Businessasia.co.id– Bank Pembangunan Daerah (BPD) Bali kembali menorehkan prestasi dengan meraih penghargaan BEST Human Capital Awards 2025 yang diselenggarakan oleh Business Asia Indonesia di Hotel Bidakara, Jakarta (27/8/2025).
Ajang BEST HC Award 2025 merupakan penghargaan bergengsi tingkat nasional yang diberikan kepada perusahaan dan organisasi yang dinilai sukses dalam mengembangkan strategi pengelolaan SDM secara berkelanjutan. Tahun ini, penghargaan mengusung tema ‘Membangun SDM Unggul dan Berkualitas untuk Mewujudkan Visi Indonesia Emas 2045.
Ketiga penghargaan yang diraih oleh Bank BPD Bali, yaikni untuk kategori Best Talenty Management, Best Strategic HC dan Direktur Utama Bank BPD Bali, I Nyoman Sudharma, mendapat penghargaan kategori Best Leadership on Human Capital 2025.
Raihan penghargaan ini menjadi pemacu bagi Bank BPD Bali untuk terus berupaya membangun produk dan layanan yang unggul dan terus mengimplementasikan fondasi digital culture serta memperkuat Sumber Daya Manusia (SDM) guna meningkatkan kualitas layanan dan kontribusinya bagi perekonomian Bali.
Bank BPD Bali tetap menunjukkan komitmennya untuk selalu memperkuat pondasi, baik dari segi pengembangan produk/layanan bank yang selaras dengan perkembangan teknologi digitalisasi serta penguatan SDM, dengan menerapkan Budaya Kerja CINTA (Competent. Integrity, Teamwork and Customer Awarenes).
Direktur Utama Bank BPD Bali, I Nyoman Sudharma menyampaikan, Bank BPD Bali tetap mendorong internalisasi Budaya Kerja CINTA yang mampu memberikan semangat dan karakter yang kuat bagi seluruh karyawan Bank BPD Bali sehingga keharmonian dalam menjalankan tugas – tugasnya dapat diimplementasikan secara maksimal. Harapan kedepannya semoga Bank BPD Bali tetap ajeg mengemban amanah masyarakat bali.
Dilanjutkan, Budaya Kerja CINTA berlandaskan ajaran agama Hindu “Tri Kaya Parisudha” yaitu 3 pedoman perilaku yang dimuliakan, dengan nilai Manacika (Berpikir yang Baik), Wacika (Berkata yang Baik) dan Kayika (Berbuat yang Baik). CINTA dalam bahasa yang lebih universal diharapkan dapat menjadi pedoman karakter seluruh insan Bank BPD Bali.
Sebagai upaya peningkatan kapabilitas SDM, tentunya tidak cukup hanya berfokus pada kompetensi, namun juga kesadaran akan pentingnya peningkatan spiritual. Dengan memperkuat dimensi spiritual, diharapkan dapat menanamkan keteguhan dalam menerapkan nilai – nilai inti perusahaan dan meningkatkan rasa memiliki sehingga terbentuk pola bekerja totalitas yang tidak hanya dengan kecakapan tangannya, tetapi juga hatinya.
“Dengan menumbuhkan spiritualitas di tempat kerja, diharapkan dapat menumbuhkan nilai – nilai positif, sehingga karyawan menemukan makna dan tujuan yang lebih dalam, terkait pekerjaan yang dilakoni dan juga berdampak pada peningkatan kinerja serta menciptakan lingkungan kerja lebih positif dan kondusif,” kata I Nyoman.