Selasa, 1 Juli 2025
E-MAGAZINE
Business Asia
No Result
View All Result
  • Home
  • Berita
  • Business
  • Figure
  • Teknologi
  • Lifestyle
  • Internasional
  • Indeks
  • Home
  • Berita
  • Business
  • Figure
  • Teknologi
  • Lifestyle
  • Internasional
  • Indeks
No Result
View All Result
Business Asia
No Result
View All Result
Home Business

CIMB Niaga Perluas Layanan dan Akses Perbankan di Pontianak

CIMB Niaga menghadirkan berbagai inisiatif untuk memperluas layanan dan akses perbankan bagi masyarakat Pontianak.

23 Mei 2024
in Business
CIMB Niaga Perluas Layanan dan Akses Perbankan di Pontianak
0
SHARES
11
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter
ADVERTISEMENT

Sejalan dengan meningkatnya kebutuhan perbankan masyarakat dan para pelaku usaha di Pontianak, PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) terus mengoptimalkan kapabilitas produk dan layanan yang dimiliki, sehingga dapat menjadi solusi finansial yang relevan bagi nasabah #YangUtama.

Selain mengandalkan layanan melalui 2 kantor cabang (Jalan Tanjungpura & Jalan Sultan Abdurrahman Pontianak) dan layanan digital banking seperti OCTO Mobile, OCTO Clicks, BizChannel@CIMB, serta jaringan ATM dan EDC/QR, CIMB Niaga juga menghadirkan berbagai inisiatif untuk memperluas layanan dan akses perbankan bagi masyarakat Pontianak.

Salah satu inisiatif terbaru CIMB Niaga di Pontianak yaitu menjalin kolaborasi dengan Universitas Tanjungpura (Untan) untuk menghadirkan layanan perbankan bagi civitas akademika. Sinergi ini ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Head of Region Jakarta A dan Kalimantan CIMB Niaga Evita Barliana dan Branch Area Head Kalimantan II CIMB Niaga Mariany dengan Rektor Untan Prof. Dr. Garuda Wiko, S.H., M.Si., FCB.Arb di kampus Untan, Pontianak, Senin (20/5/2024).

Sebelumnya, CIMB Niaga juga menyelenggarakan Kejar Mimpi Talks bertema ‘Semua Orang Bisa Jadi Influencer’ yang diikuti ribuan mahasiswa Untan. Acara ini merupakan wadah pembelajaran yang menginspirasi anak muda untuk terus semangat mengejar mimpi. Hal ini juga sekaligus memperkenalkan CIMB Niaga sebagai bank dengan produk dan layanan yang sesuai untuk segmen anak muda.

“Kami bangga dapat bermitra dengan Untan sebagai salah satu perguruan tinggi terbaik di Kalimantan. Kami optimis kemitraan strategis ini dapat memberikan dampak positif bagi kedua institusi dalam menyediakan kemudahan akses produk dan layanan perbankan untuk seluruh civitas akademika. Tentunya hal ini juga akan memperluas akses perbankan bagi masyarakat Pontianak sebagai salah satu daerah yang menjadi prioritas pengembangan CIMB Niaga di Kalimantan. Adapun di Kota Khatulistiwa ini kami menyediakan layanan lengkap baik melalui kantor cabang yang mempertahankan kehangatan layanan personal ciri khas CIMB Niaga maupun layanan digital,” kata Evita dalam Media Gathering Bersama CIMB Niaga di Pontianak, Senin (20/5/2024). Tak hanya dengan Untan, CIMB Niaga juga menjalin kerja sama dalam bidang layanan perbankan dengan Universitas Muhammadiyah Pontianak (UMP).

Selain bekerja sama dengan Untan dan UMP, untuk meningkatkan customer experience nasabah segmen bisnis, pada hari yang sama CIMB Niaga juga mengadakan acara Ngobrolin Biznis (NGOBIZ) yang mengupas tema Pajak dan Berbisnis: Strategi Pengelolaan Pajak untuk Optimalisasi Bisnis Perusahaan. Melalui NGOBIZ, CIMB Niaga menyediakan wadah bagi para pelaku usaha untuk berbagi pengalaman dan pengetahuan bersama para pakar. Sehingga diharapkan dapat menghasilkan solusi-solusi yang dapat diaplikasikan untuk memperkuat bisnis nasabah.

Sebelumnya pada 2023, CIMB Niaga juga telah melaksanakan Wealth Xpo sebagai apresiasi untuk nasabah istimewa, khususnya CIMB Preferred di Pontianak. Hal ini juga untuk memberikan kemudahan bagi nasabah dalam mendapatkan pengetahuan dan wawasan terbaru mengenai kondisi perekonomian, serta peluang-peluang yang dapat dioptimalkan untuk meningkatkan portofolio aset/kekayaannya.

Raih Kinerja Positif pada Kuartal I/2024

Beragam inisiatif dan kemudahan layanan yang diberikan CIMB Niaga termasuk di Pontianak, baik melalui kantor cabang maupun kanal digital, turut berkontribusi terhadap pertumbuhan kinerja CIMB Niaga secara nasional. Pada kuartal pertama 2024, CIMB Niaga melaporkan perolehan laba sebelum pajak konsolidasi (unaudited) sebesar Rp2,2 triliun, naik sebesar 7,8% year-on-year (Y-o-Y), dan menghasilkan earnings per share Rp66,96.

“Atas dukungan stakeholders khususnya para nasabah, kami dapat mengumumkan awal yang baik untuk tahun 2024. Pertumbuhan kredit/pembiayaan yang sehat dan indikator kualitas aset yang membaik menjadi dasar yang kuat bagi kami untuk terus memberikan nilai lebih. Ke depan, kami akan terus meningkatkan customer experience melalui inovasi digital. Dengan kemampuan sumber daya dan digital serta jaringan, kami siap untuk menciptakan nilai jangka panjang dengan memprioritaskan kebutuhan para stakeholders dan kontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia,” ujar Evita.

CIMB Niaga senantiasa menjaga posisi permodalan dan likuiditas yang solid dengan capital adequacy ratio (CAR) dan loan to deposit ratio (LDR) masing-masing sebesar 24,5% dan 84,2%. Total aset konsolidasian adalah sebesar Rp333,0 triliun per 31 Maret 2024, yang semakin memperkuat posisi CIMB Niaga sebagai bank swasta nasional terbesar kedua di Indonesia.

Total Dana Pihak Ketiga (DPK) meningkat menjadi Rp248,0 triliun (+3,3% Y-o-Y), menunjukkan rasio current account and savings account (CASA) yang baik sebesar 64,6%. Sementara itu, CASA tumbuh 8,9% Y-o-Y, sebagai hasil upaya Bank membina hubungan nasabah yang lebih erat dan meningkatkan pengalaman nasabah secara keseluruhan melalui layanan digital CIMB Niaga.

Jumlah kredit/pembiayaan naik 6,0% Y-o-Y menjadi Rp211,6 triliun, terutama berasal dari pertumbuhan pada Usaha Kecil Menengah (UKM) yang naik 9,4% Y-o-Y dan Perbankan Konsumer yang tumbuh 6,9% Y-o-Y. Kenaikan tertinggi di kredit/pembiayaan retail terutama dikontribusikan dari pertumbuhan Kredit Pemilikan Mobil (KPM) yang meningkat sebesar 15,8% Y-o-Y.

Di perbankan Syariah, Unit Usaha Syariah (UUS) CIMB Niaga (CIMB Niaga Syariah) berhasil mempertahankan posisinya sebagai UUS terbesar di Indonesia, dengan total pembiayaan Rp56,2 triliun (+15,4% Y-o-Y) dan DPK sebesar Rp50,6 triliun (+2,6% Y-o-Y) per 31 Maret 2024. Adapun pertumbuhan pembiayaan signifikan tersebut sebagian besar dikontribusi oleh segmen ritel. CIMB Niaga Syariah tetap fokus pada peningkatan komposisi pendanaan, khususnya pendanaan murah dengan terus mengembangkan jaringan komunitas.

“Selain itu, hampir 26% dari total pembiayaan Bank (atau setara dengan Rp54,8 triliun) mendukung transisi yang berkelanjutan menuju ekonomi rendah karbon, Perjanjian Paris, dan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG). Hal ini dibuktikan dengan terpilihnya CIMB Niaga sebagai salah satu dari tujuh bank yang mewakili komitmen industri perbankan nasional dalam mencapai Net Zero Emission (NZE) Indonesia, yang ditargetkan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Selain itu, CIMB Niaga juga meraih penghargaan sebagai The Best Sustainability-Linked Loan for Manufacturing dan The Best Green Loan for Utility di The Assets Triple A Awards,” tambah Evita.

Post Views: 7,051
Tags: CIMB Niaga
Previous Post

PT Jasa Armada Indonesia Tbk Optimis Terus Ekspansi Pasar di Tahun 2024

Next Post

Pesta UMKM Muslim Cibinong-Bogor, Gairahkan Pasar Produk Halal Lokal

Next Post
Pesta UMKM Muslim Cibinong-Bogor, Gairahkan Pasar Produk Halal Lokal

Pesta UMKM Muslim Cibinong-Bogor, Gairahkan Pasar Produk Halal Lokal

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BISNIS TERKINI

Bank Saqu Gelar Roadshow Solopreneur Academy 2025 di Bandung, Rangkul Komunitas Kreatif Lokal

Bank Saqu Gelar Roadshow Solopreneur Academy 2025 di Bandung, Rangkul Komunitas Kreatif Lokal

30 Juni 2025

Redmi Pad 2 Siap Hadir di Indonesia Mmulai 4 Juli 2025

Redmi Pad 2 Siap Hadir di Indonesia Mmulai 4 Juli 2025

30 Juni 2025

AFTECH & HukumOnline Sosialisasikan Sistem Pengecekan Kepatuhan Online dan Dorong Penguatan Implementasi Perlindungan Data Pribadi

AFTECH & HukumOnline Sosialisasikan Sistem Pengecekan Kepatuhan Online dan Dorong Penguatan Implementasi Perlindungan Data Pribadi

30 Juni 2025

Sampoerna University dan Thunderbird Soroti Masa Depan ASEAN dan Tantangan ESG

Sampoerna University dan Thunderbird Soroti Masa Depan ASEAN dan Tantangan ESG

30 Juni 2025

Semen Merah Putih dan Karyawan Perbaiki Fasilitas SLB, Peduli Pendidikan Inklusif

Semen Merah Putih dan Karyawan Perbaiki Fasilitas SLB, Peduli Pendidikan Inklusif

30 Juni 2025

PT. Media Maju Global

Plaza Simatupang Lt .6 Unit 3 Jl. TB Simatupang Kav. IS No. 01 Kel. Pondok Pinang, Kec. Kebayoran Lama, Jakarta Selatan 12310.

Telp: 021-22702245
Handphone: 0816.900315
E-mail: redaksi@businessasia.co.id

Kategori

  • Berita
  • Business
  • Daerah
  • Ekonomi
  • Figure
  • Indeks
  • Internasional
  • Kesehatan
  • Lifestyle
  • Nasional
  • Otomotif
  • Property
  • Teknologi
  • Tourism

.

  • About
  • Redaksi
  • Info Iklan
  • Privacy Policy
  • Cyber Guidelines
  • Pedoman Media Siber

About

Kehadiran Majalah BusinessAsia Indonesia yang memiliki Tagline Towards a New Change in Asia atau “Menuju Perubahan Baru di Asia” khususnya Indonesia  bertujuan untuk memastikan langkah mereka kokoh menapaki dinamika ekonomi bisnis dan investasi yang kian berkembang. Baca selengkapnya.

No Result
View All Result
  • Home
  • Berita
  • Business
  • Figure
  • Teknologi
  • Lifestyle
  • Internasional
  • Indeks
  • e-Magazine

Majalah terbatas

1. DPMPTSP Kota Tangsel Raih Penghargaan
Pelayanan Prima dari Kemenpan RB.

2. Jebakan Crazy
Rich Pikat Pelanggan Ikut Trading Binary
Option.

3. Eksportir Indonesia
Perluas Jejaring
dengan Buyers di AS

shop new Emagazine