Rabu, 12 November 2025
E-MAGAZINE
Business Asia
No Result
View All Result
  • Home
  • Berita
  • Business
  • Figure
  • Teknologi
  • Lifestyle
  • Internasional
  • Indeks
  • Home
  • Berita
  • Business
  • Figure
  • Teknologi
  • Lifestyle
  • Internasional
  • Indeks
No Result
View All Result
Business Asia
No Result
View All Result
Home Business

Penjurian IQSA Award 2025; Penerapan Sistem Manajemen SHEQ pada Budaya Kerja PT Badak LNG

12 November 2025
in Business
Penjurian IQSA Award 2025; Penerapan Sistem Manajemen SHEQ pada Budaya Kerja PT Badak LNG
0
SHARES
0
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter
ADVERTISEMENT

Businessasia.co.id– PT Badak LNG, sebagai perusahaan pengolah gas alam menjadi Liquefied Natural Gas (LNG) dan Liquefied Petroleum Gas (LPG) secara konsisten telah menerapkan aspek kebijakan Safety, Health, Environmental, and Quality (SHEQ) pada budaya kerja perusahaan.

President Director and CEO PT Badak LNG, Achmad Khoiruddin mengatakan bahwa PT Badak NGL berkomitmen untuk menjalankan dan melakukan perbaikan berkelanjutan terhadap Sistem Manajemen SHEQ yang diberi nama BSMART (Badak LNG SHEQ Management System & Attitude Reinforcement Technique).

Dari sisi kepatuhan, PT Badak LNG juga telah menerapkan tujuh standar ISO (International Organization for Standardization) seperti seperti ISO 9001:2015, ISO 14001:2015; ISO 45001:2018; ISO 17025:2005, ISO 50001:2018; ISO 37001:2016, dan ISO 27001:2022. “Kami juga telah menerapkan ISO 26000 untuk mengimplementasikan social responsibility ke dalam nilai dan praktik keseharian dari kami,” ujar Khoiruddin saat penjurian Indonesia Quality, Health, and Safety Environment Awards (IQSA) 2025 yang digelar oleh Majalah Business Asia Indonesia secara daring pada Senin (10/11/2025).

Senior Manager SHE&Q PT Badak LNG, Padang Wikar Hapsoro menambahkan, manajemen PT Badak LNG mempunyai komitmen yang tinggi terhadap aspek SHEQ dan security yang ditunjukkan dengan diterbitkan berbagai macam policy (kebijakan) seperti SHEQ Policy, Sustainability Policy, Green Policy, Anti Bribery Policy, Process Safety & Asset Integrity Policy, dan lain-lain. “Di dalam dokumen-dokumen kebijakan tersebut tentu terkandung  nilai-nilai yang membangun budaya SHEQ di perusahaan,” tuturnya.

Pada 2006, PT Badak LNG mengembangkan SHEQ Management System yang merupakan integrasi dari manajemen sistem yang ada sebelumnya. Selanjutnya pada 2015, PT Badak LNG mengembangkan  BSMART (Badak LNG SHEQ Management System & Attitude Reinforcement Technique) yang dipakai sampai saat ini.

Menurut Padang, implementasi BSMART ini meliputi tiga unsur yaitu system, behaviour, dan tools. System dikembangkan sesuai dengan prosedur yang sudah ditetapkan perusahaan. Behaviour terkait perilaku pekerja. Sementara, tools dipakai dipakai untuk mengimplementasikan sistem dan memperbaiki behaviour para pekerja.

Untuk pekerjaan sehari-hari, penerapan BSMART dimulai dari persiapan, pelaksanaan, hingga penyelesaian pekerjaan.  “Dalam seluruh kegiatan tersebut selalu ada unsur-unsur HSSE (Health, Safety, Security, and Environment) yang diterapkan baik pekerjaan rutin maupun yang tidak rutin. Dalam pelaksanaannya ada beberapa improvement yang dilakukan jika ada hal hal yang masih dirasa kurang tepat atau ada hal baru yang dirasa perlu diterapkan,” terang Padang.

Dalam audit sertifikasi Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) pada tahun 2023, PT Badak LNG berhasil meraih memperoleh hasil “Memuaskan” dengan nilai 94,58%. Hasil tersebut berdasarkan persyaratan yang terpenuhi sebanyak 157, sementara yang belum terpenuhi ada 9.

Manajemen PT Badak LNG juga berkomitmen mendukung pelaksanaan SHEQ. Salah satunya melalui penerbitan dokumen The Management SHEQS Commitment dan The Management Traffic Safety Commitment yang diluncurkan pada awal Oktober 2025. Komitmen manajemen juga ditunjukkan melalui manajemen review meeting setiap enam bulan sekali, inspeksi rutin ke lapangan, pembentukan SHEQ Board Committee, dan lain-lain. “SHEQ campaign and training juga banyak dilakukan dengan melibatkan manajemen, pekerja, kontraktor, keluarga, pelajar, industri, pemerintah, hingga komunitas eksternal,” terang Padang.

PT Badak LNG juga memiliki Contractor SHEQ Management System (CSMS) untuk memastikan bahwa seluruh kontraktor dan vendor sejak tahap awal sebelum melakukan tender, saat tender maupun saat bekerja hingga menyelesaikan pekerjaannya mengikuti prosedur SHEQ yang telah ditetapkan. Berkat konsistensi dalam pelaksanaan SHEQ, PT Badak LNG telah meraih berbagai penghargaan seperti PROPER Gold Nasional selama 14 kali (2011-2024) dari Kementerian Lingkungan Hidup (KLH), Platinum Award (5 Stars) – WISCA 2022-2025, Top Perform Zero Accident 2024-2025, dan lain-lain.

 

Tags: Achmad KhoiruddinBadak LNGIqsa award 2025President Director and CEO PT Badak LNG
Previous Post

Ford RMA Indonesia Milad 25 Tahun: Luncurkan Program Apresiasi “Blue Oval Days”

Next Post

OPPO Find X9 Series Diserbu Konsumen Indonesia! Stok Pre-Order Habis

Next Post
OPPO Find X9 Series Diserbu Konsumen Indonesia! Stok Pre-Order Habis

OPPO Find X9 Series Diserbu Konsumen Indonesia! Stok Pre-Order Habis

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BISNIS TERKINI

Penjurian IQSA Award 2025; Penerapan Sistem Manajemen SHEQ pada Budaya Kerja PT Badak LNG

Penjurian IQSA Award 2025; Penerapan Sistem Manajemen SHEQ pada Budaya Kerja PT Badak LNG

12 November 2025

Ford RMA Indonesia Milad 25 Tahun: Luncurkan Program Apresiasi “Blue Oval Days”

Ford RMA Indonesia Milad 25 Tahun: Luncurkan Program Apresiasi “Blue Oval Days”

12 November 2025

JEVA Spike Nation Bandung Dimulai! PLN Lanjut Mencari Bibit Unggul Bola Voli

JEVA Spike Nation Bandung Dimulai! PLN Lanjut Mencari Bibit Unggul Bola Voli

12 November 2025

Semen Merah Putih Ajak Masyarakat Apresiasi “Pahlawan Konstruksi” di Hari Pahlawan

Semen Merah Putih Ajak Masyarakat Apresiasi “Pahlawan Konstruksi” di Hari Pahlawan

12 November 2025

DLI Dukung Putra Putri Terbaik Bangsa Lewat Program Beasiswa Global

DLI Dukung Putra Putri Terbaik Bangsa Lewat Program Beasiswa Global

12 November 2025

PT. Media Maju Global

Plaza Simatupang Lt. 6 Unit 3. Jl. TB. Simatupang Kav. IS No. 01, Pondok Pinang, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.

Telp: 021-22702245
E-mail: redaksi@businessasia.co.id

Kategori

  • Berita
  • Business
  • Daerah
  • Ekonomi
  • Figure
  • Indeks
  • Internasional
  • Kesehatan
  • Lifestyle
  • Nasional
  • Otomotif
  • Property
  • Teknologi
  • Tourism

.

  • About
  • Redaksi
  • Info Iklan
  • Privacy Policy
  • Cyber Guidelines
  • Pedoman Media Siber

About

Kehadiran Majalah BusinessAsia Indonesia yang memiliki Tagline Towards a New Change in Asia atau “Menuju Perubahan Baru di Asia” khususnya Indonesia  bertujuan untuk memastikan langkah mereka kokoh menapaki dinamika ekonomi bisnis dan investasi yang kian berkembang. Baca selengkapnya.

No Result
View All Result
  • Home
  • Berita
  • Business
  • Figure
  • Teknologi
  • Lifestyle
  • Internasional
  • Indeks
  • e-Magazine

Majalah terbatas

1. DPMPTSP Kota Tangsel Raih Penghargaan
Pelayanan Prima dari Kemenpan RB.

2. Jebakan Crazy
Rich Pikat Pelanggan Ikut Trading Binary
Option.

3. Eksportir Indonesia
Perluas Jejaring
dengan Buyers di AS

shop new Emagazine