Selasa, 1 Juli 2025
E-MAGAZINE
Business Asia
No Result
View All Result
  • Home
  • Berita
  • Business
  • Figure
  • Teknologi
  • Lifestyle
  • Internasional
  • Indeks
  • Home
  • Berita
  • Business
  • Figure
  • Teknologi
  • Lifestyle
  • Internasional
  • Indeks
No Result
View All Result
Business Asia
No Result
View All Result
Home Business

Jalankan Strategi Ambidexterity, Nicke Bawa Pertamina Menuju Global Energy Champion

1 Agustus 2024
in Business
Jalankan Strategi Ambidexterity, Nicke Bawa Pertamina Menuju Global Energy Champion

Direktur Utama Pertamina - Nicke Widyawati.

0
SHARES
22
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter
ADVERTISEMENT

Jakarta, Business Asia – PT Pertamina (Persero), perusahaan energi milik negara, terus menunjukkan komitmennya dalam menghadapi tantangan global di sektor energi. Di bawah kepemimpinan Nicke Widyawati sebagai Direktur Utama, Pertamina melakukan berbagai transformasi dan inovasi yang signifikan untuk memastikan dua tugas utamanya: value creator dan agent development.

Dari sisi value creator, Pertamina terus menunjukkan kinerja yang mengesankan. Pada tahun 2023, pertumbuhan BUMN ini sangat signifikan, dengan peningkatan laba bersih sebesar 17% mencapai US$4,77 miliar atau setara Rp 72,7 triliun (dengan asumsi kurs Rp 15.255 per US$). EBITDA atau pendapatan sebelum bunga, pajak, depresiasi, dan amortisasi mencapai US$14,36 miliar, naik 6% dibanding tahun 2022.

Adapun pendapatan konsolidasi tahun 2023 tercatat sebesar US$75,79 miliar. Dengan kinerja tersebut, tak heran jika Pertamina telah mengukuhkan posisinya sebagai perusahaan terkemuka dengan meraih peringkat ketiga dalam daftar Fortune 500 Asia Tenggara tahun 2024.  Daftar ini dirilis oleh Fortune, menyoroti perusahaan-perusahaan besar dengan kinerja terbaik di kawasan tersebut.

Di sisi lain, Pertamina juga tidak melupakan perannya sebagai agent development. BUMN berhasil melakukan distribusi BBM dan LPG ke 98% wilayah di Indonesia pada 2023, lewat program BBM 1 Harga, One Village One Outlet (OVOO) dan Pertashop. Hasil ini membuktikan bahwa Pertamina berhasil menjalankan perannya dalam mendistribusikan energi ke seluruh Indonesia, menjalankan peran sebagai agent development.

Dalam kaca mata leadership, peran Value Creator & Agent of Development yang dijalankan ini disebut Ambidexterity Roles. Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati menegaskan, bahwa pihaknya berupaya menjalankan peran tersebut dengan sebaik-baiknya.

Dari sisi value creator, Pertamina menggelar transformasi yang massif. Yang paling mencolok adalah perubahan struktur organisasi Pertamina dari “organisasi kapal induk” menjadi “organisasi kapal fregat”. “Di bawah arahan Pak Erick Thohir, langkah ini dilakukan agar Pertamina menjadi lebih lincah dan responsif dalam menangkap peluang pasar dan merespons perubahan. Holdingisasi ini membuat kami bisa meng-unlocking value menuju
global energy champion,” tegas Nicke.

Pertamina kini menjadi holding raksasa yang memayungi enam subholding, yaitu Upstream, Refinery & Petrochemical, Commercial & Trading, Gas, Integrated Marine Logistics, dan New & Renewable Energy. Struktur ini memungkinkan Pertamina untuk fokus pada pengembangan bisnis yang lebih luas dan agresif.

Agar holdingisasi ini berjalan baik, Pertamina mengembangkan strategi kolaborasi dalam mengembangkan bisnis. Pertamina aktif menjalin kemitraan strategis dengan berbagai perusahaan global di lima benua. Kolaborasi ini memungkinkan Pertamina untuk memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan daya saing di tingkat internasional.

Adapun di sisi agent development, Nicke menjelaskan bahwa Pertamina terus berkomitmen untuk menjalankan mandat yang diberikan.

“Mandat Pertamina sebagai BUMN energi adalah menjaga ketahanan energi nasional, termasuk menyediakan energi bagi kebutuhan Indonesia. Hal ini dilakukan melalui pengelolaan energi dengan prinsip availability, accessibility, affordability, acceptability, dan sustainability,” Nicke menegaskan pernyataan yang juga banyak diutarakannya di berbagai kesempatan.

Selain upaya menjadi perusahaan energi kelas dunia yang juga mampu menjalankan mandat ketanahan energi nasional, Nicke menjelaskan bahwa Pertamina juga menegaskan komitmennya terhadap pengembangan energi terbarukan. Dalam lima tahun terakhir, BUMN ini telah berupaya mengubah portofolio pembangkit energi ke energi baru terbarukan (EBT) untuk mengejar target net zero emission.

Dengan berbagai langkah transformasi dan inovasi yang dilakukan, Pertamina berhasil menunjukkan kinerja yang mengesankan dan menjadi bukti nyata bahwa dengan visi yang jelas, kepemimpinan yang kuat, dan inovasi yang berkelanjutan, perusahaan energi nasional dapat bersaing di kancah global dan memberikan kontribusi nyata bagi pembangunan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

Langkah-langkah Pertamina ini diabadikan dalam buku “Elephant Learns Flamenco: BUMN Menuju Indonesia Emas 2045” yang diluncurkan 31 Juli 2024 di Telkom Landmark Tower, Jakarta. Buku ini menggambarkan perjalanan sejumlah BUMN, termasuk Pertamina, dalam mendukung visi Indonesia untuk menjadi ekonomi terdepan di dunia.

Indonesia Brand Forum 2024 sendiri adalah ajang tahunan yang digelar sejak 2013 sebagai bentuk kepedulian pada pengembangan merek-merek Indonesia. Event tahunan ini mengusung konsep yang unik karena menggabungkan conference, riset dan penulisan buku, serta awarding.

Setiap tahun IBF menghadirkan topik-topik kajian yang baru dan inovatif berdasarkan riset dan kajian mendalam mengenai strategi brand dan praktik terbaik branding di Indonesia. Kali ini, IBF 2024 menggelar conference yang menampilkan 12 pembicara, mayoritas CEO BUMN, dengan tema: “Elephant Learns Flamenco: BUMN Menuju Indonesia Emas 2045” serta menerbitkan buku dengan judul yang sama.

Post Views: 7,055
Tags: Pertamina
Previous Post

Pameran IBTE, IGHE, dan IEAE Indonesia 2024 Hadirkan Ribuan Produk Inovasi Unggulan

Next Post

Berbagai Tantangan Dihadapi Sektor Konstruksi

Next Post
Berbagai Tantangan Dihadapi Sektor Konstruksi

Berbagai Tantangan Dihadapi Sektor Konstruksi

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BISNIS TERKINI

Bank Saqu Gelar Roadshow Solopreneur Academy 2025 di Bandung, Rangkul Komunitas Kreatif Lokal

Bank Saqu Gelar Roadshow Solopreneur Academy 2025 di Bandung, Rangkul Komunitas Kreatif Lokal

30 Juni 2025

Redmi Pad 2 Siap Hadir di Indonesia Mmulai 4 Juli 2025

Redmi Pad 2 Siap Hadir di Indonesia Mmulai 4 Juli 2025

30 Juni 2025

AFTECH & HukumOnline Sosialisasikan Sistem Pengecekan Kepatuhan Online dan Dorong Penguatan Implementasi Perlindungan Data Pribadi

AFTECH & HukumOnline Sosialisasikan Sistem Pengecekan Kepatuhan Online dan Dorong Penguatan Implementasi Perlindungan Data Pribadi

30 Juni 2025

Sampoerna University dan Thunderbird Soroti Masa Depan ASEAN dan Tantangan ESG

Sampoerna University dan Thunderbird Soroti Masa Depan ASEAN dan Tantangan ESG

30 Juni 2025

Semen Merah Putih dan Karyawan Perbaiki Fasilitas SLB, Peduli Pendidikan Inklusif

Semen Merah Putih dan Karyawan Perbaiki Fasilitas SLB, Peduli Pendidikan Inklusif

30 Juni 2025

PT. Media Maju Global

Plaza Simatupang Lt .6 Unit 3 Jl. TB Simatupang Kav. IS No. 01 Kel. Pondok Pinang, Kec. Kebayoran Lama, Jakarta Selatan 12310.

Telp: 021-22702245
Handphone: 0816.900315
E-mail: redaksi@businessasia.co.id

Kategori

  • Berita
  • Business
  • Daerah
  • Ekonomi
  • Figure
  • Indeks
  • Internasional
  • Kesehatan
  • Lifestyle
  • Nasional
  • Otomotif
  • Property
  • Teknologi
  • Tourism

.

  • About
  • Redaksi
  • Info Iklan
  • Privacy Policy
  • Cyber Guidelines
  • Pedoman Media Siber

About

Kehadiran Majalah BusinessAsia Indonesia yang memiliki Tagline Towards a New Change in Asia atau “Menuju Perubahan Baru di Asia” khususnya Indonesia  bertujuan untuk memastikan langkah mereka kokoh menapaki dinamika ekonomi bisnis dan investasi yang kian berkembang. Baca selengkapnya.

No Result
View All Result
  • Home
  • Berita
  • Business
  • Figure
  • Teknologi
  • Lifestyle
  • Internasional
  • Indeks
  • e-Magazine

Majalah terbatas

1. DPMPTSP Kota Tangsel Raih Penghargaan
Pelayanan Prima dari Kemenpan RB.

2. Jebakan Crazy
Rich Pikat Pelanggan Ikut Trading Binary
Option.

3. Eksportir Indonesia
Perluas Jejaring
dengan Buyers di AS

shop new Emagazine