IDIA 2024 adalah sebuah ajang penghargaan yang diselenggarakan oleh Majalah Business Asia Indonesia guna mendorong inovasi dan pengembangan teknologi di Indonesia,
IDIA 2024 bertujuan untuk mengajak perusahaan/organisasi untuk terus melakukan penyempurnaan implementasi dan adopsi new technology dan terus melahirkan inovasi-inovasi baru.
Perhelatan IDIA 2024 kini masih dalam Tahap Penjurian. Kali ini yang bertindak sebagai peserta penjurian adalah PT Mitra Tours and Travel.
Mitra Tours And Travel didirikan pada tanggal 12 Januari 1973, merupakan perusahaan yang bergerak di bidang biro perjalanan tour dan travel. Dengan berbagai keunggulan pelayanan yaitu Tiket Pesawat, Tiket Kereta Api, Voucher Hotel, Event Organizer, MICE, Tours Package serta Ibadah Haji dan Umrah.
Dalam ajang penjurian ini, Mitra Tours And Travel menghadirkan Irlina Wati-Corporate Secretary, Faruq Munshif-IT & E-Commerce Manager, dan Aditya dari Tim Marketing.
Sementara itu yang bertindak sebagai Dewan Juri IDIA 2024 adalah Heru Sutadi – Direktur Eksekutif ICT Institute, Riyanto Gozali – Sekjen Asosiasi Piranti Lunak Indonesia, Arief Ilham Adnan – Wakil Ketua Umum Asosiasi Pemimpin Digital Indonesia (APDI), dan Angelika Putri – Founder & Sekjen Asosiasi Payment Gateway Indonesia (APGI).
Dalam acara penjurian, Tim dari Mitra Tours And Travel memaparkan pengembangan inovasi dan pengembangan teknologi yang dilakukan di Perseroan.
Menurut Faruq Munshif-IT & E-Commerce Manager, Mitra Tours And Travel dalam mengantisipasi persaingan bisnis yang semakin ketat melakukan transformasi bisnis dari yang sebelumnya travel agent konvensional menjadi hybrid.
“Hybrid, karena sebagai travel agent secara basic nya kita memang masih ada konvensionalnya, namun juga kita sudah siap dengan fasilitas on line. Jadi kami di tengah-tengah, on line bsia, off lne bisa, itulah hybrid yang sekarang kami jalankan,” jelas Faruq.
Faruq lalu menjelaskan, untuk inovasi teknologi yang dilakukan di Mitra Tours And Travel, saat ini perusahaan sudah memiliki fasilitas Digital Travel Management (DTM 3.0).
Digital Travel Management (DTM 3.0) merupakan suatu sistem yang terintegrasi secara end to end process untuk mendukung aktivitas untuk mendukung aktivitas perjalanan dinas pekerja yang dimulai dari pembuatan SKPD, pemesanan tiket transportasi maupun akomodasi, hingga pertanggungjawaban perjalanan dinas pekerja secara online.
Digital Travel Management (DTM 3.0) ini memiliki beberapa manfaat; Pertama, Efisiensi Proses dengan Simplifikasi end to end process travel management. Kedua, Efektivitas Pembayaran dengan Auto Debet rekening perusahaan untuk biaya transportasi dan akomodasi (non-reimbursement). Ketiga, Optimalisasi User Experience, dengan Mobility access serta variasi pilihan penerbangan dan akomodasi melalui booking engine MitraGo. Keempat, Sistem Kontrol, dengan Integrasi kebijakan, budget dan biaya dalam sistem. Serta kelima, Laporan Analitik, dengan Analitik aspek-aspek perjalanan sebagai bahan pendukung pengambilan keputusan strategik bisnis.
Dalam Digital Travel Management tersebut terdiri dari: Travel Management Dashboard, sebuah Dashboard yang berisi informasi semua perjalanan bisnis yang terjadi di perusahaan. Termasuk di dalamnya Traveler Demography, Trip Report, Graph Expense Detail, Top Hotel & Airlines dan lain-lain. Kemudian, Platform Terintegrasi, untuk melakukan pembuatan SKPD, pemesanan tiket transportasi maupun akomodasi secara Online dan terintegrasi. Selanjutnya, Online Travel Agent (OTA), Terintegrasi dengan berbagai system reservasi maskapai dan wholesaler melalui booking engine MitraGO. Serta, Approval sesuai Jenjang Otorisasi, Diperlukan Penandatanganan Kerjasama sesuai dengan Otorisasi Pejabat di lingkungan PT Pertamina (Persero).
Faruq lalu menjelaskan, Mitra Tours And Travel juga memiliki Aplikasi Mobile MITRAGO. Aplikasi MitraGO ini adalah cara termudah untuk memesan tiket penerbangan, voucher hotel dan kereta dengan harga menarik. Tampilan aplikasi yang mudah dan praktis digunakan, serta pembayaran yang aman.
Dewan Juri IDIA 2024 memberi apresiasi yang positif terhadap transformasi inovasi digital yang telah dilakukan oleh Mitra Tours And Travel. Dewan juri memberikan saran-saran agar lebih baik lagi penerapan inovasi digital di perusahaan travel agent ini.