Businessasia.co.id– BPJS Kesehatan kembali mencatatkan prestasi di tingkat nasional pada ajang Indonesia Digital Innovation & Achievement Awards 2025, sebuah penghargaan tahunan yang diselenggarakan oleh Business Asia Indonesia untuk mengapresiasi organisasi dan pimpinan yang dinilai berhasil mendorong transformasi digital, inovasi teknologi, serta peningkatan kinerja dan layanan secara berkelanjutan.
Pada penyelenggaraan yang berlangsung 19 Desember 2025, BPJS Kesehatan berhasil meraih tiga penghargaan, yang diterima langsung oleh Direktur Utama, Prof. dr. Ali Ghufron Mukti, M.Sc., Ph.D., AAK, bersama Direktur Teknologi Informasi, Dr. Ir. Edwin Aristiawan, M.M. Penghargaan yang diperoleh adalah Best Digital Innovation untuk BPJS Kesehatan, Best CEO for Corporate 2025 untuk Prof. dr. Ali Ghufron Mukti, dan Best Digital Leadership 2025 untuk Dr. Ir. Edwin Aristiawan.
Penghargaan ini merupakan bentuk pengakuan atas konsistensi BPJS Kesehatan dalam mengimplementasikan transformasi digital yang terintegrasi, berfokus pada penguatan proses bisnis, peningkatan kualitas layanan, efektivitas operasional, serta penguatan tata kelola Program JKN. Pencapaian ini sekaligus menegaskan komitmen BPJS Kesehatan untuk terus mengakselerasi transformasi digital secara strategis dan berkelanjutan, sebagai fondasi dalam menghadirkan layanan Program JKN yang mudah, cepat, dan setara bagi seluruh masyarakat Indonesia.
Transformasi Digital BPJS Kesehatan
Transformasi digital menjadi pijakan penting bagi BPJS Kesehatan dalam meningkatkan kualitas layanan publik. Berbagai inovasi dirancang untuk mempermudah peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) mengakses layanan, mulai dari antrean online, info riwayat pelayanan hingga telehealth. Inovasi digital menjadi kunci untuk melayani peserta JKN yang telah mencapai 282,9 juta jiwa atau 98% dari jumlah penduduk Indonesia, hingga ekosistem yang terkoneksi dengan BPJS Kesehatan.
Edwin mengatakan, BPJS Kesehatan memulai proses transformasi digital pada 2014 melalui proses digitization yaitu mengubah data dan informasi fisik menjadi format digital. BPJS Kesehatan juga melakukan digitalisasi untuk mengubah proses bisnis. Sejak 2021, BPJS Kesehatan telah memasuki era tansformasi digital. Selain mengadopsi teknologi, BPJS Kesehatan menanamkan mindset digital dan budaya digital. “Kita membangun transformasi digital bukan hanya di BPJS Kesehatan tetapi pada semua komponen yang ada di dalam ekosistem digital JKN yang sifatnya kolaboratif,”










