Jakarta, Business Asia – PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) kembali menghadirkan sustainability flagship event tahunan bertajuk “The Cooler Earth 2025” sebagai bagian dari komitmen untuk memperkuat edukasi, kolaborasi, dan aksi nyata di bidang keberlanjutan, sejalan dengan purpose Advancing Customers and Society.
Acara yang digelar dalam rangkaian Kejar Mimpi Fest 2025 ini berlangsung di Assembly Hall, Jakarta Convention Center (JCC), Sabtu-Minggu 13-14 Desember 2025.
The Cooler Earth merupakan upaya berkelanjutan CIMB Niaga untuk memobilisasi komitmen dan tindakan kolektif dalam membentuk masyarakat yang bertanggung jawab dan planet yang lebih layak huni. Melalui inisiatif ini, CIMB Niaga menyediakan wadah edukasi, inspirasi, dan aksi nyata untuk mengajak pemangku kepentingan dan masyarakat luas agar semakin peduli terhadap isu keberlanjutan.
Salah satu agenda utama TCE 2025 adalah talkshow dan gathering bertema “Kolaborasi Berkelanjutan untuk Wujudkan The Cooler Earth”. Acara ini menghadirkan narasumber Direktur Compliance, Corporate Affairs & Legal CIMB Niaga Fransiska Oei; Head of Emerging Business Banking CIMB Niaga Tony Tardjo; Anggota Dewan Pers 2025–2028 Abdul Manan; serta aktris dan aktivis lingkungan Nadine Chandrawinata. Melalui diskusi lintas sektor ini, CIMB Niaga memperluas perspektif publik mengenai pentingnya kolaborasi dalam mewujudkan keberlanjutan.
“Bagi kami, keberlanjutan bukan sekadar program, tetapi cara pandang dalam menjalankan bisnis dan memberi makna bagi masyarakat. Karena itu, CIMB Niaga terus mengajak semua pihak, termasuk generasi muda untuk terlibat, berkolaborasi, dan mengambil langkah nyata demi menjaga bumi yang kita tinggali bersama. Kami percaya, setiap aksi, sekecil apa pun, memiliki dampak positif. Melalui The Cooler Earth 2025, kami ingin menghadirkan ruang diskusi sekaligus aksi nyata agar semakin banyak orang merasa menjadi bagian dari perubahan untuk masa depan bumi yang lebih lestari,” ujar Fransiska Oei.
Salah wujud nyata inisiatif keberlanjutan CIMB Niaga yaitu menghadirkan GreenBizReady, platform kolaboratif yang dirancang untuk membantu nasabah segmen UKM dan Perbankan Komersial dalam melakukan transformasi menuju praktik bisnis yang lebih ramah lingkungan.
Selain GreenBizReady, CIMB Niaga juga menawarkan beragam produk/program sustainability kepada nasabah dan masyarakat, seperti Green Mortgage, Solar Panel Financing, Green Auto (Environmentally-Friendly Vehicle Financing), Sustainability Linked Loan, Sustainable Finance program, Sustainability-Linked FX & Derivatives, Sustainability-Linked Trade Finance & Green Trade Finance, dan lainnya.
Melalui produk dan program tersebut, CIMB Niaga memfasilitasi nasabah agar dapat memulai langkahnya menuju ekonomi rendah karbon.
CIMB Niaga juga terus memperkuat peran jurnalis sebagai mitra strategis dalam mengedukasi publik tentang keberlanjutan melalui program Sustainability Journalism Fellowship yang akan digelar pada tahun 2026 bersama Indonesian Institute of Journalism (IIJ).
Program ini bertujuan untuk memberdayakan jurnalis agar tidak hanya melaporkan isu keberlanjutan, tetapi juga aktif menjadi bagian dari solusi melalui pengembangan proyek berbasis aksi, kampanye, dan inisiatif sosial. Para jurnalis yang memiliki ide sosial dan lingkungan dapat mengikuti kompetisi ini untuk berkontribusi nyata dalam mewujudkan masa depan berkelanjutan.
Selain itu, dalam rangkaian acara The Cooler Earth 2025, CIMB Niaga juga mengadakan Sustainability Experiential Learning yang berkolaborasi dengan Dit Réveille (DRÉ), pemenang kompetisi CIMB Niaga untuk ide sosial Community Link #JadiNyata tahun 2023.
Acara ini juga diramaikan dengan Exhibition yang menampilkan pencapaian keberlanjutan CIMB Niaga, serta Community Link Bazaar yang menghadirkan berbagai produk berkelanjutan dari para pemenang Community Link #JadiNyata.
“Melalui kolaborasi, edukasi, dan aksi nyata tersebut, CIMB Niaga berharap semakin banyak masyarakat, termasuk generasi muda, jurnalis, serta nasabah tergerak untuk berkontribusi menjaga keberlanjutan lingkungan dan menciptakan masa depan yang lebih baik sejalan dengan pesan keberlanjutan CIMB Niaga yaitu #SekarangUntukMasaDepan,” ujar Fransiska.











