Selasa, 1 Juli 2025
E-MAGAZINE
Business Asia
No Result
View All Result
  • Home
  • Berita
  • Business
  • Figure
  • Teknologi
  • Lifestyle
  • Internasional
  • Indeks
  • Home
  • Berita
  • Business
  • Figure
  • Teknologi
  • Lifestyle
  • Internasional
  • Indeks
No Result
View All Result
Business Asia
No Result
View All Result
Home Business

Bank OCBC NISP Konsisten Menjaga Kinerja Positif  

11 April 2023
in Business
Bank OCBC NISP Konsisten Menjaga Kinerja Positif  
0
SHARES
0
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter
ADVERTISEMENT

Bank OCBC NISP menyelenggarakan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) pada Selasa, 11 April 2023 di Jakarta. Dalam RUPST tersebut terungkap, di tengah kondisi ekonomi yang semakin pulih, Bank OCBC NISP terus berkomitmen mewujudkan aspirasi nasabah individu dan bisnis dengan menyediakan solusi layanan keuangan yang komprehensif.

Wujud nyata dari komitmen tersebut tercermin dari total aset Bank OCBC NISP pada 2022 yang tumbuh 11% YoY menjadi Rp238,5 triliun, sehingga laba bersih Bank turut mencatatkan pertumbuhan 32% YoY pada tahun 2022.  

Tumbuhnya laba Bank OCBC NISP didorong antara lain oleh kenaikan pendapatan bunga bersih sebesar 14% YoY dan penurunan pada beban cadangan kerugian sebesar 25% YoY.  Simpanan Nasabah (DPK) pada akhir tahun 2022 mencapai Rp176 triliun, dengan komposisi 55% terdiri dari giro dan tabungan, serta 45% merupakan Deposito.

Peningkatan kinerja Bank OCBC NISP juga terlihat pada sisi penyaluran kredit, yang naik sebesar 14% YoY. Kenaikan tersebut didukung oleh penyaluran kredit segmen business banking yang tumbuh 13% YoY dan retail banking tumbuh sebesar 16% YoY. Salah satu faktor pendukung kenaikan di retail banking adalah pertumbuhan kredit konsumer sebesar 24% pada tahun 2022.

Membaiknya permintaan kredit telah mendorong peningkatan Loan to Deposits Ratio (LDR) menjadi 77,2% pada akhir tahun 2022. Di sisi lain, penyaluran kredit Bank OCBC NISP senantiasa diiringi kualitas yang terjaga, di mana tingkat NPL Gross (Kredit Bermasalah Bruto) berada di level 2,4%. Penyisihan Kerugian Kredit terhadap Kredit Bermasalah Bruto juga berada di posisi yang baik pada level di atas 200%, mencerminkan Bank telah menjalankan prinsip kehati-hatian dalam mengelola kredit yang disalurkan.

Bank OCBC NISP merupakan salah satu bank dengan peringkat kredit tertinggi di Indonesia yakni peringkat AAA(idn)/stabil dari PT Fitch Ratings Indonesia.

“Kinerja positif dan berkelanjutan Bank OCBC NISP tidak terlepas dari dukungan semua pemangku kepentingan yang telah memberikan kepercayaan kepada kami untuk dapat menjadi mitra perbankan. Selanjutnya, Bank akan senantiasa konsisten menerapkan prinsip kehati-hatian dan berpedoman pada kegiatan perbankan yang bertanggung jawab serta berinovasi agar layanan keuangan dapat terjangkau di mana saja dan kapan saja,” demikian papar Parwati Surjaudaja, Presiden Direktur Bank OCBC NISP.

Konsisten Dukung Masyarakat Agar Lebih #FinanciallyFit  

Saat ini, pemerintah tengah menggaungkan Indonesia Emas 2045, sebuah visi untuk membangun negara maju yang berdaulat, adil, dan makmur. Salah satu tujuan pilarnya adalah untuk memajukan kesejahteraan umum dengan tolak ukur sehat secara finansial. Dengan demikian, inklusi dan literasi keuangan sangat diperlukan. Selaras dengan hal tersebut, Bank OCBC NISP terus berinovasi untuk mengembangkan berbagai inisiatif guna membangun masyarakat yang #FinanciallyFit.  

Hal tersebut juga sesuai dengan hasil OCBC NISP Financial Fitness Index 2022, sebuah riset tahunan hasil kolaborasi dengan NielsenIQ yang menunjukkan bahwa skor Financial Fitness atau skor kesehatan finansial generasi muda Indonesia naik menjadi 40.06 di tahun 2022, dibandingkan dengan tahun sebelumnya yaitu 37.72. Meskipun demikian, sebanyak 76% masyarakat Indonesia memiliki kebiasaan keuangan yang perlu dibenahi.  

Salah satu upaya Bank OCBC NISP untuk meningkatkan skor kesehatan finansial masyarakat adalah dengan terus mengampanyekan solusi Financial Fitness Bank OCBC NISP melalui berbagai inisiatif termasuk meluncurkan Financial Fitness Gym (FFG), kantor cabang Bank OCBC NISP yang berbentuk experience centre – di mana masyarakat datang ke sana tidak sekadar untuk bertransaksi, namun mengedepankan edukasi dengan konsep ‘financial fitness sama dengan physical fitness.’ Saat ini FFG terdapat di Mall Ciputra Surabaya, dan yang terbaru berlokasi di The COVE, Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara.

Lebih dari itu, Bank OCBC NISP juga secara aktif menyelenggarakan lebih dari 300 kelas edukasi daring dan luring, termasuk kelas webinar Ruang MeNYALA, kegiatan financial EducatiON dan kegiatan edukasi lainnya yang diikuti oleh lebih dari 78.000 peserta. Bank juga secara reguler membuat dan mendistribusikan konten-konten edukasi di media digital dan media sosial yang dimiliki.

Inisiatif-inisiatif Bank OCBC NISP untuk mengedukasi masyarakat terkait pengelolaan keuangan membuahkan hasil positif. Pada tahun 2022, minat nasabah untuk mengembangkan dananya melalui produk-produk investasi meningkat, terlihat dari transaksi produk wealth management Bank OCBC NISP untuk produk reksadana, bancassurance dan surat berharga yang secara keseluruhan mencatatkan pertumbuhan pendapatan sebesar 9% YoY.

Lebih dari itu, Bank mencatat peningkatan penyaluran KPR Bank OCBC NISP sepanjang tahun 2022 sebesar 25% YoY, baik untuk KPR Kendali & KPR Easy Start.

Akselerasi Kapabilitas Digital Mendukung Kebutuhan Nasabah  

Bank OCBC NISP mencatat peningkatan aktivitas digital nasabah individu melalui aplikasi mobile banking, ONe Mobile – aplikasi untuk bantu menumbuhkan uang, sebesar 37% YoY. Nilai transaksi yang dilakukan nasabah mengalami peningkatan sebesar 23%, sementara jumlah pengguna bertambah 21% dibandingkan tahun 2021. Lebih lanjut, pertumbuhan transaksi valas melalui ONe Mobile juga tumbuh pesat. Hal tersebut memperlihatkan penerimaan yang baik dari nasabah akan fitur-fitur ONe Mobile yang dapat mendukung mereka, baik untuk kebutuhan wealth management hingga transaksi sehari-hari (daily banking).

Pada segmen business banking, Bank OCBC NISP mencatatkan kenaikan pengguna dan nilai transaksi velocity@ocbcnisp, aplikasi yang memberikan kemudahan transaksi bisnis, masingmasing sebesar 18%. Pertumbuhan ini menunjukkan bahwa semakin banyak pelaku usaha yang melakukan aktivitas perbankan melalui channel digital terintegrasi yang dimiliki oleh Bank OCBC NISP sehingga mereka dapat terus berkembang menjadi lebih kuat dan beroperasi dengan efisien.

“Peran perbankan sebagai salah satu ujung tombak perekonomian sangatlah penting. Untuk itu, kami akan terus berinovasi dan mengakselerasi kapabilitas digital sesuai dengan kebutuhan masyarakat sehingga kita semua dapat lebih #FinanciallyFit,” tambah Parwati.

Post Views: 316
Tags: OCBC NISP
Previous Post

Tokopedia Umumkan Produk Terlaris Selama Ramadhan

Next Post

Pelita Air Luncurkan Tiga Rute Baru ke Sumatera

Next Post
Pelita Air Luncurkan Tiga Rute Baru ke Sumatera

Pelita Air Luncurkan Tiga Rute Baru ke Sumatera

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BISNIS TERKINI

Bank Saqu Gelar Roadshow Solopreneur Academy 2025 di Bandung, Rangkul Komunitas Kreatif Lokal

Bank Saqu Gelar Roadshow Solopreneur Academy 2025 di Bandung, Rangkul Komunitas Kreatif Lokal

30 Juni 2025

Redmi Pad 2 Siap Hadir di Indonesia Mmulai 4 Juli 2025

Redmi Pad 2 Siap Hadir di Indonesia Mmulai 4 Juli 2025

30 Juni 2025

AFTECH & HukumOnline Sosialisasikan Sistem Pengecekan Kepatuhan Online dan Dorong Penguatan Implementasi Perlindungan Data Pribadi

AFTECH & HukumOnline Sosialisasikan Sistem Pengecekan Kepatuhan Online dan Dorong Penguatan Implementasi Perlindungan Data Pribadi

30 Juni 2025

Sampoerna University dan Thunderbird Soroti Masa Depan ASEAN dan Tantangan ESG

Sampoerna University dan Thunderbird Soroti Masa Depan ASEAN dan Tantangan ESG

30 Juni 2025

Semen Merah Putih dan Karyawan Perbaiki Fasilitas SLB, Peduli Pendidikan Inklusif

Semen Merah Putih dan Karyawan Perbaiki Fasilitas SLB, Peduli Pendidikan Inklusif

30 Juni 2025

PT. Media Maju Global

Plaza Simatupang Lt .6 Unit 3 Jl. TB Simatupang Kav. IS No. 01 Kel. Pondok Pinang, Kec. Kebayoran Lama, Jakarta Selatan 12310.

Telp: 021-22702245
Handphone: 0816.900315
E-mail: redaksi@businessasia.co.id

Kategori

  • Berita
  • Business
  • Daerah
  • Ekonomi
  • Figure
  • Indeks
  • Internasional
  • Kesehatan
  • Lifestyle
  • Nasional
  • Otomotif
  • Property
  • Teknologi
  • Tourism

.

  • About
  • Redaksi
  • Info Iklan
  • Privacy Policy
  • Cyber Guidelines
  • Pedoman Media Siber

About

Kehadiran Majalah BusinessAsia Indonesia yang memiliki Tagline Towards a New Change in Asia atau “Menuju Perubahan Baru di Asia” khususnya Indonesia  bertujuan untuk memastikan langkah mereka kokoh menapaki dinamika ekonomi bisnis dan investasi yang kian berkembang. Baca selengkapnya.

No Result
View All Result
  • Home
  • Berita
  • Business
  • Figure
  • Teknologi
  • Lifestyle
  • Internasional
  • Indeks
  • e-Magazine

Majalah terbatas

1. DPMPTSP Kota Tangsel Raih Penghargaan
Pelayanan Prima dari Kemenpan RB.

2. Jebakan Crazy
Rich Pikat Pelanggan Ikut Trading Binary
Option.

3. Eksportir Indonesia
Perluas Jejaring
dengan Buyers di AS

shop new Emagazine