Selasa, 29 Juli 2025
E-MAGAZINE
Business Asia
No Result
View All Result
  • Home
  • Berita
  • Business
  • Figure
  • Teknologi
  • Lifestyle
  • Internasional
  • Indeks
  • Home
  • Berita
  • Business
  • Figure
  • Teknologi
  • Lifestyle
  • Internasional
  • Indeks
No Result
View All Result
Business Asia
No Result
View All Result
Home Business

Maybank Indonesia Ajak Siswa Belajar Kelola Uang Sejak Dini

28 Juli 2025
in Business
Maybank Indonesia Ajak Siswa Belajar Kelola Uang Sejak Dini
0
SHARES
3
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter
ADVERTISEMENT

Jakarta, Business Asia – PT Bank Maybank Indonesia Tbk (“Maybank Indonesia” atau “Bank”) kembali menyelenggarakan program edukasi literasi keuangan bagi siswa sekolah dasar melalui CashVille Kidz Goes to School yang digelar di tiga SD negeri di Jakarta, yaitu SDN Gunung 01, SDN Manggarai 01, dan SDN Paseban 07.

Program ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan menyambut Bulan Literasi Keuangan OJK 2025 dan digelar bersamaan dengan peringatan Hari Anak Nasional.

Sebanyak kurang lebih 450 siswa usia 9–12 tahun terlibat dalam sesi literasi keuangan yang interaktif yang dikemas dengan seru, mulai dari menonton video edukatif, hingga menyusun rencana keuangan sederhana yang melatih kebiasaan finansial sehat sejak dini.

Program ini melibatkan karyawan Maybank Indonesia, termasuk jajaran Direksi, sebagai relawan pengajar yang aktif mendampingi siswa dalam kelas literasi, mencerminkan komitmen nyata terhadap peningkatan literasi keuangan generasi muda.

Presiden Direktur Maybank Indonesia Steffano Ridwan mengatakan CashVille Kidz Goes to School adalah bagian dari komitmen Maybank Indonesia untuk membangun fondasi literasi keuangan pada anak-anak. Dengan keterlibatan langsung karyawan dan jajaran Direksi, Maybank Indonesia ingin menunjukkan bahwa edukasi finansial adalah tanggung jawab bersama.

“Ini bukan hanya peran institusi keuangan, tetapi juga bentuk kontribusi sosial dalam membekali generasi muda dengan pengetahuan yang akan mereka butuhkan di masa depan. Semangat ini sejalan dengan misi Bank, ‘Humanising Financial Services’ yang terus kami jalankan,” ujar Steffano.

Edukasi Finansial yang Menjangkau Sekolah, Guru, dan Orang Tua
CashVille Kidz Goes to School merupakan bagian dari program CashVille Kidz, yakni program literasi keuangan jangka panjang yang telah dijalankan sejak 2019 oleh Maybank Foundation dan Yayasan Maybank Indonesia bekerja sama dengan Money Tree.

Hingga 2024, CashVille Kidz telah menjangkau 46 sekolah, 11.327 siswa dan 184 guru. Pada tahun ini, program CashVille Kidz diperluas untuk menjangkau 7.500 siswa di 27 SD yang tersebar di Jakarta, Medan, Lampung, Bandung, dan Yogyakarta.

Selain siswa, program ini juga menyasar guru dan orang tua, serta anak-anak karyawan Maybank Indonesia melalui pendekatan edukatif yang menyenangkan dan interaktif.

Selain Cashville Kidz Goes to School, rangkaian kegiatan CashVille Kidz 2025 yang diselaraskan dengan Bulan Literasi Keuangan OJK juga mencakup:

● CashVille Kidz Bootcamp (8 dan 10 Juli 2025) mengajak 115 anak karyawan dan melibatkan lebih dari 40 relawan mengenal dunia perbankan melalui tur kantor, simulasi profesi, dan permainan edukatif yang membahas pengelolaan uang, investasi, serta kebiasaan menabung.
● Teachers Briefing (17 dan 24 Juli 2025) melatih 135 guru dari 27 sekolah untuk membekali mereka dengan metode dan materi pengajaran literasi keuangan yang dapat diterapkan di kelas.
● Family Budgeting Series (Agustus 2025) memberi pelatihan daring dengan target 1.350 orang tua dari 27 Sekolah Dasar dalam menyusun anggaran keluarga secara cerdas.
● Financial Education Excellence Award (Desember 2025) menjadi puncak rangkaian kegiatan dengan memberikan apresiasi kepada siswa, guru, sekolah, dan keluarga dari berbagai negara peserta atas kontribusi mereka dalam literasi keuangan.

Puncak Acara, FinEx 2025
Head of Sustainability Maybank Indonesia Maria Trifanny Fransiska mengatakan rangkaian kegiatan CashVille Kidz 2025 dilakukan sejalan dengan kampanye GENCARKAN (Gerakan Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan) yang diinisiasi OJK guna membentuk generasi muda yang cerdas dan bertanggung jawab secara finansial.

“Dengan pendekatan kolaboratif, inklusif, dan berbasis komunitas, Maybank Indonesia berharap CashVille Kidz dapat terus menjadi sarana strategis dalam mencetak generasi muda yang melek finansial dan mampu mengelola masa depan mereka dengan percaya diri,” ujar Maria.

Sebagai puncak dari rangkaian kegiatan CashVille Kidz 2025, Maybank Indonesia akan menggelar Maybank Regional Financial Education Excellence (FinEx) Award 2025 yang akan digelar pada Desember mendatang.

FinEx Awards adalah ajang penghargaan tahunan yang diinisiasi oleh Maybank Foundation, diberikan kepada individu, sekolah, guru, siswa, dan keluarga yang telahmenunjukkan prestasi luar biasa dalam mengedukasi dan menerapkan literasi keuangan di kehidupan nyata.

Kegiatan ini digelar untuk mendorong peningkatan literasi keuangan di kalangan pelajar sekolah dasar di kawasan ASEAN, mengapresiasi kontribusi para pendidik, institusi, dan keluarga dalam menyebarluaskan pendidikan keuangan, dan menumbuhkan semangat dan budaya pengelolaan keuangan yang bertanggung jawab sejak dini.

FinEx Awards bersifat lintas negara ASEAN dan telah mencakup Indonesia, Malaysia, Filipina, Vietnam, Kamboja, dan Singapura. Setiap negara memiliki proses seleksi masing-masing, kemudian para finalis terbaik dikumpulkan dalam satu ajang regional.

Tahun lalu, FinEx digelar di Manila dan menghadirkan finalis dari 6 negara. Tahun ini, giliran Indonesia yang ditunjuk sebagai Tuan Rumah FinEx 2025, dimana Maybank Indonesia mendapatkan mandat sebagai penyelenggara.

Post Views: 7,525
Tags: Maybank Indonesia
Previous Post

Volvo Berkolaborasi dengan Komunitas untuk Menyoroti Nilai Jangka Panjang di GIIAS 2025

Next Post

OCBC Dorong Keberlanjutan Hulu ke Hilir: Operasional Bisnis, Pembiayaan Hijau, hingga Ekonomi & Fesyen Sirkular

Next Post
OCBC Dorong Keberlanjutan Hulu ke Hilir: Operasional Bisnis, Pembiayaan Hijau, hingga Ekonomi & Fesyen Sirkular

OCBC Dorong Keberlanjutan Hulu ke Hilir: Operasional Bisnis, Pembiayaan Hijau, hingga Ekonomi & Fesyen Sirkular

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BISNIS TERKINI

Jagonya Bikin Tren Anti Mainstream, Rosalia Bikin Kejutan Jadi  Brand Ambassador Terbaru New Balance

Jagonya Bikin Tren Anti Mainstream, Rosalia Bikin Kejutan Jadi Brand Ambassador Terbaru New Balance

28 Juli 2025

OCBC Dorong Keberlanjutan Hulu ke Hilir: Operasional Bisnis, Pembiayaan Hijau, hingga Ekonomi & Fesyen Sirkular

OCBC Dorong Keberlanjutan Hulu ke Hilir: Operasional Bisnis, Pembiayaan Hijau, hingga Ekonomi & Fesyen Sirkular

28 Juli 2025

Maybank Indonesia Ajak Siswa Belajar Kelola Uang Sejak Dini

Maybank Indonesia Ajak Siswa Belajar Kelola Uang Sejak Dini

28 Juli 2025

Poh Holding Beli 11 Persen Lebih Saham NINE, Pertegas Proses Akuisisi Techno9 Indonesia

Poh Holding Beli 11 Persen Lebih Saham NINE, Pertegas Proses Akuisisi Techno9 Indonesia

28 Juli 2025

PEFINDO Menjalin Kesepakatan Kerja Sama dengan Dua Institusi Terkemuka China

PEFINDO Menjalin Kesepakatan Kerja Sama dengan Dua Institusi Terkemuka China

28 Juli 2025

PT. Media Maju Global

Plaza Simatupang Lt .6 Unit 3 Jl. TB Simatupang Kav. IS No. 01 Kel. Pondok Pinang, Kec. Kebayoran Lama, Jakarta Selatan 12310.

Telp: 021-22702245
E-mail: redaksi@businessasia.co.id

Kategori

  • Berita
  • Business
  • Daerah
  • Ekonomi
  • Figure
  • Indeks
  • Internasional
  • Kesehatan
  • Lifestyle
  • Nasional
  • Otomotif
  • Property
  • Teknologi
  • Tourism

.

  • About
  • Redaksi
  • Info Iklan
  • Privacy Policy
  • Cyber Guidelines
  • Pedoman Media Siber

About

Kehadiran Majalah BusinessAsia Indonesia yang memiliki Tagline Towards a New Change in Asia atau “Menuju Perubahan Baru di Asia” khususnya Indonesia  bertujuan untuk memastikan langkah mereka kokoh menapaki dinamika ekonomi bisnis dan investasi yang kian berkembang. Baca selengkapnya.

No Result
View All Result
  • Home
  • Berita
  • Business
  • Figure
  • Teknologi
  • Lifestyle
  • Internasional
  • Indeks
  • e-Magazine

Majalah terbatas

1. DPMPTSP Kota Tangsel Raih Penghargaan
Pelayanan Prima dari Kemenpan RB.

2. Jebakan Crazy
Rich Pikat Pelanggan Ikut Trading Binary
Option.

3. Eksportir Indonesia
Perluas Jejaring
dengan Buyers di AS

shop new Emagazine