Kamis, 11 Desember 2025
E-MAGAZINE
Business Asia
No Result
View All Result
  • Home
  • Berita
  • Business
  • Figure
  • Teknologi
  • Lifestyle
  • Internasional
  • Indeks
  • Home
  • Berita
  • Business
  • Figure
  • Teknologi
  • Lifestyle
  • Internasional
  • Indeks
No Result
View All Result
Business Asia
No Result
View All Result
Home Business

Easycash Ajak Generasi Muda untuk Lebih Bijak Atur Keuangan di Era Digital

11 Desember 2025
in Business
Easycash Ajak Generasi Muda untuk Lebih Bijak Atur Keuangan di Era Digital
0
SHARES
0
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter
ADVERTISEMENT

Jakarta, Business Asia – PT Indonesia Fintopia Technology (Easycash) terus membuktikan komitmennya dalam meningkatkan literasi keuangan masyarakat Indonesia, khususnya di tengah pesatnya perkembangan layanan keuangan digital.

Komitmen tersebut ditegaskan melalui partisipasi Easycash dalam Mandiri BFN Fest 2025, puncak dari rangkaian Bulan Fintech Nasional (BFN) yang diinisiasi oleh Asosiasi Fintech Indonesia (AFTECH).

Sebagai program tahunan AFTECH, BFN bertujuan untuk meningkatkan pemahaman publik mengenai layanan keuangan digital, termasuk pinjaman daring (pindar) berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) seperti Easycash. Program ini mencakup berbagai kegiatan edukasi publik, seminar, program komunitas dan kampus, business matching, serta beragam aktivasi edukatif lainnya.

Head of Corporate Affairs Easycash Wildan Kesuma mengungkapkan, sejalan dengan semangat tersebut, Easycash memperkenalkan Modul Bijak Keuangan (MOJANG) sebagai inisiatif literasi keuangan dalam rangka memperluas dampak edukasi keuangan yang relevan bagi generasi muda dan masyarakat luas. Dirancangnya MOJANG ini juga merupakan bentuk respons Easycash atas masih lebarnya kesenjangan antara tingkat literasi dan inklusi keuangan di Indonesia.

Berdasarkan Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan OJK 2025, tingkat literasi keuangan Indonesia tercatat sebesar 65,43%, sementara inklusi keuangan telah mencapai 80,51%. Kondisi ini menunjukkan pemanfaatan layanan keuangan tumbuh lebih cepat dibandingkan dengan pemahaman masyarakat terhadap produk, risiko dan pengelolaan keuangannya.

“Artinya, masyarakat semakin cepat mengakses layanan keuangan digital, namun pemahamannya belum sepenuhnya sejalan. Untuk itu, Easycash menghadirkan MOJANG yang dapat digunakan sebagai panduan praktis para generasi muda agar dapat mengelola keuangan secara lebih bijak, memahami risiko, serta mengambil keputusan finansial yang bertanggung jawab,” ungkap Wildan dalam sesi talkshow bertajuk Bijak Atur Keuangan di Era Digital di Jakarta, Rabu (10/12/2025).

Wildan menjelaskan modul untuk edukasi keuangan ini merupakan hasil kolaborasi bersama AFTECH dan International Association of Registered Financial Consultants (IARFC) Indonesia. MOJANG memuat berbagai materi dasar pengelolaan keuangan, mulai dari pengaturan pendapatan, pengelolaan utang yang sehat, pemahaman reputasi kredit, hingga kemampuan membedakan pindar berizin dengan pinjol ilegal.

Modul ini dirancang dalam dua format, yakni modul lengkap untuk kelas literasi dan workshop, serta versi zine yang lebih ringkas, visual dan dekat dengan budaya populer untuk menjangkau Generasi Z, yang saat ini mencakup sekitar 28% populasi Indonesia. “Kami percaya materi edukasi yang yang lebih ringkas, banyak visualisasi, dan erat dengan pop culture akan lebih efektif diterima oleh Gen Z. Harapan kami, modul bijak keuangan (MOJANG) format zine ini akan lebih diterima dan mendukung penyebaran materi edukasi yang lebih luas,” jelas Wildan.

Director of Marketing, Communication & Community Development AFTECH Abynprima Rizki mengatakan industri pindar saat ini berkembang sangat pesat dan menjadi salah satu alternatif pembiayaan digital yang penting bagi masyarakat dan pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang belum sepenuhnya terlayani oleh lembaga pembiayaan tradisional. Hal ini tercermin dari total outstanding pendanaan pindar yang telah mencapai Rp90,99 triliun per September 2025.

“Pindar memberikan akses pembiayaan yang lebih inklusif dan fleksibel, serta mendukung pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia. Namun, tanpa pemahaman yang memadai mengenai bunga, tenor, kemampuan bayar, serta perlindungan data pribadi, masyarakat berisiko menghadapi masalah keuangan. Edukasi keuangan yang lebih kuat dan mudah dipahami menjadi kunci agar konsumen dapat memanfaatkan layanan pindar secara bertanggung jawab dan aman,” kata Abyn.

Untuk memperluas edukasi keuangan digital secara lebih efektif, AFTECH berkomitmen memperkuat kolaborasi lintas sektor dengan regulator, pelaku industri, dan institusi pendidikan. AFTECH pun mendorong penyedia layanan keuangan agar aktif melakukan edukasi publik, menyediakan informasi yang transparan dan mudah dipahami, serta menghadirkan pendekatan edukasi yang relevan dan mudah diakses bagi masyarakat luas, terutama generasi muda. “Kolaborasi edukasi seperti yang dilakukan bersama Easycash menjadi langkah strategis untuk percepatan penyebaran literasi keuangan dan memberikan dampak yang lebih merata bagi masyarakat,” tambah Abyn.

Senada, Financial Planner & Executive Vice President IARFC Indonesia Bareyn Mochaddin menilai literasi keuangan perlu disampaikan dengan pendekatan yang lebih sederhana dan aplikatif agar mampu menjangkau masyarakat luas, terutama generasi muda yang hidup di era digital dengan informasi serba cepat. Menurut Bareyn, kunci keberhasilannya adalah menjadikan literasi keuangan sesuatu yang mudah diakses, mudah dipahami dan terasa dekat dengan kehidupan sehari-hari.

“Tantangan literasi keuangan bukan hanya pada substansi materi, tetapi juga pada cara penyampaian. Tanpa pendekatan yang tepat, edukasi tidak akan benar-benar dipahami dan diterapkan oleh masyarakat. Kolaborasi antara industri, asosiasi dan praktisi perencana keuangan penting untuk memastikan edukasi keuangan dapat memberikan dampak nyata dan berkelanjutan,” ujar Bareyn.

Sebagai asosiasi internasional yang menaungi para perencana keuangan di Indonesia, Bareyn mengatakan IARFC telah berkolaborasi secara strategis dengan OJK guna memperkuat program literasi keuangan nasional, termasuk di antaranya meningkatkan pemahaman masyarakat terkait pengelolaan utang secara bijak serta risiko dan dampak jangka panjang dari gagal bayar (galbay). “Kami optimis literasi keuangan yang berkesinambungan dapat memberikan dampak nyata, relevan dan berkelanjutan bagi masyarakat, khususnya generasi muda sebagai penggerak masa depan,” tambah Bareyn.

Ke depan, ungkap Wildan, Easycash berencana mengintegrasikan MOJANG dalam berbagai kegiatan literasi keuangan di sejumlah daerah melalui kolaborasi dengan universitas, komunitas, media, serta kementerian dan lembaga terkait. Materi MOJANG juga akan tersedia dalam bentuk e-book yang dapat diunduh melalui https://easycash.id/mojang, serta diturunkan ke dalam konten literasi keuangan di kanal media sosial Easycash.

“Semoga melalui pemahaman prinsip dasar pengelolaan keuangan dan kehadiran MOJANG sebagai modul literasi keuangan yang relevan bagi generasi muda, semakin banyak anak muda yang mampu mengambil keputusan finansial secara bijak dan memahami pentingnya reputasi kredit dalam membangun masa depan yang lebih sehat dan berkelanjutan.” tutup Wildan.

Tags: Easycash
Previous Post

EDGE DC Resmi Bertransformasi Menjadi Digital Edge Indonesia

Next Post

Maybank Perkuat Inklusi dan Literasi Keuangan ASEAN via “Maybank Regional Financial Education Excellence Awards” Ke-4

Next Post
Maybank Perkuat Inklusi dan Literasi Keuangan ASEAN via “Maybank Regional Financial Education Excellence Awards” Ke-4

Maybank Perkuat Inklusi dan Literasi Keuangan ASEAN via “Maybank Regional Financial Education Excellence Awards” Ke-4

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BISNIS TERKINI

Rayakan Keajaiban Musim Liburan di Jakarta Premium Outlets

Rayakan Keajaiban Musim Liburan di Jakarta Premium Outlets

11 Desember 2025

TransTRACK Raih Halal Logistics Excellence Award pada World Halal Excellence Awards 2024 di Johor, Malaysia

TransTRACK Raih Halal Logistics Excellence Award pada World Halal Excellence Awards 2024 di Johor, Malaysia

11 Desember 2025

Maybank Perkuat Inklusi dan Literasi Keuangan ASEAN via “Maybank Regional Financial Education Excellence Awards” Ke-4

Maybank Perkuat Inklusi dan Literasi Keuangan ASEAN via “Maybank Regional Financial Education Excellence Awards” Ke-4

11 Desember 2025

Easycash Ajak Generasi Muda untuk Lebih Bijak Atur Keuangan di Era Digital

Easycash Ajak Generasi Muda untuk Lebih Bijak Atur Keuangan di Era Digital

11 Desember 2025

Generali Indonesia Tegaskan Komitmen Diversity, Equality & Inclusion di Hari Penyandang Disabilitas Internasional

Generali Indonesia Tegaskan Komitmen Diversity, Equality & Inclusion di Hari Penyandang Disabilitas Internasional

11 Desember 2025

PT. Media Maju Global

Plaza Simatupang Lt. 6 Unit 3. Jl. TB. Simatupang Kav. IS No. 01, Pondok Pinang, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.

Telp: 021-22702245
E-mail: redaksi@businessasia.co.id

Kategori

  • Berita
  • Business
  • Daerah
  • Ekonomi
  • Figure
  • Indeks
  • Internasional
  • Kesehatan
  • Lifestyle
  • Nasional
  • Otomotif
  • Property
  • Teknologi
  • Tourism

.

  • About
  • Redaksi
  • Info Iklan
  • Privacy Policy
  • Cyber Guidelines
  • Pedoman Media Siber

About

Kehadiran Majalah BusinessAsia Indonesia yang memiliki Tagline Towards a New Change in Asia atau “Menuju Perubahan Baru di Asia” khususnya Indonesia  bertujuan untuk memastikan langkah mereka kokoh menapaki dinamika ekonomi bisnis dan investasi yang kian berkembang. Baca selengkapnya.

No Result
View All Result
  • Home
  • Berita
  • Business
  • Figure
  • Teknologi
  • Lifestyle
  • Internasional
  • Indeks
  • e-Magazine

Majalah terbatas

1. DPMPTSP Kota Tangsel Raih Penghargaan
Pelayanan Prima dari Kemenpan RB.

2. Jebakan Crazy
Rich Pikat Pelanggan Ikut Trading Binary
Option.

3. Eksportir Indonesia
Perluas Jejaring
dengan Buyers di AS

shop new Emagazine