Perhelatan akbar ini dikemas dalam event “Inacraft on October Vol.3” yang memanjakan para pecinta craft dan fashion diselenggarakan mulai 2 Oktober hingga 6 Oktober 2024 di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta.
Kegiatan ini i lebih memantapkan konsep youthpreneurs sebagai bentuk kepedulian dan perhatian ASEPHI pada generasi muda yang berkarya di dunia kerajinan dan seni budaya dengan memberikan wadah serta kesempatan seluas-luasnya kepada para pelaku usaha muda demi meraih peluang pasar. Oleh sebab itu, pameran ini mengangkat tema “Youthpreneurs, Make It At Market” dengan tagline “Totally Different”.
“Kami ingin memberikan kesempatan kepada para anak muda untuk memamerkan karya-karyanya. Inacraft menjadi ajang memberikan apresiasi anak muda di bidang kesenian, kuliner dan masih banyak bidang lainnyai,” demikian disampaikan Ketua Umum ASEPHI – Dr. H. Muchsin Ridjan.
Melalui kurasi peserta pameran yang ketat serta adanya pembagian zona berdasarkan jenis produk (zoning product), ASEPHI berharap akan memudahkan pembeli/buyers dalam mencari produk-produk berkualitas di area pameran.
Selain adanya zoning, Inacraft kali ini juga menyajikan berbagai kegiatan pendukung lainnya (Insight Program) yang disesuaikan dengan Gen-Z yang ingin melakukan eksplorasi lebih jauh terkait dunia kerajinan dan seni budaya, sekaligus memperluas bisnis dan jaringan pasar.
Sebagai bentuk pre-event dari Inaceaft on October 2024, ASEPHI membuka pendaftaran untuk Youthpreneur Calling Tenant, yang mana para perajin muda (artisan) yang telah dikurasi diberikan wadah berupa booth/area display gratis untuk ikut memamerkan produk pada pameran di area Main Lobby.
Melebihi harapan, peminat dari kurasi youthpreneurs ini mencapai 200 kandidat dengan jumlah 183 kandidat yang memenuhi persyaratan. Tim kurator dan panitia telah memilih 8 youthpreneurs dengan tambahan 3 youthpreneurs yang direkomendasikan sebagai Pop Culture Youthpreneurs.
Selain Youthpreneur Calling Tenant, pendaftaran Inacraft Model Hunt dan Young Fashion Design Competition sudah dibuka dan sedang dalam proses pencarian kandidat, yang mana nantinya para kandidat juga akan melalui tahap kurasi terlebih dahulu yang kemudian akan dinilai oleh para kurator. Secara teknis, persiapan Inacraft on October direncanakan akan menempati seluruh areal Balai Sidang Jakarta Convention Center seluas 25.000 meter persegi.
Target total peserta individu atau anggota ASEPHI sebanyak 815 peserta, sementara untuk peserta Dinas/Kementerian/BUMN dan non anggota sebanyak 120 peserta. Selain itu, terdapat 23 island dengan 1 ikon serta stan Talam Inacraft sebanyak 74 peserta. Melihat situasi ekonomi global, panitia tetap optimistis dan menargetkan transaksi selama pameran sebesar Rp150 miliar dengan kontrak dagang diharapkan mencapai US$1,2 juta.
Pada Inacraft on October 2024 akan dihadiri oleh tamu khusus internasional dengan target 500 buyers. Selain menyediakan transportasi dan fasilitas lainnya, target pengunjung dengan tiket masuk Rp25 ribu adalah 100.000 visitors.