Rabu, 2 Juli 2025
E-MAGAZINE
Business Asia
No Result
View All Result
  • Home
  • Berita
  • Business
  • Figure
  • Teknologi
  • Lifestyle
  • Internasional
  • Indeks
  • Home
  • Berita
  • Business
  • Figure
  • Teknologi
  • Lifestyle
  • Internasional
  • Indeks
No Result
View All Result
Business Asia
No Result
View All Result
Home Business

Pengelolaan SDM Kesehatan yang Unggul, Menjadi Kunci Ketahanan Bisnis Prodia

2 November 2023
in Business
Pengelolaan SDM Kesehatan yang Unggul, Menjadi Kunci Ketahanan Bisnis Prodia

Direktur Human Capital & General Affairs Prodia - Ida Zuraida (tengah).

0
SHARES
0
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter
ADVERTISEMENT

Banyak tantangan yang terjadi di industri kesehatan yang memerlukan pengelolaan khusus, seperti misalnya pada saat pandemi COVID-19 dimana perusahaan dituntut untuk bersikap agile dan adaptif.

Hal ini selaras dengan perhatian pemerintah dimana melalui forum G20 Indonesia 2022, perlunya untuk menguatkan Global Health Achitecture agar baik pemerintah dan pelaku industri memiliki daya tanggap dan kapasitas yang lebih baik dalam menghadapi krisis kesehatan lainnya di masa depan.

Kementerian Kesehatan juga menekankan pentingnya transformasi SDM (Sumber Daya Manusia) Kesehatan untuk menunjang penguatan Kesehatan Indonesia. Sehingga, untuk mengembangkan SDM Kesehatan yang unggul, industri kesehatan harus dapat mengelola tantangan-tantangan seperti halnya pengelolaan dan analis data, meningkatkan pengembangan teknologi, menguatkan ilmu kesehatan, dan melakukan kolaborasi bisnis.

Direktur Human Capital & General Affairs Prodia – Ida Zuraida dalam acara Prodia Meet The Press 2023: Quality of People in Healthcare (Prodia Experience) di Kwitang, Jakarta (1/11) menjelaskan,  bahwa kunci ketahanan (sustainability) bisnis adalah Sustainability through People. Pengembangan kepemimpinan dari dalam atau Creating Leaders from Within juga menjadi kunci dalam membangun ketahanan bisnis.

Sehingga, jelas Ida, Prodia melakukan pengelolaan SDM yang holistik dari proses perekrutan, on-boarding, pengembangan talenta & kinerja, bahkan hingga pensiun, diantaranya melalui Prodia Career untuk acquiring & On-Boarding karyawan baru; pengembangan talenta & karir melalui program PROP (Prodia Resource Optimization Program) & TAP (Talent Acceleration Program); pengelolaan kesehatan karyawan melalui program Wellness (Prodia Employee Genomic Program); pengembangan dan pelatihan ketenagakerjaan melalui training yang dilakukan oleh Prodia Corporate University (ProU); dan persiapan pensiun karyawan melalui Prodia Pre-Retirement Program.

“Inisiatif-inisiatif tersebut dipercaya dapat meningkatkan kualitas kinerja SDM agar siap menghadapi tantangan, kesempatan, dan momentum bisnis di masa New Normal dan yang akan dating,” jelas Ida kepada para wartawan yang hadir di acara Prodia Meet The Press tersebut.

Ida lalu memaparkan, memasuki usia 50 tahun, Prodia telah melaksanakan sejumlah program pengembangan dan pengelolaan SDM yang sesuai dengan visi misi dan falsafah Prodia.

Adapun contoh program pengembangan tersebut seperti pendirian Prodia Corporate University (ProU) sebagai pusat pengembangan kompetensi dan wawasan SDM Prodia, yang didukung dengan program-program pengembangan seperti Learning Program for Support Revenue, Learning Program for Leadership & Talent Forming, Program Pengembangan Khusus lainnya yang dikembangkan untuk mendukung pembentukan dan pengelolaan soft skill, hard skill, dan penanaman value perusahaan melalui metode digital learning system dan digital course.

“Perusahaan dituntut untuk memerlukan keahlian dan kapabilitas yang mengarah ke masa depan dalam mengelola SDM di industri kesehatan. Suatu perusahaan dapat melakukan upaya berikut ini: mempercepat transformasi digital; memprediksi masa depan layanan kesehatan industri; selalu tinjau struktu organisasir & model operasional SDM,” jelas Ida lagi.

Ida lalu menjelaskan, sebagai perusahaan yang bergerak di bidang jasa layanan kesehatan, Prodia telah membuktikan eksistensinya sebagai layanan laboratorium kesehatan yang resilien dan terus bertumbuh seiring dengan pergantian jaman.

“Sejak didirikan tahun 1973, Prodia terus beradaptasi, berinovasi, dan meningkatkan standar mutu pelayanan dengan tujuan menyediakan layanan pemeriksaan laboratorium yang terbaik dan mampu menghadirkan excellent customer journey bagi pelanggan. Hal ini tentunya tidak terlepas dari pentingnya pengelolaan sumber daya manusia (SDM) Prodia dalam menyediakan layanan pemeriksaan laboratorium yang berkualitas sebagai World-Class Healthcare Provider,” demikian ujar Ida.

 

Post Views: 1,469
Tags: Prodia
Previous Post

PT Era Digital Media Tbk (AWAN) Raih Pendapatan Rp 23,2 Miliar, Naik 7% Dibanding Tahun Lalu

Next Post

Bank Muamalat Berikan Beasiswa Pendidikan kepada Anak Karyawan

Next Post
Bank Muamalat Berikan Beasiswa Pendidikan kepada Anak Karyawan

Bank Muamalat Berikan Beasiswa Pendidikan kepada Anak Karyawan

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BISNIS TERKINI

Bank Saqu Gelar Roadshow Solopreneur Academy 2025 di Bandung, Rangkul Komunitas Kreatif Lokal

Bank Saqu Gelar Roadshow Solopreneur Academy 2025 di Bandung, Rangkul Komunitas Kreatif Lokal

30 Juni 2025

Redmi Pad 2 Siap Hadir di Indonesia Mulai 4 Juli 2025

Redmi Pad 2 Siap Hadir di Indonesia Mulai 4 Juli 2025

1 Juli 2025

AFTECH & HukumOnline Sosialisasikan Sistem Pengecekan Kepatuhan Online dan Dorong Penguatan Implementasi Perlindungan Data Pribadi

AFTECH & HukumOnline Sosialisasikan Sistem Pengecekan Kepatuhan Online dan Dorong Penguatan Implementasi Perlindungan Data Pribadi

1 Juli 2025

Sampoerna University dan Thunderbird Soroti Masa Depan ASEAN dan Tantangan ESG

Sampoerna University dan Thunderbird Soroti Masa Depan ASEAN dan Tantangan ESG

30 Juni 2025

Semen Merah Putih dan Karyawan Perbaiki Fasilitas SLB, Peduli Pendidikan Inklusif

Semen Merah Putih dan Karyawan Perbaiki Fasilitas SLB, Peduli Pendidikan Inklusif

30 Juni 2025

PT. Media Maju Global

Plaza Simatupang Lt .6 Unit 3 Jl. TB Simatupang Kav. IS No. 01 Kel. Pondok Pinang, Kec. Kebayoran Lama, Jakarta Selatan 12310.

Telp: 021-22702245
Handphone: 0816.900315
E-mail: redaksi@businessasia.co.id

Kategori

  • Berita
  • Business
  • Daerah
  • Ekonomi
  • Figure
  • Indeks
  • Internasional
  • Kesehatan
  • Lifestyle
  • Nasional
  • Otomotif
  • Property
  • Teknologi
  • Tourism

.

  • About
  • Redaksi
  • Info Iklan
  • Privacy Policy
  • Cyber Guidelines
  • Pedoman Media Siber

About

Kehadiran Majalah BusinessAsia Indonesia yang memiliki Tagline Towards a New Change in Asia atau “Menuju Perubahan Baru di Asia” khususnya Indonesia  bertujuan untuk memastikan langkah mereka kokoh menapaki dinamika ekonomi bisnis dan investasi yang kian berkembang. Baca selengkapnya.

No Result
View All Result
  • Home
  • Berita
  • Business
  • Figure
  • Teknologi
  • Lifestyle
  • Internasional
  • Indeks
  • e-Magazine

Majalah terbatas

1. DPMPTSP Kota Tangsel Raih Penghargaan
Pelayanan Prima dari Kemenpan RB.

2. Jebakan Crazy
Rich Pikat Pelanggan Ikut Trading Binary
Option.

3. Eksportir Indonesia
Perluas Jejaring
dengan Buyers di AS

shop new Emagazine