Minggu, 17 Agustus 2025
E-MAGAZINE
Business Asia
No Result
View All Result
  • Home
  • Berita
  • Business
  • Figure
  • Teknologi
  • Lifestyle
  • Internasional
  • Indeks
  • Home
  • Berita
  • Business
  • Figure
  • Teknologi
  • Lifestyle
  • Internasional
  • Indeks
No Result
View All Result
Business Asia
No Result
View All Result
Home Business

CIMB Niaga Perkuat Pemahaman Keuangan di Kalangan Pelajar

6 Februari 2025
in Business
CIMB Niaga Perkuat Pemahaman Keuangan di Kalangan Pelajar
0
SHARES
10
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter
ADVERTISEMENT

Jakarta, Business Asia – PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) konsisten melaksanakan program literasi dan inklusi keuangan melalui berbagai inisiatif, seperti Tour de Bank (TDB) dan Ayo Menabung dan Berbagi (AMDB).

Program Corporate Social Responsibility (CSR) bidang pendidikan ini bertujuan meningkatkan pemahaman keuangan di kalangan pelajar, sejalan dengan Gerakan Nasional Cerdas Keuangan (GENCARKAN) yang dicanangkan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Selain CSR di bidang pendidikan, CIMB Niaga juga memiliki pilar CSR lainnya yaitu Kesehatan dan Kesejahteraan Masyarakat, Pemberdayaan Ekonomi, serta Iklim dan Lingkungan.

Melalui TDB, CIMB Niaga memperkenalkan fungsi perbankan dan manfaat menabung kepada siswa Sekolah Dasar (SD). Adapun AMDB membekali siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) dengan pengetahuan tentang perencanaan keuangan, perbankan digital, hingga keamanan bertransaksi.

Selain itu, CIMB Niaga juga memiliki program Be$MART untuk mahasiswa, Webinar Guru untuk tenaga pendidik, serta program literasi dan inklusi keuangan untuk teman disabilitas dan pelaku UMKM wanita dan disabilitas di Indonesia Timur.

Berdasarkan Laporan Akuntabilitas Program Literasi dan Inklusi Keuangan CIMB Niaga Periode 2024, sejak 2011 hingga Desember 2024, program tersebut telah menjangkau 96.739 peserta dari 1.035 sekolah di berbagai kota di Indonesia.

Adapun sepanjang 2024, Program TDB dan AMDB, telah berhasil menjangkau 9.466 pelajar SD, SMP, dan SMA yang tersebar di 118 sekolah dari 27 kota, dengan peningkatan pemahaman literasi keuangan untuk Program AMDB sebesar 11% dan untuk TDB sebesar 18% (berdasarkan survei pre dan post test).

Program tersebut juga berhasil meningkatkan inklusi keuangan dengan jumlah pelajar yang membuka tabungan Simpanan Pelajar (Simpel) sebanyak 4.056 rekening.

Pada tahun 2024, CIMB Niaga juga memperkenalkan pengembangan program AMDB dengan memilih Duta Literasi Keuangan untuk mensosialisasikan materi literasi keuangan kepada pelajar lain yang belum berkesempatan mengikuti kegiatan AMDB.

Berdasarkan hasil seleksi berjenjang, CIMB Niaga menetapkan empat siswa terpilih sebagai Duta Literasi Keuangan, yaitu Jemima Emanuella Tarigan dari SMPN 2 Depok, Yusuf Nando Darmawan dari SMPN 2 Jember, Yocellyn Mulya Evelyta dari SMA Kristen 1 Salatiga, dan Ayu Maulida Utami dari SMAN 10 Semarang.

“Kami percaya generasi muda adalah kunci untuk membangun masyarakat yang lebih sadar keuangan. Dengan membekali pelajar sejak dini dengan pemahaman yang baik tentang literasi keuangan, CIMB Niaga membantu mereka merencanakan masa depan keuangan pribadi maupun keluarganya dengan lebih matang,” ujar Direktur Compliance, Corporate Affairs and Legal CIMB Niaga Fransiska Oei di Jakarta, Senin (3/2/2025).

Melanjutkan kesuksesan program sebelumnya, tahun ini CIMB Niaga berencana menyelenggarakan kegiatan literasi keuangan di 22 kota dengan target 9.000 siswa dari 70 sekolah. Wilayah Jawa Timur akan menjadi pusat kick off program 2025 dengan kota-kota seperti Malang, Surabaya, Banyuwangi, dan Kediri menjadi lokasi utama.

Upaya CIMB Niaga tersebut sejalan dengan target pemerintah untuk mencapai tingkat inklusi keuangan sebesar 98% pada tahun 2045.

Melalui program literasi yang konsisten, CIMB Niaga berharap dapat terus berkontribusi dalam membangun pemahaman keuangan yang lebih baik di masyarakat, demi mendukung perencanaan masa depan finansial yang lebih baik.

 

Post Views: 5,580
Tags: CIMB Niaga
Previous Post

Askrindo Salurkan Bantuan Gizi dan Edukasi di Kampung Nelayan

Next Post

AIA Indonesia Umumkan Presiden Direktur Baru, Harsya Prasetyo

Next Post
AIA Indonesia Umumkan Presiden Direktur Baru, Harsya Prasetyo

AIA Indonesia Umumkan Presiden Direktur Baru, Harsya Prasetyo

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BISNIS TERKINI

Aset DPLK Syariah Muamalat Capai Rp1,8 Triliun

Aset DPLK Syariah Muamalat Capai Rp1,8 Triliun

15 Agustus 2025

Semen Merah Putih Dukung Pendidikan Yang Merdeka, Untuk Negeri Yang Lebih Berdaya

Semen Merah Putih Dukung Pendidikan Yang Merdeka, Untuk Negeri Yang Lebih Berdaya

15 Agustus 2025

NUS Business School: 60 Tahun Membentuk Pemimpin Bisnis Kelas Dunia

NUS Business School: 60 Tahun Membentuk Pemimpin Bisnis Kelas Dunia

15 Agustus 2025

ecoCare Gandeng KALISTA Dorong Transformasi Logistik

ecoCare Gandeng KALISTA Dorong Transformasi Logistik

15 Agustus 2025

Kepercayaan Konsumen Mengantar Air Minum Biru Meraih Top Brand Award 2025

Kepercayaan Konsumen Mengantar Air Minum Biru Meraih Top Brand Award 2025

15 Agustus 2025

PT. Media Maju Global

Plaza Simatupang Lt .6 Unit 3 Jl. TB Simatupang Kav. IS No. 01 Kel. Pondok Pinang, Kec. Kebayoran Lama, Jakarta Selatan 12310.

Telp: 021-22702245
E-mail: redaksi@businessasia.co.id

Kategori

  • Berita
  • Business
  • Daerah
  • Ekonomi
  • Figure
  • Indeks
  • Internasional
  • Kesehatan
  • Lifestyle
  • Nasional
  • Otomotif
  • Property
  • Teknologi
  • Tourism

.

  • About
  • Redaksi
  • Info Iklan
  • Privacy Policy
  • Cyber Guidelines
  • Pedoman Media Siber

About

Kehadiran Majalah BusinessAsia Indonesia yang memiliki Tagline Towards a New Change in Asia atau “Menuju Perubahan Baru di Asia” khususnya Indonesia  bertujuan untuk memastikan langkah mereka kokoh menapaki dinamika ekonomi bisnis dan investasi yang kian berkembang. Baca selengkapnya.

No Result
View All Result
  • Home
  • Berita
  • Business
  • Figure
  • Teknologi
  • Lifestyle
  • Internasional
  • Indeks
  • e-Magazine

Majalah terbatas

1. DPMPTSP Kota Tangsel Raih Penghargaan
Pelayanan Prima dari Kemenpan RB.

2. Jebakan Crazy
Rich Pikat Pelanggan Ikut Trading Binary
Option.

3. Eksportir Indonesia
Perluas Jejaring
dengan Buyers di AS

shop new Emagazine