Senin, 15 September 2025
E-MAGAZINE
Business Asia
No Result
View All Result
  • Home
  • Berita
  • Business
  • Figure
  • Teknologi
  • Lifestyle
  • Internasional
  • Indeks
  • Home
  • Berita
  • Business
  • Figure
  • Teknologi
  • Lifestyle
  • Internasional
  • Indeks
No Result
View All Result
Business Asia
No Result
View All Result
Home Business

Indonesia Design Week 2025: “Merayakan Kreativitas, Inovasi, dan Kolaborasi”

15 September 2025
in Business
Indonesia Design Week 2025: “Merayakan Kreativitas, Inovasi, dan Kolaborasi”
0
SHARES
5
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter
ADVERTISEMENT

Tangerang, Business Asia – Indonesia Design Week (IDW), acara flagship dari  Indonesia Design District (IDD) PIK2, akan kembali digelar pada 12–20 September 2025. 

Selama sembilan hari, IDW hadir sebagai perayaan desain, seni, dan arsitektur, sekaligus  menjadi ekosistem kolaboratif yang mempertemukan desainer, arsitek, dan komunitas  kreatif lintas disiplin. 

Sebagai pusat desain dan furnitur terbesar di Indonesia, IDD PIK2 bertujuan menjadi katalis  kreativitas dengan menghadirkan ruang inklusif yang secara aktif menghubungkan para  pelaku industri, mendorong kolaborasi, serta mendukung keberlanjutan perkembangan sektor desain.

Sejalan dengan visi tersebut, IDW hadir sebagai platform yang  mempertemukan perspektif lokal dan internasional, sekaligus menegaskan peran desain  sebagai bahasa universal yang menyatukan gagasan, komunitas, dan budaya lintas batas. 

Tahun ini, IDW 2025 mengusung tema “Ideantity” — istilah yang merepresentasikan idea  dan identity, mendorong komunitas desain untuk menemukan kembali serta memperkuat  karakter unik Indonesia melalui karya desain. “Ideantity” merefleksikan kiprah Indonesia  yang kian penting di lansekap desain dunia – tidak lagi hanya sebagai konsumen, melainkan  sebagai kontributor aktif.  

Sebagaimana kota-kota besar seperti Milan, London, dan Tokyo yang telah membangun  warisan melalui design week mereka, IDW hadir menawarkan perspektif segar yang berakar  pada konteks regional, kekayaan budaya, serta keterbukaan terhadap dialog global.

IDW 2025 didukung oleh BNI sebagai mitra perbankan resmi, yang memberikan pengunjung  akses mudah untuk pembayaran nontunai dan transaksi yang nyaman sepanjang acara berlangsung. Event ini juga disponsori oleh Snaidero, Smeg, Kohler, dan Bosch, yang  menegaskan semakin pentingnya peran Indonesia bukan hanya sebagai destinasi desain,  tetapi juga sebagai kolaborator inovatif di kancah global. 

Selain kolaborasi brands, IDW juga menjadi platform bagi desainer lokal dan kolektif kreatif  untuk menghadirkan pameran yang menggugah, mengekspresikan identitas, memantik  dialog, sekaligus menantang batas-batas desain konvensional. Pameran ini menyoroti sisi  eksperimental dan konseptual dari kreativitas Indonesia, sekaligus memperkuat posisi  Indonesia sebagai pusat perspektif desain yang terus berkembang. 

Selain itu, IDW memfasilitasi kolaborasi melalui rangkaian program khas, salah satunya  Design Dialogs yang dipandu oleh Design Anthology di Market Hall. Program ini tidak hanya  mengajak pengunjung memahami dinamika desain global, tetapi juga melibatkan mereka  secara langsung dalam percakapan internasional yang membentuk masa depan desain. 

Tahun ini, IDW 2025 akan semakin istimewa dengan rangkaian acara unggulan. Salah satu  yang paling dinantikan adalah kehadiran Marva Griffin, Pendiri SaloneSatellite, yang akan  berbagi inspirasi melalui sesi dialog khusus di MM Galleri, IDD PIK2 . Kehadiran Marva di  IDW juga merupakan bagian dari rangkaian event Italian Design Week yang di dukung oleh  Kedutaan Besar Italia, ITA (Italian Trade Agency), dan IIC (Istituto Italiano di Cultura).  

Turut hadir pada event IDW, Laura Kohler selaku Chief Sustainability & DEI Officer KOHLER  Co., yang akan membagikan wawasan seputar keberlanjutan dalam industri desain. 

Selain deretan design dialog, IDW tahun ini juga dimeriahkan oleh pameran desain intalasi  yang berlokasi di Townhall IDD PIK2. Di sini, pengunjung bisa menikmati berbagai pameran  lintas disiplin, hasil kolaborasi dari berbagai brand ternama seperti SMEG x Museum Macan,  Milimeter Manifesto, Mamagreen Installation, AHEC x Studio Hendro, Kohler Installation,  Viro x Tulola, Manawa Lighting Installation, dan ICAD By The Bay Pop Up.  

Menambah kekayaan lineup pameran, IMPAX Sustainability Project juga turut  menghadirkan dua instalasi yang dibuat dari limbah tahu dan limbah kayu, merefleksikan  komitmen terhadap keberlanjutan dan pemanfaatan kreatif, yang mengubah limbah sehari hari menjadi karya desain yang berdampak. 

Dengan semangat yang sama untuk menumbuhkan kesadaran sekaligus membuka ruang  dialog, IDW tidak hanya menampilkan karya instalasi berkelanjutan, tetapi juga  menghadirkan program edukatif yang menyasar generasi muda. Tur eksklusif IDW 2025  ditujukan bagi berbagai universitas di Indonesia sebagai wadah pembelajaran dan  eksplorasi yang memperluas wawasan mahasiswa terhadap dinamika dunia desain. 

Tidak hanya itu, IDW 2025 akan semakin semarak dengan hadirnya Firm Office Grand Prix,  yaitu ajang balap kursi kantor pertama di Indonesia yang memadukan kreativitas, sportivitas,  dan hiburan. Setelah sukses pada penyelenggaraan perdananya, kompetisi unik ini kembali 

digelar sebagai wujud bagaimana desain dapat dihadirkan dengan cara yang  menyenangkan, interaktif, sekaligus mempererat rasa kebersamaan. 

Sementara itu, pengunjung juga dapat menikmati suasana yang asri di Sports & Wellness  Clubhouse yang berlokasi di Market Hall. Dirancang oleh Bobos dan Dzha, ruang ini  dilengkapi dengan lapangan padel serta tata ruang dan interior yang memadukan unsur  alam dengan sentuhan kontemporer. Clubhouse ini juga menjadi ruang dinamis yang  menghadirkan harmoni antara kreativitas, kebugaran, dan gaya hidup modern, sehingga  menjadikan pengalaman IDW semakin lengkap. 

Bagi para pencinta seni, IDW 2025 menghadirkan ICAD By The Bay Vol.03, sebuah pameran  hasil kolaborasi antara Indonesia Contemporary Art & Design (ICAD), Emporium Marble,  dan Saniharto. Lebih dari 60 seniman lintas disiplin turut berpartisipasi dalam pameran ini,  dengan highlight utama berupa kolaborasi eksklusif antara Saniharto dan Ghea Fashion  Studio yang meluncurkan koleksi peralatan rumah tangga yang memadukan keahlian kriya  warisan dengan sentuhan estetika modern. 

Beralih ke Mandapa, pengunjung dapat menjelajahi Artisan Alley, sebuah pasar kriya dan  yang menghadirkan 51 seniman serta merek artisan. Program ini tidak hanya merayakan  kekayaan warisan kreatif Indonesia, tetapi juga mendorong pertumbuhan UMKM dengan  memberikan ruang bagi produk lokal untuk tampil dan dikenal lebih luas. 

Sejalan dengan komitmen IDW untuk menghadirkan dampak yang lebih luas, tahun ini  digelar event Sip & Tip yang dipersembahkan oleh Bika & Friends. Dalam program ini, para  desainer dan pemilik brand turun langsung ke balik bar untuk menyajikan makanan dan  minuman, sementara seluruh tip yang terkumpul akan disalurkan kepada komunitas yang  membutuhkan. 

Selain itu, IDW juga turut berpartisipasi dalam program sosial lainnya melalui kerja sama  Indonesia Design District (IDD) PIK2 dengan Community Development ASG dalam inisiatif  Bedah Rumah, di mana beberapa tenant IDD – Toto, Juno, Bika, dan Sleep&Co, berkontribusi dengan menyumbangkan furnitur bagi masyarakat yang membutuhkan. 

Indonesia Design Week (IDW) 2025 didukung oleh Kementerian Ekonomi Kreatif (EKRAF)  bersama mitra media internasional dan nasional seperti Design Anthology, Dezeen,  Indonesia Design, Archinesia, dan MRA Group. Dukungan ini merefleksikan komitmen  kolektif untuk mengangkat standar desain Indonesia sekaligus mendorong pertumbuhan  industri yang berkelanjutan. 

Malam pembukaan IDW 2025 akan semakin istimewa dengan kehadiran perwakilan dari  berbagai kedutaan besar yang berasal dari Eropa, Amerika, Afrika, Asia, hingga Timur  Tengah, termasuk Italia, Denmark, Kanada, Argentina, Brazil, Mesir, Oman, dan masih  banyak lagi lainnya. Partisipasi ini menegaskan dukungan internasional yang kuat terhadap  penyelenggaraan IDW sebagai ajang yang memperkuat posisi Indonesia di kancah desain  global.

Mulai dari pameran imersif, workshop interactive, brand collaborations, hingga design  dialog yang menambah wawasan, IDW hadir untuk menjadikan desain lebih mudah diakses,  relevan, dan menginspirasi audiens yang lebih luas. 

Untuk informasi lebih lanjut mengenai IDW 2025 dan ranglaian event-nya, kunjungi  indonesiadesigndistrict.com/id/idw dan follow Instagram @indonesiadesigndistrict dan  @iddesignweek. 

Post Views: 7,108
Tags: IDW 2025
Previous Post

HUT ke-17, Generali Indonesia Berikan Kontribusi 5,4 Juta Kilogram Carbon Offset

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BISNIS TERKINI

Indonesia Design Week 2025: “Merayakan Kreativitas, Inovasi, dan Kolaborasi”

Indonesia Design Week 2025: “Merayakan Kreativitas, Inovasi, dan Kolaborasi”

15 September 2025

HUT ke-17, Generali Indonesia Berikan Kontribusi 5,4 Juta Kilogram Carbon Offset

HUT ke-17, Generali Indonesia Berikan Kontribusi 5,4 Juta Kilogram Carbon Offset

15 September 2025

OCBC meluncurkan Financial Fitness Index

OCBC meluncurkan Financial Fitness Index

13 September 2025

Sampoerna University Gelar Program Pertukaran Pelajar, Libatkan Mahasiswa Indonesia dan Jepang Jawab Tantangan Ekonomi Sirkular

Sampoerna University Gelar Program Pertukaran Pelajar, Libatkan Mahasiswa Indonesia dan Jepang Jawab Tantangan Ekonomi Sirkular

13 September 2025

Asia di Pusat Mode Global: Sorotan dari BRICS+ Fashion Summit

Asia di Pusat Mode Global: Sorotan dari BRICS+ Fashion Summit

13 September 2025

PT. Media Maju Global

Plaza Simatupang Lt. 6 Unit 3. Jl. TB. Simatupang Kav. IS No. 01, Pondok Pinang, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.

Telp: 021-22702245
E-mail: redaksi@businessasia.co.id

Kategori

  • Berita
  • Business
  • Daerah
  • Ekonomi
  • Figure
  • Indeks
  • Internasional
  • Kesehatan
  • Lifestyle
  • Nasional
  • Otomotif
  • Property
  • Teknologi
  • Tourism

.

  • About
  • Redaksi
  • Info Iklan
  • Privacy Policy
  • Cyber Guidelines
  • Pedoman Media Siber

About

Kehadiran Majalah BusinessAsia Indonesia yang memiliki Tagline Towards a New Change in Asia atau “Menuju Perubahan Baru di Asia” khususnya Indonesia  bertujuan untuk memastikan langkah mereka kokoh menapaki dinamika ekonomi bisnis dan investasi yang kian berkembang. Baca selengkapnya.

No Result
View All Result
  • Home
  • Berita
  • Business
  • Figure
  • Teknologi
  • Lifestyle
  • Internasional
  • Indeks
  • e-Magazine

Majalah terbatas

1. DPMPTSP Kota Tangsel Raih Penghargaan
Pelayanan Prima dari Kemenpan RB.

2. Jebakan Crazy
Rich Pikat Pelanggan Ikut Trading Binary
Option.

3. Eksportir Indonesia
Perluas Jejaring
dengan Buyers di AS

shop new Emagazine