Selasa, 1 Juli 2025
E-MAGAZINE
Business Asia
No Result
View All Result
  • Home
  • Berita
  • Business
  • Figure
  • Teknologi
  • Lifestyle
  • Internasional
  • Indeks
  • Home
  • Berita
  • Business
  • Figure
  • Teknologi
  • Lifestyle
  • Internasional
  • Indeks
No Result
View All Result
Business Asia
No Result
View All Result
Home Business

Ghana Perkuat Kemitraan Global dengan Indonesia

10 Oktober 2023
in Business
Ghana Perkuat Kemitraan Global dengan Indonesia

Wakil Menteri Perdagangan, Jerry Sambuaga

0
SHARES
0
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter
ADVERTISEMENT

“Suatu kehormatan bagi kami mewakili Pemerintah Indonesia berbicara banyak tentang investasi, bisnis dan perdagangan serta promosi dengan Ghana. Indonesia adalah tempat yang sangat baik untuk berinvestasi. Pertumbuhan ekonomi kita saat ini stabil di level 5,3% dan tingkat inflasi kita lebih rendah dari 3%. Saya cukup yakin dan dapat memperluas serta meningkatkan peluang bersama-sama,” ungkap Wakil Menteri Perdagangan, Jerry Sambuaga pada acara forum bisnis Ghana Investment Promotion Centre (GIPC) di Hotel JW Marriot Jakarta, Senin (9/10/2023).

Jerry menambahkan, Indonesia adalah tempat yang baik untuk berinvestasi dan mempromosikan perdagangan Ghana. Hubungan bisnis dan perdagangan yang baik dengan Ghana diharapkan berdampak positif bagi hubungan bilateral kedua negara. “Kami berharap dapat memanfaatkan peluang yang ada untuk memperkuat kerja sama perdagangan bilateral dan bekerja sama memprioritaskan langkah-langkah guna mempercepat kemitraan kolaboratif demi meraih manfaat optimal bagi kedua negara,” ungkap Jerry.

Sementara itu dalam kesempatan yang sama, Ketua Komite Bilateral Afrika dan Ecowas Kadin, Sylvie Tomasoa mengatakan, Pemerintah Indonesia harus serius menggarap potensi bisnis dan perdagangan dengan Afrika. Selain itu, paradigma para pengusaha tentang negara-negara di Afrika harus diubah sehingga akan tercipta sinergitas yang saling menguntungkan.

“Pemerintah melalui instansi terkait harus berikan dukungan pada bisnis dan perdagangan dengan Afrika. Jangan lagi negative thinking dengan Afrika. Juga untuk para pengusaha Indonesia agar bisa melihat peluang potensi bisnis yang sangat baik dengan Afrika, khususnya Ghana. Saya optimistis dengan terjalinnya kerjasama ini akan tercipta kolaborasi yang saling menguntungkan,” ujar Sylvie.

Kegiatan forum bisnis GPIC ini merupakan asistensi positif dari Komite Bilateral Afrika Kadin Indonesia di bawah pimpinan Sylvie Tomasoa dan Mintohardjo Halim selaku Head of Permanent Committee for Africa Kadin Indonesia. Sylvie juga menjadi pendiri Indonesia Africa Business Council (IABC) untuk memperkuat hubungan kerjasama perdagangan dan industri Indonesia dan Afrika.

Lebih lanjut Sylvie mengatakan, hubungan Indonesia dan Afrika memiliki akar sejarah sejak KTT Asia-Afrika pada 1955. Saat ini, Afrika tengah membidik bisnis dengan negara-negara di Asia Tenggara, terutama Indonesia. Menurut Sylvie, secara ekonomi dan bisnis Indonesia memiliki posisi strategis di Asia Tenggara. Untuk itulah GIPC akan lakukan kegiatan promosi, kerjasama bisnis dan investasi di Indonesia.

Kemitraan Baru

CEO GIPC Yofi Grant mengatakan, saat ini Afrika memiliki posisi strategis bagi dunia mengingat seluruh mineral yang dibutuhkan untuk masa depan tersedia melimpah. Untuk itulah, pihaknya sedang mencari kemitraan baru dan beralih dari kemitraan tradisional yang lama.

“Kami sedang berupaya mencari mitra bisnis yang baru dan Indonesia adalah salah satu mitra potensial yang kami tuju. Afrika dengan penduduk sekitar 1,4 miliar orang adalah pasar yang potensial dan oleh sebab itu Ghana menjadi pintu gerbang untuk berbisnis di Afrika. Untuk itulah kami akan memberikan kesempatan kepada para investor untuk berinventasi dan melaakukan hubungan bisnis dengan kami,” ujar Yofi.

Lebih jauh Yofi mengatakan, pada tahun 2030 populasi akan meningkat menjadi 1,7 miliar dan pada tahun 2050 akan meningkat sekitar 2,6 miliar. Jumlah ini setara dengan seperempat dari populasi dunia. Hal dipastikan menguntungkan untuk melakukan hubungan bisnis dengan Afrika.

“Jadi jika anda seorang pebisnis, investor, eksportir, atau produsen tidak dapat menemukan tempat yang lebih baik untuk berbisnis di Afrika. Saat ini, 60% penduduk Afrika di usia 30 tahun. Ini adalah pasar yang potensial dan
Ghana memberi Anda ruang masuk ke benua Afrika untuk pasar yang lebih besar, pasar yang lebih dinamis, dan pasar yang lebih menguntungkan,” imbuh Yofi.

Florence Buerki Akonor selaku Duta Besar Ghana untuk Indonesia mengatakan, kiprah bisnis dan perdagangan Pemerintah Republik Ghana tidak akan berhasil tanpa dukungan dari negara-negara sahabat seperti Indonesia.

“Pemerintah Republik Ghana tetap berkomitmen untuk menerapkan kebijakan yang akan mengurangi biaya dalam menjalankan bisnis dengan dukungan peraturan, keuangan, dan logistik yang memadai untuk membantu investor membangun dan memperluas bisnis mereka. Saya yakin Pusat Promosi Investasi Ghana akan memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang semua aspek berbisnis di Ghana,” ujar Florence.

 

 

 

 

 

Post Views: 902
Tags: Kadin
Previous Post

Compas.co.id: FMCG Brands di Indonesia Bisa Terus Berkembang Pasca TikTok Shop Ditutup

Next Post

UT Gandeng Tribun Network dan BKKBN Kampanyekan Semesta Mencegah Stunting #CukupDuaTelur

Next Post
UT Gandeng Tribun Network dan BKKBN Kampanyekan Semesta Mencegah Stunting #CukupDuaTelur

UT Gandeng Tribun Network dan BKKBN Kampanyekan Semesta Mencegah Stunting #CukupDuaTelur

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BISNIS TERKINI

Bank Saqu Gelar Roadshow Solopreneur Academy 2025 di Bandung, Rangkul Komunitas Kreatif Lokal

Bank Saqu Gelar Roadshow Solopreneur Academy 2025 di Bandung, Rangkul Komunitas Kreatif Lokal

30 Juni 2025

Redmi Pad 2 Siap Hadir di Indonesia Mulai 4 Juli 2025

Redmi Pad 2 Siap Hadir di Indonesia Mulai 4 Juli 2025

1 Juli 2025

AFTECH & HukumOnline Sosialisasikan Sistem Pengecekan Kepatuhan Online dan Dorong Penguatan Implementasi Perlindungan Data Pribadi

AFTECH & HukumOnline Sosialisasikan Sistem Pengecekan Kepatuhan Online dan Dorong Penguatan Implementasi Perlindungan Data Pribadi

30 Juni 2025

Sampoerna University dan Thunderbird Soroti Masa Depan ASEAN dan Tantangan ESG

Sampoerna University dan Thunderbird Soroti Masa Depan ASEAN dan Tantangan ESG

30 Juni 2025

Semen Merah Putih dan Karyawan Perbaiki Fasilitas SLB, Peduli Pendidikan Inklusif

Semen Merah Putih dan Karyawan Perbaiki Fasilitas SLB, Peduli Pendidikan Inklusif

30 Juni 2025

PT. Media Maju Global

Plaza Simatupang Lt .6 Unit 3 Jl. TB Simatupang Kav. IS No. 01 Kel. Pondok Pinang, Kec. Kebayoran Lama, Jakarta Selatan 12310.

Telp: 021-22702245
Handphone: 0816.900315
E-mail: redaksi@businessasia.co.id

Kategori

  • Berita
  • Business
  • Daerah
  • Ekonomi
  • Figure
  • Indeks
  • Internasional
  • Kesehatan
  • Lifestyle
  • Nasional
  • Otomotif
  • Property
  • Teknologi
  • Tourism

.

  • About
  • Redaksi
  • Info Iklan
  • Privacy Policy
  • Cyber Guidelines
  • Pedoman Media Siber

About

Kehadiran Majalah BusinessAsia Indonesia yang memiliki Tagline Towards a New Change in Asia atau “Menuju Perubahan Baru di Asia” khususnya Indonesia  bertujuan untuk memastikan langkah mereka kokoh menapaki dinamika ekonomi bisnis dan investasi yang kian berkembang. Baca selengkapnya.

No Result
View All Result
  • Home
  • Berita
  • Business
  • Figure
  • Teknologi
  • Lifestyle
  • Internasional
  • Indeks
  • e-Magazine

Majalah terbatas

1. DPMPTSP Kota Tangsel Raih Penghargaan
Pelayanan Prima dari Kemenpan RB.

2. Jebakan Crazy
Rich Pikat Pelanggan Ikut Trading Binary
Option.

3. Eksportir Indonesia
Perluas Jejaring
dengan Buyers di AS

shop new Emagazine