
  • Figure
  • Teknologi
  • Lifestyle
  • Internasional
  • Indeks
No Result
View All Result
Business Asia
No Result
View All Result
Home Business

Bagikan Dividen Rp540 Miliar, Makin Optimis SIDO Capai Kinerja Ciamik di 2024

20 Mei 2024
in Business
Bagikan Dividen Rp540 Miliar, Makin Optimis SIDO Capai Kinerja Ciamik di 2024

Dirut Sido Muncul David Hidayat (ketiga kiri) bersama kakaknya Direktur Irwan Hidayat dan Johan Hidayat serta jajaran Direksi dan Komisaris menggelar RUPST SIDO di Ungaran (15/2).

0
SHARES
6
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter
ADVERTISEMENT

PT Industri Jamu Dan Farmasi Sido Muncul Tbk telah memutuskan untuk membagikan dividen final sebesar Rp 18 per lembar saham, dengan total nilai Rp540 Miliar, yang diputuskan pada Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) yang diadakan di Pendopo Agrowisata, Komplek Pabrik Sido Muncul, Kabupaten Semarang (15/5/2024).

Sebelumnya, emiten dengan kode saham SIDO ini telah membagikan
dividen interim sebesar Rp 12,6 per lembar saham pada bulan November 2023. Sehingga secara keseluruhan perseroan telah membagikan dividen sebesar 97% dari laba bersih tahun 2023.

“Seiring dengan kinerja bisnis yang positif, kami tetap berkomitmen untuk memaksimalkan value bagi para pemegang saham. Salah satunya melalui pembagian dividen ini,” ujar Direktur Utama PT Industri Jamu Dan Farmasi Sido Muncul Tbk, David Hidayat kepada suarakarya.id di Semarang.

Dalam pantauan media, dalam 5 tahun terakhir, rasio pembayaran dividen perusahaan jamu dan farmasi terbesar dan termodern ini selalu berada di atas 85%. Kinerja yang ciamik ini didukung oleh kondisi keuangan perusahaan yang sangat sehat dengan posisi kas yang stabil.

Pada kuartal pertama tahun 2024, SIDO berhasil membukukan penjualan bersih sebesar Rp1,05 Triliun, sehingga mengalami peningkatan lebih dari 16% dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya.

“Puji Tuhan, semua segmen bisnis perusahaan mengalami pertumbuhan penjualan signifikan didorong oleh peningkatan volume baik di pasar domestik maupun internasional,” tutur David Hidayat.

David juga menyebutkan penjualan ekspor tumbuh sebesar 44%, dengan kontribusi 7% terhadap total penjualan pada kuartal pertama 2024. Ini menunjukkan tren peningkatan belanja konsumen di tahun 2024 mulai terlihat dibandingkan tahun sebelumnya.

Selain itu, kata David, berbagai program pemasaran dan promosi, serta penggunaan media sosial untuk meningkatkan kesadaran merek, berhasil meningkatkan kinerja SIDO pada kuartal pertama tahun ini.

Dari segi profitabilitas, margin laba kotor meningkat menjadi 59% pada kuartal pertama 2024, naik dari 53% pada kuartal pertama 2023.

Peningkatan laba kotor didorong oleh efisiensi dalam biaya operasional tidak langsung dan harga bahan baku yang lebih rendah, terutama untuk segmen makanan dan minuman setelah normalisasi supply chain.

Sedangkan beban operasional, termasuk beban iklan dan promosi, serta beban administrasi dan umum, tumbuh sekitar 10%.

Akan tetapi tetap lebih rendah dari pertumbuhan penjualan. Akibatnya, marjin laba operasional meningkat menjadi 47% dibandingkan dengan 42% pada tahun 2023. Dengan begitu laba bersih setelah pajak mencapai Rp390 Miliar pada kuartal pertama 2024.

Menurut putra bungsu pasangan mendiang Jahja dan Desy Hidayat dengan 4 saudaranya yang kini mengelola Sido Muncul (Irwan Hidayat, J Sofjan Hidajat, Johan Hidayat, Sandra Hidayat dan David Hidayat) bahwa manajemen tetap optimis terhadap kinerja positif SIDO hingga akhir tahun, didukung oleh pemulihan belanja konsumen dan berbagai inisiatif strategis.

“Perusahaan juga akan tetap fokus pada pengenalan produk baru, memanfaatkan media sosial untuk meningkatkan kesadaran merek dan produk, meningkatkan kualitas outlet melalui aplikasi My Sido Muncul, memperluas dan meningkatkan kinerja pasar ekspor, serta menjaga efisiensi biaya,” jelas David.

Selain itu perusahaan juga telah menandatangani Perjanjian Kerjasama Penunjukan Sub Distributor dengan PT Atri Distribusindo yang merupakan grup Alfamart untuk mempersingkat jalur distribusi modern trade channel dalam meningkatkan penjualan serta marjin laba.

David optimis kerjasama serupa akan segera dikembangkan untuk modern trade channel perusahaan lainnya.

Post Views: 6,887
Tags: Sido Muncul
Previous Post

AAJI Selenggarakan DRiM 2024, Dorong Sinergi Menghadapi Era Digital dan Inovasi Manajemen Risiko

Next Post

BSI Kerja Sama dengan PT Badak NGL, Tingkatkan Literasi dan Inklusi Perbankan Syariah

Next Post
Sepanjang Januari 2024, Cabang BSI di Seluruh Indonesia Layani Weekend Banking

BSI Kerja Sama dengan PT Badak NGL, Tingkatkan Literasi dan Inklusi Perbankan Syariah

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BISNIS TERKINI

Bank Saqu Gelar Roadshow Solopreneur Academy 2025 di Bandung, Rangkul Komunitas Kreatif Lokal

Bank Saqu Gelar Roadshow Solopreneur Academy 2025 di Bandung, Rangkul Komunitas Kreatif Lokal

30 Juni 2025

Redmi Pad 2 Siap Hadir di Indonesia Mulai 4 Juli 2025

Redmi Pad 2 Siap Hadir di Indonesia Mulai 4 Juli 2025

1 Juli 2025

AFTECH & HukumOnline Sosialisasikan Sistem Pengecekan Kepatuhan Online dan Dorong Penguatan Implementasi Perlindungan Data Pribadi

AFTECH & HukumOnline Sosialisasikan Sistem Pengecekan Kepatuhan Online dan Dorong Penguatan Implementasi Perlindungan Data Pribadi

30 Juni 2025

Sampoerna University dan Thunderbird Soroti Masa Depan ASEAN dan Tantangan ESG

Sampoerna University dan Thunderbird Soroti Masa Depan ASEAN dan Tantangan ESG

30 Juni 2025

Semen Merah Putih dan Karyawan Perbaiki Fasilitas SLB, Peduli Pendidikan Inklusif

Semen Merah Putih dan Karyawan Perbaiki Fasilitas SLB, Peduli Pendidikan Inklusif

30 Juni 2025

PT. Media Maju Global

Plaza Simatupang Lt .6 Unit 3 Jl. TB Simatupang Kav. IS No. 01 Kel. Pondok Pinang, Kec. Kebayoran Lama, Jakarta Selatan 12310.

Telp: 021-22702245
Handphone: 0816.900315
E-mail: redaksi@businessasia.co.id

Kategori

  • Berita
  • Business
  • Daerah
  • Ekonomi
  • Figure
  • Indeks
  • Internasional
  • Kesehatan
  • Lifestyle
  • Nasional
  • Otomotif
  • Property
  • Teknologi
  • Tourism

.

  • About
  • Redaksi
  • Info Iklan
  • Privacy Policy
  • Cyber Guidelines
  • Pedoman Media Siber

About

Kehadiran Majalah BusinessAsia Indonesia yang memiliki Tagline Towards a New Change in Asia atau “Menuju Perubahan Baru di Asia” khususnya Indonesia  bertujuan untuk memastikan langkah mereka kokoh menapaki dinamika ekonomi bisnis dan investasi yang kian berkembang. Baca selengkapnya.

No Result
View All Result
  • Home
  • Berita
  • Business
  • Figure
  • Teknologi
  • Lifestyle
  • Internasional
  • Indeks
  • e-Magazine

Majalah terbatas

1. DPMPTSP Kota Tangsel Raih Penghargaan
Pelayanan Prima dari Kemenpan RB.

2. Jebakan Crazy
Rich Pikat Pelanggan Ikut Trading Binary
Option.

3. Eksportir Indonesia
Perluas Jejaring
dengan Buyers di AS

shop new Emagazine