Minggu, 17 Agustus 2025
E-MAGAZINE
Business Asia
No Result
View All Result
  • Home
  • Berita
  • Business
  • Figure
  • Teknologi
  • Lifestyle
  • Internasional
  • Indeks
  • Home
  • Berita
  • Business
  • Figure
  • Teknologi
  • Lifestyle
  • Internasional
  • Indeks
No Result
View All Result
Business Asia
No Result
View All Result
Home Berita

Pemanfaatan AI Bangun Keterlibatan Kaum Muda di Pilpres 2024

3 April 2024
in Berita, Teknologi
Pemanfaatan AI Bangun Keterlibatan Kaum Muda di Pilpres 2024
0
SHARES
40
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter
ADVERTISEMENT

Penggunaan teknologi sebagai salah satu kunci utama untuk membangkitkan semangat partisipasi pemilih terlihat dalam penyelenggaraan Pemilihan Presiden (Pilpres) Indonesia 2024. Di tengah maraknya penggunaan media sosial sebagai sarana kampanye, Presiden Terpilih Jenderal TNI (HOR) (Purn) Prabowo Subianto mendorong penerapan inovasi teknologi canggih seraya menggugah kesadaran publik lewat strategi komunikasi berbasis kecerdasan buatan (artificial intelligence).

Hal ini diharapkan dapat meningkatkan partisipasi pemilih, terutama generasi digital native yang terbiasa beraktivitas di ruang maya dan media sosial. Penting diketahui bahwa menurut data Badan Pusat Statistik (BPS), pemilih Generasi Z dan kaum milenial yang berusia 17-26 tahun adalah pemilik suara terbanyak dengan jumlah lebih dari 60 juta jiwa atau 56 persen daftar pemilih tetap.

Penerapan teknologi kecerdasan buatan ini tercermin dalam aplikasi foto AI, FotoBer2.ai. Aplikasi berbasis web yang dikembangkan WIR Group melalui anak perusahaannya AR&Co ini memungkinkan pengguna untuk membuat swafoto bersama pasangan Presiden dan Wakil Presiden terpilih Prabowo Subianto – Gibran Rakabuming Raka dalam berbagai tema yang menarik, memvisualisasikan kedekatan keduanya dengan masyarakat.

Kampanye ini mendulang 2,5 juta interaksi dalam 40 hari dalam masa kampanye, khususnya pada kelompok demografis Generasi Z, pengguna mayoritas media sosial, serta telah mendapatkan lebih dari 55 juta views di berbagai platform. FotoBer2.ai berhasil merevolusi metode kampanye dalam kaitannya menjangkau lebih banyak pemilih.

Untuk mendapatkan swafoto, pengguna perlu mengakses situs FotoBer2.ai. Akurasi hasil foto dapat ditingkatkan dengan terlebih dahulu mendeskripsikan diri pengguna melalui pilihan-pilihan yang telah disediakan, misalnya jenis kelamin dan usia.

Pengguna kemudian dapat memilih berbagai tema swafoto yang mengesankan dan terpersonalisasi, misalnya sambil berkuda, memancing, atau dengan latar belakang Istana Kepresidenan di Ibu Kota Negara (IKN) berdesain burung garuda yang sedang mengepakkan sayap karya dari Nyoman Nuarta. Aplikasi ini hanya mendeteksi satu wajah, dan untuk mendapatkan hasil terbaik, pengguna disarankan menggunakan kamera utama jarak dekat sehingga wajah tampak jelas dengan pencahayaan baik dan merata.

Pengembang aplikasi FotoBer2.ai, AR&Co, dengan dukungan teknologi yang adiluhung, yaitu melalui integrasi AR, VR, dan AI, memberikan solusi inovatif dan terdepan dalam membawa pengalaman pemilu yang lebih imersif serta partisipatif bagi masyarakat. AR&Co memandang berbagai inovasi teknologi tersebut bermanfaat untuk memperkaya proses demokrasi.

Hal ini memperkaya pengalaman kampanye dengan memungkinkan kandidat untuk terlibat secara lebih personal dan interaktif dengan pemilih, tanpa terbatas oleh geografis. Dengan dorongan inovatif dari AR&Co, masa depan kampanye pemilihan di Indonesia tidak lagi terbatas oleh metode konvensional. Ini adalah langkah maju yang menjanjikan, menuju proses demokrasi yang lebih dinamis dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat modern.

FotoBer2.ai menyukseskan kampanye Prabowo-Gibran dengan memvisualisasikan kedekatan keduanya dengan masyarakat Indonesia. Ini adalah terobosan revolusioner dan telah menetapkan standar penggunaan AI untuk kampanye politik, membuat para kandidat terjangkau bagi sebanyak mungkin pendukung. Inovasi ini juga menghasilkan gambaran baru akan teknologi yang dapat ditindaklanjuti demi mendorong kemajuan menuju terwujudnya smart society.

Dengan demikian, penggunaan teknologi, khususnya AI dalam politik, dapat membuka pintu bagi partisipasi yang lebih luas dan inklusif dari masyarakat. Hal ini juga menunjukkan potensi besar teknologi untuk mengubah cara kampanye politik dilakukan di masa depan. (*/)

 

Post Views: 1,201
Previous Post

Berbagi Kebahagiaan, Astra Infra Tetapkan Diskon Tarif 20% Pada Mudik Lebaran 2024

Next Post

United Tractors dan Traktor Nusantara Berkolaborasi dengan Sekolah Vokasi UGM Mengembangkan Teknologi Traktor Listrik Ramah Lingkungan

Next Post
United Tractors dan Traktor Nusantara Berkolaborasi dengan Sekolah Vokasi UGM Mengembangkan Teknologi Traktor Listrik Ramah Lingkungan

United Tractors dan Traktor Nusantara Berkolaborasi dengan Sekolah Vokasi UGM Mengembangkan Teknologi Traktor Listrik Ramah Lingkungan

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BISNIS TERKINI

Shopee: Sukses Berkarya Sebelum 30, Kisah Project 1945 Angkat Aroma Indonesia dalam Parfum

Shopee: Sukses Berkarya Sebelum 30, Kisah Project 1945 Angkat Aroma Indonesia dalam Parfum

17 Agustus 2025

Rayakan HUT RI ke- 80 PNM Gelar Lomba Mewarnai

Rayakan HUT RI ke- 80 PNM Gelar Lomba Mewarnai

17 Agustus 2025

Aset DPLK Syariah Muamalat Capai Rp1,8 Triliun

Aset DPLK Syariah Muamalat Capai Rp1,8 Triliun

15 Agustus 2025

Semen Merah Putih Dukung Pendidikan Yang Merdeka, Untuk Negeri Yang Lebih Berdaya

Semen Merah Putih Dukung Pendidikan Yang Merdeka, Untuk Negeri Yang Lebih Berdaya

15 Agustus 2025

NUS Business School: 60 Tahun Membentuk Pemimpin Bisnis Kelas Dunia

NUS Business School: 60 Tahun Membentuk Pemimpin Bisnis Kelas Dunia

15 Agustus 2025

PT. Media Maju Global

Plaza Simatupang Lt .6 Unit 3 Jl. TB Simatupang Kav. IS No. 01 Kel. Pondok Pinang, Kec. Kebayoran Lama, Jakarta Selatan 12310.

Telp: 021-22702245
E-mail: redaksi@businessasia.co.id

Kategori

  • Berita
  • Business
  • Daerah
  • Ekonomi
  • Figure
  • Indeks
  • Internasional
  • Kesehatan
  • Lifestyle
  • Nasional
  • Otomotif
  • Property
  • Teknologi
  • Tourism

.

  • About
  • Redaksi
  • Info Iklan
  • Privacy Policy
  • Cyber Guidelines
  • Pedoman Media Siber

About

Kehadiran Majalah BusinessAsia Indonesia yang memiliki Tagline Towards a New Change in Asia atau “Menuju Perubahan Baru di Asia” khususnya Indonesia  bertujuan untuk memastikan langkah mereka kokoh menapaki dinamika ekonomi bisnis dan investasi yang kian berkembang. Baca selengkapnya.

No Result
View All Result
  • Home
  • Berita
  • Business
  • Figure
  • Teknologi
  • Lifestyle
  • Internasional
  • Indeks
  • e-Magazine

Majalah terbatas

1. DPMPTSP Kota Tangsel Raih Penghargaan
Pelayanan Prima dari Kemenpan RB.

2. Jebakan Crazy
Rich Pikat Pelanggan Ikut Trading Binary
Option.

3. Eksportir Indonesia
Perluas Jejaring
dengan Buyers di AS

shop new Emagazine