Jakarta, Business Asia – Ajang bergengsi pemberian apresiasi atas keberhasilan dalam penerapan berbagai strategi human capital yang dilakukan perusahaan/organisasi, BEST Human Capital Awards 2025 telah memasuki tahap penjurian di minggu kedua.
Untuk peserta penjurian BEST Human Capital Awards 2025 kali ini adalah PT BPR Bank Klaten (PERSERODA) atau biasa disebut Bank Klaten.
Dalam acara Penjurian yang diselenggarakan secara daring di Jakarta pada 16 Juni 2025, BPR Bank Klaten menghadirkan langsung Direktur Utama BPR Bank Klaten – Dewi Ekosari, SE, MM yang didampingi oleh para jajarannya.
Sementara itu bertindak sebagai Dewan Juri dalam acara penjurian ini adalah: Prof. Ir. Roy H.M. Sembel, MBA, Ph.D, pakar bisnis dan manajemen, Ira Irianty, SE, MSM., Kasubdit Unit Kerja Khusus UI., dan Titi Mulyani, S.SI Mars – praktisi HC/HR.
Dalam acara Penjurian ini, Dirut BPR Bank Klaten – Dewi Ekosari memaparkan materi presentasi berjudul “Membangun SDM Unggul dan Berkualitas Untuk Mewujudkan Visi Indonesia Emas 2025”.
Melalui presentasi ini terungkap komitmen kuat dari Bank Klaten untuk mengelola SDM-nya secara baik didalam rangka mendukung pencapaian tujuan perusahaan.
“Pengelolaan Sumber Daya Manusia dalam bisnis modern adalah proses strategis untuk merekrut, mengembangkan, dan mempertahankan karyawan guna mencapai tujuan perusahaan,” papar Dewi Ekosari kepada para Dewan Juri BEST HC 2025.
Menurut Dewi Ekosari, didalam pengelolaan SDM, maka itu semua mengacu kepada Visi dan Misi perusahaan, yaitu Go Berian dan Akar Kuat.
Selanjutnya, Dewi memaparkan bahwa SDM merupakan faktor penting didalam mendukung kemajuan perusahaan.
Karena itu didalam mengelola SDM, untuk meningkatkan kompetensi karyawannya, Bank Klaten secara kontinu melakukan pelatihan-pelatihan didalam meningkatkan kompetensi para SDM-nya.
“Perusahaan tidak mungkin berjalan sesuai dengan semestinya tanpa adanya peran aktif dari Human Capaital, maka Perusahaan mengikutkan maupun menyelenggarakan pelatihan dan pengembangan dengan tujuan untuk meningkatkan keterampilan, pengetahuan, dan kompetensi karyawan, yang merupakan aspek penting dalam manajemen sumber daya manusia,” jelas Dewi.
Dalam rangka mencapai Sumber Daya Manusia (SDM) yang Kompeten, lanjut Dewi, maka kegiatan Pelatihan dan Pengembangan SDM yang dilakukan Bank Klaten adalah berupa; Penguatan kompetensi dan attitude SDM melalui pelatihan kepada seluruh karyawan sesuai dengan tugas pokok dan fungsi masing – masing. Kemudian, mengikutsertakan pegawai dalam pelatihan terutama digitalisasi. Berikutnya, mengikutsertakan pegawai untuk Sertifikasi Direksi dan Pejabat Eksekutif serta pelatihan jenjang karir bagi pegawai. Selanjutnya, mengadakan pendidikan karakter SDM yaitu tentang kejujuran dan kepercayaan serta tentang ketrampilan dan keahlian dan sikap kerja. Berikutnya lagi, mengikutsertakan semua pegawai dalam pelatihan keuangan berkelanjutan. Serta, membentuk tim kreatif untuk membuat konten kreatif, inovatif serta inspiratif berupa promosi produk, pengenalan perusahaan, kegiatan-kegitan sosial yang telah dilakukan.
Dewi lalu menjelaskan tentang upaya Bank Klaten didalam pemenuhan ketersediaan Sumber Daya Manusia di perusahaan. Menurut Dewi, untuk mendukung visi dan misi Perusahaan, maka jumlah Human Capital (SDM) di masing-masing bagian unit kerja yang handal perlu untuk dipenuhi, baik itu bersumber dari internal (rotasi) maupun eksternal (rekrutmen).
“Sebagai salah satu pemenuhan Human Capital (SDM) dari eksternal yaitu memberikan kesempatan bagi lulusan SMA/Perguruan Tinggi untuk bergabung dengan PT BPR Bank Klaten (Perseroda) Kabupaten Klaten, dalam bentuk program magang. Dari program magang tersebut, Perusahaan disamping membuka peluang untuk bekerja juga bisa untuk menyaring tenaga kerja yang handal bagi pengembangan Perusahaan,” paparnya.
Para Dewan Juri BEST Human Capital Awards 2025 Business Asia merespon positif terhadap upaya-upaya pengelolaan SDM Bank Klaten selama ini. Dewan juri lalu memberikan berbagai pesan dan arahan agar penerapan dan pengelolaan SDM di Bank Klaten semakin baik untuk ke depannya.
Direktur Utama BPR Bank Klaten – Dewi Ekosari dan jajarannya pun sangat berterima kasih atas masukan dari para Dewan Juri BEST Human Capital Awards 2025 dan berjanji akan mengaplikasikannya guna pengembangan dan pengelolaan SDM Bank Klaten yang lebih baik lagi ke depannya.