Sabtu, 4 Oktober 2025
E-MAGAZINE
Business Asia
No Result
View All Result
  • Home
  • Berita
  • Business
  • Figure
  • Teknologi
  • Lifestyle
  • Internasional
  • Indeks
  • Home
  • Berita
  • Business
  • Figure
  • Teknologi
  • Lifestyle
  • Internasional
  • Indeks
No Result
View All Result
Business Asia
No Result
View All Result
Home Ekonomi

GIIAS 2025 Bukti Ketangguhan Industri Otomotif Nasional di Tengah Tantangan

18 Agustus 2025
in Ekonomi
GIIAS 2025 Bukti Ketangguhan Industri Otomotif Nasional di Tengah Tantangan
0
SHARES
0
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter
ADVERTISEMENT

Businessasia.co.id – GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2025 yang telah berlangsung mulai dari tanggal 24 Juli hingga 3 Agustus 2025 di ICE BSD City, Tangerang, kembali catatkan hasil positif dan menjadi dorongan yang dibutuhkan industri otomotif Indonesia saat ini.

Menggunakan lahan pameran seluas lebih dari 120.000 meter persegi, GIIAS 2025 menghadirkan lebih dari 60 merek otomotif global, termasuk 40 merek kendaraan penumpang, 4 merek kendaraan komersial, 17 merek sepeda motor, 4 perusahaan karoseri nasional, serta lebih dari 120 merek dari industri pendukung. Kehadiran puluhan merek ini menunjukkan komitmen kuat industri otomotif dalam menjadikan GIIAS sebagai platform utama untuk memperkenalkan teknologi dan produk terkini kepada publik Indonesia dan dunia.

Partisipasi puluhan merek kendaraan penumpang yaitu Aletra, Audi, BAIC, BMW, BYD, Chery, Citroen, Daihatsu, Denza, Ford, GAC AION, Geely, Great Wall Motor, Honda, Hyundai, Isuzu, I2C, Jaecoo, Jeep, Jetour, KIA, LEPAS, Lexus, Mazda, Maxus, Mercedes-Benz, MG, MINI, Mitsubishi Motors, Nissan, Polytron, Seres, Subaru, Suzuki, Toyota, VinFast, Volkswagen, Volvo, Wuling Motors, dan XPENG. Untuk kendaraan komersial, Hino, Isuzu, Mitsubishi Fuso, dan UD Trucks hadir dari lini kendaraan komersial. Sementara itu, dari kategori sepeda motor, partisipasi datang dari Alva, Aprilia, Astra Honda Motor, Dubbs, Exotic, Harley-Davidson, Kupprum, Moto Guzzi, NUV, Pacific, Piaggio, Polytron, Royal Enfield, Scomadi, U-Winfly, Vespa, dan Wedison. Tidak ketinggalan perusahaan karoseri nasional seperti Adiputro, Laksana, New Armada, Tentrem serta lebih dari 120 merek industri pendukung, termasuk pelaku UMKM otomotif nasional,menjadi bukti yang menunjukkan semangat industri otomotif nasional, dan kembali menjadikan GIIAS 2025 sebagai pameran otomotif terbesar dunia di luar Tiongkok.

GIIAS Platform Penting Bagi Pertumbuhan Industri Otomotif Indonesia

Selama penyelenggaraan, GIIAS 2025 mencatatkan pencapaian yang positif, dihadiri 485.569 orang pengunjung menunjukkan bahwa perkembangan industri otomotif Indonesia masih menjadi daya tarik yang sangat kuat bagi masyarakat luas.

Dan walaupun transaksi bukanlah tujuan dari penyelenggaraan GIIAS, hasil yang dilaporkan tiap penyelenggaraannya menjadi dorongan bagi capaian industri otomotif nasional. Ketua Umum GAIKINDO, Yohannes Nangoi, menyampaikan bahwa ditengah berbagai tantangan yang dihadapi industri otomotif Indonesia pada tahun ini, GIIAS 2025 telah berhasil menjadi dorongan yang dibutuhkan industri saat ini. “Di tengah berbagai tantangan global dan nasional yang memengaruhi laju industri otomotif, kami bersyukur penyelenggaraan GIIAS 2025 sukses catatkan hasil yang sangat positif. Mulai dari kehadiran ratusan ribu pengunjung yang kembali lampaui catatkan penyelenggaraan sebelumnya, hingga capaian yang dicatat para peserta sepanjang penyelenggaraannya, membuktikan semangat industri otomotif Indonesia untuk terus bangkit, kembali kami tekankan transaksi bukan tujuan utama GIIAS, namun hasil yang dicatat pada tahun ini benar-benar menjadi dorongan kuat untuk pertumbuhan industri di tahun ini,” ujar Nangoi. Ia menyampaikan bahwa data transaksi yang terjadi sepanjang GIIAS 2025 mengalami peningkatan dibandingkan tahun sebelumnya, “Sungguh luar biasa bahwa di tengah tantangan tahun ini GIIAS berhasil catatkan transaksi total lebih dari 38 ribu unit kendaraan, lampaui hasil tahun lalu sebesar 12%.  Meski demikian, tercatat nilai keseluruhan penjualan mengalami penurunan dibandingkan tahun lalu, dimana hal ini dipengaruhi oleh semakin kompetitifnya harga model kendaraan yang diluncurkan, yang menurut kami memiliki hal positif bagi  masyarakat,” ungkap Nangoi.

GAIKINDO melihat GIIAS 2025 sebagai penanda penting bahwa industri otomotif Indonesia masih terus bertumbuh secara positif. Kehadiran berbagai pihak dari pemerintah, pelaku industri, akademisi, hingga masyarakat umum dalam pameran ini memperlihatkan ekosistem yang semakin kuat dan siap menghadapi perubahan global.

Lanjutkan Semangat Positif Lewat GIIAS The Series 2025

Melanjutkan rangkaian GIIAS The Series di tahun ini, setelah pameran di BSD Tangerang, GIIAS The Series akan dilanjutkan ke sejumlah kota. Rizwan Alamsjah, Ketua III sekaligus Ketua Penyelenggara Pameran GAIKINDO menyatakan bahwa semangat positif akan dibawa ke seluruh penyelenggaraan GIIAS di tahun ini. “GIIAS tahun ini masih berlanjut membawa semangat yang sama, kami harap antusiasme masyarakat di empat kota lainnya tetap terjaga, dan yang terpenting kami yakini penyelenggaraan GIIAS di empat kota selanjutnya akan dapat menjadi dorongan signifikan bagi industri otomotif di tanah air,” tutur Rizwan. Rangkaian kedua akan dimulai dengan GIIAS Surabaya, yang akan diselenggarakan pada 27-31 Agustus 2025 di Grand City Convex, Surabaya. Selanjutnya, GIIAS Semarang akan berlangsung pada 24-28 September 2025 di Muladi Dome, Semarang, dan GIIAS Bandung akan dilaksanakan pada 1-5 Oktober 2025 di Sudirman Grand Ballroom, Bandung. Seri Pameran ini akan ditutup dengan GIIAS Makassar pada 5-9 November 2025 di Summarecon Mutiara Makassar, yang kembali hadir setelah terakhir kali diselenggarakan pada 2019.

Tags: GaikindoGIIAS 2025Yohannes Nangoi
Previous Post

PT Pamapersada Nusantara dan Universitas Indonesia Resmikan Instalasi PLTS di Kampung Iklim RW 013 Penggilingan

Next Post

PAMA Kerjasama dengan Dinas Pendidikan Jakarta Selenggarakan Pelatihan Kepala Sekolah dan Guru

Next Post
PAMA Kerjasama dengan Dinas Pendidikan Jakarta Selenggarakan Pelatihan Kepala Sekolah dan Guru

PAMA Kerjasama dengan Dinas Pendidikan Jakarta Selenggarakan Pelatihan Kepala Sekolah dan Guru

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BISNIS TERKINI

Xiaomi Indonesia Luncurkan Serangkaian Wearables Terbaru “Gold Collection”

Xiaomi Indonesia Luncurkan Serangkaian Wearables Terbaru “Gold Collection”

3 Oktober 2025

Yayasan Inklusi Pelita Bangsa (YIPB) dan Grab-OVO Lakukan Inspeksi Berkala Jamin Standar Keamanan MBG

Yayasan Inklusi Pelita Bangsa (YIPB) dan Grab-OVO Lakukan Inspeksi Berkala Jamin Standar Keamanan MBG

3 Oktober 2025

Grab Bintang Lima: Fitur Baru Biar Pesanan di GrabFood Selalu On Point

Grab Bintang Lima: Fitur Baru Biar Pesanan di GrabFood Selalu On Point

3 Oktober 2025

Bank Mega Syariah Tawarkan Produk Wakaf Investasi SWR 006, Imbal Hasil 5,70%

Bank Mega Syariah Tawarkan Produk Wakaf Investasi SWR 006, Imbal Hasil 5,70%

3 Oktober 2025

Aice Hadirkana “Aice Got You! Panggung Crispymu!”, Panggung Hiburan Seru untuk Semua

Aice Hadirkana “Aice Got You! Panggung Crispymu!”, Panggung Hiburan Seru untuk Semua

3 Oktober 2025

PT. Media Maju Global

Plaza Simatupang Lt. 6 Unit 3. Jl. TB. Simatupang Kav. IS No. 01, Pondok Pinang, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.

Telp: 021-22702245
E-mail: redaksi@businessasia.co.id

Kategori

  • Berita
  • Business
  • Daerah
  • Ekonomi
  • Figure
  • Indeks
  • Internasional
  • Kesehatan
  • Lifestyle
  • Nasional
  • Otomotif
  • Property
  • Teknologi
  • Tourism

.

  • About
  • Redaksi
  • Info Iklan
  • Privacy Policy
  • Cyber Guidelines
  • Pedoman Media Siber

About

Kehadiran Majalah BusinessAsia Indonesia yang memiliki Tagline Towards a New Change in Asia atau “Menuju Perubahan Baru di Asia” khususnya Indonesia  bertujuan untuk memastikan langkah mereka kokoh menapaki dinamika ekonomi bisnis dan investasi yang kian berkembang. Baca selengkapnya.

No Result
View All Result
  • Home
  • Berita
  • Business
  • Figure
  • Teknologi
  • Lifestyle
  • Internasional
  • Indeks
  • e-Magazine

Majalah terbatas

1. DPMPTSP Kota Tangsel Raih Penghargaan
Pelayanan Prima dari Kemenpan RB.

2. Jebakan Crazy
Rich Pikat Pelanggan Ikut Trading Binary
Option.

3. Eksportir Indonesia
Perluas Jejaring
dengan Buyers di AS

shop new Emagazine