Kamis, 24 Juli 2025
E-MAGAZINE
Business Asia
No Result
View All Result
  • Home
  • Berita
  • Business
  • Figure
  • Teknologi
  • Lifestyle
  • Internasional
  • Indeks
  • Home
  • Berita
  • Business
  • Figure
  • Teknologi
  • Lifestyle
  • Internasional
  • Indeks
No Result
View All Result
Business Asia
No Result
View All Result
Home Berita

Penjurian BEST HC Awards 2025: Taspen Life Dorong Transformasi SDM Unggul untuk Layanan Asuransi yang Lebih Inovatif

23 Juli 2025
in Berita, Business
Penjurian BEST HC Awards 2025: Taspen Life Dorong Transformasi SDM Unggul untuk Layanan Asuransi yang Lebih Inovatif
0
SHARES
9
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter
ADVERTISEMENT

Businessasia.co.id – PT Asuransi Jiwa Taspen atau Taspen Life berkomitmen untuk terus menciptakan nilai bagi seluruh peserta program melalui produk serta layanan yang berkualitas dan inovatif. Dalam menjalankan kegiatan usahanya, Taspen Life selalu memprioritaskan kepercayaan nasabah dengan menempatkan sumber daya manusia yang unggul serta berkualitas dalam setiap pelayanan.

Taspen Life merupakan anak perusahaan dari PT TASPEN (Persero) yang berdiri sejak 26 Februari 2014. Taspen Life menyediakan beragam solusi produk asuransi jiwa kumpulan dan individu dengan manfaat proteksi jiwa, perencanaan masa depan dan hari tua, dana pendidikan, serta pertanggungan terhadap penyakit kritis.

Ragam produk individu Taspen Life di antaranya Taspen Proteksi Beasiswa, Taspen Smart Save, dan Taspen Bright Life, dengan inovasi layanan digital, seperti aplikasi My Taspen Life, digital polis, layanan Autoklaim, dan layanan klaim terintegrasi. Direktur SDM , TI dan Kepatuhan Taspen Life, Kristiyanto menyampaikan melalui etos kerja yang tinggi, Taspen Life tumbuh menjadi perusahaan terpercaya sehingga mampu bersaing dengan perusahaan asuransi sejenis di Indonesia.

Untuk mewujudkan visi “Menjadi perusahaan asuransi jiwa terpilih dan terpercaya bagi masyarakat Indonesia”, Taspen Life memiliki pilar dan pondasi strategi diantaranya sumber daya manusia (SDM), sistem informasi teknologi (IT) dan penguatan manajemen risiko. “Semua adalah man behind the gun. Secanggih dan sebagus apapun teknologi, ujung-ujungnya adalah orang yang mengoperasikannya sehingga kami melakukan penguatan SDM dan menjadikannya sebagai aset,” tutur Kristiyanto dalam penjurian Best Human Capital Award 2025 secara daring pada Senin (14/7/2025).

Lebih lanjut Kristiyanto menyampaikan bahwa secara demografi, karyawan Taspen Life sebagian besar adalah generasi milenial dan gen Z. Berdasarkan tingkat pendidikan, sebagian besar karyawan Taspen Life merupakan lulusan D3, S1, dan S2. Untuk pengembangan SDM, Taspen Life menerapkan pola 70, 20, dan 10. Rinciannya 70% untuk experiental learning berupa project assign. Selanjutnya 20% untuk social learning berupa coaching, mentoring, dan peer learning. Serta 10% untuk Training & development (formal learning) berupa courses, workshop, dan e-learning.

Meningkatkan Skill dan Kompetensi Karyawan

Learning and development dalam suatu perusahaan merupakan sebuah proses atau program yang sistematis yang diadakan untuk meningkatkan skill dan kompetensi karyawan, agar kinerja mereka meningkat. Terkait proses learning and development di Taspen Life, Kristiyanto menyampaikan bahwa pada tahun 2021 belum ada ada pemetaan relevansi fungsi jabatan dengan usulan serta belum ada pemetaan karyawan yang memiliki sertifikasi. “Pada Desember 2024, presentase karyawan yang memiliki sertifikasi adalah78,7% atau sebanyak 123 orang dari total 156 karyawan,” tuturnya.

Lebih lanjut Kristiyanto menyampaikan bahwa pada 2024 telah tersedia platform learning untuk karyawan Taspen Life melalui Linkedin Learning. Mengikuti arahan Kementerian BUMN, Taspen Life telah merealisasikan kerjasama dengan Linkedin Learning sebagai platform pelatihan bagi karyawan Taspen Life dengan145 users. Pada 2024, Taspen Life menghadirkan Program “Rise UP” (Revolutioning Ideas, Succes Exploration, and unleashing Potential) sebagai media knowledge untuk isu-isu strategis dan lingkungan.

Untuk pengembangan SDM, Taspen Life telah mengelontorkan anggaran Rp1,5 miliar dengan penyerapan Rp939 miliar. Pada 2025, anggaran pengembangan SDM meningkat menjadi Rp2,3 miliar dengan penyerapan Rp746 juta. “Anggaran ini akan kami maksimalkan dan optimalkan untuk pengembangan SDM untuk mencapai sasaran korporat,” ujarnya.

Setiap awal tahun, lanjutnya, Taspen Life menerapkan Key Performance Indicator (KPl) untuk mengukur Performance Management System. KPI ini dievaluasi setiap enam bulan dan diberi penilaian pada akhir tahun. Realisasi KPI Taspen Life pada tahun 2022 mendapat skor 86.14. Pada 2023 skor ini meningkat menjadi 87.71 dan pada 2024 skor mencapai 90,59.

Sementara itu, hasil pengukuran AKHLAK Culture Journey Tahun 2023 untuk Taspen Life nilai rata-rata score valuenya adalah 73,50%. AKHLAK Culture Journey untuk Tahap Perubahan Perilaku (Behaviour Change) pada Taspen Life sudah cukup baik. Hal ini ditunjukkan dengan persentase skor keseluruhan yang mencapai 73.50% sehingga Taspen Life masuk ke dalam golongan Guardian. Pada golongan ini, karyawan telah mempratikkan, memberi contoh dan memastikan praktik perilaku yang mencerminkan core values AKHLAK di lingkungan kerja secara konsisten.

Persentase score untuk masing-masing core values AKHLAK (Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, Kolaboratif), termasuk pada golongan Role Model dengan rata-rata terendah pada value Adaptif dengan 68.75% dan tertinggi pada value Loyal dengan 77,63%.

Untuk menumbuhkan budaya inovasi dan mendorong akselerasi transformasi bisnis perusahaan, Taspen Life menggelar Taspen Life Innovation Day yang merupakan media untuk menampung ide-ide perbaikan yang berasal dari inisiatif karyawan. Lomba ini digelar setiap tahun dalam rangka ulang tahun Taspen Life yang diperingati setiap bulan Februari. “Taspen Life Innovation Day ini terbuka untuk seluruh karyawan memberikan ide, gagasan dan inovasinya,” terang Kristiyanto.

Selain itu ada Project Assigment berupa penugasan khusus kepada karyawan sebagai bentuk akselerasi jalur karir. Dalam Project Assigment, karyawan akan membuat dan mengimplementasikan sebuah project yang memiliki nilai tambah bagi perusahaan. “Harapannya hasil ide inovasi dan gagasan ini bisa membuat layanan dan cara kerja lebih cepat,’ terang Kristiyanto.

Terkait Corporate Social Responsibility, Taspen Life telah melaksanakan berbagai kegiatan seperti berpartisipasi pada World Cleanup Day 2023, penanaman Mangrove di Ekowisata Mangrove PIK, penanaman Lidah Mertua di Bandung,  pembangungan Taman Edu Park Taspen Life Pondok Kopi, bantuan sosial dan lain-lain.

Taspen Life juga berusaha membangun kesadaran karyawan akan Enviromental, Social and Governance (ESG) melalui berbagai inisiatif strategi bisnis perusahaan maupun kampanye. Misalnya melalui imbauan penghematan penggunaan energi di lingkungan kantor Taspen Life. Sementara untuk tata kelola perusahaan, Taspen Life menerapkan Good Corporate Governance (GCG), whistleblowing system, dan peningkatan risk awareness.

Berbagai capaian tersebut mengantarkan Taspen Life meraih berbagai penghargaan di ajang Indonesia Best Insurance Awards 2024, Indonesia Finance Conference Award 2024, Infobank 25th Insurance Award, Indonesia Good Corporate Governance 2025, Top 20 Financial Institution Awards 2024, dan lain-lain.

Post Views: 79
Tags: Direktur SDMKristiyantoPT Asuransi Jiwa TaspenTaspen LifeTI dan Kepatuhan Taspen Life
Previous Post

Penjurian BEST HC Award 2025: KAI Bangun SDM Unggul untuk Wujudkan Transportasi Publik Andal dan Ramah Lingkungan

Next Post

Dewan Pengurus Apkasi Masa Bhakti 2025-2030 Resmi Dilantik

Next Post
Dewan Pengurus Apkasi Masa Bhakti 2025-2030 Resmi Dilantik

Dewan Pengurus Apkasi Masa Bhakti 2025-2030 Resmi Dilantik

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BISNIS TERKINI

BINAR Luncurkan SINCRO, Dorong Kreator AI dan Transformasi Bisnis di Indonesia

BINAR Luncurkan SINCRO, Dorong Kreator AI dan Transformasi Bisnis di Indonesia

23 Juli 2025

MR.D.I.Y., Tempat Favorit Family Time ala Shireen Sungkar-Teuku Wisnu

MR.D.I.Y., Tempat Favorit Family Time ala Shireen Sungkar-Teuku Wisnu

23 Juli 2025

Program eYAA: Angkatan ke-5 Membuat Perubahan Positif di Kawasan ASEAN

Program eYAA: Angkatan ke-5 Membuat Perubahan Positif di Kawasan ASEAN

23 Juli 2025

Clarus-IT dan Huawei Kenalkan Solusi AI untuk Dorong Digitalisasi Industri Pertambangan

Clarus-IT dan Huawei Kenalkan Solusi AI untuk Dorong Digitalisasi Industri Pertambangan

23 Juli 2025

Deakin University Australia dan Lancaster University Inggris Tawarkan Pembelajaran Global di Indonesia

Deakin University Australia dan Lancaster University Inggris Tawarkan Pembelajaran Global di Indonesia

23 Juli 2025

PT. Media Maju Global

Plaza Simatupang Lt .6 Unit 3 Jl. TB Simatupang Kav. IS No. 01 Kel. Pondok Pinang, Kec. Kebayoran Lama, Jakarta Selatan 12310.

Telp: 021-22702245
Handphone: 0816.900315
E-mail: redaksi@businessasia.co.id

Kategori

  • Berita
  • Business
  • Daerah
  • Ekonomi
  • Figure
  • Indeks
  • Internasional
  • Kesehatan
  • Lifestyle
  • Nasional
  • Otomotif
  • Property
  • Teknologi
  • Tourism

.

  • About
  • Redaksi
  • Info Iklan
  • Privacy Policy
  • Cyber Guidelines
  • Pedoman Media Siber

About

Kehadiran Majalah BusinessAsia Indonesia yang memiliki Tagline Towards a New Change in Asia atau “Menuju Perubahan Baru di Asia” khususnya Indonesia  bertujuan untuk memastikan langkah mereka kokoh menapaki dinamika ekonomi bisnis dan investasi yang kian berkembang. Baca selengkapnya.

No Result
View All Result
  • Home
  • Berita
  • Business
  • Figure
  • Teknologi
  • Lifestyle
  • Internasional
  • Indeks
  • e-Magazine

Majalah terbatas

1. DPMPTSP Kota Tangsel Raih Penghargaan
Pelayanan Prima dari Kemenpan RB.

2. Jebakan Crazy
Rich Pikat Pelanggan Ikut Trading Binary
Option.

3. Eksportir Indonesia
Perluas Jejaring
dengan Buyers di AS

shop new Emagazine