Jumat, 3 Oktober 2025
E-MAGAZINE
Business Asia
No Result
View All Result
  • Home
  • Berita
  • Business
  • Figure
  • Teknologi
  • Lifestyle
  • Internasional
  • Indeks
  • Home
  • Berita
  • Business
  • Figure
  • Teknologi
  • Lifestyle
  • Internasional
  • Indeks
No Result
View All Result
Business Asia
No Result
View All Result
Home Lifestyle

Instellar Impact Luncurkan Zebra Accelerator Playbook: Panduan Praktis Bagi Inkubator, Akselerator, dan Enabler

2 Oktober 2025
in Lifestyle
Instellar Impact Luncurkan Zebra Accelerator Playbook: Panduan Praktis Bagi Inkubator, Akselerator, dan Enabler
0
SHARES
0
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter
ADVERTISEMENT

Businessasia.co.id – Wirausaha sosial memberikan kontribusi signifikan bagi perekonomian Indonesia, mewakili 2% dari PDB dan menciptakan lapangan kerja bagi perempuan, pemuda, penyandang disabilitas, serta komunitas rentan dengan tingkat yang lebih tinggi dibandingkan bisnis lainnya. Wirausaha sosial juga mendorong kesetaraan gender, dengan hampir 70% tenaga kerjanya adalah perempuan. Namun, pertumbuhan mereka masih terkendala oleh infrastruktur yang kurang memadai dan akses dukungan yang tidak merata, terutama di luar Jawa. Menjelang bonus demografi, pengembangan wirausaha berkualitas dan pemerataan dukungan bagi perusahaan menjadi hal yang sangat penting.

Wirausaha sosial ini sering disebut sebagai “Zebra”, yaitu perusahaan yang diibaratkan seperti perpaduan hitam dan putih: berorientasi profit sekaligus berorientasi dampak terhadap sosial maupun lingkungan. Tidak seperti Unicorn yang mengejar disrupsi secara cepat, Zebra berfokus pada penyelesaian masalah nyata sekaligus membangun profitabilitas yang stabil dan berkelanjutan.

CEO Instellar Impact Romy Cahyadi mengungkapkan model wirausaha sosial atau Zebra cocok untuk kewirausahaan di Indonesia.

“Kenapa Zebra ini muncul? Karena dia sebetulnya antitesis dari model Unicorn yang banyak berkembang di dunia digital startup. Di dunia digital startup yang didewakan adalah status sebagai Unicorn dengan valuasi yang besar. Padahal sebetulnya di Indonesia sebagian besar bisnis itu tidak cocok dengan model Unicorn, karena yang lebih banyak itu cocok adalah model Zebra ini,” ujar Romy dalam acara peluncuran buku “The Zebra Accelerator Playbook” di Jakarta, Kamis (2/10/2025).

Menurut Romy, model Zebra merupakan sebuah bisnis yang memiliki tiga ciri yakni pertama Zebra berfokus pada dampak (impact focus) yang artinya perusahaan itu memang didirikan untuk mengatasi atau menyelesaikan masalah sosial atau lingkungan.

Ciri kedua, model Zebra berkelanjutan (sustainable) artinya dia secara keuangan, secara bisnis berkelanjutan. Dan ciri yang ketiga Zebra memiliki arus kas (cash flow ) positif, keuangannya bagus setiap bulan.

Dengan demikian, Zebra merupakan organisasi/perusahaan yang tujuan utamanya mengatasi masalah sosial atau lingkungan dengan pendekatan bisnis.

“Contohnya bisnis yang ingin membantu supaya petani lebih meningkat kesejahteraannya misalnya, atau membantu supaya kesejahteraan nelayan meningkat dengan misalnya ada budidaya rumput laut, atau juga perusahaan yang memang punya fokus untuk membantu penyelesaian masalah lingkungan seperti limbah yang bisa diolah menjadi bahan baku yang baru,” kata Romy.

Model Zebra, lanjutnya, juga menimbulkan dampak beruntun (multiplier effect) positif dalam rantai pasok mengingat model Zebra bukan cuma berfokus pada nilai pemegang saham (shareholder value), tapi juga nilai pemangku kepentingan (stakeholder value) sehingga semua pihak terkait mendapatkan keuntungan.

Dalam kesempatan sama, Managing Director Instellar Investment Stephany Hermawan menjelaskan bahwa model Zebra ini sudah ada di Indonesia.

“Sebenarnya wirausaha sosial itu sebenarnya udah ada dari zaman dulu. Sebenarnya orang ingin berbuat kebaikan dan untuk memberikan solusi terhadap masalah di dunia sebenarnya. Apalagi di Indonesia juga sebenarnya banyak (wirausaha sosial) sejak dahulu,” kata Stephany.

Instellar Impact pada hari ini meluncurkan buku “The Zebra Accelerator Playbook”, panduan praktis langkah demi langkah bagi inkubator, akselerator, dan pihak terkait lainnya dalam memperkuat dukungan terhadap wirausaha sosial.

Buku ini menghubungkan teori dengan contoh nyata dan lembar kerja siap pakai, memberikan panduan terstruktur yang disesuaikan dengan kebutuhan unik para Zebra dan juga organisasi pendukung wirausaha atau Enterprise Support Organization (ESO) sebagai pihak pendukung.

“Yang kita harapkan adalah dengan buku ‘The Zebra Accelerator Playbook’ ini, ada lebih banyak lagi Enterprise Support Organization (ESO), inkubator, akselerator di seluruh Indonesia yang bisa kasih dukungan yang sistematis dan lebih bagus kepada para Zebra ini untuk wirausaha sosial,” kata CEO Instellar Impact Romy Cahyadi.

Dengan demikian, lanjutnya, nantinya perkembangan industri di Indonesia lebih kuat, karena fundamentalnya benar-benar bagus dan manfaatnya untuk masyarakat serta lingkungan juga lebih bagus.

Tags: Instellar ImpactRomy CahyadiStephany HermawanZebra Accelerator Playbook
Previous Post

GAC Indonesia Patok Harga Aion UT Dibawah Rp330 juta

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BISNIS TERKINI

IARFC Indonesia Ajak Anak Muda Jadi Generasi Anti Galbay Wujudkan Finansial Sehat, Masa Depan Hebat

IARFC Indonesia Ajak Anak Muda Jadi Generasi Anti Galbay Wujudkan Finansial Sehat, Masa Depan Hebat

1 Oktober 2025

Bank Muamalat Raih Penghargaan Pertumbuhan Transaksi Digital Terbaik “ATM Bersama Awards 2025”

Bank Muamalat Raih Penghargaan Pertumbuhan Transaksi Digital Terbaik “ATM Bersama Awards 2025”

1 Oktober 2025

Xiaomi 15T Series Resmi Diluncurkan di Indonesia, Hadirkan Fotografi Kelas Flagship

Xiaomi 15T Series Resmi Diluncurkan di Indonesia, Hadirkan Fotografi Kelas Flagship

1 Oktober 2025

Vidio Kolaborasi dengan Shopee Luncurkan Fitur Vidio Shopping

Vidio Kolaborasi dengan Shopee Luncurkan Fitur Vidio Shopping

1 Oktober 2025

Kayu Manis Khas Kerinci Tembus Pasar Turki, Ekspor Sampai 10,4 Ton

Kayu Manis Khas Kerinci Tembus Pasar Turki, Ekspor Sampai 10,4 Ton

1 Oktober 2025

PT. Media Maju Global

Plaza Simatupang Lt. 6 Unit 3. Jl. TB. Simatupang Kav. IS No. 01, Pondok Pinang, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.

Telp: 021-22702245
E-mail: redaksi@businessasia.co.id

Kategori

  • Berita
  • Business
  • Daerah
  • Ekonomi
  • Figure
  • Indeks
  • Internasional
  • Kesehatan
  • Lifestyle
  • Nasional
  • Otomotif
  • Property
  • Teknologi
  • Tourism

.

  • About
  • Redaksi
  • Info Iklan
  • Privacy Policy
  • Cyber Guidelines
  • Pedoman Media Siber

About

Kehadiran Majalah BusinessAsia Indonesia yang memiliki Tagline Towards a New Change in Asia atau “Menuju Perubahan Baru di Asia” khususnya Indonesia  bertujuan untuk memastikan langkah mereka kokoh menapaki dinamika ekonomi bisnis dan investasi yang kian berkembang. Baca selengkapnya.

No Result
View All Result
  • Home
  • Berita
  • Business
  • Figure
  • Teknologi
  • Lifestyle
  • Internasional
  • Indeks
  • e-Magazine

Majalah terbatas

1. DPMPTSP Kota Tangsel Raih Penghargaan
Pelayanan Prima dari Kemenpan RB.

2. Jebakan Crazy
Rich Pikat Pelanggan Ikut Trading Binary
Option.

3. Eksportir Indonesia
Perluas Jejaring
dengan Buyers di AS

shop new Emagazine