Jakarta, Business Asia – GrabExpress, layanan pengiriman instan dari Grab, meluncurkan inisiatif terbaru “Ibu Sudah Oke (ISO)” untuk mendukung perempuan Indonesia, khususnya mompreneur, agar semakin produktif dalam menjalankan usaha sembari menjalani perannya sebagai ibu.
Melalui inisiatif ini, GrabExpress juga memperkenalkan paket berlangganan Ongkir Unlimited, solusi pengiriman hemat untuk mendukung pelaku UMKM, khususnya para ibu, agar dapat mengembangkan usaha tanpa terbebani biaya kirim. Dengan biaya langganan Rp1.000 setiap dua minggu, pengguna bisa menikmati ongkir flat untuk semua jarak, sehingga pengiriman harian menjadi lebih efisien.
Inisiatif “Ibu Sudah Oke” (ISO) merupakan wujud komitmen berkelanjutan Grab dalam menghadirkan layanan yang inklusif dengan menggandeng berbagai komunitas perempuan. Data internal menunjukkan bahwa 61% business owner di platform Grab adalah perempuan dan sebagian besar merupakan pelaku UMKM yang menjalankan usaha berbasis rumah.
Angka ini sejalan dengan data BPS yang menunjukkan bahwa mayoritas UMKM di Indonesia dijalankan oleh perempuan. Oleh karena itu, sebagai layanan yang dekat dengan keseharian para ibu dan mompreneur, GrabExpress senantiasa mendukung aktivitas harian untuk turut berkontribusi pada pengembangan usaha kecil.
Hadi Koe, Head Marketing for Platform, GrabExpress, Lending, Insurance, Digital Goods and Kios, Grab Indonesia, mengatakan, “Inisiatif “Ibu Sudah Oke” hadir untuk mendorong inklusi digital, peningkatan kapasitas usaha, serta memperkuat kepercayaan diri bagi pelaku UMKM perempuan, termasuk para ibu yang mengelola bisnis sekaligus menjalankan usaha dari rumah. Dengan itu, GrabExpress membantu pemberdayaan mompreneur dalam menjalankan usahanya melalui ekosistem yang mendukung—mulai dari teknologi, komunitas, hingga solusi pengiriman cepat dan hemat seperti Ongkir Unlimited. Kami percaya, ketika para ibu semakin produktif, manfaatnya tidak hanya terasa pada bisnis, tapi juga pada kesejahteraan keluarga dan penguatan ekonomi masyarakat,” tutur Hadi Koe.
Selain menawarkan paket berlangganan dengan biaya yang terjangkau, pelanggan baru juga mendapat kesempatan untuk mencoba layanan ini secara gratis selama dua minggu pertama. Berikut langkah-langkah untuk mulai menggunakan Ongkir Unlimited:
- Buka aplikasi Grab, lalu klik Paket Diskon.
- Pilih Ongkir Unlimited. Pastikan untuk membaca syarat dan ketentuan yang diberikan.
- Klik ‘Dapatkan gratis selama 2 Minggu’ untuk mencoba keuntungan dari Ongkir Unlimited
- Ongkir flat otomatis berlaku di setiap pengiriman.
Untuk mendukung kebutuhan pengiriman dari mompreneur yang beragam, GrabExpress menyediakan dua opsi layanan instan, yaitu GrabExpress Instant (1 Jam Sampai) untuk kebutuhan mendesak, seperti mengirimkan paket/dokumen penting maupun orderan mendadak, dan GrabExpress Instant Hemat (2–3 Jam Sampai) sebagai opsi ekonomis untuk pengiriman dengan perkiraan waktu yang lebih terencana.
Keduanya dilengkapi layanan penjemputan dan pengantaran, serta fitur live tracking agar para mompreneur bisa lebih fleksibel dalam memilih #BisaCepatAtauEkonomis sesuai kebutuhan pengiriman.
Sebagai bagian dari rangkaian inisiatif Ibu Sudah Oke (ISO), GrabExpress menggelar acara gathering di Jakarta bersama ratusan ibu dan pelaku usaha kecil dari berbagai komunitas seperti Popmama, Yummy, dan Wondermama. Dalam acara yang bertajuk “Musyawarah Nasional Ibupreneur Indonesia”, para peserta berbagi pengalaman sekaligus mencoba langsung Ongkir Unlimited serta fitur digital GrabExpress.
Selain itu, GrabExpress juga menghadirkan berbagai aktivitas komunitas yang memberdayakan para mompreneur, mulai dari olahraga padel, kelas memasak, kelas merangkai bunga, hingga kelas merangkai hampers untuk bisnis kecil. Rangkaian kegiatan ini dilaksanakan untuk mendukung keseimbangan peran para ibu dan peningkatan bisnis mereka.
Upaya Grab untuk memberdayakan perempuan dan UMKM juga dipertegas melalui Klub Juragan GrabExpress (KJGE), wadah pemberdayaan bagi pelaku UMKM yang menyediakan akses ke berbagai kelas pengembangan bisnis, pelatihan digital, strategi pemasaran online, serta networking.
Saat ini, KJGE telah memiliki lebih dari 51 ribu anggota, di mana 70% di antaranya merupakan perempuan. Dengan itu, KJGE memiliki peran penting dalam mengembangkan komunitas seller perempuan lebih berdaya.
“Kami berharap dapat terus menghadirkan berbagai inisiatif yang menjawab kebutuhan para mompreneur dan UMKM di Indonesia dengan memanfaatkan layanan dalam ekosistem di Grab, agar bisnis mereka semakin produktif, menguntungkan, dan berkelanjutan,” tutup Hadi.