Rabu, 2 Juli 2025
E-MAGAZINE
Business Asia
No Result
View All Result
  • Home
  • Berita
  • Business
  • Figure
  • Teknologi
  • Lifestyle
  • Internasional
  • Indeks
  • Home
  • Berita
  • Business
  • Figure
  • Teknologi
  • Lifestyle
  • Internasional
  • Indeks
No Result
View All Result
Business Asia
No Result
View All Result
Home Berita

HIPMI: Tingkatkan Kolaborasi Investasi Inklusif di ASEAN

7 September 2023
in Berita, Ekonomi
HIPMI: Tingkatkan Kolaborasi Investasi Inklusif di ASEAN
0
SHARES
0
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter
ADVERTISEMENT

Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN yang berlangsung 5-7 September 2023 telah diawali dengan berbagai forum dan _side events_ di berbagai kota di Indonesia. Salah satu yang baru saja diselenggarakan adalah ASEAN Investment Forum (AIF) 2023 pada Sabtu (2/09) lalu di The Sultan Hotel, Jakarta Selatan.

Forum ini diadakan sebagai tindak lanjut dari ASEAN Economic Minister 2023 yang dilaksanakan di Semarang Agustus lalu. AIF 2023 merupakan forum investasi pertama selama sejarah berdirinya ASEAN. Hal ini merupakan salah satu terobosan Keketuaan Indonesia di ASEAN 2023 untuk memberikan wadah bagi para anggota ASEAN berkolaborasi dan membahas isu investasi dan potensi-potensi kolaborasinya secara lebih menyeluruh. Pada Tahun pertamanya, AIF 2023 berfokus kepada kolaborasi investasi yang inklusif terkait dengan _Foreign Direct investment_ (FDI) tau yang juga dikenal dengan istilah Penanaman Modal Asing (PMA) di ASEAN. Kementerian Investasi tau Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) menilai bahwa ASEAN menjadi penerima FDI terbesar ke-2 di dunia.

“FDI ke ASEAN meningkat 5%, menyentuh US$ 224,2 miliar atau sekitar Rp 3.407 triliun (kurs Rp 15.200), atau menyentuh level tertinggi sepanjang sejarah ASEAN, namun perlu digarisbawahi bahwa dari 60% FDI yang masuk ke ASEAN pada tahun 2022, hanya kurang dari 1% yang dinikmati oleh penduduk ASEAN,” ucap Sekretaris Jenderal Badan Pengurus Pusat (BPP) HIPMI Anggawira di sela-sela kegiatan acara.

“Baik dalam forum-forum nasional, regional, bahkan global, Presiden Jokowi selalu menekankan bagaimana pentingnya peran UMKM sebagai roda perputaran ekonomi. Pengusaha kita harus mampu menangkap peluang investasi, baik untuk penjualan dalam negeri maupun ekspor. Ada beberapa strategi yang saya rasa bisa dimanfaatkan para pengusaha, utamanya UMKM. Yang pertama, peningkatan daya saing produk atau jasa. Seperti satu kutipan yang sering digunakan dalam Dunia marketing, ‘The product is the marketing itself’. Artinya, produk yang berkualitas adalah modal awal untuk bemarketingkan dirinya sendiri. Tentu Tidak lepas dari poin kedua, yaitu enguatan strategi marketing, termasuk optimalisasi _digital marketing_. Bicara _digital marketing_ bukan saja sekedar memiliki toko _online_ tau berjualan melklui _platform ecommerce_, namun juga memahami cara kerja SEO dan analytics yang dapat mendorong produk tau jasa kita untuk dilihat oleh potence target market yang tepat,” papar Anggawira.

“Itu baru dari sisi marketing. Dari sisi permodalan, pengusaha harus jeli melihat peluang dań saat datang bertemu dengan para investor (baik using maupun lokal), pastikan memahami kepetingan investor itu dari hulu ke hilir. Terdengar standar atau mendasar, namun, masih sering saya temui teman-teman UMKM kita belum lengkap dari segi inii. Selanjutnya, dałam konteks Indonesia maupun ASEAN, yang selalu saya ulang di mana pun adalah semangat kolaborasi antar sektor dan dalam hal ini, antar negara,” tambah pria yang akrab disapa AW ini.

Anggawira yang juga merupakan Tenaga Ahli Kementerian Investasi/BKPM RI melanjutkan, ke depannya, ASEAN perlu memupuk kolaborasi yang konkrit serta solid, agar dapat menjadi komunitas ekonomi dunia yang kuat sehingga investasi yang masuk ke ASEAN dapat berdampak besar bagi seluruh lapisan masyrakat ASEAN. Indonesia dapat mengambil peran besar dalam peningkatan kolaborasi investasi di ASEAN. Karena, Indonesia memiliki peran strategis dalam wilayah ASEAN dengan potensi sumber dayanya yang mencakup jumlah penduduk terbesar ke-4 dunia dan terbesar di ASEAN, negara demokrasi terbesar ketiga di dunia dan ASEAN, populasi muslim terbesar di dunia dan ASEAN, serta ekonomi terbesar di ASEAN pada tahun 2021 dan salah satu dari 20 ekonomi besar dunia dalam G20. Tahun 2023 dimana Indonesia memegang keketuaan ASEAN 2023, harapannya dapat menjadi wadah Indonesia meningkatkan peran di ASEAN, dengan mendorong perputaran ekonomi, promosi destinasi wisata, hilirisasi, hingga di bidang pembangunan, perdagangan, dan ilmu pengetahuan serta teknologi.

“Ada dua tantangan utama yang harus diperhatikan seluruh negara ASEAN, yaitu terkait kapasitas badan investasi di seluruh negara ASEAN dan juga pemerataan aliran FDI. Perlu adanya koordinasi yang baik agar investasi lebih banyak mengalir juga ke kawasan 3T,” sambung Anggawira.

Anggawira menambahkan bahwa perlu kemitraan di ASEAN perlu terus didorong melalui _Free Trade Agreement_ dan (FTA) dan kesepakatan-kesepakatan antar negara lainnya, agar selanjutnya ASEAN mampu menghadapi tantangan geopolitik di masa depan. “Indonesia harus meningkatkan peran dalam kemitraan investasi di ASEAN, peluang investasi untuk hilirisasi komoditas hingga investasi Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara dapat dimanfaatkan untuk mengawal peningkatan kolaborasi investasi di ASEAN,” tutupnya.

Post Views: 184
Tags: HIPMI
Previous Post

LPS Gelar Bloomberg CEO Forum 2023

Next Post

Empat Proyek Strategis Pelindo Tarik Perhatian Investor Global

Next Post
Empat Proyek Strategis Pelindo Tarik Perhatian Investor Global

Empat Proyek Strategis Pelindo Tarik Perhatian Investor Global

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BISNIS TERKINI

Bank Saqu Gelar Roadshow Solopreneur Academy 2025 di Bandung, Rangkul Komunitas Kreatif Lokal

Bank Saqu Gelar Roadshow Solopreneur Academy 2025 di Bandung, Rangkul Komunitas Kreatif Lokal

30 Juni 2025

Redmi Pad 2 Siap Hadir di Indonesia Mulai 4 Juli 2025

Redmi Pad 2 Siap Hadir di Indonesia Mulai 4 Juli 2025

1 Juli 2025

AFTECH & HukumOnline Sosialisasikan Sistem Pengecekan Kepatuhan Online dan Dorong Penguatan Implementasi Perlindungan Data Pribadi

AFTECH & HukumOnline Sosialisasikan Sistem Pengecekan Kepatuhan Online dan Dorong Penguatan Implementasi Perlindungan Data Pribadi

1 Juli 2025

Sampoerna University dan Thunderbird Soroti Masa Depan ASEAN dan Tantangan ESG

Sampoerna University dan Thunderbird Soroti Masa Depan ASEAN dan Tantangan ESG

30 Juni 2025

Semen Merah Putih dan Karyawan Perbaiki Fasilitas SLB, Peduli Pendidikan Inklusif

Semen Merah Putih dan Karyawan Perbaiki Fasilitas SLB, Peduli Pendidikan Inklusif

30 Juni 2025

PT. Media Maju Global

Plaza Simatupang Lt .6 Unit 3 Jl. TB Simatupang Kav. IS No. 01 Kel. Pondok Pinang, Kec. Kebayoran Lama, Jakarta Selatan 12310.

Telp: 021-22702245
Handphone: 0816.900315
E-mail: redaksi@businessasia.co.id

Kategori

  • Berita
  • Business
  • Daerah
  • Ekonomi
  • Figure
  • Indeks
  • Internasional
  • Kesehatan
  • Lifestyle
  • Nasional
  • Otomotif
  • Property
  • Teknologi
  • Tourism

.

  • About
  • Redaksi
  • Info Iklan
  • Privacy Policy
  • Cyber Guidelines
  • Pedoman Media Siber

About

Kehadiran Majalah BusinessAsia Indonesia yang memiliki Tagline Towards a New Change in Asia atau “Menuju Perubahan Baru di Asia” khususnya Indonesia  bertujuan untuk memastikan langkah mereka kokoh menapaki dinamika ekonomi bisnis dan investasi yang kian berkembang. Baca selengkapnya.

No Result
View All Result
  • Home
  • Berita
  • Business
  • Figure
  • Teknologi
  • Lifestyle
  • Internasional
  • Indeks
  • e-Magazine

Majalah terbatas

1. DPMPTSP Kota Tangsel Raih Penghargaan
Pelayanan Prima dari Kemenpan RB.

2. Jebakan Crazy
Rich Pikat Pelanggan Ikut Trading Binary
Option.

3. Eksportir Indonesia
Perluas Jejaring
dengan Buyers di AS

shop new Emagazine