Selasa, 1 Juli 2025
E-MAGAZINE
Business Asia
No Result
View All Result
  • Home
  • Berita
  • Business
  • Figure
  • Teknologi
  • Lifestyle
  • Internasional
  • Indeks
  • Home
  • Berita
  • Business
  • Figure
  • Teknologi
  • Lifestyle
  • Internasional
  • Indeks
No Result
View All Result
Business Asia
No Result
View All Result
Home Business

Hijra Bank Makin Moncer Kinerja, OJK Dukung Lanjutkan Transformasi Digital

30 Mei 2023
in Business
Hijra Bank Makin Moncer Kinerja, OJK Dukung Lanjutkan Transformasi Digital
0
SHARES
0
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter
ADVERTISEMENT

Diluncurkan enam bulan lalu, kinerja Hijra Bank terus moncer. Hijra Bank telah mencatat pertumbuhan pengguna lebih dari 200%.

Dorongan regulator untuk mempercepat transformasi digital di industri perbankan, terutama di BPR/BPRS, ternyata membuahkan hasil yang maksimal. Salah satu contoh nyata adalah Hijra Bank. Baru diluncurkan sekitar enam bulan lalu dengan konsep seluruhnya menggunakan digital—mulai dari layanan, produk, serta operasionalnya, Hijra Bank mencatatkan kinerja yang sangat baik.

Untuk memberikan gambaran mengenai pentingnya transformasi digital di industri perbankan, terutama di BPR/BPRS, Hijra Bank bersama dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengadakan diskusi panel dengan topik “Kinerja Hijra Bank dan Potensi Transformasi Digital Keuangan Islam di Indonesia” di Jakarta, Senin (29/5).

Diskusi panel ini dihadiri Kepala OJK Regional 1 DKI Jakarta dan Banten Roberto Akyuwen, Staf Khusus Menteri Luar Negeri untuk Penguatan Program-Program Prioritas Dian Triansyah Djani, Pakar Keuangan Islam dan Deputi Komisioner OJK 2014-2017 Mulya Effendi Siregar, serta Co-Founder Hijra Dima A. Djani.

Kepala OJK Regional 1 DKI Jakarta dan Banten, Robert Akyuwen, mengatakan, “BPR/BPRS di wilayah Jakarta dan Banten memiliki tingkat efisiensi dan profitabilitas yang relatif lebih rendah di tingkat nasional. Dengan hadirnya Hijra Bank membuktikan bahwa BPR/BPRS Jakarta dan Banten dapat bersaing dengan fokus menekankan pada transformasi digital.”

Roberto menegaskan bahwa OJK saat ini sedang fokus dalam mendorong sektor perbankan untuk melaksanakan transformasi digital dalam industri jasa keuangan. Ini sejalan dengan Master Plan Sektor Jasa Keuangan Indonesia (MPSJKI) dan roadmap tematik lainnya. Salah satu fokusnya adalah pada industri BPR/BPRS, di mana langkah-langkah berikut ditekankan: pertama, memperkuat infrastruktur teknologi informasi (TI) yang diperlukan untuk mendukung penerapan digitalisasi dalam perbankan syariah; kedua, menyusun kebijakan yang mendukung langkah ini; ketiga, mendorong penggunaan platform yang sama untuk mempermudah integrasi; dan keempat, mendorong pengembangan modul pendanaan dan pembiayaan yang sesuai dengan prinsip-prinsip akad syariah.

“Hijra Bank menjadi satu-satunya BPRS yang telah memiliki mobile banking. Karena itu, Hijra Bank dapat menjadi trigger yang baik untuk memacu pertumbuhan digitalisasi di perbankan syariah, terutama di BPRS Indonesia,” jelas Roberto.

Meski sebagai pemain baru di perbankan syariah berbasis digital, Hijra Bank telah mengalami pertumbuhan pengguna lebih dari 200%. Kebanyakan penggunanya dari generasi milenial dan gen-Z.

“Enam bulan terakhir telah menjadi momentum krusial bagi Hijra Bank. Kami tidak hanya harus membuktikan bahwa ide besar kami, produk, dan teknologi dapat diterima oleh masyarakat, tetapi juga dapat memberikan solusi nyata yang dibutuhkan untuk meningkatkan kualitas hidup para pengguna kami. Pertumbuhan yang kami alami selama enam bulan terakhir merupakan upaya kami untuk terus membuktikan bahwa BPR/BPRS juga mampu bertahan, bahkan mencapai kejayaan, di era digital seperti sekarang,” ungkap Dima A. Djani, Co-Founder Hijra.

Pertumbuhan pengguna Hijra Bank juga sejalan dengan peningkatan transaksi yang signifikan melalui platform kami. Angka tersebut telah melampaui tiga kali (3x) lipat sejak peluncurannya pada Desember 2022. Hasilnya, kinerja keuangan perusahaan juga menunjukkan tren positif. Pada akhir tahun 2022, pertumbuhan pembiayaan yang disalurkan oleh Hijra Bank hampir mencapai 200% dibandingkan tahun sebelumnya. Selain itu, perusahaan juga mencatatkan peningkatan laba lebih dari 200% dibandingkan tahun sebelumnya (Year on Year / YoY).

Hijra Bank juga berhasil meningkatkan dana pihak ketiga (DPK) hingga 200% YoY, sementara asetnya mengalami peningkatan 200% pada akhir tahun lalu. Meskipun pembiayaan meningkat, rasio pembiayaan bermasalah (NPF) juga mengalami perbaikan yang signifikan. Hal ini menunjukkan bahwa kualitas pembiayaan yang disalurkan oleh Hijra Bank mengalami peningkatan yang positif.

Staf Khusus Menteri Luar Negeri untuk Penguatan Program-Program Prioritas Dian Triansyah Djani mengatakan Hijra Bank serta perusahaan teknologi keuangan lainnya menjadi contoh baik bahwa Indonesia patut diperhitungkan dengan inovasi digital yang begitu cepat dan luar biasa. Ini sesuai dengan poin-poin terkait digitalisasi keuangan yang ada dalam pembahasan G20 beberapa waktu lalu yakni peningkatan akses keuangan, inklusi keuangan, perlindungan konsumen, keamanan dan stabilitas sistem keuangan, dan kerja sama internasional.

“Tujuan kita jelas, memastikan kesamaan akses dan kesempatan bagi masyarakat Indonesia dalam menikmati fasilitas keuangan formal. Nyatanya saat ini masih terdapat 95 juta penduduk dewasa di Indonesia yang masih belum memiliki rekening di lembaga keuangan formal. Semoga dengan hadirnya Hijra Bank dan perusahaan teknologi keuangan lainnya mampu menjadi kontributor yang signifikan untuk memperkecil gap yang masih sangat besar,” kata Tria yang juga merupakan Penasihat Khusus Menteri Luar Negeri untuk Isu/Program Prioritas dan Co-Sherpa G20 Indonesia.

Pakar Keuangan Islam dan Deputi Komisioner OJK 2014-2017 Mulya Effendi Siregar menambahkan tantangan yang mesti dihadapi Hijra Bank dan perbankan syariah lainnya saat ini adalah mencari bagaimana transformasi digital menjadi identitas baru bagi seluruh perbankan syariah di Indonesia, terutama BPRS.

“Perbankan syariah saat ini belum memiliki diferensiasi model jika dibandingkan perbankan pada umumnya. Upaya yang dilakukan OJK dan Hijra Bank ini mesti menjadi peluang untuk menciptakan para pelaku industri perbankan syariah untuk mengambil root perbankan syariah yang unik dan tidak mungkin bisa diikuti oleh perbankan konvensional. Saya berharap ini menjadi semangat untuk semuanya,” jelas Mulya.

Hijra Bank telah benar-benar melakukan transformasi digital dengan berbagai inovasi dan inisiatif yang telah dilakukan selama enam bulan ke belakang. Hijra Bank membuat Hijra Box, fitur khusus untuk membantu masyarakat kelola keuangan dengan cermat sesuai dengan tujuan masing-masing yang diinginkan.

Kemudian, terdapat pembiayaan perumahan syariah bernama HijraHome. Untuk menopang gaya hidup masyarakat saat ini, Hijra Bank juga mengeluarkan fitur Hijra Lifestyle yakni yang mengeluarkan ilmu seputar tantangan masyarakat era modern seperti parenting, kesehatan mental, hingga rumah tangga.

Ada juga PPOB, fitur yang memungkinkan pengguna untuk membayar tagihan rutin seperti listrik, air, telepon, internet, TV kabel, pulsa telepon, dan lainnya. Lalu, BI Fast dan HijraBiz Individual yakni untuk memfasilitasi pembayaran ritel secara realtime, akan, efisien, dan setiap saat. Terakhir, Hijra Bank juga bermitra dengan ekosistem halal untuk memperkuat peran Hijra Bank di antaranya bersama Paragon, Wardah, dan MakeOver.

Dima menambahkan, Hijra Bank terus berupaya untuk meningkatkan kinerja operasional dan kinerja keuangan agar menjadi BPRS yang berhasil menghadapi tantangan di era digital. “Kita harus tetap optimis dan mendukung berbagai inovasi keuangan syariah di Indonesia. Potensi yang begitu besar di Indonesia dapat membuat industri perbankan syariah terus tumbuh, bahkan semakin kuat. Semoga kehadiran Hijra Bank dapat menjadi trigger yang baik bagi BPR/BPRS lainnya untuk bertransformasi digital,” demikian tutup Dima.

Post Views: 202
Tags: Hijra Bank
Previous Post

BMM Olah Daging Kurban Jadi Rendang Kaleng

Next Post

Pendaftaran ASEAN Business Awards 2023 Resmi Dibuka: Peluang Emas Menunjukkan Kemajuan Ekonomi di Panggung ASEAN

Next Post
Pendaftaran ASEAN Business Awards 2023 Resmi Dibuka: Peluang Emas Menunjukkan Kemajuan Ekonomi di Panggung ASEAN

Pendaftaran ASEAN Business Awards 2023 Resmi Dibuka: Peluang Emas Menunjukkan Kemajuan Ekonomi di Panggung ASEAN

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BISNIS TERKINI

Bank Saqu Gelar Roadshow Solopreneur Academy 2025 di Bandung, Rangkul Komunitas Kreatif Lokal

Bank Saqu Gelar Roadshow Solopreneur Academy 2025 di Bandung, Rangkul Komunitas Kreatif Lokal

30 Juni 2025

Redmi Pad 2 Siap Hadir di Indonesia Mmulai 4 Juli 2025

Redmi Pad 2 Siap Hadir di Indonesia Mmulai 4 Juli 2025

30 Juni 2025

AFTECH & HukumOnline Sosialisasikan Sistem Pengecekan Kepatuhan Online dan Dorong Penguatan Implementasi Perlindungan Data Pribadi

AFTECH & HukumOnline Sosialisasikan Sistem Pengecekan Kepatuhan Online dan Dorong Penguatan Implementasi Perlindungan Data Pribadi

30 Juni 2025

Sampoerna University dan Thunderbird Soroti Masa Depan ASEAN dan Tantangan ESG

Sampoerna University dan Thunderbird Soroti Masa Depan ASEAN dan Tantangan ESG

30 Juni 2025

Semen Merah Putih dan Karyawan Perbaiki Fasilitas SLB, Peduli Pendidikan Inklusif

Semen Merah Putih dan Karyawan Perbaiki Fasilitas SLB, Peduli Pendidikan Inklusif

30 Juni 2025

PT. Media Maju Global

Plaza Simatupang Lt .6 Unit 3 Jl. TB Simatupang Kav. IS No. 01 Kel. Pondok Pinang, Kec. Kebayoran Lama, Jakarta Selatan 12310.

Telp: 021-22702245
Handphone: 0816.900315
E-mail: redaksi@businessasia.co.id

Kategori

  • Berita
  • Business
  • Daerah
  • Ekonomi
  • Figure
  • Indeks
  • Internasional
  • Kesehatan
  • Lifestyle
  • Nasional
  • Otomotif
  • Property
  • Teknologi
  • Tourism

.

  • About
  • Redaksi
  • Info Iklan
  • Privacy Policy
  • Cyber Guidelines
  • Pedoman Media Siber

About

Kehadiran Majalah BusinessAsia Indonesia yang memiliki Tagline Towards a New Change in Asia atau “Menuju Perubahan Baru di Asia” khususnya Indonesia  bertujuan untuk memastikan langkah mereka kokoh menapaki dinamika ekonomi bisnis dan investasi yang kian berkembang. Baca selengkapnya.

No Result
View All Result
  • Home
  • Berita
  • Business
  • Figure
  • Teknologi
  • Lifestyle
  • Internasional
  • Indeks
  • e-Magazine

Majalah terbatas

1. DPMPTSP Kota Tangsel Raih Penghargaan
Pelayanan Prima dari Kemenpan RB.

2. Jebakan Crazy
Rich Pikat Pelanggan Ikut Trading Binary
Option.

3. Eksportir Indonesia
Perluas Jejaring
dengan Buyers di AS

shop new Emagazine