Rabu, 21 Mei 2025
E-MAGAZINE
Business Asia
No Result
View All Result
  • Home
  • Berita
  • Business
  • Figure
  • Teknologi
  • Lifestyle
  • Internasional
  • Indeks
  • Home
  • Berita
  • Business
  • Figure
  • Teknologi
  • Lifestyle
  • Internasional
  • Indeks
No Result
View All Result
Business Asia
No Result
View All Result
Home Berita

ION Network Luncurkan Cloud Nusantara

5 Mei 2025
in Berita, Teknologi
ION Network  Luncurkan Cloud Nusantara
0
SHARES
12
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter
ADVERTISEMENT

Businessasia.co.id – Indonesia boleh berbangga memiliki Cloud Nusantara di tengah derasnya arus platform cloud internasional menguasai pasar Indonesia. Cloud Nusantara sendiri adalah karya anak bangsa yang dibangun oleh perusahaan nasional PT. Parsaoran Global Datatrans, melalui unit bisnisnya ION Network.

Cloud Nusantara dari ION Network memiliki keunggulan tersendiri dalam mengembangkan solusi cloud lokal dengan keunggulan komparatif yang signifikan dibandingkan pemain global, terutama dalam pemahaman kebutuhan spesifik bisnis di Indonesia, kepatuhan regulasi data, dukungan bahasa, dan sensitivitas latensi.

Cloud computing atau komputasi awan adalah layanan yang memungkinkan pengguna menyimpan dan mengakses data melalui internet, dengan data disimpan di pusat penyimpanan yang terhubung secara online. Sayangnya, Sebagian besar data center cloud computing berada di luar negeri.

Untuk itu ION Network meluncurkan Cloud Nusantara, layanan cloud lokal dengan pusat penyimpanan data di dalam negeri. Cloud Nusantara resmi diluncurkan pada 25 April 2025 di Ballroom The Ritz-Carlton Pasific Place, Jakarta.  Menariknya, pada peluncuran produk anak bangsa ini terdapat sederet kegiatan seperti panel diskusi dengan beberapa pakar IT (Information Technology) terkemuka, serta pameran yang menampilkan kemajuan terbaru dalam teknologi dan inovasi.

Chief Marketing Officer ION Network , Ricky Simanjuntak mengungkapkan, Cloud Nusantara bukan hanya layanan teknologi baru, tetapi juga bagian dari gerakan menuju kedaulatan digital nasional. “Layanan ini dikembangkan sepenuhnya di Indonesia, dengan infrastruktur dalam negeri dan tenaga ahli lokal, serta mematuhi regulasi TKDN (Tingkat Komponen Dalam Negeri),” ujar Ricky Simanjuntak.

Menurutnya, persaingan dengan pemain global yang memiliki sumber daya besar dan brand awareness yang kuat menjadi tantangan signifikan. Selain itu, edukasi pasar mengenai keunggulan cloud lokal dan membangun kepercayaan juga memerlukan upaya yang berkelanjutan. “Inovasi yang cepat dan adaptasi terhadap perkembangan teknologi cloud yang pesat adalah tantangan tersendiri. Menghadapi tantangan tersebut, ION Network telah merancang beberapa strategi kunci untuk Cloud Nusantara. Salah satu strategi utama kami adalah fokus pada solusi yang disesuaikan untuk berbagai industri di Indonesia,” terang Ricky.

Ia meyakini pihaknya tidak menawarkan solusi one-size-fits-all, melainkan memahami kebutuhan spesifik setiap sektor, mulai dari UMKM hingga perusahaan besar.

Pengembangan SDM untuk Cloud Nusantara

Pada kesempatan yang sama, pakar IT terkemuka dan Rektor Institut Teknologi Tangerang Selatan (ITTS) Onno W. Purbo, turut memberikan pandangannya tentang peran SDM dalam kesuksesan Cloud Nusantara. “Teknologi secanggih apa pun tetap harus didukung oleh manusia yang kompeten. Di kampus kami menyediakan transfer ilmu saya secara gratis dengan sengaja buat satu situs khusus yaitu http://cyberlearning.web.id., jadi jika ada yang mau belajar, silakan ikut kuliah di situ, tujuannya untuk membantu generasi muda mempelajari cloud dan teknologi lainnya.” ungkap Onno.

Onno mengatakan, jika diberikan kesempatan dan ekosistem yang mendukung, SDM lokal di Indonesia bisa bersaing di level global. Ia pun menyarankan untuk menciptakan konten yang membangun dan berdampak. “Bagi para orangtua milenial, Cloud Nusantara adalah kabar baik. Layanan cloud lokal ini bukan hanya soal teknologi, tetapi juga tentang masa depan anak-anak kita. Dengan cloud lokal, data keluarga lebih aman, peluang belajar dan bekerja di bidang teknologi semakin terbuka, dan kita turut membangun masa depan digital Indonesia yang lebih mandiri, adil, dan inklusif,” papar Onno.

Post Views: 258
Tags: Chief Marketing Officer ION NetworkCloud NusantaraION NetworkRicky Simanjuntak
Previous Post

Sinergi Lintas Sektor, DTI-CX 2025 Tegaskan Komitmen Kolaborasi Nasional Menuju Masa Depan Digital

Next Post

OCBC Kolaborasi dengan Disney Luncurkan Kartu Kredit OCBC Star Wars Platinum

Next Post
OCBC Kolaborasi dengan Disney Luncurkan Kartu Kredit OCBC Star Wars Platinum

OCBC Kolaborasi dengan Disney Luncurkan Kartu Kredit OCBC Star Wars Platinum

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BISNIS TERKINI

AIREM Mengadopsi Teknologi Skincare Pro dari Perfect Corp

AIREM Mengadopsi Teknologi Skincare Pro dari Perfect Corp

21 Mei 2025

Twilio Buka Perhelatan SIGNAL 2025, Dukung Ekosistem Dunia Digital Berbasis AI dan Data

Twilio Buka Perhelatan SIGNAL 2025, Dukung Ekosistem Dunia Digital Berbasis AI dan Data

21 Mei 2025

tiket.com Rekomendasikan 4 Akomodasi Pilihan Liburan Seru di Danau Toba dan Samosir

tiket.com Rekomendasikan 4 Akomodasi Pilihan Liburan Seru di Danau Toba dan Samosir

21 Mei 2025

Entrasol Perkuat Gaya Hidup Sehat Lintas Generasi Melalui Nutrisi Harian bagi #PejuangBerdikari

Entrasol Perkuat Gaya Hidup Sehat Lintas Generasi Melalui Nutrisi Harian bagi #PejuangBerdikari

21 Mei 2025

JAM-Intel Kejagung Reda Manthovani Bersama Ribuan Penyandang Disabilitas Pecahkan Rekor MURI dan Gaungkan Gerakan Inklusi

JAM-Intel Kejagung Reda Manthovani Bersama Ribuan Penyandang Disabilitas Pecahkan Rekor MURI dan Gaungkan Gerakan Inklusi

21 Mei 2025

PT. Media Maju Global

Plaza Simatupang Lt .6 Unit 3 Jl. TB Simatupang Kav. IS No. 01 Kel. Pondok Pinang, Kec. Kebayoran Lama, Jakarta Selatan 12310.

Telp: 021-22702245
Handphone: 0816.900315
E-mail: redaksi@businessasia.co.id

Kategori

  • Berita
  • Business
  • Daerah
  • Ekonomi
  • Figure
  • Indeks
  • Internasional
  • Kesehatan
  • Lifestyle
  • Nasional
  • Otomotif
  • Property
  • Teknologi
  • Tourism

.

  • About
  • Redaksi
  • Info Iklan
  • Privacy Policy
  • Cyber Guidelines
  • Pedoman Media Siber

About

Kehadiran Majalah BusinessAsia Indonesia yang memiliki Tagline Towards a New Change in Asia atau “Menuju Perubahan Baru di Asia” khususnya Indonesia  bertujuan untuk memastikan langkah mereka kokoh menapaki dinamika ekonomi bisnis dan investasi yang kian berkembang. Baca selengkapnya.

No Result
View All Result
  • Home
  • Berita
  • Business
  • Figure
  • Teknologi
  • Lifestyle
  • Internasional
  • Indeks
  • e-Magazine

Majalah terbatas

1. DPMPTSP Kota Tangsel Raih Penghargaan
Pelayanan Prima dari Kemenpan RB.

2. Jebakan Crazy
Rich Pikat Pelanggan Ikut Trading Binary
Option.

3. Eksportir Indonesia
Perluas Jejaring
dengan Buyers di AS

shop new Emagazine