Selasa, 1 Juli 2025
E-MAGAZINE
Business Asia
No Result
View All Result
  • Home
  • Berita
  • Business
  • Figure
  • Teknologi
  • Lifestyle
  • Internasional
  • Indeks
  • Home
  • Berita
  • Business
  • Figure
  • Teknologi
  • Lifestyle
  • Internasional
  • Indeks
No Result
View All Result
Business Asia
No Result
View All Result
Home Business

Penjurian IDIA 2024: “PLN Icon Plus Membangun Visi Baru sebagai Pemimpin Penyedia Solusi Konektivitas, Digital dan Green Energi Terintegrasi”

8 Desember 2024
in Business
Penjurian IDIA 2024: “PLN Icon Plus Membangun Visi Baru sebagai Pemimpin Penyedia Solusi Konektivitas, Digital dan Green Energi Terintegrasi”
0
SHARES
31
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter
ADVERTISEMENT

IDIA 2024 adalah sebuah ajang penghargaan yang diselenggarakan oleh Majalah Business Asia Indonesia guna mendorong inovasi dan pengembangan teknologi di Indonesia.

IDIA 2024 bertujuan untuk mengajak perusahaan/organisasi untuk terus melakukan penyempurnaan implementasi dan adopsi new technology dan terus melahirkan inovasi-inovasi baru.

Perhelatan IDIA 2024 sekarang ini masih dalam Tahap Penjurian. Peserta penjurian kali ini adalah PLN Icon Plus.

PLN Icon Plus adalah anak usaha PLN yang bergerak di bidang teknologi informasi dan komunikasi.

Dalam ajang penjurian ini, PLN Icon Plus menghadirkan: Fajri Herwanda-Vice President Management Digital,  Hendra Yusnadi-Vice President Sistem Teknologi Informasi, Isa-Manager Riset dan Development, Dika-dari Development Aplikasi, dan Gaung-dari Management Digital.

Sementara itu yang bertindak sebagai Dewan Juri IDIA 2024 adalah Angelika Putri-Founder & Sekjen Asosiasi Payment Gateway Indonesia (APGI), Sigit Jarot-Ketua Bidang Infrastruktur Telematika Mastel, Arief Ilham Adnan – Wakil Ketua Umum Asosiasi Pemimpin Digital Indonesia (APDI), Riyanto Gozali – Sekjen  Asosiasi Piranti Lunak Indonesia, dan Firlie Ganindito-Wakil Ketua Umum KADIN Bidang Komunikasi dan Informasi.

Dalam acara penjurian, tim dari PLN Icon Plus memaparkan pengembangan inovasi teknologi secara terstruktur dan lengkap yang dilakukan oleh Perseroan.

Tim PLN Icon Plus menjelaskan, bahwa Perseroan telah membangun reputasi baru sebagai bagian dari Sub-Holding PLN dengan mengembangkan konektivitas dan memanfaatkan seluruh aset PLN, yang sebelumnya fokus pada connectivity kini bertransformasi dengan membangun portofolio digital & green solution

PLN Icon Plus Membangun Visi Baru sebagai  Pemimpin Penyedia Solusi Konektivitas, Digital dan Green Energi yang Terintegrasi  yang Menjadi arah Transformasi sebagai Sub Holding Beyond kWh.

Struktur organisasi Perseroan mendukung transformasi bisnis yang berfokus pada Solusi Digital serta didukung oleh 10 Strategic Business Unit (SBU) untuk pencapaian sasaran penjualan dan Operasional.

Dalam mendukung transformasi sebagai sub holding beyond kWh, PLN Icon Plus telah mengupdate IT Master Plan mengacu pada Peraturan Menteri BUMN Nomor PER-2/MBU/03/2023 dan roadmap digitalisasi PT PLN (Persero) sebagai Pedoman tentang Tata Kelola, Implementasiteknologi digital dan kapabilitas SDM TI.

PLN Icon Plus mendorong Transformasi Digital PLN dalam rangka mendukung Visi PLN menjadi Top  Global Fortune 500. Digitalisasi melipusi seluruh operasional PLN dari Energi Primer, Pembangkitan, Transmisi, Distribusi, hingga Niaga.

PLN Icon Plus mendukung pengembangan pada seluruh proses bisnis ketenagalistrikan di PLN, dimulai dari awal pengembangan Sistem informasi penilaian (SIP) hingga implementasi AP2T dan pengembangan Single source of truth (SSOT) PLN yang saat ini terus berjalan.

Dalam mengembangkan Solusi Digital, PLN Icon Plus mengimplementasikan inovasi digital di lingkungan PLN sebagai tahap inkubasi. Setelah solusi tersebut mencapai kematangan dan stabilitas, Solusi tersebut dikembangkan lebih lanjut untuk ditawarkan kepada publik.

Untuk memperkuat ekosistem digital di PLN Group, terus dilakukan peningkatan topologi Data dan teknologi (Technology Advancement) serta membangun dan meningkatkan Organisasi serta Kapabilitas SDM melalui Penyesuaian Organisasi, Training, dan Sertifikasi.

PLN Icon Plus membentuk Transformation Management Office (TMO) sebagai kerangka kerja New Way of Working untuk membangun budaya baru yang selaras dengan visinya. TMO menciptakan budaya disiplin eksekusi, inovasi, dan kolaborasi, dengan melibatkan seluruh Ranger sebagai agen perubahan yang memastikan keberhasilan transformasi digital di setiap lini perusahaan.

PLN Icon Plus mengembangkan solusi bisnis internal yang mencakup sistem monitoring proyek, platform pemasaran digital, manajemen pelanggan berbasis data, dan portal layanan terpadu. Solusi-solusi ini dirancang untuk meningkatkan efisiensi operasional, memperluas penetrasi pasar, dan memperkuat pengalaman serta kepuasan pelanggan secara menyeluruh.

PLN Icon Plus memanfaatkan Geographical Information System (GIS) berbasis AI untuk merencanakan jaringan fiber optics, memproyeksikan biaya dan pendapatan, serta melakukan simulasi finansial. PLN Icon Plus juga memetakan kompetitor agar strategi bisnis lebih tepat dan efektif.

PLN Icon Plus mengintegrasikan layanan beyond kWh (Internet, EV, PV Rooftop, marketplace) PLN  Mobile sebagai End To End Digital Platform untuk layanan kelistrikan dan beyond kWh.

Kemudian Generative AI, pengembangan Use Case Artificial Intelligence (AI).

Selanjutnya, AI-Driven Knowledge Management at PLN. Arsitektur sistem KM PLN menggabungkan teknologi AI dengan ribuan dokumen yang ada dan integrase dengan sistem PLN lainnya.

Tiga pilar utama peningkatan keamanan siber di PLN Icon Plus: Cyber Security Policy Improvement, Process Improvement, dan Technology Enhancement. dengan langkah-langkah korektif yang terstruktur untuk menangani insiden dan memperkuat ketahanan keamanan siber.

Berbagai pencapaian PLN Icon Plus

Secara factual, PLN Icon Plus saat ini adalah penyedia layanan internet terbesar ke dua di Indonesia mencakup 70% Kota dan lebih dari 12.000 desa.

Melalui Inovasi dan Transformasi Digital, PLN Icon Plus tumbuh eksponensial, hingga untuk pertama kalinya dinobatkan sebagai Broadband Telecom Company of The Year oleh Asian Telecom Award 2024.

Perusahaan membangun reputasi sebagai perusahaan yang menerapkan inovasi digital, implementasi GRC dalam pengelolaan perusahaan, serta kualitas tingkat dunia untuk Contact Center dengan mendapatkan 103  penghargaan selama tahun 2023.

PLN Icon Plus ditunjuk sebagai penyedia infrastruktur telekomunikasi di IKN, mendukung  pengembangan smart electricity, serta terlibat dalam kerja sama global dengan Timor Leste sebagai penyedia layanan internet internasional pertama menggunakan fiber optic.

PLN Icon Plus telah hadir di beberapa area terpencil, termasuk mengubah pulau Lepar menjadi pulau pertama yang 100% terhubung dengan ICONNET, membawa internet cepat ke setiap sudut.  Langkah ini meningkatkan pendidikan, membuka peluang bisnis baru, dan mempromosikan pariwisata lokal.

PLN Icon Plus mendukung suksesnya Retreat Kabinet Merah Putih di Akademi Militer Magelang  dengan menyediakan infrastruktur digital dan jaringan komunikasi yang andal. Hal ini  membuktikan kepercayaan di tingkat Pemerintahan Nasional dalam Mendukung Kesuksesan  Kegiatan Kenegaraan.*

Post Views: 6,674
Tags: PLN ICON Plus
Previous Post

IFG Gelar Pentas Seni Siswa & Pelatihan Karyawan Disabilitas di Jakarta

Next Post

Solusi Plastik Berbasis Sistem, Kolaborasi BRIN dan Inggris di Proyek PISCES

Next Post
Solusi Plastik Berbasis Sistem, Kolaborasi BRIN dan Inggris di Proyek PISCES

Solusi Plastik Berbasis Sistem, Kolaborasi BRIN dan Inggris di Proyek PISCES

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BISNIS TERKINI

Bank Saqu Gelar Roadshow Solopreneur Academy 2025 di Bandung, Rangkul Komunitas Kreatif Lokal

Bank Saqu Gelar Roadshow Solopreneur Academy 2025 di Bandung, Rangkul Komunitas Kreatif Lokal

30 Juni 2025

Redmi Pad 2 Siap Hadir di Indonesia Mulai 4 Juli 2025

Redmi Pad 2 Siap Hadir di Indonesia Mulai 4 Juli 2025

1 Juli 2025

AFTECH & HukumOnline Sosialisasikan Sistem Pengecekan Kepatuhan Online dan Dorong Penguatan Implementasi Perlindungan Data Pribadi

AFTECH & HukumOnline Sosialisasikan Sistem Pengecekan Kepatuhan Online dan Dorong Penguatan Implementasi Perlindungan Data Pribadi

30 Juni 2025

Sampoerna University dan Thunderbird Soroti Masa Depan ASEAN dan Tantangan ESG

Sampoerna University dan Thunderbird Soroti Masa Depan ASEAN dan Tantangan ESG

30 Juni 2025

Semen Merah Putih dan Karyawan Perbaiki Fasilitas SLB, Peduli Pendidikan Inklusif

Semen Merah Putih dan Karyawan Perbaiki Fasilitas SLB, Peduli Pendidikan Inklusif

30 Juni 2025

PT. Media Maju Global

Plaza Simatupang Lt .6 Unit 3 Jl. TB Simatupang Kav. IS No. 01 Kel. Pondok Pinang, Kec. Kebayoran Lama, Jakarta Selatan 12310.

Telp: 021-22702245
Handphone: 0816.900315
E-mail: redaksi@businessasia.co.id

Kategori

  • Berita
  • Business
  • Daerah
  • Ekonomi
  • Figure
  • Indeks
  • Internasional
  • Kesehatan
  • Lifestyle
  • Nasional
  • Otomotif
  • Property
  • Teknologi
  • Tourism

.

  • About
  • Redaksi
  • Info Iklan
  • Privacy Policy
  • Cyber Guidelines
  • Pedoman Media Siber

About

Kehadiran Majalah BusinessAsia Indonesia yang memiliki Tagline Towards a New Change in Asia atau “Menuju Perubahan Baru di Asia” khususnya Indonesia  bertujuan untuk memastikan langkah mereka kokoh menapaki dinamika ekonomi bisnis dan investasi yang kian berkembang. Baca selengkapnya.

No Result
View All Result
  • Home
  • Berita
  • Business
  • Figure
  • Teknologi
  • Lifestyle
  • Internasional
  • Indeks
  • e-Magazine

Majalah terbatas

1. DPMPTSP Kota Tangsel Raih Penghargaan
Pelayanan Prima dari Kemenpan RB.

2. Jebakan Crazy
Rich Pikat Pelanggan Ikut Trading Binary
Option.

3. Eksportir Indonesia
Perluas Jejaring
dengan Buyers di AS

shop new Emagazine