Businessasia.co.id – Industri MICE di tahun 2026 diprediksi akan terus mengalami
peningkatan. Dari sisi bisnis Professional Event Organizer, data Asosiasi Perusahaan Pameran Indonesia (ASPERAPI) mencatat, sepanjang 2025 terdapat 149 pameran dan konferensi yang diselenggarakan di Jakarta, meningkat dari 139 event pada 2024, dengan potensi transaksi mencapai lebih dari Rp100 triliun per tahun. (https://www.ieca.or.id/)
Peningkatan jumlah penyelenggaraan event tidak hanya didorong oleh kuantitas event, tetapi juga oleh kualitas dan diversifikasi tema yang sangat spesifik, terintegrasi dengan teknologi, dan berfokus pada pengalaman (experience) peserta.
Sedangkan data dari International Congress and Conventions Association (ICCA) menempatkan Indonesia di peringkat ke-37 dunia, peringkat ke-10 di Asia Pasifik, dan peringkat ke-4 di ASEAN untuk MICE. (https://kemenpar.go.id/hasil-pencarian/maksimalkan-potensi-industri-mice-kementerian-pariwisata-hadirkan-seabef-dan-witf-2025)
PT Dyandra Media International, Tbk (Dyandra) perusahaan induk (holding) dengan kode saham DYAN yang bergerak di industri Meeting, Incentive, Convention dan Exhibition (MICE) optimis dapat meraih pertumbuhan pendapatan sampai dengan akhir tahun 2025 dan 2026.
Mirna Gozal selaku Corporate Secretary DYAN menyoroti bagaimana seluruh bisnis unit DYAN berkolaborasi dengan semua stakeholder dalam memenuhi permintaan pasar MICE di Indonesia. Meskipun Perseroan menghadapi tantangan signifikan dari efisiensi anggaran pemerintah di sepanjang tahun 2025, kami sangat fokus dalam mengoptimalkan kinerja Perseroan terutama dalam mendorong penyelenggaraan IP event yang berkelanjutan. Saat ini Dyandra Group memiliki lebih dari 11 IP Event, diantaranya pada sektor otomotif, lifestyle, festival musik dan lain-lain yang akan menjadi kontribusi utama pendapatan Perseroan. Selain itu juga mengurangi ketergantungan pada anggaran pemerintah atau fluktuasi event korporasi.
Sebagai pemain utama di industri MICE Indonesia, DYAN tetap berkomitmen untuk memajukan industri MICE di Indonesia melalui berbagai langkah strategis, inovasi dan meningkatkan daya saing perusahaan. Selain mengusung tinggi nilai sustainability dalam penyelenggaraan semua event, Perseroan juga terus melakukan optimalisasi portofolio existing event.
Penyelenggaraan Event di Kuartal IV-2025
Selama kuartal IV 2025, beberapa event yang telah diselenggarakan oleh unit bisnis PT Dyandra Promosindo antara lain:
1. BRI Consumer Expo Surabaya pada 3-5 Oktober 2025
2. IIMS Balikpapan pada 15-19 Oktober 2025
3. Peresmian Akad Massal KUR 800.000 Debitur Penciptaan Lapangan Kerja dan
Peluncuran Kredit Program Perumahan (KPP) pada 21 Oktober 2025
4. Festival Kemudahan dan Perlindungan Usaha Mikro di Tangerang pada 22 Oktober
2025
5. Festival Kemudahan dan Perlindungan Usaha Mikro di Kupang pada 29 Oktober 2025
6. Asia Consumer Sourcing Expo (CSE Asia) pada 6–8 November 2025
7. Korea Travel Fair pada 14–16 November 2025
8. Pertamina SS Forum pada 18 November 2025.
9. Grand Opening New Building Siloam pada 20 November 2025
10. Peluncuran Buku ‘Indonesia Naik Kelas’ pada 21 November 2025.
Selain itu, beberapa proyek dan event yang akan dilaksanakan adalah Halal Indonesia Pavilion at Japan Int’l Food & Beverage Expo (JFEX) 2025 di Chiba, Jepang dan China Internasional Auto Accessories Fair pada 12–14 Desember 2025 di ICE BSD.
Dari bisnis unit Convention and Exhibition Hall PT Nusa Dua Indonesia, akan diselenggarakan konferensi 3rd Urosphere Scientific Meeting 2025 pada 5–6 Desember 2025 di Bali Nusa Convention Center (BNDCC).









