Sabtu, 16 Agustus 2025
E-MAGAZINE
Business Asia
No Result
View All Result
  • Home
  • Berita
  • Business
  • Figure
  • Teknologi
  • Lifestyle
  • Internasional
  • Indeks
  • Home
  • Berita
  • Business
  • Figure
  • Teknologi
  • Lifestyle
  • Internasional
  • Indeks
No Result
View All Result
Business Asia
No Result
View All Result
Home Teknologi

ManageEngine Paparkan 6 Strategi Kunci Tingkatkan Daya Saing

Transformasi digital bukan lagi pilihan tetapi menjadi kebutuhan mendesak. Perusahaan yang gagal beradaptasi dengan teknologi berisiko tertinggal

9 Desember 2024
in Teknologi
ManageEngine Paparkan 6 Strategi Kunci Tingkatkan Daya Saing
0
SHARES
5
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter
ADVERTISEMENT

Dengan lanskap teknologi yang terus berubah, perusahaan di Asia Tenggara kini menghadapi tantangan besar untuk tetap relevan di era digital. Dalam pandangan Rajesh Ganesan, Presiden ManageEngine, terdapat enam prioritas strategis yang harus diadopsi oleh perusahaan modern pada tahun 2025 agar mampu bersaing dan berkembang di tengah persaingan global. “Transformasi digital bukan lagi pilihan tetapi menjadi kebutuhan mendesak. Perusahaan yang gagal beradaptasi dengan teknologi berisiko tertinggal,” ujar Rajesh dalam laporan terbarunya.

  1. Keamanan Siber untuk Semua

Data dari PwC menunjukkan bahwa 35% perusahaan di Asia Pasifik telah mengalami pelanggaran keamanan besar dalam tiga tahun terakhir, dengan kerugian hingga $20 juta. “Keamanan siber perlu menjadi tanggung jawab setiap individu dalam perusahaan, bukan hanya tim keamanan,” kata Rajesh. Pendekatan ini disebut dengan keamanan siber yang demokratis, di mana karyawan diberi pelatihan dan akses terbatas pada sistem untuk meminimalisasi risiko.

  1. Kepatuhan yang Terdistribusi

Di tengah regulasi yang semakin ketat, perusahaan perlu mengadopsi model tata kelola yang terdistribusi. Artinya, tanggung jawab kepatuhan harus disebar ke semua departemen, bukan hanya pada tim pusat. Model ini memungkinkan perusahaan untuk lebih cepat beradaptasi dengan standar baru, sambil menjaga transparansi dan efisiensi operasional.

  1. Rekayasa Ulang Pengalaman

Kepuasan pelanggan dan karyawan menjadi prioritas utama. Menurut Rajesh, “Setiap interaksi, baik dengan manusia maupun mesin, membentuk pengalaman yang menentukan kesuksesan perusahaan.” Dengan menggunakan teknologi seperti AI dan analitik data, perusahaan dapat memperbaiki alur kerja, meningkatkan keterlibatan, serta memberikan layanan yang konsisten dan proaktif.

  1. IT Berorientasi Hasil

Peran teknologi informasi (IT) kini lebih dari sekadar pendukung operasional; IT menjadi penggerak utama bisnis. Pada 2025, para Chief Information Officer (CIO) diharapkan untuk fokus pada metrik yang menunjukkan hubungan langsung dengan hasil bisnis. Contohnya, di sektor kesehatan, metrik seperti analisis risiko dan perilaku pengguna menjadi sangat penting.

  1. Penggunaan AI yang Lebih Luas

Integrasi kecerdasan buatan (AI) akan menjadi prioritas utama. Selain meningkatkan produktivitas, AI juga berperan penting dalam keamanan siber untuk menghadapi serangan yang semakin canggih. “Strategi data yang kuat adalah kunci keberhasilan implementasi AI,” tegas Rajesh.

  1. Merancang Keberlanjutan

Dengan meningkatnya penggunaan GPU untuk pelatihan model pembelajaran mendalam, perhatian pada dampak lingkungan menjadi krusial. Investasi pada sumber energi alternatif dan audit keberlanjutan internal menjadi langkah strategis untuk mengurangi jejak karbon sekaligus memenuhi tuntutan pelanggan yang peduli lingkungan.

Menurut Rajesh, perusahaan yang mampu mengintegrasikan inovasi teknologi dengan strategi keberlanjutan tidak hanya akan memperoleh keunggulan kompetitif, tetapi juga memperkuat posisi mereka dalam ekosistem bisnis global. “Dengan menerapkan langkah-langkah ini, perusahaan di Asia Tenggara dapat mendorong pertumbuhan yang berkelanjutan dan aman di masa depan,” pungkasnya.

 

 

Post Views: 1,344
Previous Post

Dirjen Bina Konstruksi: Keselamatan Konstruksi Sangat Penting Diimplementasikan

Next Post

Ryan Rudyarta Berharap Kedepannya Tidak Ada Lagi Kekeliruan dan Mal-Adminitrasi dalam Pendaftaran Tanah

Next Post

Ryan Rudyarta Berharap Kedepannya Tidak Ada Lagi Kekeliruan dan Mal-Adminitrasi dalam Pendaftaran Tanah

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BISNIS TERKINI

Aset DPLK Syariah Muamalat Capai Rp1,8 Triliun

Aset DPLK Syariah Muamalat Capai Rp1,8 Triliun

15 Agustus 2025

Semen Merah Putih Dukung Pendidikan Yang Merdeka, Untuk Negeri Yang Lebih Berdaya

Semen Merah Putih Dukung Pendidikan Yang Merdeka, Untuk Negeri Yang Lebih Berdaya

15 Agustus 2025

NUS Business School: 60 Tahun Membentuk Pemimpin Bisnis Kelas Dunia

NUS Business School: 60 Tahun Membentuk Pemimpin Bisnis Kelas Dunia

15 Agustus 2025

ecoCare Gandeng KALISTA Dorong Transformasi Logistik

ecoCare Gandeng KALISTA Dorong Transformasi Logistik

15 Agustus 2025

Kepercayaan Konsumen Mengantar Air Minum Biru Meraih Top Brand Award 2025

Kepercayaan Konsumen Mengantar Air Minum Biru Meraih Top Brand Award 2025

15 Agustus 2025

PT. Media Maju Global

Plaza Simatupang Lt .6 Unit 3 Jl. TB Simatupang Kav. IS No. 01 Kel. Pondok Pinang, Kec. Kebayoran Lama, Jakarta Selatan 12310.

Telp: 021-22702245
E-mail: redaksi@businessasia.co.id

Kategori

  • Berita
  • Business
  • Daerah
  • Ekonomi
  • Figure
  • Indeks
  • Internasional
  • Kesehatan
  • Lifestyle
  • Nasional
  • Otomotif
  • Property
  • Teknologi
  • Tourism

.

  • About
  • Redaksi
  • Info Iklan
  • Privacy Policy
  • Cyber Guidelines
  • Pedoman Media Siber

About

Kehadiran Majalah BusinessAsia Indonesia yang memiliki Tagline Towards a New Change in Asia atau “Menuju Perubahan Baru di Asia” khususnya Indonesia  bertujuan untuk memastikan langkah mereka kokoh menapaki dinamika ekonomi bisnis dan investasi yang kian berkembang. Baca selengkapnya.

No Result
View All Result
  • Home
  • Berita
  • Business
  • Figure
  • Teknologi
  • Lifestyle
  • Internasional
  • Indeks
  • e-Magazine

Majalah terbatas

1. DPMPTSP Kota Tangsel Raih Penghargaan
Pelayanan Prima dari Kemenpan RB.

2. Jebakan Crazy
Rich Pikat Pelanggan Ikut Trading Binary
Option.

3. Eksportir Indonesia
Perluas Jejaring
dengan Buyers di AS

shop new Emagazine