Kamis, 11 Desember 2025
E-MAGAZINE
Business Asia
No Result
View All Result
  • Home
  • Berita
  • Business
  • Figure
  • Teknologi
  • Lifestyle
  • Internasional
  • Indeks
  • Home
  • Berita
  • Business
  • Figure
  • Teknologi
  • Lifestyle
  • Internasional
  • Indeks
No Result
View All Result
Business Asia
No Result
View All Result
Home Business

Maybank Perkuat Inklusi dan Literasi Keuangan ASEAN via “Maybank Regional Financial Education Excellence Awards” Ke-4

11 Desember 2025
in Business
Maybank Perkuat Inklusi dan Literasi Keuangan ASEAN via “Maybank Regional Financial Education Excellence Awards” Ke-4
0
SHARES
0
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter
ADVERTISEMENT

Jakarta, Business Asia – Maybank Foundation, lembaga sosial Maybank Group, hari  ini menyelenggarakan acara “Maybank Regional Financial Education Excellence Awards 2025” (FinEx) ke-4 di Jakarta, Indonesia, untuk mengapresiasi pencapaian luar biasa sekolah, tenaga pendidik, keluarga, dan siswa di Kawasan ASEAN dalam memperkuat literasi keuangan di kalangan anak sekolah.

Acara ini merupakan rangkaian puncak dari Cashville Kidz (CVK), program unggulan Maybank Foundation yang membekali anak-anak usia 9–12 tahun dengan keterampilan praktis untuk menumbuhkan kepercayaan diri, membangun kebiasaan finansial sehat, dan membuat keputusan keuangan yang bertanggung jawab sejak dini. Menggunakan pendekatan berbasis bukti melalui pre- dan post-assessment yang terstruktur, CVK secara berkelanjutan menyempurnakan kurikulum agar relevan dengan kebutuhan masyarakat yang terus berkembang di kawasan ASEAN.

Acara penghargaan “Maybank Regional FinEx” merupakan puncak dari program unggulan Maybank Foundation, Cashville Kidz (CVK), yang membekali anak-anak berusia 9–12 tahun dengan keterampilan penting untuk menumbuhkan kepercayaan diri dalam mengelola keuangan, serta membentuk kebiasaan finansial yang sehat dan bertanggung jawab sejak dini.

Sebagai salah satu pilar inisiatif Maybank Foundation, CVK dirancang dengan hasil pembelajaran yang terukur melalui pre- dan post-assessment yang terstruktur, sehingga perubahan perilaku serta peningkatan pemahaman peserta didik dapat dipantau secara jelas. Pendekatan berbasis evidence ini memungkinkan penyempurnaan kurikulum secara berkelanjutan, sehingga program tetap relevan, efektif, dan selaras dengan kebutuhan masyarakat yang terus berkembang di kawasan ASEAN.

Ajang penghargaan “Maybank Regional FinEx” ke-4 memberikan apresiasi atas pencapaian luar biasa dalam empat kategori:

  1. Best School Award diberikan kepada sekolah yang menunjukkan kepemimpinan visioner dan komitmen dalam memajukan literasi keuangan.

  2. Best Educator Award diberikan kepada pendidik yang menunjukkan dedikasi luar biasa dalam menginspirasi pembelajaran keuangan di kalangan siswa.

  3. Best Student Award diberikan kepada siswa yang memiliki pemahaman kuat dan antusiasme dalam menerapkan pengetahuan keuangan mereka.

  4. Best Family Award diberikan kepada keluarga yang telah menunjukkan peningkatan kebiasaan dan ketahanan finansial melalui program Cashville Kidz Family Budgeting.

Acara penghargaan tersebut dihadiri oleh Chairman Maybank Group dan Maybank Foundation, Tan Sri Dato’ Sri Ir. Zamzamzairani Mohd Isa; Komisaris Independen Dewan Komisaris Maybank Indonesia, Hendar dan Marina Tusin; Presiden Direktur Maybank Indonesia, Steffano Ridwan; Pembina Dewan Pembina Maybank Foundation, Datuk R. Karunakaran dan Budhi Dyah Sitawati; Chief Sustainability Officer Maybank Group, Datuk Shahril Azuar Jimin; Head of Maybank Group Corporate Affairs sekaligus CEO Maybank Foundation, Izlyn Ramli; serta CEO MoneyTree Asia Pasifik, Michael Reyes.

Menyadari bahwa literasi keuangan merupakan prioritas nasional di berbagai negara ASEAN dan menjadi fokus utama dari para regulator, berbagai kementerian, serta para pembuat kebijakan, acara penghargaan ini juga dihadiri oleh otoritas nasional yang berperan besar dalam mendorong mandat tersebut. Hadir di antaranya ada Kepala Direktorat Literasi dan Edukasi Keuangan OJK Indonesia, Cecep Setiawan, serta Ketua Tim Pekerja Peserta Didik Direktorat SMA Ditjen PAUD Dikdasmen, Kemendikdasmen, Asep Sukmayadi, S.Ip., M.Si. Kehadiran para pemangku kepentingan ini semakin menegaskan pentingnya penguatan edukasi dan literasi keuangan sejak tingkat sekolah.

Sebagai sebuah inisiatif regional yang berperan dalam membentuk generasi masa depan yang cakap secara finansial, acara ini juga mendapat dukungan kuat dari komunitas diplomatik ASEAN. Hadir di antaranya Duta Besar Malaysia untuk Indonesia, H.E. Amb. Dato’ Syed Mohamad Hasrin Tengku Hussin; Perwakilan Tetap Malaysia untuk ASEAN, H.E. Amb. Sarah Al Bakri Devadason; Perwakilan Tetap Filipina untuk ASEAN, H.E. Amb. Evangeline T. Ong Jimenez-Ducrocq; Perwakilan Tetap Singapura untuk ASEAN, H.E. Amb. Gerard Ho; serta Perwakilan Tetap Republik Demokratik Timor-Leste untuk ASEAN, H.E. Amb. Natércia Cipriana Coelho da Silva.

Kehadiran para perwakilan negara dan pemangku pementingan ini mencerminkan komitmen kolektif negara-negara anggota ASEAN dalam membangun masyarakat yang tangguh secara finansial di seluruh kawasan.

Dalam sambutannya, Chairman Maybank Group dan Maybank Foundation, Tan Sri Dato’ Sri Ir. Zamzamzairani Mohd Isa menegaskan kembali komitmen jangka panjang Maybank Grup dalam mendorong pemberdayaan finansial di seluruh ASEAN.

“Selama lebih dari satu dekade, Maybank tetap teguh pada keyakinan bahwa pembangunan berkelanjutan berawal dari literasi keuangan. Melalui inisiatif seperti Cashville Kidz, kami bertujuan menumbuhkan generasi muda yang cakap dan bertanggung jawab secara finansial, mampu membuat keputusan yang tepat, serta berkontribusi pada pertumbuhan inklusif di komunitas mereka.

Upaya kami, yang berlandaskan strategi M30 Maybank Group dengan fokus pada dampak positif bagi masyarakat, semakin menegaskan pentingnya membekali generasi muda dengan pengetahuan yang dapat mengubah masa depan mereka. Menyongsong dekade berikutnya, Maybank Foundation akan terus memperkuat kemitraan regional untuk memperluas akses edukasi keuangan, khususnya bagi komunitas prasejahtera, sehingga dapat mewujudkan kesejahteraan bagi semua.”

Tan Sri Zamzamzairani menambahkan, “Dengan lebih dari 610.000 penerima manfaat melalui program-program Maybank Foundation dan lebih dari 2,5 juta rumah tangga yang terdampak positif sejalan dengan Komitmen Keberlanjutan Maybank sejak 2021, misinya tetap jelas: memanusiakan layanan keuangan dan memastikan pendidikan berkualitas dapat diakses di seluruh ASEAN.”,

Di Indonesia, Maybank telah menerima dukungan berkelanjutan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah untuk penyelenggaraan program “Cashville Kidz” sejak 2019. Melalui kolaborasi strategis ini, program tersebut telah menjangkau lebih dari 18.800 siswa di 73 sekolah di berbagai wilayah di Indonesia, mencerminkan komitmen bersama Maybank Grup dalam memajukan literasi keuangan.

Program Cashville Kidz (CVK) Membangun Fondasi Literasi Keuangan Sejak Usia Dini

Sejak diperkenalkan pada 2013, program Cashville Kidz (CVK) telah berkembang menjadi salah satu inisiatif literasi keuangan berbasis sekolah terbesar di Kawasan ASEAN, menjangkau lebih dari 430.000 siswa serta melatih lebih dari 8.200 guru di 1.530 sekolah di delapan negara yaitu Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Vietnam, Filipina, Myanmar dan Kamboja.  Program ini diselenggarakan melalui kemitraan dengan MoneyTree Asia Pacific dan didukung para pemangku kepentingan pendidikan local. Program ini memadukan cerita animasi, pembelajaran interaktif, dan skenario kehidupan nyata untuk menghadirkan edukasi keuangan yang menarik, mudah dipahami, dan relevan bagi anak-anak.

Presiden Direktur Maybank Indonesia Steffano Ridwan menyampaikan antusiasmenya dan mengatakan, “Pencapaian yang kita rayakan hari ini mengingatkan kita bahwa literasi keuangan bukan sekadar pengetahuan—melainkan keterampilan hidup yang membangun ketahanan, kepercayaan diri, dan peluang. Literasi keuangan menjadi jembatan yang menghubungkan pendidikan dengan pemberdayaan, dan pemberdayaan dengan pertumbuhan yang inklusif.”

Sejak peluncurannya pada tahun 2023, Maybank Regional FinEx Awards telah menjadi platform untuk merayakan kemajuan kolektif komunitas pendidikan dan keuangan di Kawasan ASEAN dalam mewujudkan masyarakat yang lebih tanggap finansial dan inklusif. Maybank Regional FinEx Awards 2025 semakin menegaskan komitmen berkelanjutan Maybank terhadap Sustainability Strategic Priority di bidang Inklusi Keuangan, sejalan dengan aspirasi lebih luas Maybank untuk memberikan dampak kepada 2 juta rumah tangga di seluruh ASEAN pada 2025 melalui pendidikan, pemberdayaan komunitas, dan inovasi sosial.

Tags: Maybank
Previous Post

Easycash Ajak Generasi Muda untuk Lebih Bijak Atur Keuangan di Era Digital

Next Post

TransTRACK Raih Halal Logistics Excellence Award pada World Halal Excellence Awards 2024 di Johor, Malaysia

Next Post
TransTRACK Raih Halal Logistics Excellence Award pada World Halal Excellence Awards 2024 di Johor, Malaysia

TransTRACK Raih Halal Logistics Excellence Award pada World Halal Excellence Awards 2024 di Johor, Malaysia

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BISNIS TERKINI

Rayakan Keajaiban Musim Liburan di Jakarta Premium Outlets

Rayakan Keajaiban Musim Liburan di Jakarta Premium Outlets

11 Desember 2025

TransTRACK Raih Halal Logistics Excellence Award pada World Halal Excellence Awards 2024 di Johor, Malaysia

TransTRACK Raih Halal Logistics Excellence Award pada World Halal Excellence Awards 2024 di Johor, Malaysia

11 Desember 2025

Maybank Perkuat Inklusi dan Literasi Keuangan ASEAN via “Maybank Regional Financial Education Excellence Awards” Ke-4

Maybank Perkuat Inklusi dan Literasi Keuangan ASEAN via “Maybank Regional Financial Education Excellence Awards” Ke-4

11 Desember 2025

Easycash Ajak Generasi Muda untuk Lebih Bijak Atur Keuangan di Era Digital

Easycash Ajak Generasi Muda untuk Lebih Bijak Atur Keuangan di Era Digital

11 Desember 2025

Generali Indonesia Tegaskan Komitmen Diversity, Equality & Inclusion di Hari Penyandang Disabilitas Internasional

Generali Indonesia Tegaskan Komitmen Diversity, Equality & Inclusion di Hari Penyandang Disabilitas Internasional

11 Desember 2025

PT. Media Maju Global

Plaza Simatupang Lt. 6 Unit 3. Jl. TB. Simatupang Kav. IS No. 01, Pondok Pinang, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.

Telp: 021-22702245
E-mail: redaksi@businessasia.co.id

Kategori

  • Berita
  • Business
  • Daerah
  • Ekonomi
  • Figure
  • Indeks
  • Internasional
  • Kesehatan
  • Lifestyle
  • Nasional
  • Otomotif
  • Property
  • Teknologi
  • Tourism

.

  • About
  • Redaksi
  • Info Iklan
  • Privacy Policy
  • Cyber Guidelines
  • Pedoman Media Siber

About

Kehadiran Majalah BusinessAsia Indonesia yang memiliki Tagline Towards a New Change in Asia atau “Menuju Perubahan Baru di Asia” khususnya Indonesia  bertujuan untuk memastikan langkah mereka kokoh menapaki dinamika ekonomi bisnis dan investasi yang kian berkembang. Baca selengkapnya.

No Result
View All Result
  • Home
  • Berita
  • Business
  • Figure
  • Teknologi
  • Lifestyle
  • Internasional
  • Indeks
  • e-Magazine

Majalah terbatas

1. DPMPTSP Kota Tangsel Raih Penghargaan
Pelayanan Prima dari Kemenpan RB.

2. Jebakan Crazy
Rich Pikat Pelanggan Ikut Trading Binary
Option.

3. Eksportir Indonesia
Perluas Jejaring
dengan Buyers di AS

shop new Emagazine