Jumat, 7 November 2025
E-MAGAZINE
Business Asia
No Result
View All Result
  • Home
  • Berita
  • Business
  • Figure
  • Teknologi
  • Lifestyle
  • Internasional
  • Indeks
  • Home
  • Berita
  • Business
  • Figure
  • Teknologi
  • Lifestyle
  • Internasional
  • Indeks
No Result
View All Result
Business Asia
No Result
View All Result
Home Ekonomi

KPP MINING Raih Penghargaan “Best Use of Measurement for Internal Communications” Melalui Kampanye #SayaBerbudayaSafety

6 November 2025
in Ekonomi
KPP MINING Raih Penghargaan “Best Use of Measurement for Internal Communications” Melalui Kampanye #SayaBerbudayaSafety
0
SHARES
0
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter
ADVERTISEMENT

Businessasia.co.id (London) – PT Kalimantan Prima Persada (KPP MINING), bagian dari Astra Group, berhasil meraih penghargaan internasional Best Use of Measurement for Internal Communications dalam ajang bergengsi AMEC Global Communication Effectiveness Awards
2025 yang diselenggarakan pada 5 November 2025 di Church House Westminster, London, United Kingdom.

Penghargaan ini diberikan oleh International Association for Measurement and Evaluation of Communication (AMEC) atas keberhasilan KPP MINING dalam mengembangkan dan
mengukur efektivitas kampanye komunikasi internal bertajuk #SayaBerbudayaSafety, yang berfokus pada peningkatan budaya keselamatan kerja di seluruh area operasional perusahaan.

“Penghargaan ini merupakan kebanggaan bagi kami sekaligus bukti bahwa fungsi komunikasi memegang peranan penting dalam mendukung perubahan perilaku di lingkungan kerja. Melalui strategi komunikasi yang terukur, kami dapat memastikan pesan keselamatan diterima, dipahami, dan dijalankan oleh seluruh karyawan,” ujar Bangkit Pratama, perwakilan tim komunikasi KPP MINING.

Transformasi Budaya Keselamatan Melalui Komunikasi yang Terukur

Program #SayaBerbudayaSafety diluncurkan pada Januari 2024 dengan tujuan meningkatkan Safety Maturity Level Index dari 69% (Reactive Level) menjadi 79% (Planned Level) dalam periode 18 bulan.

Foto : istimewa

Melalui penerapan AMEC Integrated Evaluation Framework, seluruh tahapan komunikasi mulai dari Output (materi dan kanal komunikasi), Out-take (interaksi dan keterlibatan), Outcome (perubahan perilaku), hingga Impact (penurunan insiden dan peningkatan reputasi) diukur secara sistematis untuk memastikan hasil yang berkelanjutan.

Kampanye ini diimplementasikan secara hibrida (online dan offline) untuk menjangkau lebih dari 8.000 karyawan di 12 job site di seluruh Indonesia.

Berbagai inisiatif dilakukan yang dikompetisikan dalam ajang ini, antara lain:

• SAGA (Safety Keluarga), program edukasi keselamatan bagi keluarga karyawan yang
diikuti lebih dari 2.800 peserta selama periode 18 bulan.
• Kartu #SayaBerbudayaSafety, berisi 10 panduan keselamatan sebagai identitas dan
simbol komitmen pribadi karyawan.
• Radio Safety Talk Show yang menayangkan 18 episode dengan lebih dari 6.700 pendengar.
• Distribusi 576 poster digital harian dan 218 unggahan pengingat keselamatan di media
sosial, menghasilkan 117.475 likes, 3.640 komentar, dan 2.838 shares;
• Kompetisi Bulan K3 Nasional dan seminar teknis keselamatan bersama Kementerian
Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Peran Strategis Corporate Communication

Fungsi Corporate Communication KPP MINING melakukan evaluasi dalam penyusunan strategi, pesan, dan memastikan seluruh kegiatan komunikasi selaras dengan visi perusahaan. Melalui sinergi dengan departemen Safety, Health, and Environment (SHE), tim komunikasi mengembangkan pendekatan storytelling dan kanal multi-platform yang mampu menjangkau seluruh lapisan karyawan, mulai dari operator lapangan hingga manajemen.

Tim komunikasi juga mengintegrasikan pengukuran berbasis data dan insight menggunakan kerangka kerja AMEC untuk memantau efektivitas pesan secara berkelanjutan. Pendekatan ini memungkinkan perusahaan melakukan evaluasi real-time dan menyesuaikan strategi agar tetap relevan dengan kondisi lapangan.

“Peran komunikasi tidak hanya menyebarkan pesan, tetapi juga membangun kesadaran
kolektif dan rasa kepemilikan terhadap nilai keselamatan. Inilah yang menjadi kunci
keberhasilan #SayaBerbudayaSafety,” tambah Bangkit.

Hasil dan Dampak Nyata

Pendekatan komunikasi yang inklusif, konsisten, dan berbasis data ini terbukti efektif. KPP MINING berhasil meningkatkan Safety Maturity Level Index menjadi 78%, mendekati target 79% (level terencana). Selain itu, perusahaan juga meraih penghargaan tambahan Best HSE Implementation Award dan Best Company to Work for in Asia 2025.

Tags: AMEC Global Communication Effectiveness Awards 2025Bangkit PratamaKPP Mining
Previous Post

Bank Muamalat Hadirkan Kemudahan Pengajuan KPR melalui kprhijrah.id

Next Post

Garmin Instinct Crossover AMOLED Hadirkan Standar Baru Hybrid Smartwatch Premium

Next Post
Garmin Instinct Crossover AMOLED Hadirkan Standar Baru Hybrid Smartwatch Premium

Garmin Instinct Crossover AMOLED Hadirkan Standar Baru Hybrid Smartwatch Premium

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BISNIS TERKINI

Milad ke-35, JNE Usung Tema ‘Bergerak Bersama’, Siapkan 2 Unit Mobil dan Promo HARBOKIR

Milad ke-35, JNE Usung Tema ‘Bergerak Bersama’, Siapkan 2 Unit Mobil dan Promo HARBOKIR

6 November 2025

ADIPEC 2025: Indonesia Promosi Potensi Migas Termasuk Proyek CCS/CCUS

ADIPEC 2025: Indonesia Promosi Potensi Migas Termasuk Proyek CCS/CCUS

6 November 2025

ADIPEC 2025 Usung tema Potentials to Discover, Partners to Deliver

ADIPEC 2025 Usung tema Potentials to Discover, Partners to Deliver

6 November 2025

Bank Muamalat Hadirkan Kemudahan Pengajuan KPR melalui kprhijrah.id

Bank Muamalat Hadirkan Kemudahan Pengajuan KPR melalui kprhijrah.id

6 November 2025

Shopee 11.11 Big Sale 2025, Kolaborasi Fashion Lokal dan Teknologi Temani Pengguna Rayakan Ekspresi Diri

Shopee 11.11 Big Sale 2025, Kolaborasi Fashion Lokal dan Teknologi Temani Pengguna Rayakan Ekspresi Diri

6 November 2025

PT. Media Maju Global

Plaza Simatupang Lt. 6 Unit 3. Jl. TB. Simatupang Kav. IS No. 01, Pondok Pinang, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.

Telp: 021-22702245
E-mail: redaksi@businessasia.co.id

Kategori

  • Berita
  • Business
  • Daerah
  • Ekonomi
  • Figure
  • Indeks
  • Internasional
  • Kesehatan
  • Lifestyle
  • Nasional
  • Otomotif
  • Property
  • Teknologi
  • Tourism

.

  • About
  • Redaksi
  • Info Iklan
  • Privacy Policy
  • Cyber Guidelines
  • Pedoman Media Siber

About

Kehadiran Majalah BusinessAsia Indonesia yang memiliki Tagline Towards a New Change in Asia atau “Menuju Perubahan Baru di Asia” khususnya Indonesia  bertujuan untuk memastikan langkah mereka kokoh menapaki dinamika ekonomi bisnis dan investasi yang kian berkembang. Baca selengkapnya.

No Result
View All Result
  • Home
  • Berita
  • Business
  • Figure
  • Teknologi
  • Lifestyle
  • Internasional
  • Indeks
  • e-Magazine

Majalah terbatas

1. DPMPTSP Kota Tangsel Raih Penghargaan
Pelayanan Prima dari Kemenpan RB.

2. Jebakan Crazy
Rich Pikat Pelanggan Ikut Trading Binary
Option.

3. Eksportir Indonesia
Perluas Jejaring
dengan Buyers di AS

shop new Emagazine