Rabu, 19 November 2025
E-MAGAZINE
Business Asia
No Result
View All Result
  • Home
  • Berita
  • Business
  • Figure
  • Teknologi
  • Lifestyle
  • Internasional
  • Indeks
  • Home
  • Berita
  • Business
  • Figure
  • Teknologi
  • Lifestyle
  • Internasional
  • Indeks
No Result
View All Result
Business Asia
No Result
View All Result
Home Ekonomi

Hadir dengan Skala Lebih Besar, IFEX 2026 Dorong Ekspor dan Inovasi Industri Furnitur Indonesia 

17 September 2025
in Ekonomi
Hadir dengan Skala Lebih Besar, IFEX 2026 Dorong Ekspor dan Inovasi Industri Furnitur Indonesia 
0
SHARES
0
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter
ADVERTISEMENT

Businessasia.co.id – Himpunan Industri Mebel dan Kerajinan Indonesia (HIMKI) menyoroti eskalasi kebijakan tarif Amerika Serikat terhadap impor dari berbagai negara, termasuk kategori furnitur, yang berpotensi menekan kinerja ekspor pelaku usaha Indonesia. HIMKI berharap pemerintah Indonesia menaruh perhatian serius dengan cara turun tangan untuk melakukan diplomasi di tengah rencana Amerika Serikat menerapkan tarif tambahan khusus untuk produk furnitur.

Apalagi produk furnitur kayu merupakan kontributor utama ekspor nasional ke AS. Sekitar 60% ekspor furnitur Indonesia ke Negeri Paman Sam tersebut berasal dari wooden furniture seperti teak outdoor furniture, indoor furniture, dan kerajinan kayu, dengan nilai mencapai US$1,5 miliar per tahun. Jika penambahan tarif diterapkan, produk furnitur Indonesia bisa kehilangan daya saing harga, penurunan pesanan, hingga kapasitas produksi yang dikurangi. Untuk itu, HIMKI meminta pemerintah untuk memberi perhatian serius pada masalah ini.

“Sektor mebel dan kerajinan merupakan industri yang strategis bagi perekonomian nasional. Industri ini tidak hanya berbasis pada hasil hutan dan perkebunan, tapi juga penyerapan tenaga kerja yang signifikan bagi Indonesia. Sehingga kebijakan tarif AS ini menjadi alarm bagi industri kami. Kami menghadapi risiko serius terhadap pesanan, produksi, dan tenaga kerja. Untuk itu kami berupaya untuk mendorong penguatan diplomasi dan advokasi antara pemerintah Indonesia dengan AS agar produk Indonesia mendapatkan pengecualian,” jelas Abdul Sobur, Ketua HIMKI.

HIMKI menilai kebijakan tarif yang tepat dapat menarik investasi, menciptakan lapangan pekerjaan, dan meningkatkan ekspor mebel dan kerajinan hingga miliaran dolar dalam beberapa tahun ke depan.

Sementara HIMKI sebagai pelaku industri berfokus pada perluasan diversifikasi pasar untuk menjadi penyeimbang ketergantungan pada market AS dengan mencari pasar-pasar baru, seperti Asia Tenggara, Timur Tengah, India, dan Eropa. Negara-negara di Timur Tengah dan Asia Tenggara juga mulai tumbuh sebagai basis permintaan, terutama dari sektor konstruksi dan hospitality. Kontribusi ekspor mebel dan kerajinan Indonesia ke pasar Eropa masih berkisar antara 11% hingga 13%. Dengan memanfaatkan perjanjian IEU-CEPA untuk Eropa diharapkan dapat mempercepat dan memperkuat diversifikasi pasar ekspor.

IFEX 2026: Momentum Akselerasi Ekspor Mebel dan Kerajinan Indonesia

HIMKI dan Dyandra Promosindo akan kembali menggelar Indonesia International Furniture Expo (IFEX) 2026 pada 5-8 Maret 2026 sebagai bagian dari penguatan ekosistem industri furnitur. Untuk mengakomodasi pertumbuhan exhibitor dan kebutuhan layanan yang lebih baik, IFEX 2026 akan berlokasi di ICE BSD City, venue yang lebih besar dibandingkan tahun-tahun sebelumnya dengan 11 hall yang dilengkapi fasilitas modern agar buyers dapat menikmati pengalaman pameran dengan maksimal dan nyaman.

IFEX yang merupakan salah satu platform internasional terkemuka di Indonesia memegang peranan penting untuk menghubungkan buyer global dengan produsen terbaik Indonesia, serta menampilkan inovasi, kesenian, dan keterampilan di kerajinan dan mebel yang sesuai dengan standar internasional masa kini. IFEX juga selalu konsisten dalam menghadirkan produk-produk pilihan yang sudah terkurasi dengan menampilkan material alami Indonesia, ukiran kayu Nusantara, serta koleksi furnitur daur ulang yang ramah lingkungan dan keberlanjutan.

“Kami berkomitmen menjadikan IFEX 2026 sebagai pameran furnitur yang inklusif, inovatif, dan berdampak nyata bagi industri. Perpindahan ke ICE BSD City memungkinkan kami menghadirkan pengalaman pameran dengan skala lebih besar, fasilitas lebih modern, serta program yang lebih beragam. Kami optimis IFEX 2026 dapat menjadi barometer industri furnitur Asia Tenggara dan destinasi utama bagi buyers internasional,” ujar Daswar Marpaung, Presiden Direktur Dyandra Promosindo.

“Dengan kapasitas venue yang lebih besar, IFEX 2026 bukan hanya sekedar pameran jual beli, tapi juga platform strategis untuk edukasi pasar, jejaring global, dan akselerasi ekspor. Ini saatnya menunjukkan ketangguhan dan kreativitas industri furnitur Indonesia,” tutup Abdul Sobur.

Registrasi buyers IFEX akan dibuka pada bulan September 2025 di https://ifexindonesia.com/. Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai IFEX 2026, kunjungi situs atau dapat mengikuti akun sosial media Instagram @ifex_id.

Tags: Abdul SoburDaswar MarpaungDyandra PromosindoHIMKIIFEX 2026
Previous Post

Yandex Perkenalkan Fitur Pencarian dengan Teknologi AI Khusus Indonesia

Next Post

Motor Impian Lebih Hemat Rp12,3 Juta, Hanya di FIFGROUP IMOS 2025

Next Post
Motor Impian Lebih Hemat Rp12,3 Juta, Hanya di FIFGROUP IMOS 2025

Motor Impian Lebih Hemat Rp12,3 Juta, Hanya di FIFGROUP IMOS 2025

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BISNIS TERKINI

Penjurian IQSA Award 2025; Hutama Karya Infrastruktur (HKI) Perkuat Implementasi QHSSE Melalui Digitalisasi dan Inovasi Proyek Konstruksi

Penjurian IQSA Award 2025; Hutama Karya Infrastruktur (HKI) Perkuat Implementasi QHSSE Melalui Digitalisasi dan Inovasi Proyek Konstruksi

19 November 2025

Blu by BCA Digital Berikan Rencana Sports Trip Impian 2026

Blu by BCA Digital Berikan Rencana Sports Trip Impian 2026

19 November 2025

Ford Tingkatkan Standar Layanan, RMA Indonesia Gelar Ford National Skill Competition 2025

Ford Tingkatkan Standar Layanan, RMA Indonesia Gelar Ford National Skill Competition 2025

19 November 2025

Dana Murah Naik, Ini Strategi Bank Mega Syariah Jaga Loyalitas Nasabah

Bank Mega Syariah Optimistis Bukukan Kinerja Positif Hingga Akhir Tahun

19 November 2025

AFTECH dan PERBANAS Tegaskan Pentingnya Sinergi Bank-Fintech Perluas Akses Kredit Nasional

AFTECH dan PERBANAS Tegaskan Pentingnya Sinergi Bank-Fintech Perluas Akses Kredit Nasional

17 November 2025

PT. Media Maju Global

Plaza Simatupang Lt. 6 Unit 3. Jl. TB. Simatupang Kav. IS No. 01, Pondok Pinang, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.

Telp: 021-22702245
E-mail: redaksi@businessasia.co.id

Kategori

  • Berita
  • Business
  • Daerah
  • Ekonomi
  • Figure
  • Indeks
  • Internasional
  • Kesehatan
  • Lifestyle
  • Nasional
  • Otomotif
  • Property
  • Teknologi
  • Tourism

.

  • About
  • Redaksi
  • Info Iklan
  • Privacy Policy
  • Cyber Guidelines
  • Pedoman Media Siber

About

Kehadiran Majalah BusinessAsia Indonesia yang memiliki Tagline Towards a New Change in Asia atau “Menuju Perubahan Baru di Asia” khususnya Indonesia  bertujuan untuk memastikan langkah mereka kokoh menapaki dinamika ekonomi bisnis dan investasi yang kian berkembang. Baca selengkapnya.

No Result
View All Result
  • Home
  • Berita
  • Business
  • Figure
  • Teknologi
  • Lifestyle
  • Internasional
  • Indeks
  • e-Magazine

Majalah terbatas

1. DPMPTSP Kota Tangsel Raih Penghargaan
Pelayanan Prima dari Kemenpan RB.

2. Jebakan Crazy
Rich Pikat Pelanggan Ikut Trading Binary
Option.

3. Eksportir Indonesia
Perluas Jejaring
dengan Buyers di AS

shop new Emagazine