Kamis, 20 November 2025
E-MAGAZINE
Business Asia
No Result
View All Result
  • Home
  • Berita
  • Business
  • Figure
  • Teknologi
  • Lifestyle
  • Internasional
  • Indeks
  • Home
  • Berita
  • Business
  • Figure
  • Teknologi
  • Lifestyle
  • Internasional
  • Indeks
No Result
View All Result
Business Asia
No Result
View All Result
Home Business

Penjurian IDIA Awards 2025; Transformasi Digital Taspen Wujudkan Layanan Pensiun yang Lebih Aman dan Efisien

20 November 2025
in Business
Penjurian IDIA Awards 2025; Transformasi Digital Taspen Wujudkan Layanan Pensiun yang Lebih Aman dan Efisien
0
SHARES
0
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter
ADVERTISEMENT

Businessasia.co.id – PT Taspen (Persero) menegaskan komitmennya untuk menjadi perusahaan asuransi sosial dan dana pensiun yang unggul, terpercaya, dan berkelanjutan. Salah satunya melalui tranformasi digital untuk mewujudan layanan terbaik dan investasi yang andal.

Kadiv IT PT Taspen (Persero), Sidra Muntahari menjelaskan bahwa penggunaan teknologi digital digunakan untuk mengubah proses bisnis dari manual menjadi serba digital seperti pengajuan klaim maupun pembayaran pensiun.

Sidra mengungkapkan bahwa proses transformasi digital di Taspen dimulai tahun 2010 untuk meminimalisir kejadian fraud maupun penipuan. Contohnya, ada oknum yang mengatasnamakan peserta yang sudah meninggal seolah-olah masih hidup.

“Solusinya adalah digitalisasi pelayanan baik untuk pengajuan klaim, pembayaran pensiun melalui autentikasi digital, serta penanganan keluhan secara online. Proses autentikasi secara berkala menjadikan layanan menjadi lebih aman,” terang Sidra saat penjurian Indonesia Digital Innovation & Achievement Awards 2025 (IDIA Awards 2025) pada Rabu (19/11/2025).

Proses autentifikasi ini bisa dilakukan secara digital melalui aplikasi Andal by Taspen menggunakan teknologi pengenalan wajah. Andal by Taspen merupakan platform digital untuk layanan ketaspenan bagi peserta Taspen.

Lebih lanjut Sidra menjelaskan bahwa Andal by Taspen memiliki beberapa fitur canggih seperti One Time Password (OTP) sebagai security ketika peserta registrasi. Fitur lainnya yaitu Liveness Detection berbasis artificial intelligence (AI)  untuk memastikan bahwa objek yang dikenali adalah manusia yang aktif secara real time, bukan foto atau rekaman. “Aplikasi ini menggunakan AI Face Recognition berbasis biometrik sebagai proof of life untuk memastikan pembayaran pensiun hanya diberikan kepada penerima yang berhak,” tuturnya.

Untuk pengembangan ke depan, aplikasi ini akan memanfaatkan deepfake detection untuk mendeteksi manipulasi wajah/video saat autentikasi biometrik. Tujuannya untuk meningkatkan keamanan dan mencegah penyalahgunaan identitas.

Selain aplikasi Andal by Taspen, adopsi teknologi digital di Taspen antara lain aplikasi SIMGaji Web, aplikasi host to host antara Pemda dengan Taspen untuk pengelolaan data gaji; Taspen Digital Enterprise Services, aplikasi operasional proses bisnis perusahaan; dan Integrated Management and Monitoring for Invesment (IMMI).

Aplikasi lainnya yaitu Taspen Shield, sistem pengelolaan risiko perusahaan; aplikasi HCIS untuk pengelolaan sumber daya manusia, dan Asset Liability Management System. “Teknologi yang diadopsi ini kita harapkan dapat membentuk suatu ekosistem digital Taspen yang lebih efisien dan transparan,” terang Sabri.

Taspen juga memanfaatkan emerging technology seperti perekaman biometrik, face recognition, dan deepfake fetection untuk mengantisipasi penyalahgunaan sehingga layanan Taspen menjadi lebih aman, inklusif dan efisien.

Untuk mendukung proses transformasi digital, Taspen melakukan kolaborasi digitalisasi proses bisnis dengan pihak eksternal seperti pemerintah daerah, Dukcapil, Badan Kepegawaian Negara (BKN), BPJS Kesehatan, Kementerian Keuangan dan lain-lain. “Kolaborasi ini untuk memastikan data yang lebih akurat sehingga layanan Taspen bisa menjadi lebih cepat, dan proses yang lebih seamless,” ujar Sabri.

Terkait ketahanan dan keamanan siber, Taspen menerapkan multilayer security untuk perlindungan data, perlindungan ancaman, pemantauan dan analisis keamanan, manajemen identitas akses dan aset, perlindungan jaringan dan aplikasi, serta manajemen kerentanan dan risiko.

Digitalisasi layanan ini berdampak pada efisiensi biaya bagi peserta pensiun karena tidak perlu melakukan autentikasi manual. Kegiatan layanan pensiun dan penanganan keluhan tidak perlu datang ke kantor Taspen atau mitra bayar. Selain meningkatkan pendapatan bagi Taspen, digitalisasi juga meningkatkan customer service indeks dalam 4 tahun terakhir. Citra dan branding perusahaan juga meningkat karena pengapdosian emerging technology.

Tags: Kadiv IT PT Taspen (Persero)PT Taspen (Persero)Sidra Muntahari
Previous Post

Easycash Bersama Bank Saqu Hadirkan Akses Pembiayaan Inklusif dan Bertanggung Jawab ke Jutaan Pelaku Usaha

Next Post

Penjurian IDIA Awards 2025; Aplikasi JRCare Percepat Layanan Santunan Kecelakaan dari Jasa Raharja

Next Post
Penjurian IDIA Awards 2025; Aplikasi JRCare Percepat Layanan Santunan Kecelakaan dari Jasa Raharja

Penjurian IDIA Awards 2025; Aplikasi JRCare Percepat Layanan Santunan Kecelakaan dari Jasa Raharja

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BISNIS TERKINI

Penjurian IDIA Awards 2025; Aplikasi JRCare Percepat Layanan Santunan Kecelakaan dari Jasa Raharja

Penjurian IDIA Awards 2025; Aplikasi JRCare Percepat Layanan Santunan Kecelakaan dari Jasa Raharja

20 November 2025

Penjurian IDIA Awards 2025; Transformasi Digital Taspen Wujudkan Layanan Pensiun yang Lebih Aman dan Efisien

Penjurian IDIA Awards 2025; Transformasi Digital Taspen Wujudkan Layanan Pensiun yang Lebih Aman dan Efisien

20 November 2025

Easycash Bersama Bank Saqu Hadirkan Akses Pembiayaan Inklusif dan Bertanggung Jawab ke Jutaan Pelaku Usaha

Easycash Bersama Bank Saqu Hadirkan Akses Pembiayaan Inklusif dan Bertanggung Jawab ke Jutaan Pelaku Usaha

20 November 2025

CIMB Niaga Hadirkan Solusi Wealth Management Terkini melalui Wealth Xpo 2025

CIMB Niaga Hadirkan Solusi Wealth Management Terkini melalui Wealth Xpo 2025

20 November 2025

Citadel Luncurkan UmHajGo, Aplikasi Super Companion Umrah dan Haji Berbasis AI

Citadel Luncurkan UmHajGo, Aplikasi Super Companion Umrah dan Haji Berbasis AI

20 November 2025

PT. Media Maju Global

Plaza Simatupang Lt. 6 Unit 3. Jl. TB. Simatupang Kav. IS No. 01, Pondok Pinang, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.

Telp: 021-22702245
E-mail: redaksi@businessasia.co.id

Kategori

  • Berita
  • Business
  • Daerah
  • Ekonomi
  • Figure
  • Indeks
  • Internasional
  • Kesehatan
  • Lifestyle
  • Nasional
  • Otomotif
  • Property
  • Teknologi
  • Tourism

.

  • About
  • Redaksi
  • Info Iklan
  • Privacy Policy
  • Cyber Guidelines
  • Pedoman Media Siber

About

Kehadiran Majalah BusinessAsia Indonesia yang memiliki Tagline Towards a New Change in Asia atau “Menuju Perubahan Baru di Asia” khususnya Indonesia  bertujuan untuk memastikan langkah mereka kokoh menapaki dinamika ekonomi bisnis dan investasi yang kian berkembang. Baca selengkapnya.

No Result
View All Result
  • Home
  • Berita
  • Business
  • Figure
  • Teknologi
  • Lifestyle
  • Internasional
  • Indeks
  • e-Magazine

Majalah terbatas

1. DPMPTSP Kota Tangsel Raih Penghargaan
Pelayanan Prima dari Kemenpan RB.

2. Jebakan Crazy
Rich Pikat Pelanggan Ikut Trading Binary
Option.

3. Eksportir Indonesia
Perluas Jejaring
dengan Buyers di AS

shop new Emagazine