Jumat, 15 Agustus 2025
E-MAGAZINE
Business Asia
No Result
View All Result
  • Home
  • Berita
  • Business
  • Figure
  • Teknologi
  • Lifestyle
  • Internasional
  • Indeks
  • Home
  • Berita
  • Business
  • Figure
  • Teknologi
  • Lifestyle
  • Internasional
  • Indeks
No Result
View All Result
Business Asia
No Result
View All Result
Home Ekonomi

Manulife Indonesia Cetak Kinerja Solid di 2024, Tegaskan Komitmen Berfokus pada Nasabah

2 Juni 2025
in Ekonomi
Manulife Indonesia Cetak Kinerja Solid di 2024, Tegaskan Komitmen Berfokus pada Nasabah
0
SHARES
16
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter
ADVERTISEMENT

Businessasia.co.id – PT Asuransi Jiwa Manulife Indonesia (“Manulife Indonesia” atau “perusahaan”) mengumumkan laporan keuangan konsolidasi yang telah diaudit untuk tahun buku 2024, yang menyoroti kinerja yang positif di segmen konvensional dan syariah. Kinerja keuangan perusahaan
menunjukkan performa yang solid, mempertegas komitmen untuk senantiasa menjadi mitra nasabah yang memberikan perlindungan melalui solusi keuangan yang mudah dijangkau serta disesuaikan dengan kebutuhan nasabah.

Kinerja positif Manulife Indonesia di tahun 2024 tercermin dari hasil konsolidasi dengan entitas anaknya yang mencatat total laba bersih sebesar Rp1,5 triliun, meningkat 50% dibandingkan tahun lalu. Pertumbuhan ini didorong oleh total pendapatan premi sebesar Rp10,5 triliun di tahun 2024, yang meningkat 6% secara year-on-year (YoY). Kinerja pendapatan premi Manulife
Indonesia tumbuh signifikan, melampaui pertumbuhan pendapatan premi industri yaitu 4,3% secara Year-on-Year (YoY), dengan total pendapatan premi industri mencapai Rp185,39 triliun.

Manulife Indonesia juga mencatatkan pertumbuhan berdasarkan nilai premi bisnis baru yang disetahunkan atau Annualized Premium Equivalent (APE) sebesar Rp2,5 triliun pada tahun 2024, yang mencerminkan peningkatan sebesar 12% secara YoY. Pertumbuhan secara keseluruhan ini didorong oleh loyalitas nasabah yang berkelanjutan, dan kebutuhan nasabah yang kuat untuk memproteksi keluarga, terlihat dari tingginya penjualan bisnis baru untuk produk endowment dan kesehatan.

Manulife Indonesia terus melanjutkan komitmennya untuk melindungi nasabah dengan membayarkan total klaim sebesar Rp8,3 triliun pada tahun 2024—mencakup klaim meninggal dunia, kesehatan, dan manfaat lainnya—naik 6% dibandingkan tahun sebelumnya. Pada lini bisnis syariah, total klaim tercatat sebesar Rp225 miliar, meningkat 17% dari tahun sebelumnya.

“Kami bangga melihat pertumbuhan yang sehat dalam bisnis kami sepanjang tahun 2024. Kinerja Manulife Indonesia yang kuat pada premi renewal dan lini produk asuransi tradisional mencerminkan kepercayaan para nasabah kepada kami. Fokus kami pada nilai jangka panjang, yang ditopang oleh pengelolaan keuangan dan inovasi yang mengutamakan nasabah, memungkinkan kami untuk terus melayani keluarga Indonesia,” ujar Lauren Sulistiawati, Presiden
Direktur & CEO Manulife Indonesia.

Menandai babak baru dalam perjalanan 40 tahun di Indonesia, PT Asuransi Jiwa Manulife Indonesia secara resmi memperoleh persetujuan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada 14 November 2024 untuk mengalihkan portofolio bisnis syariahnya kepada PT Asuransi Jiwa
Manulife Indonesia Syariah—sebuah entitas asuransi jiwa yang sepenuhnya berlandaskan
prinsip-prinsip syariah. Langkah strategis ini menegaskan komitmen Manulife dalam
menyediakan solusi perlindungan yang sesuai dengan nilai-nilai dan kebutuhan keuangan masyarakat Muslim Indonesia.

Bisnis Syariah terus menjadi fokus strategis Manulife, sejalan dengan peta jalan nasional
pemerintah dalam mendorong pertumbuhan keuangan syariah, serta meningkatknya kesadaran di kalangan generasi muda Muslim yang semakin melek digital terhadap pentingnya produk keuangan berbasis Syariah. Besarnya populasi Muslim di Indonesia, ditambah dengan dukungan
regulasi yang progresif, membuka peluang signifikan bagi peningkatan penetrasi asuransi syariah di tanah air.

“Kami melihat potensi yang sangat besar dalam pengembangan produk asuransi Syariah kami. Seiring dengan meningkatnya kesadaran masyarakat dan dukungan regulasi yang kuat, kami berkomitmen untuk menghadirkan solusi perlindungan yang inklusif dan selaras dengan tujuan keuangan nasabah kami,” tambah Fauzi Arfan, Presiden Direktur Manulife Syariah Indonesia.

Manulife Indonesia mencatatkan rasio Risk-Based Capital (RBC) sebesar 584%, sementara Manulife Syariah Indonesia melaporkan RBC Dana Perusahaan sebesar 7.063% dan RBC Dana Tabarru’ sebesar 1.588%. Capaian ini mencerminkan posisi permodalan yang solid untuk mendukung seluruh aktivitas operasional perusahaan.
Manulife Aset Manajemen Indonesia (“MAMI”), anak perusahaan aset manajemen dari Manulife Indonesia, terus memperkuat posisinya sebagai manajer investasi terbesar di Indonesia sejak tahun 2020. Afifa, CEO dan Presiden Direktur MAMI, mengatakan, “Di tengah kondisi pasar keuangan Indonesia di tahun 2024 yang masih diwarnai ketidakpastian global, MAMI berhasil
meraih pangsa pasar sebesar 11,84% di antara lebih dari 90 perusahaan manajer investasi dengan total dana kelolaa mencapai Rp 98,9 triliun. Kami tetap berkomitmen untuk menjaga kepercayaan investor dan mendukung setiap nasabah individu dan institusi dalam mencapai
tujuan investasinya.”

Sepanjang tahun 2024, Manulife Indonesia meluncurkan serangkaian inisiatif dan inovasi untuk menyederhanakan dan memenuhi kebutuhan nasabah. Hal ini termasuk peluncuran Manulife ID, sebuah platform digital komprehensif yang dirancang untuk menyederhanakan pengelolaan polis, sehingga nasabah dapat mengelola kebutuhan asuransi mereka kapan pun dan di mana pun.

Selain itu, Manulife Indonesia bermitra dengan perbankan untuk mendorong digitalisasi pembayaran premi asuransi. Manulife Indonesia juga terus mendiversifikasi portofolio produknya
dengan meluncurkan berbagai produk baru termasuk asuransi jiwa, kesehatan, dan Syariah untuk memenuhi kebutuhan nasabah yang semakin beragam.

Post Views: 318
Tags: Asuransi Jiwa Manulife IndonesiaFauzi ArfanKinerja Solid di 2024Lauren SulistiawatiManulife Syariah Indonesia
Previous Post

Samsung TV Indonesia Berkolaborasi dengan Konser Rossa Here I Am

Next Post

Penjurian  BEST Human Capital Awards 2025: “PDAM Kebumen Tingkatkan Kompetensi SDM Guna Menjadi PERUMDA Air MinumTerbaik Dikelasnya”

Next Post
Penjurian  BEST Human Capital Awards 2025: “PDAM Kebumen Tingkatkan Kompetensi SDM Guna Menjadi PERUMDA Air MinumTerbaik Dikelasnya”

Penjurian  BEST Human Capital Awards 2025: “PDAM Kebumen Tingkatkan Kompetensi SDM Guna Menjadi PERUMDA Air MinumTerbaik Dikelasnya”

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BISNIS TERKINI

Xiaomi Kukuh di Posisi Puncak Pasar Smartphone Indonesia Dua Kuartal Berturut-turut

Xiaomi Kukuh di Posisi Puncak Pasar Smartphone Indonesia Dua Kuartal Berturut-turut

15 Agustus 2025

Dana Murah Naik, Ini Strategi Bank Mega Syariah Jaga Loyalitas Nasabah

Bank Mega Syariah Catat Kinerja Positif Semester I 2025

15 Agustus 2025

Bank Raya Optimis Terus Kembangkan Produk Raya App yang Built to Last

Bank Raya Optimis Terus Kembangkan Produk Raya App yang Built to Last

15 Agustus 2025

Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) Publikasikan Hasil Survei Internet APJII 2025

Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) Publikasikan Hasil Survei Internet APJII 2025

15 Agustus 2025

Strategi Arbitrase dalam Trading Cryptocurrency: Memanfaatkan Perbedaan Harga Antar Exchange

Strategi Arbitrase dalam Trading Cryptocurrency: Memanfaatkan Perbedaan Harga Antar Exchange

15 Agustus 2025

PT. Media Maju Global

Plaza Simatupang Lt .6 Unit 3 Jl. TB Simatupang Kav. IS No. 01 Kel. Pondok Pinang, Kec. Kebayoran Lama, Jakarta Selatan 12310.

Telp: 021-22702245
E-mail: redaksi@businessasia.co.id

Kategori

  • Berita
  • Business
  • Daerah
  • Ekonomi
  • Figure
  • Indeks
  • Internasional
  • Kesehatan
  • Lifestyle
  • Nasional
  • Otomotif
  • Property
  • Teknologi
  • Tourism

.

  • About
  • Redaksi
  • Info Iklan
  • Privacy Policy
  • Cyber Guidelines
  • Pedoman Media Siber

About

Kehadiran Majalah BusinessAsia Indonesia yang memiliki Tagline Towards a New Change in Asia atau “Menuju Perubahan Baru di Asia” khususnya Indonesia  bertujuan untuk memastikan langkah mereka kokoh menapaki dinamika ekonomi bisnis dan investasi yang kian berkembang. Baca selengkapnya.

No Result
View All Result
  • Home
  • Berita
  • Business
  • Figure
  • Teknologi
  • Lifestyle
  • Internasional
  • Indeks
  • e-Magazine

Majalah terbatas

1. DPMPTSP Kota Tangsel Raih Penghargaan
Pelayanan Prima dari Kemenpan RB.

2. Jebakan Crazy
Rich Pikat Pelanggan Ikut Trading Binary
Option.

3. Eksportir Indonesia
Perluas Jejaring
dengan Buyers di AS

shop new Emagazine