Selasa, 20 Mei 2025
E-MAGAZINE
Business Asia
No Result
View All Result
  • Home
  • Berita
  • Business
  • Figure
  • Teknologi
  • Lifestyle
  • Internasional
  • Indeks
  • Home
  • Berita
  • Business
  • Figure
  • Teknologi
  • Lifestyle
  • Internasional
  • Indeks
No Result
View All Result
Business Asia
No Result
View All Result
Home Business

Indonesia Industry Outlook 2024: “YOLO, FOMO Biang Terkena Pinjol”

23 Oktober 2024
in Business
Indonesia Industry Outlook 2024: “YOLO, FOMO Biang Terkena Pinjol”
0
SHARES
39
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter
ADVERTISEMENT

Jakarta, Business Asia – Layanan pinjaman online (pinjol) semakin populer di kalangan Gen Z di Indonesia, demikian temuan riset terbaru dari Inventure tahun 2024. Menurut survei tersebut, 34% dari Generasi Z telah memanfaatkan pinjol untuk berbagai kebutuhan, namun sebagian besar penggunaannya berhubungan dengan gaya hidup konsumtif.

Riset Inventure 2024 mengungkap bahwa 61% responden Gen Z menggunakan pinjol untuk membeli gadget, sementara 35% lainnya memanfaatkan pinjaman untuk belanja kebutuhan fashion seperti baju, sepatu, dan tas. Selain itu, 23% dari Gen Z memanfaatkan pinjol untuk kegiatan rekreasi seperti nongkrong dan liburan.

“Temuan ini mencerminkan kecenderungan unik di kalangan Gen Z yang lebih memprioritaskan gaya hidup masa kini tanpa memikirkan dampak finansial di masa depan,” ujar Gilang Brilian, Senior Business Analyst.

Wahyudi Darmawan, Direktur Utama BRI Finance, dalam Indonesia Industry Outlook 2024 menambahkan bahwa ketergantungan Gen Z pada pinjol didorong oleh tiga faktor utama. Pertama, rendahnya literasi keuangan di kalangan mereka. Kedua, adanya tekanan sosial yang tinggi atau Fear of Missing Out (FOMO). Ketiga, kemudahan akses terhadap pinjaman online yang jauh lebih sederhana dibandingkan produk keuangan lainnya.

“Berbeda dengan layanan seperti pay later atau kartu kredit yang diatur dengan regulasi ketat, pinjol masih memiliki celah dalam regulasi dan transparansi, yang membuatnya lebih mudah diakses oleh masyarakat, khususnya generasi muda,” jelas Wahyudi.

Alhasil, dari fenomena ini yaitu gaya hidup konsumtif dan karakteristik Gen Z yang identik dengan seeking new experience namun tidak disertai dengan literasi keuangan yang memadai dan kemudahan akses, Gen Z kerap terjebak dalam siklus utang yang sulit dihindari, mengakibatkan risiko jangka panjang pada stabilitas keuangan mereka.

Indonesia Industry Outlook (IIO) 2025 sendiri adalah riset rutin yang dilakukan oleh Inventure. Riset ini bertujuan untuk memberikan gambaran dan tren yang akan dihadapi oleh industri di tahun mendatang. Lebih jauh, riset ini berkolaborasi dengan rekan-rekan dari berbagai macam industri untuk menampung aspirasi mereka. Pada IIO 2025, kami mengambil tema Indonesia Market Outlook 2025: Kelas Menengah Hancur, Masihkah Bisnis Mantul?

 

 

Post Views: 7,097
Tags: Indonesia Industry Outlook
Previous Post

Lalamove Tingkatkan Pemahaman Perlindungan Data Pribadi Pengemudi via Lalamove Driver Academy

Next Post

Lintasarta Memborong Tiga penghargaan In-House Counsel Summit & Awards 2024 

Next Post
Lintasarta  Memborong Tiga penghargaan  In-House Counsel Summit & Awards 2024 

Lintasarta Memborong Tiga penghargaan In-House Counsel Summit & Awards 2024 

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BISNIS TERKINI

Polytron G3+ dan G3 Bisa Dipesan Eksklusif via Blibli, Hanya dengan Booking Fee Rp 5 Juta

Polytron G3+ dan G3 Bisa Dipesan Eksklusif via Blibli, Hanya dengan Booking Fee Rp 5 Juta

20 Mei 2025

Janji Publik untuk Pendidikan Setara bagi Semua Anak: KPI 2025 Tutup dengan Komitmen Nasional Baru

Janji Publik untuk Pendidikan Setara bagi Semua Anak: KPI 2025 Tutup dengan Komitmen Nasional Baru

19 Mei 2025

Muhammad Arif Angga, Ketum APJII: Indonesia Digital Forum 2025 Sebagai Upaya Gotong Royong Membangun Masa Depan Ekosistem Digital Indonesia

Muhammad Arif Angga, Ketum APJII: Indonesia Digital Forum 2025 Sebagai Upaya Gotong Royong Membangun Masa Depan Ekosistem Digital Indonesia

19 Mei 2025

BOLDe Hadir di Jakarta Premium Outlets: Grand Opening dengan Promo dan Hadiah Menarik!

BOLDe Hadir di Jakarta Premium Outlets: Grand Opening dengan Promo dan Hadiah Menarik!

18 Mei 2025

Perfect Corp. Raih “AI Company of The Year”, Bukti Dedikasi Hadirkan Inovasi Teknologi AI dan AR

Perfect Corp. Raih “AI Company of The Year”, Bukti Dedikasi Hadirkan Inovasi Teknologi AI dan AR

18 Mei 2025

PT. Media Maju Global

Plaza Simatupang Lt .6 Unit 3 Jl. TB Simatupang Kav. IS No. 01 Kel. Pondok Pinang, Kec. Kebayoran Lama, Jakarta Selatan 12310.

Telp: 021-22702245
Handphone: 0816.900315
E-mail: redaksi@businessasia.co.id

Kategori

  • Berita
  • Business
  • Daerah
  • Ekonomi
  • Figure
  • Indeks
  • Internasional
  • Kesehatan
  • Lifestyle
  • Nasional
  • Otomotif
  • Property
  • Teknologi
  • Tourism

.

  • About
  • Redaksi
  • Info Iklan
  • Privacy Policy
  • Cyber Guidelines
  • Pedoman Media Siber

About

Kehadiran Majalah BusinessAsia Indonesia yang memiliki Tagline Towards a New Change in Asia atau “Menuju Perubahan Baru di Asia” khususnya Indonesia  bertujuan untuk memastikan langkah mereka kokoh menapaki dinamika ekonomi bisnis dan investasi yang kian berkembang. Baca selengkapnya.

No Result
View All Result
  • Home
  • Berita
  • Business
  • Figure
  • Teknologi
  • Lifestyle
  • Internasional
  • Indeks
  • e-Magazine

Majalah terbatas

1. DPMPTSP Kota Tangsel Raih Penghargaan
Pelayanan Prima dari Kemenpan RB.

2. Jebakan Crazy
Rich Pikat Pelanggan Ikut Trading Binary
Option.

3. Eksportir Indonesia
Perluas Jejaring
dengan Buyers di AS

shop new Emagazine