Rabu, 23 Juli 2025
E-MAGAZINE
Business Asia
No Result
View All Result
  • Home
  • Berita
  • Business
  • Figure
  • Teknologi
  • Lifestyle
  • Internasional
  • Indeks
  • Home
  • Berita
  • Business
  • Figure
  • Teknologi
  • Lifestyle
  • Internasional
  • Indeks
No Result
View All Result
Business Asia
No Result
View All Result
Home Business

Millennial Lebih Boros, Gen X Lebih Aktif: Riset YouGov Ungkap Perbedaan Gaya Parenting Antar Generasi

22 Juli 2025
in Business
Diserang Tarif? Bersyukurlah. Indonesia Butuh Paksaan untuk Bangkit
0
SHARES
2
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter
ADVERTISEMENT

Jakarta, Business Asia – Riset terbaru dari YouGov Indonesia menunjukkan bagaimana orang tua Gen X dan Millennial di Indonesia menjalani pola asuh yang berbeda. meskipun pada akhirnya mereka memiliki tujuan yang sama: menciptakan masa depan yang lebih baik untuk anak-anak mereka.

Dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional, YouGov Indonesia merilis temuan terbaru terkait bagaimana prioritas dan perilaku parenting di Indonesia terus berkembang lintas generasi.

Berdasarkan survei terhadap lebih dari 2.500 orang tua dengan anak di bawah usia 18 tahun, riset ini mengungkap perbedaan mencolok dalam cara Gen X dan Millennial mengelola pendidikan, kesejahteraan emosional, pengeluaran, dan waktu bersama keluarga.

Meski berbeda pendekatan, data menunjukkan bahwa kedua generasi memiliki komitmen yang sama: membesarkan anak-anak yang tangguh dan berkarakter di tengah dunia yang penuh ketidakpastian.

“Sebagai perusahaan riset konsumen global dengan pemahaman lokal yang kuat, YouGov berkomitmen membantu para pemangku kepentingan memahami bagaimana nilai-nilai keluarga terus berkembang seiring waktu,” ujar Edward Hutasoit, General Manager YouGov Indonesia & India. “Kami berharap riset ini dapat membantu brand, pendidik, dan pembuat kebijakan untuk terhubung lebih relevan dengan orang tua Indonesia—dengan menerjemahkan perilaku nyata menjadi strategi yang bisa ditindaklanjuti.”

Berikut adalah beberapa insight gaya parenting Millenial dan Gen X

Pendidikan Menjadi Prioritas Pengeluaran Utama di Semua Generasi

  • 32% orang tua berencana meningkatkan pengeluaran untuk pendidikan dalam 12 bulan ke depan.

  • Pendidikan menempati posisi teratas dalam prioritas pengeluaran, baik bagi orang tua Gen X maupun Millennial.

  • 34% memberikan uang saku Rp100.000–500.000 per bulan kepada anak—menunjukkan bahwa edukasi finansial sejak dini sudah menjadi praktik umum dalam pola asuh saat ini.

Pilihan Sekolah dan Kegiatan Tambahan Tunjukkan Pola Generasi yang Berbeda

  • 58% orang tua Gen X lebih memilih menyekolahkan anak di sekolah negeri, dibanding 47% Gen X.

  • 26% orang tua Gen X mendaftarkan anaknya ke olahraga beregu seperti sepak bola, basket, sementara di kalangan Millennial hanya 17%.

Perbedaan Dalam Menghabiskan Waktu Bersama Keluarga

  • 78% Gen X lebih aktif merencanakan liburan bersama anak, dibandingkan 66% Millennial.

  • Dalam jenis liburan 45% Gen X memilih mengunjungi keluarga dibandingkan 34% millenial.

“Temuan ini tidak hanya menggambarkan apa yang dilakukan orang tua, tetapi juga apa yang mereka anggap penting. Dengan mengandalkan data perilaku yang nyata, YouGov membantu institusi dan brand menjangkau keluarga Indonesia dengan lebih relevan, melalui produk, layanan, dan kebijakan yang mencerminkan aspirasi lintas generasi yang beragam namun mendalam,” tutup Edward.

Riset ini didasarkan pada data YouGov Profiles Indonesia dan Global Travel Profiles yang dikumpulkan pada Juni 2025. Data mencakup lebih dari 2.500 responden daring yang mewakili populasi nasional dan merupakan orang tua dari anak-anak di bawah usia 18 tahun.

 

Post Views: 7,331
Tags: YouGov
Previous Post

Jeep® Gelar Sesi Test Drive Jeep Wrangler Rubicon bersama Komunitas Sales Director Indonesia (SDI)

Next Post

KA Pasundan Hadir Lebih Nyaman dengan Sarana New Generation Mulai 1 Agustus 2025

Next Post
KA Pasundan Hadir Lebih Nyaman dengan Sarana New Generation Mulai 1 Agustus 2025

KA Pasundan Hadir Lebih Nyaman dengan Sarana New Generation Mulai 1 Agustus 2025

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BISNIS TERKINI

KA Pasundan Hadir Lebih Nyaman dengan Sarana New Generation Mulai 1 Agustus 2025

KA Pasundan Hadir Lebih Nyaman dengan Sarana New Generation Mulai 1 Agustus 2025

23 Juli 2025

Diserang Tarif? Bersyukurlah. Indonesia Butuh Paksaan untuk Bangkit

Millennial Lebih Boros, Gen X Lebih Aktif: Riset YouGov Ungkap Perbedaan Gaya Parenting Antar Generasi

22 Juli 2025

Young On Top National Conference ke-15 Dorong Aksi Nyata Anak Muda Indonesia

Young On Top National Conference ke-15 Dorong Aksi Nyata Anak Muda Indonesia

22 Juli 2025

Shopee Dukung Bisnis UMKM Camilan Lokal Makaroni SOS Meraih Sukses Penjualan

Shopee Dukung Bisnis UMKM Camilan Lokal Makaroni SOS Meraih Sukses Penjualan

22 Juli 2025

CIMB Niaga Umumkan Tiga Bintang Baru ASEAN di Kejar Mimpi Rising Start 2025

CIMB Niaga Umumkan Tiga Bintang Baru ASEAN di Kejar Mimpi Rising Start 2025

22 Juli 2025

PT. Media Maju Global

Plaza Simatupang Lt .6 Unit 3 Jl. TB Simatupang Kav. IS No. 01 Kel. Pondok Pinang, Kec. Kebayoran Lama, Jakarta Selatan 12310.

Telp: 021-22702245
Handphone: 0816.900315
E-mail: redaksi@businessasia.co.id

Kategori

  • Berita
  • Business
  • Daerah
  • Ekonomi
  • Figure
  • Indeks
  • Internasional
  • Kesehatan
  • Lifestyle
  • Nasional
  • Otomotif
  • Property
  • Teknologi
  • Tourism

.

  • About
  • Redaksi
  • Info Iklan
  • Privacy Policy
  • Cyber Guidelines
  • Pedoman Media Siber

About

Kehadiran Majalah BusinessAsia Indonesia yang memiliki Tagline Towards a New Change in Asia atau “Menuju Perubahan Baru di Asia” khususnya Indonesia  bertujuan untuk memastikan langkah mereka kokoh menapaki dinamika ekonomi bisnis dan investasi yang kian berkembang. Baca selengkapnya.

No Result
View All Result
  • Home
  • Berita
  • Business
  • Figure
  • Teknologi
  • Lifestyle
  • Internasional
  • Indeks
  • e-Magazine

Majalah terbatas

1. DPMPTSP Kota Tangsel Raih Penghargaan
Pelayanan Prima dari Kemenpan RB.

2. Jebakan Crazy
Rich Pikat Pelanggan Ikut Trading Binary
Option.

3. Eksportir Indonesia
Perluas Jejaring
dengan Buyers di AS

shop new Emagazine