Rabu, 23 Juli 2025
E-MAGAZINE
Business Asia
No Result
View All Result
  • Home
  • Berita
  • Business
  • Figure
  • Teknologi
  • Lifestyle
  • Internasional
  • Indeks
  • Home
  • Berita
  • Business
  • Figure
  • Teknologi
  • Lifestyle
  • Internasional
  • Indeks
No Result
View All Result
Business Asia
No Result
View All Result
Home Business

KA Pasundan Hadir Lebih Nyaman dengan Sarana New Generation Mulai 1 Agustus 2025

23 Juli 2025
in Business
KA Pasundan Hadir Lebih Nyaman dengan Sarana New Generation Mulai 1 Agustus 2025
0
SHARES
5
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter
ADVERTISEMENT

Businessasia.co.id – PT Kereta Api Indonesia (Persero) akan mulai mengoperasikan sarana Kereta Ekonomi New Generation pada Kereta Api Pasundan relasi Kiaracondong – Surabaya Gubeng (pp) mulai 1 Agustus 2025.

Upgrade ini menjawab harapan pelanggan terhadap peningkatan kenyamanan di kelas Ekonomi. Kursi tegak lurus dan posisi duduk berhadapan kini ditinggalkan. Sebagai gantinya, penumpang akan menikmati captain seat yang searah laju kereta api, dengan leg room yang lega dan desain kursi ergonomis.

“Peningkatan kenyamanan KA Pasundan adalah buah karya nyata Insan KAI di Balai Yasa Manggarai, yang berhasil memodifikasi kereta ekonomi menjadi lebih modern dan ergonomis,” ujar Vice President Public Relations KAI Anne Purba.

Kereta Ekonomi New Generation memiliki kapasitas 72 tempat duduk per kereta, lebih sedikit dibanding sebelumnya yang memuat 80 tempat duduk. Pengurangan ini justru memberikan keleluasaan ruang kaki serta kenyamanan duduk yang optimal, terutama untuk perjalanan jarak jauh.

Kereta Pasundan kini bergabung dengan jajaran kereta yang telah menggunakan sarana modifikasi New Generation hasil karya Balai Yasa Manggarai, seperti:

1. KA Blambangan Ekspres
Relasi: Pasarsenen – Ketapang (pp) | Kelas: Ekonomi & Eksekutif

2. KA Dharmawangsa Ekspres
Relasi: Pasarsenen – Surabaya Pasarturi (pp) | Kelas: Ekonomi & Eksekutif

3. KA Mutiara Timur (KA 200 & 210)
Relasi: Surabaya Pasarturi – Ketapang (pp) | Kelas: Ekonomi & Eksekutif

4. KA Joglosemarkerto
o KA 185: Purwokerto – Tegal – Solo Balapan (pp)
o KA 187: Solo Balapan – Tegal – Semarang Tawang Bank Jateng (pp)
o KA 183: Solo Balapan – Tegal – Solo Balapan (pp)
Kelas: Ekonomi & Eksekutif

5. KA Brantas
Relasi: Pasarsenen – Blitar (pp) | Kelas: Ekonomi & Eksekutif

6. KA Ranggajati
Relasi: Cirebon – Jember (pp) | Kelas: Ekonomi & Eksekutif

7. KA Banyubiru Ekspres (KA 231 & 232)
Relasi: Semarang Tawang Bank Jateng – Solo Balapan (pp) | Kelas: Ekonomi & Eksekutif

8. KA Kamandaka
o KA 181, 183, 191: Semarang Tawang Bank Jateng – Tegal – Purwokerto (pp)
o KA 194, 197: Semarang Tawang Bank Jateng – Tegal – Cilacap (pp) | Kelas: Ekonomi & Eksekutif

9. KA Ijen Ekspres (KA 239F & 240F)
Relasi: Malang – Ketapang (pp) | Kelas: Ekonomi & Eksekutif

10. KA Sancaka Utara
Relasi: Surabaya Pasarturi – Cilacap (pp) | Kelas: Ekonomi & Eksekutif

11.  KA Pangrango
Relasi: Bogor Paledang- Sukabumi (pp) I Kelas: Ekonomi

Hingga 2 Juli 2025, Balai Yasa Manggarai telah memodifikasi 93 unit kereta Ekonomi New Generation, yang memperkuat peran unit perawatan KAI dalam modernisasi sarana secara in-house dan mendukung kemandirian industri perkeretaapian nasional.

Selain modifikasi internal, KAI juga menjalankan program pengadaan 612 unit Stainless Steel New Generation dari PT INKA (Persero) senilai Rp14,87 triliun hingga 2026. Dari jumlah itu, Rp5,5 triliun difokuskan pada rangkaian SS New Generation, sebagai bentuk perluasan penggunaan produk dalam negeri dan peningkatan TKDN.

“Investasi besar ini bukan hanya memperbarui sarana, tapi juga menyiapkan kesiapan operasional menghadapi pertumbuhan angkutan penumpang dan barang,” tutup Anne.

Berdasarkan RJPP 2025–2029, KAI memproyeksikan pertumbuhan penumpang KA Jarak Jauh sebesar 10,6% per tahun, KA Lokal 9,9%, dan volume barang 15% hingga 2029. Hingga 11 Juli 2025, telah diterima 31 rangkaian atau 336 unit kereta baru untuk mendukung proyeksi ini. (Public Relations KAI)

Post Views: 94
Tags: Anne PurbaKA Pasundan New GenerationPT KAI
Previous Post

Millennial Lebih Boros, Gen X Lebih Aktif: Riset YouGov Ungkap Perbedaan Gaya Parenting Antar Generasi

Next Post

OPPO dan IOA Sukses Kumpulkan Rp2,5 Miliar untuk Atlet Lintas Cabang

Next Post
OPPO dan IOA Sukses Kumpulkan Rp2,5 Miliar untuk Atlet Lintas Cabang

OPPO dan IOA Sukses Kumpulkan Rp2,5 Miliar untuk Atlet Lintas Cabang

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BISNIS TERKINI

Penjurian BEST HC Awards 2025: Taspen Life Dorong Transformasi SDM Unggul untuk Layanan Asuransi yang Lebih Inovatif

Penjurian BEST HC Awards 2025: Taspen Life Dorong Transformasi SDM Unggul untuk Layanan Asuransi yang Lebih Inovatif

23 Juli 2025

Penjurian BEST HC Award 2025: KAI Bangun SDM Unggul untuk Wujudkan Transportasi Publik Andal dan Ramah Lingkungan

Penjurian BEST HC Award 2025: KAI Bangun SDM Unggul untuk Wujudkan Transportasi Publik Andal dan Ramah Lingkungan

23 Juli 2025

KA Pasundan Hadir Lebih Nyaman dengan Sarana New Generation Mulai 1 Agustus 2025

KA Pasundan Hadir Lebih Nyaman dengan Sarana New Generation Mulai 1 Agustus 2025

23 Juli 2025

Diserang Tarif? Bersyukurlah. Indonesia Butuh Paksaan untuk Bangkit

Millennial Lebih Boros, Gen X Lebih Aktif: Riset YouGov Ungkap Perbedaan Gaya Parenting Antar Generasi

23 Juli 2025

Young On Top National Conference ke-15 Dorong Aksi Nyata Anak Muda Indonesia

Young On Top National Conference ke-15 Dorong Aksi Nyata Anak Muda Indonesia

23 Juli 2025

PT. Media Maju Global

Plaza Simatupang Lt .6 Unit 3 Jl. TB Simatupang Kav. IS No. 01 Kel. Pondok Pinang, Kec. Kebayoran Lama, Jakarta Selatan 12310.

Telp: 021-22702245
Handphone: 0816.900315
E-mail: redaksi@businessasia.co.id

Kategori

  • Berita
  • Business
  • Daerah
  • Ekonomi
  • Figure
  • Indeks
  • Internasional
  • Kesehatan
  • Lifestyle
  • Nasional
  • Otomotif
  • Property
  • Teknologi
  • Tourism

.

  • About
  • Redaksi
  • Info Iklan
  • Privacy Policy
  • Cyber Guidelines
  • Pedoman Media Siber

About

Kehadiran Majalah BusinessAsia Indonesia yang memiliki Tagline Towards a New Change in Asia atau “Menuju Perubahan Baru di Asia” khususnya Indonesia  bertujuan untuk memastikan langkah mereka kokoh menapaki dinamika ekonomi bisnis dan investasi yang kian berkembang. Baca selengkapnya.

No Result
View All Result
  • Home
  • Berita
  • Business
  • Figure
  • Teknologi
  • Lifestyle
  • Internasional
  • Indeks
  • e-Magazine

Majalah terbatas

1. DPMPTSP Kota Tangsel Raih Penghargaan
Pelayanan Prima dari Kemenpan RB.

2. Jebakan Crazy
Rich Pikat Pelanggan Ikut Trading Binary
Option.

3. Eksportir Indonesia
Perluas Jejaring
dengan Buyers di AS

shop new Emagazine